fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Taiwan ICDF Scholarship 2024, Ini Persyaratannya


Taiwan memanglah salah satu negara yang banyak dituju untuk studi lanjut. Bagi Anda yang ingin kuliah gratis di sana, ada program Taiwan ICDF Scholarship yang bisa Anda ikuti, lo. Program beasiswa ini tentu menarik untuk diraih karena bersifat penuh (fully funded) dan ditujukan untuk mahasiswa internasional. Jadi, Anda punya kesempatan mendaftar program ini.

Apa saja dokumen yang harus dipenuhi? Cakupan beasiswa ini mencakup apa saja? Berikut informasi lengkapnya. 

Tentang Taiwan ICDF Scholarship 2024 

Program Taiwan ICDF Scholarship merupakan program pembiayaan pendidikan tinggi jenjang pascasarjana yang diselenggarakan oleh Taiwan International Cooperation Alliance (TICA) yang bekerjasama dengan 23 universitas di berbagai negara di dunia. 

Pada penyelenggaraan program beasiswa di tahun 2024 ini, Taiwan ICDF Scholarship menyediakan 29 program studi yang bisa dipilih oleh para pendaftar. Beasiswa ini sendiri memang ditujukan untuk jenjang pascasarjana dari jenjang S2 sampai S3 dan ditempuh di negara Taiwan. 

Kabar baiknya, Indonesia tercakup dalam program beasiswa bergengsi ini. Bagi Bapak Ibu dosen yang masih harus melanjutkan studi, beasiswa ini bisa jadi salah satu opsi. Apalagi kualitas pendidikan di negara ini juga dikenal bagus dan bahasa pengantar murni memakai bahasa Inggris. Silakan cek persyaratannya berikut ini.

Jangan lewatkan Beasiswa Fulbright 2024 karena beasiswa ke Amerika ini juga sedang dibuka!

Persyaratan yang Wajib Dipenuhi 

Sebagai program beasiswa untuk mahasiswa international, program Taiwan ICDF Scholarship 2024 dibuka dengan ketetapan persyaratan yang wajib dipenuhi para pendaftar. Dikutip melalui buku panduan beasiswa, berikut persyaratan umum mendaftar Taiwan ICDF Scholarship: 

  1. Merupakan warga negara dari negara yang termasuk dalam Daftar Negara yang Memenuhi Syarat untuk Beasiswa Taiwan ICDF, dan memenuhi kriteria khusus yang ditetapkan oleh negara dan/atau pemerintah negara asal pendaftar. 
  2. Bukan merupakan warga negara Republik Rakyat Tiongkok (Taiwan) atau pendaftar tidak memiliki keluarga di Taiwan. 
  3. Memenuhi persyaratan penerimaan dari universitas mitra di bawah naungan penyelenggara program Taiwan ICDF Scholarship. 
  4. Memenuhi persyaratan untuk mendapatkan visa sebagai mahasiswa di negara Taiwan. Detailnya bisa dikonsultasikan dengan pihak terkait. 
  5. Pendaftar dalam program beasiswa ini tidak sedang menerima beasiswa program lain yang sejenis di Taiwan maupun negara lain. 
  6. Tidak sedang dalam proses pengajuan beasiswa lain yang diselenggarakan oleh Taiwan IDCF. 
  7. Sudah memiliki ijazah pendidikan terakhir sebelum 31 Juli 2024. Jika ijazah belum diterima maka disarankan untuk mendaftar pada program Taiwan ICDF Scholarship di tahun berikutnya. 
  8. Tidak pernah ada pencabutan beasiswa apapun di Taiwan jika sebelumnya adalah penerima beasiswa di perguruan tinggi Taiwan. 
  9. Tidak memiliki riwayat pernah dikeluarkan dari perguruan tinggi manapun di Taiwan. 

Persyaratan Administrasi 

Sebelum melakukan pendaftaran dalam program Taiwan ICDF Scholarship 2024, pastikan juga sudah melengkapi seluruh persyaratan administrasi. Berikut persyaratan dokumen administrasi beasiswa ini:

  1. Fotokopi paspor pemohon atau dokumen lainnya menunjukkan bukti kewarganegaraan.
  2. Fotokopi Ijazah dan ijazah tertinggi pelamar transkrip akademik.
  3. Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa Inggris pelama.
  4. Surat referensi sebanyak dua lembar atau dua dokumen. 
  5. Dokumen lain yang secara khusus diminta oleh ROC (Taiwan) Kedutaan Besar/ Konsulat Jenderal/ Perwakilan Kantor.

