fbpx

Terbitkan buku lebih cepat HANYA 1 BULAN? Dapatkan fasilitas VIP ini secara GRATIS! Klik di sini

Manaaki New Zealand Scholarship 2024 Dibuka, Daftar Sebelum Ditutup!

Manaaki New Zealand Scholarship

Memasuki tahun 2024, seperti biasanya di setiap awal tahun akan ada pembukaan pendaftaran program beasiswa. Hal ini juga berlaku untuk program Manaaki New Zealand Scholarship 2024 yang pendaftarannya akan dibuka di Februari 2024 mendatang. 

Lewat program beasiswa ini, mahasiswa internasional di berbagai negara berkembang mendapat kesempatan studi pascasarjana di Selandia Baru (New Zealand). Selain itu, ada juga program beasiswa untuk pendidikan non gelar. Lalu, seperti apa programnya? 

Tentang Program Manaaki New Zealand Scholarship 2024 

Program Manaaki New Zealand Scholarship 2024 adalah program beasiswa atau pembiayaan pendidikan tinggi yang diselenggarakan pemerintah Selandia Baru untuk mahasiswa internasional studi pascasarjana gratis di universitas terbaik. 

Program ini dibuka untuk mahasiswa internasional dan menjadi program beasiswa rutin setiap tahun. Mahasiswa dari Indonesia memiliki peluang untuk menjadi penerima atau awardee dari program beasiswa ini, lo. 

Menariknya, beasiswa ini untuk studi pascasarjana dari jenjang S2 dan S3 yang sifatnya penuh atau fully funded. Mengingat bahwa kualitas pendidikan di Selandia Baru dikenal bagus, maka program ini bisa menjadi jembatan untuk mengaksesnya secara gratis. 

Jangan lewatkan Beasiswa Fulbright 2024 karena beasiswa ke Amerika ini juga sedang dibuka!

Persyaratan Pendaftar 

Beasiswa ini merupakan salah satu program beasiswa bergengsi Selandia Baru yang banyak dituju mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Dikutip melalui laman resminya, berikut sejumlah persyaratan pendaftar Program Manaaki New Zealand Scholarship 2024:

1. Usia Pendaftar 

Syarat pertama adalah berkaitan dengan usia pendaftar. Selama Anda merupakan warga negara dari negara yang sudah bekerjasama dengan pemerintah Selandia Baru dalam menyelenggarakan program ini, maka bisa fokus pada aspek usia. 

Pihak penyelenggara mewajibkan pendaftar sudah berusia 18 tahun ke atas, jika masih 17 tahun maka pada semester pertama kegiatan studi sudah berulang tahun ke-18. Tidak ada batasan usia maksimal, hanya saja penyelenggara mengutamakan mahasiswa di usia bawah 40 tahun. 

2. Memiliki Pengalaman Kerja yang Relevan 

Bagi pendaftar di program pascasarjana, diharapkan memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan program studi yang diajukan dalam program beasiswa. Pengalaman kerja disini bisa yang diberi gaji maupun menjadi relawan. Ketentuannya adalah: 

  1. Pengalaman kerja penuh waktu selama satu tahun penuh. 
  2. Pengalaman kerja paruh waktu minimal selama dua tahun. 

3. Punya Kontribusi untuk Negara Asal 

Syarat ketiga dalam Program Manaaki New Zealand Scholarship 2024 adalah memiliki kontribusi bagi negara asal, terutama pada bidang pembangunan sosial dan ekonomi. Semua akan dijelaskan pada esai yang dilampirkan dalam pendaftaran. 

Ikuti tips berikut sebelum mendaftar beasiswa, agar lolos!

4. Tinggal di Negara Asal 

Syarat berikutnya adalah pendaftar sudah tinggal di negara asal minimal selama dua tahun. Program ini dikecualikan untuk diplomat atau anak dari seorang diplomat, sehingga merupakan warga negara asli dari suatu negara yang tercakup program ini. 

5. Memenuhi Syarat Universitas Tujuan 

Pendaftar program juga harus memenuhi persyaratan menjadi mahasiswa baru di universitas tujuan di Selandia Baru. Sehingga diharapkan sudah melakukan pendaftaran dan terbukti memenuhi syarat tersebut. Bagi mahasiswa S3 wajib menghubungi dosen pembimbing di universitas tujuan. 

6. Memenuhi Syarat Mendapatkan Visa Pelajar 

Selanjutnya adalah memenuhi syarat untuk mendapatkan visa pelajar sebagai syarat bisa studi pendidikan tinggi di Selandia Baru. 

7. Sudah Menjalani Vaksin Covid-19 

Terakhir adalah sudah menjalani vaksin Covid-19, hal ini sejalan dengan peraturan pemerintah Selandia Baru yang mewajibkan siapa saja sudah menjalani vaksin sebelum datang ke negara tersebut. Jika belum vaksin, bisa mengajukan reimburse untuk biaya vaksin di Selandia Baru langsung. 

