fbpx

Daftar Beasiswa S3 Tanpa IELTS [Update]

Beasiswa S3 Tanpa IELTS

Banyak orang mengira semua program beasiswa kuliah di luar negeri mewajibkan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Kemudian dibuktikan dengan melampirkan sertifikat TOEFL maupun IELTS. Namun, ternyata ada beberapa beasiswa S3 tanpa IELTS. 

Bagi Anda yang ingin kuliah di luar negeri dan tidak terlalu piawai berbahasa Inggris atau kesulitan ikut tes kemampuan bahasa Inggris, baik TOEFL maupun IELTS. Tak perlu berkecil hati, sebab terdapat banyak beasiswa yang tidak mensyaratkan berks keduanya. 

Pilihan Program Beasiswa S3 Tanpa IELTS 

Bagi Anda yang ingin kuliah S3 di luar negeri dan merasa berat untuk melampirkan sertifikat TOEFL maupun IELTS. Maka berikut beberapa pilihan program beasiswa yang tidak mensyaratkan berkas tes kemampuan bahasa Inggris tersebut: 

1. Global Korean Scholarship Embassy Track

Pilihan yang pertama adalah Global Korean Scholarship Embassy Track (GKS), beasiswanya ini diselenggarakan oleh pemerintah negara Korea Selatan. Kuota total di program ini adalah 1.300 mahasiswa dari 146 negara.

Mahasiswa dari Indonesia memiliki kuota 69 mahasiswa di tahun 2023. Berikut detail tambahan tentang GKS: 

  1. Negara : Diselenggarakan oleh pemerintah Korea Selatan untuk 1.300 mahasiswa internasional. 
  2. Jenjang Beasiswa : S1, S2, dan S3. 
  3. Cakupan Beasiswa : Biaya pendidikan, biaya tiket pesawat PP, tunjangan awal ketika tiba di Korea Selatan, tunjangan bulanan, tunjangan per semester, biaya belajar bahasa Korea selama 1 tahun, biaya cetak tesis dan disertasi, asuransi kesehatan, hibah kemampuan bahasa Korea, dan hibah Penyelesaian Beasiswa. 
  4. Periode Pendaftaran : Pada GKS Tahun 2023 pendaftaran dibuka 2 Maret 2023. Secara umum, beasiswa ini dibuka per tahun dan pendaftaran sering dibuka di bulan Maret. 

Dalam sesi FAQ di Buku Panduan Beasiswa GKS 2023, sertifikat kecakapan bahasa Inggris (TOEIC, TOEFL, IELTS) atau kecakapan bahasa Korea (TOPIK) adalah opsional. Berarti, pelamar dapat mengajukan beasiswa GKS tanpa sertifikat itu. Akan tetapi, beberapa universitas atau jurusan mungkin meminta pelamar dengan tingkat kemahiran bahasa tertentu. Sehingga, Anda perlu mengecek lagi apakah universitas atau jurusan tujuan Anda menargetkan sertifikat kecakapan bahasa tertentu.

LINK : 2023 Global Korea Scholarship(Graduate Degrees for Indonesian)

2. Manaaki New Zealand Scholarship

Pilihan kedua untuk beasiswa S3 tanpa IELTS adalah Manaaki New Zealand Scholarship. Sesuai namanya, program beasiswa ini diselenggarakan pemerintah Selandia Baru untuk mahasiswa internasional. 

Beasiswa ini bersifat penuh dan menyediakan iklim pendidikan dan kebudayaan yang nyaman bagi para pelajar maupun mahasiswa. Berikut detail lain terkait program beasiswa ini: 

  1. Negara : Diselenggarakan oleh pemerintah Selandia Baru dan dikelola oleh Education New Zealand serta Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru (MFAT). 
  2. Jenjang Beasiswa : S2 dan S3. 
  3. Cakupan Beasiswa : Biaya pendidikan, tunjangan hidup yang diberikan per minggu, tunjangan awal, asuransi kesehatan, biaya tutoring, biaya tiket PP selama kuliah, biaya tiket PP untuk reuni, asuransi perjalanan, biaya reintegrasi, biaya penelitian dan tesis, dan biaya vaksinasi (bagi yang belum vaksin Covid-19). 
  4. Periode Pendaftaran : Pada Manaaki New Zealand Scholarship tahun 2023 pendaftaran ditutup di akhir Februari 2023. 

Hanya pelamar terpilih yang membutuhkan nilai tes bahasa Inggris. Anda tidak perlu memberikan nilai atau sertifikat tes bahasa Inggris saat mengajukan Beasiswa Manaaki New Zealand. Karena tes bahasa Inggris berlangsung selama tahap akhir dari proses seleksi beasiswa ini.

LINK : CHECK IF YOU ARE ELIGIBLE TO APPLY FOR A MANAAKI NEW ZEALAND SCHOLARSHIP

Baca Juga:

3. Turkiye Burslari Scholarship

Pilihan berikutnya adalah Beasiswa Turkiye Burslari Scholarship yang juga masuk jajaran beasiswa S3 tanpa IELTS. Beasiswa ini disediakan oleh pemerintah Turki untuk mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. 

Bagi Anda yang ingin kuliah S2 maupun S3 di bidang Kedokteran, Studi Islam, Teknik dan Teknologi, Ilmu Sosial, Pertanian, serta Literatur dan Bahasa. Maka bisa mendaftar di beasiswa ini. Berikut detail lainnya: 

  1. Negara : Diselenggarakan oleh pemerintah Turki. 
  2. Jenjang Beasiswa : S1, S2, dan S3. 
  3. Cakupan Beasiswa : Biaya pendidikan, akomodasi, tiket pesawat PP, dan kursus bahasa Turki selama 1 tahun.
  4. Periode Pendaftaran : Program Turkiye Burslari Scholarship tahun 2023 pendaftaran dibuka pada 10 Januari dan ditutup pada 20 Februari 2023. 