Proses pendaftaran untuk program beasiswa di tahun ini murni dilakukan secara online. Silakan baca di buku panduan dan laman pendaftaran resmi untuk memperoleh informasi detail.

Apakah Anda mau daftar beasiswa tapi terkenda bahasa Inggris? Pilih beasiswa berikut saja!

Komponen Beasiswa 

Seperti yang disampaikan di awal, program Taiwan ICDF Scholarship 2024 bersifat penuh seperti pada program yang diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya. Lalu, apa saja komponen pembiayaan dalam program beasiswa ini? Berikut cakupan beasiswa yang diberikan ke penerima beasiswa:

1. Tiket Pesawat PP 

Komponen pembiayaan yang pertama dalam program beasiswa ini adalah tiket pesawat atau biaya transportasi. Biaya ini mencakup biaya pembelian tiket pesawat untuk berangkat dari Indonesia ke Taiwan di masa awal studi. 

Kemudian dilanjut dengan biaya pemesanan tiket pesawat untuk pulang ke Indonesia di akhir masa studi. Biaya yang ditanggung adalah untuk tiket kelas ekonomi. 

Jika Anda memesan tiket kelas lain, konsultasikan dulu dengan pihak penyelenggara. Bagaimana caranya? Silakan menghubungi kontak pihak penyelenggara di laman resminya, atau bisa membaca FAQ di buku panduan program. 

2. Akomodasi 

Komponen biaya kedua yang ditanggung pihak penyelenggara program Taiwan ICDF Scholarship 2024 adalah akomodasi. Pada program tahun ini, disediakan asrama gratis sehingga seluruh penerima program diwajibkan tinggal di asrama tersebut. 

3. Biaya Pendidikan 

Dalam program Taiwan ICDF Scholarship untuk biaya pendidikan penerima program akan ditanggung sepenuhnya. Jadi, penerima program tidak perlu pusing mengenai adanya biaya pendidikan yang ditetapkan universitas tujuan. 

Adapun besaran biaya pendidikan disesuaikan dengan kebijakan universitas yang menjadi mitra dari program beasiswa ini. Sehingga, pemberi beasiswa memberi menjamin penuh dan penerima program bisa tinggal fokus menempuh studi sesuai prodi yang dipilih. 

4. Credit Fees

Komponen pembiayaan keempat adalah Credit Fees. Istilah Credit Fees ini tidak mengacu pada layanan pinjaman untuk menempuh pendidikan melainkan ada mata kuliah tambahan yang diwajibkan sebuah universitas di luar mata kuliah wajib sesuai prodi. 

Praktis, ketika mata kuliah tambahan ini diikuti maka ada biaya di luar biaya pendidikan yang ditetapkan di masing-masing prodi. Program Taiwan ICDF Scholarship juga mencakup biaya ini, sehingga penerima program bisa ikut kelas tambahan sesuai ketentuan universitas. 

5. Asuransi 

Menunjang keselamatan mahasiswa di Taiwan, ditetapkan kewajiban memberikan asuransi oleh Kementerian Pendidikan di Taiwan. Penerima program beasiswa kemudian mendapat asuransi untuk menanggung biaya kecelakaan dan perawatan medis sesuai ketentuan. 

6. Tunjangan Buku 

Berikutnya adalah disediakan tunjangan buku. Sebagai catatan tambahan, tunjangan ini hanya didapatkan untuk membeli buku yang diwajibkan oleh dosen yang mengampu penerima program. 

7. Uang Saku Bulanan 

Penerima program juga berhak menerima uang saku bulanan yang besarannya disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang ditempuh. Berikut detail uang saku bulanan yang akan diberikan Taiwan ICDF Scholarship: 

  1. Program Magister: Setiap siswa akan menerima NT$18,000 per bulan selama masa studi. 
  2. Program Doktoral (Ph.D): Setiap siswa akan menerima NT$20.000 per bulan selama masa studi. 

Ikuti tips berikut sebelum mendaftar beasiswa, agar lolos!

Pilihan Program Studi dan Universitas 

Sebelum melakukan pendaftaran, penting untuk mengetahui pilihan perguruan tinggi dan program studi di dalam Taiwan ICDF Scholarship 2024. Sebab pendaftar tidak bisa memilih kampus dan program studi manapun di Taiwan, kecuali yang sudah ditetapkan. 