Persyaratan Administrasi Pendaftaran 

Pada saat melakukan pendaftaran ke program Manaaki New Zealand Scholarship 2024, maka wajib melampirkan sejumlah berkas atau dokumen. Beberapa syarat dokumen tahap administrasi beasiswa ini: 

  1. Salinan kartu identitas yang masih berlaku, paspor, dan akta kelahiran.  
  2. Transkrip nilai dan ijazah yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris. 
  3. Rencana penelitian dalam bahasa Inggris untuk kandidat di jenjang S-3. 
  4. Visa pelajar. 
  5. Sertifikat hasil tes kemampuan bahasa, jika universitas tujuan menyebutkan sertifikat ini sebagai syarat pendaftaran. 
  6. Surat dari universitas atau lembaga pendidikan. 

Selain itu, pendaftar juga diwajibkan untuk mengisi form pendaftaran yang disediakan di laman khusus pendaftaran program. Form ini bisa diakses ketika pendaftaran sudah resmi dibuka oleh pihak penyelenggara. 

Jadi, pastikan segera mengakses laman resmi pendaftaran program beasiswa ini sesuai dengan jadwal pendaftaran yang sudah ditetapkan. Mengantisipasi terbatasnya waktu memenuhi persyaratan administrasi, maka persiapan bisa dilakukan jauh-jauh hari. 

Apakah Anda mau daftar beasiswa tapi terkenda bahasa Inggris? Pilih beasiswa berikut saja!

Cakupan Beasiswa 

Sebagaimana yang dijelaskan di awal, pada program Manaaki New Zealand Scholarship 2024 bersifat penuh atau fully funded. Sehingga cakupan dalam beasiswa ini cukup luas dan membantu penerima untuk fokus mengikuti kegiatan perkuliahan.

Berikut detail cakupan beasiswa Manaaki New Zealand Scholarship: 

1. Biaya Pendidikan 

Cakupan pertama tentu saja adalah biaya pendidikan. Sebagai beasiswa, seluruh biaya pendidikan tinggi yang ditempuh penerima program akan ditanggung pihak penyelenggara. Dengan catatan durasi studi sesuai ketentuan. 

Bagi mahasiswa yang berasal dari kawasan Asia (termasuk dari Indonesia), durasi studi untuk jenjang S2 antara 1-2 tahun sementara jenjang PhD atau S3 maksimal 3,5 tahun. 

2. Biaya Hidup 

Cakupan kedua adalah biaya hidup. Jadi seluruh penerima program beasiswa ini selama masa studi akan menerima tunjangan bulanan. Tunjangan ini bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan selama masa studi. 

3. Akomodasi 

Biaya akomodasi juga dijelaskan ditanggung oleh pihak penyelenggara program beasiswa. Detail biaya apakah penuh atau berupa subsidi bisa dibaca di keterangan saat melakukan pendaftaran program. 

4. Asuransi Kesehatan 

Penerima program beasiswa dari pemerintah Selandia Baru ini nantinya juga akan menerima asuransi kesehatan. Jadi, selama masa studi sesuai ketentuan berhak mengakses layanan kesehatan secara gratis. 

5. Tunjangan Riset untuk PhD

Cakupan beasiswa yang terakhir adalah tunjangan riset atau dana tunjangan kegiatan penelitian. Tunjangan ini akan diberikan kepada mahasiswa di jenjang PhD atau S3. Detailnya bisa dibaca di keterangan tambahan saat melakukan pendaftaran. 

Tata Cara Pendaftaran 

Lalu, bagaimana cara mendaftar dalam program beasiswa ini? Jika Anda merasa sudah memenuhi persyaratan umum maupun administrasi. Maka Anda bisa segera melakukan pendaftaran di laman https://www.nzscholarships.govt.nz/apply-online/

Sebagai informasi tambahan, pendaftaran di program Manaaki New Zealand Scholarship 2024 baru dibuka pada 1 Februari 2024 mendatang dan akan ditutup pada 29 Februari 2024 (masa pendaftaran adalah satu bulan penuh). 

Form pendaftaran baru bisa diakses di masa pendaftaran tersebut sehingga Anda bisa fokus melengkapi berkas pendaftarannya untuk saat ini. Informasi lebih detail mengenai ketentuan lain dari program ini bisa mengunjungi laman https://www.nzscholarships.govt.nz/

Apakah Anda berminat dengan beasiswa ini? Segera persiapkan berkasnya dan tanyakan kepada kami melalui kolom komentar apabila ada hal yang masih Anda bingungkan.

Jangan lupa bagikan informasi beasiswa ini ke rekan dosen sesama scholarship hunter dengan klik tombol share agar sama-sama tidak ketinggalan informasi. Semoga bermanfaat!

Beasiswa LPDP akan segera dibuka! Jangan lewatkan pembahasan LPDP lengkap berikut ini:

Di tag :

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132