LINK : Türkiye Scholarships 2023 Applications, Required Documents

4. Romanian Government Scholarship

Negara Rumania juga menyediakan program beasiswa S3 tanpa IELTS, yakni melalui program Romanian Government Scholarship. Program ini diselenggarakan pemerintah Rumania melalui  Ministry of Foreign Affairs (MFA). 

Program beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa internasional di luar benua Eropa dan merupakan beasiswa penuh. Berikut detail lain mengenai beasiswa ini: 

  1. Negara : Diselenggarakan oleh pemerintah Rumania dan dikelola oleh  Ministry of Foreign Affairs (MFA). 
  2. Jenjang Beasiswa : S1, S2, dan juga S3. 
  3. Cakupan Beasiswa : Biaya kuliah, tunjangan bulanan, biaya akomodasi asrama, asuransi kesehatan, dan biaya transportasi lokal. 
  4. Periode Pendaftaran : Pendaftaran program Romanian Government Scholarship tahun 2023 dibuka pada Desember 2022 – Maret 2023. 

LINK : Scholarships offered by the Romanian State to foreign citizens through the MFA

5. Eiffel Excellence Scholarship Programme

Eiffel Excellence Scholarship Programme juga termasuk beasiswa S3 tanpa IELTS yang membantu penerimanya kuliah pascasarjana gratis di negara Perancis. Beasiswa ini menetapkan batas usia, yakni maksimal 25 tahun untuk pendaftar S2 dan 30 tahun untuk S3. Hal penting lainnya, program ini tidak mengcover biaya pendidikan. Sertifikat skor tes kemahiran bahasa (Inggris dan/atau Prancis) dalam Beasiswa Eiffel Excellence Scholarship Programme ini dibutuhkan/dilampirkan jika perlu.

Berikut detail lainnya: 

  1. Negara : Diselenggarakan oleh Kementrian Eropa dan Luar Negeri Perancis. 
  2. Jenjang Beasiswa : S2 dan S3. 
  3. Cakupan Beasiswa : Tunjangan bulanan, tiket pesawat PP, tiket kereta PP dari kampus ke bandara, biaya transportasi lokal, asuransi kesehatan, kegiatan kebudayaan, dan bantuan akomodasi (subsidi). 
  4. Periode Pendaftaran : Eiffel Excellence Scholarship Programme 2023 dibuka sejak 3 Oktober 2022 dan ditutup pada 10 Januari 2023. 

LINK : All about Eiffel Excellence Scholarship

6. Government of Ireland – International Education Scholarship (GOI-IES)

Pilihan berikutnya adalah Government of Ireland – International Education Scholarship (GOI-IES). Merupakan program beasiswa dari pemerintah Irlandia yang memang tidak terlalu populer. 

Namun, program beasiswa ini cukup menarik untuk diusahakan didapatkan. Sebab tidak mensyaratkan adanya IELTS, selain itu juga mencakup seluruh biaya pendidikan, meskipun bukan beasiswa penuh. Berikut detail lainnya: 

  1. Negara : Diselenggarakan oleh pemerintah Irlandia. 
  2. Jenjang Beasiswa : S1, S2, dan S3. 
  3. Cakupan Beasiswa : Beasiswa yang dibayarkan satu tahun studi, biaya kuliah, dan biaya pendaftaran di universitas di Irlandia. 
  4. Periode Pendaftaran : Pendaftaran program di tahun 2023 dibuka pada 14 Desember 2022 s/d 24 Maret 2023 waktu Irlandia. 

LINK : Government of Ireland – International Education Scholarships (GOI-IES)

Baca Juga:

7. New Zealand Scholarship (NZS)

Satu lagi program beasiswa dari pemerintah Selandia Baru yang juga tidak mensyaratkan adalah IELTS, yakni New Zealand Scholarship (NZS) yang hadir dalam beberapa pilihan program. Termasuk program S3 dengan gelar PhD. 

  1. Negara : Diselenggarakan pemerintah Selandia Baru dan dikelola oleh  Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan (MFAT) Selandia Baru. 
  2. Jenjang Beasiswa : S2 dan S3. 
  3. Cakupan Beasiswa : Biaya kuliah, tunjangan hidup per minggu, biaya awal (biaya buku), asuransi kesehatan, tiket pesawat PP, asuransi perjalanan, biaya penelitian dan tesis, biaya pembuatan visa pelajar, biaya medical check up, dan pelatihan bahasa Inggris. 
  4. Periode Pendaftaran :Pendaftaran program untuk tahun 2023 dibuka dari 1-28 februari 2023. 

8. Russian Government Scholarship

Pilihan program beasiswa S3 tanpa IELTS yang terakhir adalah Russian Government Scholarship yang diselenggarakan pemerintah Rusia. Lewat beasiswa ini mahasiswa asal Indonesia dan negara lainnya bebas memilih universitas manapun di Rusia. 

Detail lain mengenai program beasiswa penuh ini adalah: 

  1. Negara : Diselenggarakan pemerintah Rusia. 
  2. Jenjang Beasiswa : S1, S2, dan S3. 
  3. Cakupan Beasiswa : Biaya kuliah dan biaya hidup.  
  4. Periode Pendaftaran : Program Russian Government Scholarship tahun 2023 dibuka pendaftarannya sejak 20 Oktober 2022 dan ditutup Desember 2022. 

Baca Juga:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja