fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

ASEAN Scholarship Nalanda University, Jalan Kuliah Master dan PhD di India

ASEAN Scholarship Nalanda University

Studi lanjut pascasarjana menjadi lebih mudah dengan mengandalkan program beasiswa, salah satunya adalah ASEAN Scholarship Nalanda University. Melalui beasiswa ini, ada kesempatan untuk studi jenjang S2 dan S3 di Nalanda University yang berbasis di India. 

Sebagai salah satu universitas tertua di dunia, fasilitas pendidikan sudah terjamin dan kualitas pendidikannya juga tidak diragukan lagi. Program ini bisa dijadikan pilihan untuk siapa saja yang ingin studi lanjut di di India dan mengakses pendidikan berkualitas. 

Apa Itu ASEAN Scholarship Nalanda University?

Program ASEAN Scholarship Nalanda University merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Pemerintah India dengan pendanaan yang dikelola melalui ASEAN-India Fund. 

Program ini membuka beasiswa untuk jenjang Master (S2) dan PhD (S3) yang ditempuh awardee di Nalanda University, India. Program ini juga diketahui hanya ditujukan untuk mahasiswa dari India dan mahasiswa internasional di negara ASEAN, termasuk mahasiswa asal Indonesia. 

Beasiswa ASEAN Scholarship Nalanda University bersifat penuh (fully funded) sehingga awardee nantinya tidak hanya menerima fasilitas biaya pendidikan tetapi juga biaya-biaya lain untuk mendukung kegiatan studi sesuai kebijakan dan ketentuan dari pihak penyelenggara. 

Nilai tambah lain dari beasiswa ini adalah target atau sasaran program yang sangat luas. Tidak hanya untuk mahasiswa internasional tetapi juga mahasiswa India, sekaligus tidak hanya untuk mahasiswa yang ingin studi lanjut, tetapi juga untuk kalangan praktisi (pengalaman kerja minimal 5 tahun). 

Mengenai pilihan program studi, memang dalam program ini dibatasi untuk program studi tertentu sesuai kebijakan pihak penyelenggara. Diantaranya adalah Buddhist Studies; Philosophy and Comparative Religion; Hindu Studies; Historical Studies; Ecology and Environment Studies; Sustainable Development and Management; dan juga World Literature. 

Jika merasa ada program studi yang dirasa sesuai, Anda bisa segera mengurus kelengkapan administrasi pendaftaran. Pendaftaran di program beasiswa ini sesuai dengan surat edaran nomor 0876/LL10/KS.03.01/2024 tangga 13 Mei 2024 dijelaskan sudah resmi dibuka sejak awal bulan dan akan ditutup di akhir  bulan Mei 2024. 

Pilihan Program 

Program ASEAN Scholarship Nalanda University untuk tahun ajaran 2024/2025 dibuka untuk 2 jenjang, yakni jenjang Master (S2) dan PhD (S3). Berikut penjelasan detail jenjang yang dibuka di skema program ini:

1. Program Masters (M.A./M.Sc./M.B.A.)

Pilihan program atau jenjang pendidikan yang tersedia di beasiswa ini adalah program Master atau S2 yang ditempuh awardee di Nalanda University. Durasi pendidikan untuk jenjang ini diketahui adalah 2 tahun. 

Seluruh fasilitas program beasiswa akan didapatkan awardee selama masa studi tersebut. Jika masa studi melewati atau melebihi durasi yang bersifat umum, Anda perlu menyiapkan dana pribadi. 

Lebih lanjut, untuk program Master, diketahui ada beberapa pilihan program studi atau jurusan yang sudah ditentukan pihak penyelenggara. Pilihan program studi ini berbeda dengan jenjang PhD yang akan dijelaskan di bawah. Berikut pilihannya: 

  • MA in Hindu Studies (Sanātana Dharma)
  • MA in World Literature
  • MBA in Sustainable Development and Management
  • MSc in Ecology and Environment Studies
  • MA in Historical Studies
  • MA in Buddhist Studies, Philosophy and Comparative Religions
  • M.A. in International Relations and Peace Studies
  • M.A. in Archaeology

2. Program Doctor of Philosophy (Ph.D)

Pilihan program kedua di dalam ASEAN Scholarship Nalanda University adalah program Doctor of Philosophy (Ph.D) atau jenjang S3. Program ini bisa diikuti oleh awardee yang sudah menyelesaikan pendidikan Master atau S2. 

Adapun untuk durasi umum masa studi jenjang PhD ini di Nalanda University adalah selama 4 tahun atau kurang lebih berisi 8 semester. Jika durasi pendidikan melebihi 4 tahun, fasilitas program beasiswa tidak bisa diakses lagi oleh awardee. 

Sedangkan untuk pilihan program studi, terdapat 6 program studi yang bisa dipilih pendaftar dan sudah sesuai ketetapan pihak penyelenggara. Pilihan tersebut adalah sebagai berikut: 

  • PhD in World Literature
  • PhD in Sustainable Development and Management
  • PhD in Ecology and Environment Studies
  • PhD in Historical Studies
  • PhD in Buddhist Studies, Philosophy and Comparative Religions
  • PhD in Hindu Studies (Sanātana). 

Persyaratan Program 

Sebagaimana program beasiswa secara umum, program ASEAN Scholarship Nalanda University juga menetapkan sejumlah persyaratan. Persyaratan ini tentu saja menjadi hal yang wajib dipenuhi seluruh pendaftar sebelum mengajukan aplikasi pendaftaran. 

Berikut adalah sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi para pendaftar program beasiswa ini: 

  1. Pendaftar harus memiliki gelar Master dengan nilai minimal 65% atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang setara. Dimana IPK minimal adalah 2,2 dengan skala 4,0. 
  2. Pendaftar menyusun dan melampirkan surat perkenalan diri (tidak lebih dari 250 kata dan dalam bentuk esai). 
  3. Pendaftar melampirkan dua surat referensi atau surat rekomendasi. 
  4. Pendaftar menyusun dan melampirkan dokumen Statement of Purpose (SoP) atau surat pernyatan tujuan menempuh studi dengan jumlah kata maksimal 100 kata. 
  5. Pendaftar menyusun dan melampirkan surat pernyataan mengenai alasan pemilihan program studi dalam bentuk esai sepanjang 300-500 kata. 
  6. Pendaftar menyerahkan Proposal Penelitian yang terperinci (yang akan melalui pemeriksaan plagiarisme). 
  7. Pendaftar menyerahkan bukti penelitian apapun seperti contoh tulisan atau makalah yang diterbitkan (setidaknya 2 hingga 3 karya tulis ilmiah). 
  8. Pendaftar internasional harus menyerahkan bukti kemampuan bahasa seperti:
    • TOEFL (Test of English as a Foreign Language)
    • IELTS (International English Language Testing System)
    • Tes bahasa Inggris standar lainnya pada platform internasional, atau
    • menyerahkan bukti sudah menyelesaikan kursus tingkat sarjana penuh waktu yang diajarkan dan dinilai sepenuhnya dalam bahasa Inggris. 

Masih berkaitan dengan persyaratan dalam program ASEAN Scholarship Nalanda University. Seperti penjelasan sebelumnya, program ini juga terbuka untuk kalangan praktisi, baik untuk menempuh studi secara penuh waktu maupun paruh waktu di Nalanda University. 

Sehingga persyaratan untuk praktisi dengan pengalaman kerja ini terpisah atau berbeda dengan persyaratan yang sudah dijelaskan di atas. Berikut persyaratannya secara rinci: 

  1. Pendaftar harus memiliki gelar Master dengan nilai minimal 65% atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang setara. Dimana IPK minimal adalah 2,2 dengan skala 4,0.
  2. Pendaftar harus memiliki pengalaman kerja minimal 8-10 tahun.
  3. Pendaftar harus menyerahkan Surat Perkenalan Diri dan 2 Surat Rekomendasi atau surat Referensi (ketentuan sama dengan pendaftar non praktisi yang sudah dijelaskan sebelumnya). 
  4. Pendaftar menyusun dan melampirkan dokumen Statement of Purpose (SoP). Isinya harus secara jelas menyatakan alasan untuk memilih program studi/program dan memilih Universitas Nalanda). 
  5. Pendaftar menyerahkan Proposal Penelitian yang terperinci (yang akan melalui pemeriksaan plagiarisme)
  6. Pendaftar menyerahkan bukti penelitian apa pun seperti sampel tulisan atau makalah yang diterbitkan (setidaknya 2 hingga 3).
  7. Pendaftar internasional harus menyerahkan bukti kemampuan bahasa seperti:
    • TOEFL (Test of English as a Foreign Language)
    • IELTS (International English Language Testing System)
    • Tes bahasa Inggris standar lainnya pada platform internasional, atau
    • menyerahkan bukti sudah menyelesaikan kursus tingkat sarjana penuh waktu yang diajarkan dan dinilai sepenuhnya dalam bahasa Inggris.

Mau studi lanjut tapi bingung dengan keluarga yang ditinggalkan? Cek saja 4 Rekomendasi Beasiswa S3 dengan Tunjangan Keluarga.

Cakupan Program 

Program ASEAN Scholarship Nalanda University seperti yang sudah dijelaskan masuk ke dalam kategori beasiswa fully funded atau penuh. Cakupan beasiswa program ASEAN Scholarship Nalanda University cukup luas, diantaranya:

1. Biaya Pendidikan 

Cakupan yang pertama dalam program beasiswa ini tentu saja adalah biaya pendidikan. Besaran biaya pendidikan disesuaikan dengan kebijakan Nalanda University sehingga dijamin sesuai. 

Sedangkan untuk program PhD atau S3, dijelaskan jika ada nominal dana pendidikan yang diberikan pihak penyelenggara. Rinciannya bisa dibaca di website resminya yang nanti dicantumkan di bawah. 

Jadi, jika menjadi awardee dalam program ini, Anda bisa fokus dalam menjalani studi. Sebab tidak perlu pusing memikirkan biaya kuliah. Adapun fasilitas ini akan didapatkan sesuai dengan durasi pendidikan yang berlaku di Nalanda University. 

2. Uang Bulanan 

Cakupan atau fasilitas kedua dari program ASEAN Scholarship Nalanda University adalah uang bulanan. Uang atau tunjangan ini ditujukan untuk membantu awardee bisa memenuhi kebutuhan hidup selama masa studi dan cair setiap bulan. 

Hanya saja dari pihak penyelenggara tidak dijelaskan berapa nominal uang bulanan yang diterima awardee. Meskipun begitu, tentunya jumlah uang bulanan akan disesuaikan dengan standar biaya hidup di India. 

3. Biaya Akomodasi 

Cakupan yang ketiga dalam program beasiswa ini adalah biaya akomodasi atau residential charge. Biaya ini bersifat tunjangan, sehingga disediakan dana bantuan untuk membantu awardee menyewa tempat tinggal. 

Pada program tertentu, awardee diberikan fasilitas akomodasi gratis berupa asrama. Namun ada beberapa program yang fasilitas ini terbatas hanya untuk 7 hari pertama setelah kepindahan ke India. 

Lebih detailnya bisa membaca penjelasan di website resmi Nalanda University. Namun dengan adanya fasilitas ini maka para awardee dipastikan akan mendapat bantuan akomodasi, baik berupa subsidi maupun biaya penuh sesuai kebijakan pihak penyelenggara program. 

4. Biaya Perjalanan Pesawat PP 

Cakupan yang keempat dan yang terakhir di dalam program ASEAN Scholarship Nalanda University adalah biaya perjalanan. Yakni biaya untuk pemesanan tiket pesawat dari negara asal mahasiswa ke India atau sampai ke Nalanda University. 

Fasilitas pendanaan ini diberikan satu kali untuk PP. Yakni keberangkatan ke India dan negara asal awardee di masa awal studi. Disusul kepulangan dari India ke negara asal awardee di masa akhir studi. 

Mengenai rincian jenis kelas penerbangan dan lainnya bisa dikonsultasikan melalui kontak narahubung yang disediakan pihak penyelenggara. Sehingga bisa memesan kelas penerbangan yang sesuai tanpa resiko nombok dengan uang pribadi. 

Jadwal Pendaftaran 

Jika merasa sudah memenuhi kriteria dan persyaratan dalam program ASEAN Scholarship Nalanda University sesuai penjelasan sebelumnya. Maka bisa segera menyiapkan seluruh dokumen yang menjadi kelengkapan administrasi pendaftaran. 

Mencakup dokumen SoP, alasan pemilihan jurusan, tujuan menempuh pendidikan pascasarjana, dan lain sebagainya sesuai ketentuan. Pastikan sudah lengkap dan segera melakukan pendaftaran sebab program ASEAN Scholarship Nalanda University akan ditutup pada 31 Mei 2024. 

Jadi, manfaatkan waktu sekitar setengah bulan untuk memenuhi berbagai kelengkapan administrasi. Silakan kunjungi website resminya untuk informasi lebih lanjut atau menghubungi kontak narahubung untuk konsultasi kelengkapan administrasi. 

Tahapan Seleksi 

Pendaftar yang sudah melakukan pendaftaran sesuai waktu yang ditentukan maka tinggal menunggu kabar baik. Pihak penyelenggara akan melakukan seleksi berdasarkan prestasi, salah satunya dilihat dari nilai IPK yang dilampirkan di berkas pendaftaran. 

Setelah diseleksi, para peserta terpilih nantinya akan dijadwalkan untuk mengikuti seleksi wawancara. Proses wawancara dilakukan secara jarak jauh melalui aplikasi konferensi video atau sesuai kebijakan lain dari pihak penyelenggara. 

Jika sudah dinyatakan lolos di tahap wawancara maka akan diberi pengumuman lewat email. Pastikan email yang digunakan untuk mendaftar ke program aktif dan rutin di cek atau terhubung dengan smartphone agar ada notifikasi di layar. 

Memahami seluruh tahapan seleksi dalam program ini tentu penting sehingga bisa mulai mempersiapkan diri. Anda bisa mempelajari apa saja yang mungkin ditanyakan pihak penyelenggara program saat sesi wawancara sehingga bisa memberi jawaban terbaik dan membuka peluang untuk lolos seleksi. 

Cara Daftar 

Bagaimana cara mendaftar dalam program ASEAN Scholarship Nalanda University? Proses pendaftaran terbilang sangat simpel karena pendaftar cukup mengisi formulir pendaftaran online di website resminya. 

Lalu, melampirkan beberapa dokumen yang menjadi kelengkapan administrasi pendaftaran sesuai dengan ketentuan. Pendaftaran dilakukan melalui laman https://online.nalandauniv.edu.in/

Sebelum menyelesaikan proses pendaftaran maupun mulai mengisi formulir pendaftaran. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan: 

  1. Pastikan sudah membaca dan memahami seluruh persyaratan program untuk memastikan bisa dipenuhi sejak awal sebab seleksi pertama akan dilakukan pemeriksaan di aspek ini. 
  2. Silakan memilih salah satu program dan satu program studi sesuai ketentuan. Setiap pendaftar hanya bisa memilih satu program dengan satu program studi. Jika ingin memilih lebih dari satu program studi, Anda bisa mendaftar dengan mengisi formulir ulang. 
  3. Pastikan seluruh isi dari formulir pendaftaran dan dokumen kelengkapan administrasi sudah disusun dalam bahasa Inggris. 
  4. Pastikan semua kolom dalam formulir pendaftaran terisi lengkap tanpa ada yang dikosongi dengan sengaja. Jika ada kolom yang tidak bisa dijawab atau tidak sesuai maka bisa diisi dengan keterangan “N/A” bukan sekedar dikosongkan. 
  5. Pastikan teliti saat mengisi data diri seperti nama, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, dan sebagainya. Khusus untuk nama pastikan sudah sesuai dengan nama di ijazah yang dilampirkan saat pendaftaran. 
  6. Cek kelengkapan dokumen yang dilampirkan dan pastikan isi sudah sesuai dengan kondisi aktual. Sebab saat pendaftaran sudah selesai dilakukan maka pendaftar tidak bisa mengubah atau mengedit dokumen dan data yang sudah diisi. 
  7. Pastikan sudah membaca isi dari formulir pendaftaran dan menyimpan seluruh berkas persyaratan administrasi. Sehingga bisa dipastikan sudah sesua dan memiliki dokumentasi yang bisa saja diperlukan di kemudian hari. 

Itulah penjelasan secara rinci mengenai program ASEAN Scholarship Nalanda University yang tahun ini kembali dibuka dan bisa diikuti oleh mahasiswa asal Indonesia. Lewat program ini ada kesempatan studi S2 maupun S3 di kampus tertua dunia dan di India. 

Jika ada yang masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan, maka disarankan berkonsultasi langsung dengan pihak penyelenggara. Yakni melalui [email protected] atau membaca seluruh informasi program di laman https://nalandauniv.edu.in/admissions/

Jika memiliki pertanyaan atau ingin sharing pengalaman berkaitan dengan topik dalam artikel ini. Jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke orang terdekat Anda. Semoga bermanfaat.

Di tag : ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132