fbpx

6 Program Beasiswa S3 Singapura, Banyak yang Fully Funded

beasiswa s3 singapura

Melanjutkan pendidikan tinggi sampai ke jenjang S3 (Doktor) menjadi impian banyak orang, apalagi yang berprofesi sebagai dosen. Sayangnya, biaya pendidikan di jenjang pascasarjana ini dikenal tidak murah, apalagi jika ditempuh di luar negeri seperti Singapura. 

Meskipun begitu, Anda bisa mengandalkan salah satu dari berbagai program beasiswa S3 Singapura lewat program beasiswa ini sehingga Anda bisa fokus melanjutkan studi tanpa perlu pusing memikirkan soal biaya pendidikan. 

Lalu, apa saja pilihan program beasiswa jenjang S3 di Singapura? Dikutip dari berbagai sumber, ternyata pilihan beasiswa ke negara singa ini cukup banyak. Berikut daftar beasiswanya! 

Program Beasiswa S3 Singapura 

Selain mengandalkan program beasiswa dari pemerintah Indonesia, seperti beasiswa LPDP maupun BPI. Anda yang ingin studi S3 di Singapura juga bisa mengandalkan program beasiswa dari negara itu sendiri, baik dari pemerintah maupun perguruan tinggi di dalamnya. 

Berikut adalah beberapa pilihan dan rekomendasi program beasiswa S3 Singapura yang bisa dipertimbangkan: 

1. Singapore International Graduate Award (SINGA)

Pilihan dan rekomendasi program beasiswa S3 yang pertama di Singapura adalah Singapore International Graduate Award (SINGA). Program SINGA membantu mahasiswa internasional studi lanjut dari jenjang S1 langsung ke S3. 

Meskipun begitu, beberapa beasiswa juga memfasilitasi lulusan S2 untuk studi lanjut di jenjang S3. Program SINGA sendiri merupakan beasiswa hasil kerjasama sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Singapura, yakni Agency for Science, Technology & Research (A*STAR), National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD). Awardee kemudian bisa studi S3 di PT yang ikut berpartisipasi dalam terselenggaranya program ini. 

Beasiswa SINGA bersifat fully funded (penuh), mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, dan asuransi kesehatan selama masa studi. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi laman resminya melalui https://www.a-star.edu.sg/Scholarships/for-graduate-studies/singapore-international-graduate-award-singa

2. Nanyang Technological University (NTU) Research Scholarship

Rekomendasi beasiswa S3 Singapura yang kedua adalah program Nanyang Technological University (NTU) Research Scholarship. Program ini merupakan beasiswa dari pihak NTU yang merupakan salah satu PT terkemuka di Singapura. 

NTU diketahui menyelenggarakan sejumlah program beasiswa, dan untuk jenjang S3 dan bisa diakses mahasiswa internasional adalah NTU Research Scholarship. Lewat program ini, awardee bisa mendapat fasilitas riset yang lebih memadai dan berskala internasional. 

Beasiswa dari NTU ini juga bersifat penuh (fully funded) yang mencakup biaya pendidikan sampai tunjangan hidup atau biaya hidup. Pendaftaran setiap tahunnya dibuka pada bulan Juni, untuk info lebih lanjut bisa mengunjungi https://www.ntu.edu.sg/admissions/graduate/financialmatters/scholarships/rss

Apakah Anda mau daftar beasiswa tapi terkenda persyaratan bahasa Inggris? Pilih beasiswa berikut saja

3. National University of Singapore (NUS) Research Scholarship

Rekomendasi program beasiswa S3 Singapura yang ketiga adalah program National University of Singapore (NUS) Research Scholarship. Sesuai namanya, program ini diselenggarakan oleh National University of Singapore (NUS). 

NUS juga diketahui menjadi salah satu universitas bergengsi di Singapura dan membuka banyak program beasiswa. Pada NUS Research Scholarship ditujukan untuk mahasiswa pascasarjana dari jenjang S2 sampai S3. 

Selain disediakan fasilitas riset yang mendukung, beasiswa ini juga memiliki cakupan luas, mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, tunjangan akomodasi, sampai tunjangan penyediaan perangkat komputer. 

Program beasiswa ini sendiri secara umum dibuka pendaftarannya setiap bulan Agustus. Informasi lebih detail bisa mengunjungi laman resminya di https://fass.nus.edu.sg/prospective-students/graduate/research/scholarships/nus-research-scholarship/

4. A*STAR Graduate Scholarship

Pilihan beasiswa S3 Singapura berikutnya adalah Agency for Science, Technology and Research (A*STAR) Graduate Scholarship. Sesuai dengan namanya, program ini diselenggarakan oleh Agency for Science, Technology and Research (A*STAR). 

Program ini membantu mahasiswa internasional menempuh studi PhD atau S3 di salah satu PT bergengsi dan terbaik di Singapura. Lewat program ini, awardee bisa fokus menempuh pendidikan karena bersifat penuh (fully funded). 

Cakupan program beasiswa A*STAR Graduate Scholarship antara lain biaya pendidikan, biaya hidup, dan berbagai fasilitas lain yang dibutuhkan selama masa studi. Umumnya beasiswa ini dibuka pendaftarannya setiap tahun antara bulan Juli sampai Agustus. 

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi laman resminya melalui https://www.a-star.edu.sg/Scholarships/for-graduate-studies/a-star-graduate-scholarship-singapore untuk informasi lebih rinci. 

5. SMU President’s PhD Scholarship

Pilihan kelima untuk program beasiswa S3 Singapura adalah program Singapore Management University (SMU) President’s PhD Scholarship. Program ini sesuai namanya diselenggarakan oleh President’s PhD Scholarship. 

President’s PhD Scholarship adalah sebuah perguruan tinggi di Singapura yang membuka peluang bagi mahasiswa internasional untuk studi lanjut jenjang S3. Beasiswa ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2012 dan terus berlanjut sampai sekarang. 

SMU President’s PhD Scholarship juga termasuk beasiswa penuh. Adapun cakupannya adalah biaya pendidikan sampai lulus, tunjangan hidup, dan juga tunjangan konferensi ilmiah. 

Menjelang akhir tahun, di sekitaran bulan Juli sampai Agustus, pendaftaran beasiswa ini dibuka. Informasi lebih lanjut bisa rutin mengunjungi https://graduatestudies.smu.edu.sg/phd/research-achievements/presidential-doctoral-fellowships

6. ESSEC Asia-Pacific

Rekomendasi beasiswa S3 Singapura yang terakhir adalah beasiswa dari ESSEC Asia-Pacific yang juga merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Singapura. 

ESSEC Asia-Pacific diketahui membuka beberapa jenis program beasiswa untuk berbagai jenjang dan prodi yang diselenggarakan. Adapun untuk jenjang PhD atau S3 adalah dari program First Mover Scholarship. 

Meskipun beasiswa ini tidak bersifat penuh, biaya pendidikan S3 tetap akan diberikan dengan nominal sebesar SG$10.000. Selain itu, bisa mendukung rencana studi S3 di Singapura dan masuk universitas terkemuka. 

Beasiswa ini diketahui rutin dibuka pendaftarannya setiap tahun, hanya saja memang akan ada beberapa perubahan kebijakan. Informasi lebih detail bisa mengunjungi laman https://executive-education.essec.edu/en/program/embas-en/emba-asia-pacific-en/admission_and_financing/

Jangan lewatkan juga daftar beasiswa dari negara lain:

Alasan Memilih Kuliah S3 di Singapura

Pilihan beasiswa S3 Singapura memang cukup beragam seperti penjelasan di atas. Selain beberapa pilihan tersebut, Anda juga bisa mempertimbangkan beasiswa dari pemerintah Indonesia. 

Namun, kenapa harus menempuh studi di Singapura? Dikutip dari berbagai sumber, ada banyak kelebihan yang ditawarkan negara ini untuk proses studi, termasuk jenjang S3.

Berikut alasan kenapa Singapura jadi negara untuk melanjutkan studi kuliah Anda:

1. Kualitas Pendidikan yang Dikenal Bagus 

Menempuh pendidikan S3 tidak harus sampai ke luar negeri, sebab banyak perguruan tinggi dalam negeri juga membuka jenjang ini. Namun ketika ada rencana studi ke luar negeri maka dijamin akan memastikan kualitas pendidikannya lebih baik. 

Atas pertimbangan ini ada banyak mahasiswa Indonesia dan negara lain memutuskan untuk studi lanjut di Singapura. Pasalnya, kualitas pendidikan di negara ini memang dikenal sudah sangat bagus. 

Terbukti dari beberapa perguruan tinggi di Singapura yang berhasil menembus pemeringkatan tingkat dunia. Mulai dari NUS sampai NTU yang rutin masuk ke dalam jajaran perguruan tinggi top dunia. 