Namun, tidak perlu cemas sebab tahun ini semakin banyak pilihan program studi bisa dipilih oleh pendaftar. Begitu juga dengan perguruan tinggi tujuan, berikut detailnya untuk masing-masing jenjang pendidikan: 

1. Program S3 atau PhD

Universitas Program Studi 
National Pingtung University of Science and Technology (NPUST)Ph.D. Program in Tropical Agriculture
National Yang Ming Chiao Tung University (NYCU)Ph. D. Program in International Health
Taipei Medical University (TMU) Ph.D. Program in Global Health and Health Security

2. Program S2 atau Master 

Universitas Program Studi 
National Pingtung University of Science and Technology (NPUST)Master Program in Tropical Agriculture
National Chengchi University (NCCU)International Master of Business Administration (IMBA)
National Chengchi University (NCCU)International Master’s Program in International Studies in College of International Affairs
National Tsing Hua University (NTHU)International Master of Business Administration in Technology Management
National Tsing Hua University (NTHU)International Master Program in Information Systems and Applications
National Taiwan Normal University (NTNU)Graduate Institute of International Human Resource Development (IHRD)
National Yang Ming Chiao Tung University (NYCU)Master’s Program in International Health
National Yang Ming Chiao Tung University (NYCU)EECS International Graduate Program (EECS IGP)
National Taiwan Ocean University (NTOU)International Master Program in Aquaculture Technology and Management
National Central University (NCU)Master of Science Program in Remote Sensing Science and Technology
Kun Shan University (KSU)International Master Program on Mechatronics Automation Engineering and Management
National Sun Yat Sen University (NSYSU)International Master’s Program in Electric Power Engineering (IMEPE) 
Yuan Ze University (YZU)International Master’s Program in Industrial Engineering and Management
National Taiwan University (NTU)International Master’s Program in Agricultural Economics
National Cheng Kung University (NCKU)International Master Program in Civil Engineering and Management (ICEM)
National Cheng Kung University (NCKU)International Master Program on Natural Hazards Mitigation and Management Action and Management
Ming Chuan University (MCU)MBA Program of International Business and Trade
Taipei Medical University (TMU)International Master’s Program in Health Care Administration
Taipei Medical University (TMU)Master Program in School of Pharmacy
Taipei National University of the Arts (TNUA)International MA Program in Studies of Arts and Creative Industries (SAC, Majoring in Cultural and Creative Industries)
National Chung Hsing University (NCHU)International Master Program of Agriculture (IMPA)
National Chung Cheng University (CCU)Master in Educational Leadership and Management Development
National Chung Cheng University (CCU)E-Learning Master Program of Education and School Leadership
National Kaohsiung University of Hospitality and Tourism (NKUHT)International Master’s Program of Tourism and Hospitality (IMTH)
National Taipei University International Program on Urban Governance 

Sebelum memilih universitas dan perguruan tinggi, Anda disarankan untuk mempelajari dulu masing-masing pilihan. Silakan kunjungi laman resmi masing-masing perguruan tinggi atau mengakses link URL ke laman resminya lewat buku panduan program yang bisa diunduh di laman https://www.icdf.org.tw/wSite/np?ctNode=31561&mp=2#aC

Tata Cara Pendaftaran  

Bagi yang merasa sudah memenuhi syarat dan mampu melengkapi berkas sebagai syarat administrasi, silakan daftar segera karena program Taiwan ICDF Scholarship 2024 ini dibuka pada 1 Desember 2023 dan ditutup pada 15 Maret 2024. 

Pendaftaran dimulai dengan melakukan pendaftaran online, yakni di laman https://www.icdf.org.tw/wSite/np?ctNode=31561&mp=2#aC dan cari tombol “Apply” yang terdapat di halaman utama. Pastikan melampirkan seluruh berkas sesuai ketentuan, ya. 

Tahap berikutnya adalah mengirimkan berkas pendaftaran sesuai ketentuan yang sudah dicetak ke Kedutaan Besar/Konsulat Jenderal/Konsulat Kantor Umum/Perwakilan yang berada di negara Anda jika memang diperlukan. Detailnya bisa membaca buku panduan. 

Sebagai catatan tambahan, saat melakukan pendaftaran diharapkan untuk menghubungi universitas tujuan. Sebab masing-masing universitas yang bermitra di program Taiwan ICDF Scholarship 2024 bisa saja meminta dokumen tambahan sesuai kebijakan mereka. 

Apakah Anda mengalami kesulitan saat mengakses beasiswa ini? Silakan tulis di kolom komentar, ya.

Jangan lupa bagikan informasi beasiswa ini ke rekan dosen atau rekan sesama scholarship fighter agar segera melanjutkan studi. Semoga bermanfaat!

Beasiswa LPDP akan segera dibuka! Jangan lewatkan pembahasan LPDP lengkap berikut ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132