2. Fasilitas Pendidikan yang Lengkap 

Alasan kedua kenapa perlu memeprtimbangkan Singapura untuk destinasi studi S3 adalah karena fasilitas pendidikannya. Nyaris semua perguruan tinggi di Singapura menyediakan akses ke perpustakaan tingkat dunia. 

Sehingga menjadi mahasiswa disini bisa terbantu menemukan referensi yang banyak dan lengkap. Mulai dari jurnal sampai berbagai jenis buku dari terbitan penerbit terkemuka seluruh dunia. 

Selain itu, sebagian besar perguruan tinggi disini juga memfasilitasi keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah gratis. Misalnya seminar keilmuan, kajian, dan diskusi yang sifatnya gratis. 

Keluarga bukan lagi hambatan melanjutkan studi, dapatkan 4 Rekomendasi Beasiswa S3 dengan Tunjangan Keluarga

3. Banyak Peluang Mengasah Skill 

Alasan ketiga kenapa memutuskan kuliah S3 di Singapura adalah karena ada banyak peluang untuk mengasah skill. Seperti yang diketahui, menempuh pendidikan tinggi dengan mengandalkan perkuliahan akan cenderung memahami ilmu teori. 

Padahal di dunia kerja nanti, setiap lulusan diharapkan punya skill mumpuni dan siap menjawab kebutuhan maupun tantangan dunia kerja. Jadi, perlu adanya kebutuhan membekali mahasiswa dengan berbagai skill mumpuni. 

Hal ini menjadi fasilitas yang berhasil disediakan pemerintah Singapura dan dilaksanakan seluruh perguruan tinggi sehingga mahasiswa bisa menemukan banyak kegiatan ko-kurikuler untuk mengasah skill yang dimiliki. 

Contohnya seperti musik, olahraga, seni budaya, dan kegiatan lain yang efektif mengasah skill. Lewat fasilitas ini, mahasiswa di Singapura bisa memiliki banyak skill yang menjadi bekal berharga di masa depan.  

4. Membangun Jaringan dengan Mahasiswa Internasional 

Singapura menjadi negara yang sering dituju mahasiswa internasional dari berbagai negara. Selain karena tersedia banyak beasiswa S3 Singapura untuk mahasiswa internasional, juga karena alasan lain yang sudah dijelaskan. 

Alhasil, menjadi mahasiswa di Singapura akan bertemu lebih banyak mahasiswa. Tidak hanya mahasiswa asli orang Singapura tapi juga mahasiswa dari negara lain di dunia, terutama mahasiswa dari kawasan Asia. 

Dari fakta ini, maka ada kesempatan untuk membangun jaringan dengan mahasiswa internasional. Memiliki jaringan internasional yang luas tentu penting dan menguntungkan di masa mendatang. Misalnya jika Anda dosen, maka ada kesempatan berkolaborasi dengan lebih banyak orang dalam penelitian dan publikasi. 

5. Prospek Karir Setelah Lulus Terbilang Bagus 

Alasan berikutnya kenapa Singapura cocok dijadikan destinasi studi S3 adalah karena prospek karir yang terbilang bagus. Salah satu alasannya adalah karena kualitas pendidikan yang diakui dunia sudah bagus. 

Sehingga lulusan perguruan tinggi di Singapura selalu dipandang sebagai kandidat SDM unggul dan layak diterima. Inilah yang membuat alumni perguruan tinggi di Singapura tidak kesulitan mendapat pekerjaan, terutama di perusahaan skala besar. 

Jadi, jika Anda memiliki rencana sukses berkarir dan masuk ke perusahaan besar atau terkemuka. Tidak ada salahnya menjadikan Singapura sebagai destinasi untuk studi, karena memang prospek karir lulusannya dikenal bagus. 

6. Bahasa Resmi adalah Bahasa Inggris 

Alasan yang keenam kenapa Singapura menjadi destinasi terbaik untuk studi S3 adalah karena penggunaan bahasa Inggris. Bahasa resmi yang umum digunakan masyarakat dan menjadi bahasa pengantar di pendidikan adalah bahasa Inggris. 

Bahasa Inggris tentu menjadi bahasa internasional yang dikuasai banyak orang. Bahkan masyarakat di Indonesia juga sudah banyak yang menguasai bahasa ini. Apalagi jika memang pernah ikut kursus dan aktif menggunakannya berkomunikasi. 

Hal tersebut tentu akan memudahkan mahasiswa internasional beradaptasi dalam berkomunikasi. Sekaligus tidak harus kursus bahasa asing sebelum proses studi dimulai. Proses mengikuti perkuliahan pun terasa lebih nyaman karena memakai bahasa pengantar yang sudah dikuasai dengan baik. 

7. Negara yang Aman dan Bersih 

Alasan ketujuh kenapa perlu mempertimbangkan untuk kuliah S3 di Singapura adalah karena termasuk negara yang aman dan bersih. Singapura termasuk negara yang maju, akan tetapi tidak semua negara maju di dunia terbilang aman. 

Misalnya saja di Amerika Serikat yang diketahui memiliki angka kriminal yang tinggi setiap tahunnya. Hal ini berkebalikan dengan kondisi di Singapura yang cenderung aman. Terlihat dari angka kriminal yang terbilang rendah. 

Selain itu, di Singapura anggota kepolisian diketahui rutin bertugas dengan berkeliling. Ditambah dengan pemasangan banyak CCTV di berbagai penjuru kota di Singapura yang tentu meningkatkan jaminan keamanan. 

Tak hanya itu saja, Singapura juga diketahui memiliki masyarakat yang tertib dan disiplin. Hal ini juga berlaku dalam kebiasaan membuang sampah yang selalu pada tempatnya, sehingga kondisi Singapura terbilang sangat bersih terutama di pusat kota. 

8. Kondisi yang Mirip dengan Indonesia 

Salah satu alasan kenapa Singapura cocok dituju mahasiswa Indonesia untuk studi lanjut adalah kondisi yang mirip. Salah satunya dari aspek musim, dimana sama-sama merupakan negara tropis. 

Sehingga hanya ada dua pergantian musim seperti di Indonesia. Meski terdengar sepele, akan tetapi banyak mahasiswa Indonesia yang mengalami culture shock cukup parah ketika kuliah di negara Eropa dengan 4 musim. 

Musim yang berbeda terlalu jauh bisa mempengaruhi kondisi fisik dan mental. Sebaliknya, semakin mirip musimnya dengan negara asal maka akan memudahkan proses adaptasi sehingga Anda bisa lebih mudah dan cepat beradaptasi agar bisa segera fokus dengan kegiatan perkuliahan. 

9. Negara Maju dengan Biaya Hidup Masih Murah 

Dibandingkan dengan di Indonesia, biaya hidup di Singapura memang lebih mahal. Apalagi dengan fakta bahwa kurs mata uang Singapura dengan Indonesia lebih tinggi Singapura. Ibaratnya, uang jutaan dalam Rupiah bisa menjadi recehan jika ditukar dolar Singapura. 

Meskipun begitu, hal menarik ternyata terjadi karena biaya hidup di Singapura tergolong lebih murah dibanding di negara maju lainnya di Asia. Apalagi jika dibandingkan dengan negara maju di Eropa, Amerika, dan sebagainya. 

Jadi, jika mencari negara dengan pendidikan sudah maju tapi biaya hidupnya masih terjangkau, Singapura adalah jawabannya. Hal ini akan menguntungkan jika Anda menerima beasiswa parsial, sehingga tidak kesulitan mencari dana untuk kebutuhan lain selama masa studi. 

10. Banyak Pilihan Program Beasiswa

Alasan lain yang membuat Singapura menjadi destinasi yang baik dalam studi lanjut adalah banyaknya program beasiswa. Selain dari daftar di atas, masih ada beasiswa dari pemerintah Indonesia. Banyaknya beasiswa menjadi angin segar bagi mahasiswa asal Indonesia untuk bisa segera studi lanjut di Singapura. 

Oleh sebab itu, ada banyak mahasiswa asal Indonesia berhasil masuk perguruan tinggi bergengsi di Singapura dan menikmati pendidikan gratis. Anda juga memiliki kesempatan menjadi salah satunya jika berhasil mendapatkan beasiswa untuk studi lanjut di Singapura. 

Dengan berbagai alasan tersebut dan pilihan beasiswa S3 Singapura yang cukup beragam. Tentu menjadi pertimbangan untuk memilih negara ini sebagai destinasi studi lanjut. Ditambah, jaraknya cukup dekat dengan Indonesia yang biaya tiket pesawatnya juga dikenal terjangkau. 

Apakah Anda salah satu orang yang mau studi lanjut S3? Mana beasiswa yang Anda targetkan?

Yuk, bagikan informasi beasiswa ini ke rekan Anda yang sesama sedang mencari beasiswa S3. Semoga artikel ini dapat membantu.

Di tag : ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132