fbpx

5 Beasiswa S3 Thailand dan Keuntungan Studi Di Sana

beasiswa S3 Thailand

Menempuh pendidikan tinggi sampai jenjang tertinggi bisa menjadi kebutuhan dan kewajiban seseorang, contohnya jika Anda seorang dosen. Menempuh pendidikan S3 bisa dilakukan di dalam maupun luar negeri. 

Jika tertarik studi S3 di luar negeri, tidak ada salahnya mempertimbangkan negara Thailand sebagai destinasi. Selain ada banyak pilihan program beasiswa S3 Thailand, diketahui bahwa untuk masuk dan lulus di Thailand tidak terlalu sulit. 

Belum lagi dengan fakta bahwa beasiswa di negara Thailand masih belum memiliki pesaing yang ketat, kecuali untuk beberapa program populer. Lalu, apa saja rekomendasi beasiswa S3 di negara Thailand? Berikut informasinya. 

Pilihan Beasiswa S3 Thailand

Thailand termasuk ke dalam negara yang memiliki kualitas pendidikan yang bagus bahkan masuk jajaran negara dengan kualitas pendidikan terbaik di kawasan Asia Tenggara. Tidak heran jika banyak mahasiswa dari Indonesia dan negara lain mulai melirik negara satu ini untuk kebutuhan studi. 

Kabar baiknya, kuliah di Thailand baik dari jenjang S1 sampai jenjang pascasarjana seperti S2 dan S3 bisa gratis. Sebab ada banyak sekali pilihan program beasiswa S3 Thailand bisa dijadikan pilihan dan diperjuangkan. 

Beasiswa ini sendiri ada yang diselenggarakan pemerintah Indonesia dan ada pula dari pemerintah di Thailand maupun sejumlah perguruan tinggi di Negara Gajah Putih tersebut. Berikut beberapa beasiswa S3 di Thailand:

1. The Royal Golden Jubilee Ph.D. Programme: Scholarships for ASEAN students (RGJ –ASEAN)

Beasiswa S3 Thailand yang diselenggarakan langsung oleh pemerintah Thailand, salah satunya adalah Scholarships for ASEAN students (RGJ –ASEAN). 

Khusus untuk jenjang S3 bisa masuk ke kategori The Royal Golden Jubilee Ph.D. Programme. Beasiswa ini diselenggarakan langsung oleh pemerintah negara Thailand dan ditujukan untuk mahasiswa dari negara anggota ASEAN (termasuk Indonesia). 

Hal menarik dari program ini adalah lulusan S1 dari Indonesia bisa ikut mendaftar. Hanya saja nantinya akan menempuh masa studi S3 selama 5 tahun, sedangkan jika sudah menyelesaikan S2 maka akan ditempuh kurang lebih selama 3 tahun saja. 

Dalam beasiswa ini wajib didahului dengan mendaftar di universitas tujuan di Thailand, setelah ada LoA baru mendaftar ke program bersamaan dengan promotor (dosen pembimbing) yang sudah diajak berkomunikasi. Informasi lebih bisa mengunjungi laman https://rgj.trf.or.th/main/home/.

Jangan lewatkan juga daftar beasiswa dari negara lain:

2. Chulalongkorn University 

Seperti penjelasan sebelumnya, selain ada beasiswa dari pemerintah Thailand, sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Thailand menyediakan program beasiswa tersendiri. Biasanya program ini juga dibuka untuk mahasiswa internasional. 

Salah satunya adalah Chulalongkorn University yang merupakan universitas negeri dan kemudian menyediakan banyak pilihan program beasiswa S3 Thailand yang bisa dipilih mahasiswa Indonesia. Berikut beberapa pilihannya: 

a. Scholarship Program for ASEAN and Non-ASEAN Countries

Beasiswa yang pertama dari Chulalongkorn University adalah Scholarship Program for ASEAN and Non-ASEAN Countries. Sesuai dengan namanya, program ini untuk mahasiswa dari negara ASEAN dan non ASEAN. 

Beasiswa ini bersifat penuh dan pendaftarannya dibuka dua kali dalam setahun. Yakni di setiap awal atau menjelang akhir semester. Selain itu juga tersedia beberapa pilihan skema untuk disesuaikan dengan rencana studi yang dimiliki. 

b. Graduate School Scholarship of Chulalongkorn University

Pilihan kedua untuk beasiswa dari Chulalongkorn University adalah Graduate School Scholarship. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang sudah kuliah di Chulalongkorn University. Beasiswa ini dibuka pendaftarannya sebanyak 3x di setiap semester. 

c. C2F (Second Century Fund) Scholarship

Pilihan berikutnya adalah C2F Scholarship yang diselenggarakan Chulalongkorn University khusus untuk jenjang S3. Syarat mutlaknya adalah pendaftar sudah memiliki 1 artikel terpublikasi jurnal ilmiah. 

Beasiswa ini diperkenalkan sejak tahun 2019 dan menyediakan biaya pendidikan, biaya bulanan, sampai biaya akomodasi bagi awardee.  Sehingga termasuk beasiswa fully funded

Informasi lain mengenai seluruh program beasiswa di Chulalongkorn University bisa mengunjungi laman resminya di https://www.chula.ac.th/en/. Masing-masing beasiswa memiliki syarat dan cakupan berbeda. 

3. Khon Kaen University

Penyedia program beasiswa S3 Thailand berikutnya adalah Khon Kaen University yang juga merupakan universitas negeri. Universitas bergengsi ini menyediakannya program Khon Kaen University Scholarship (KKU Scholarship). 

Program KKU Scholarship tersebut diketahui menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia untuk merekrut awardee jenjang S2 dan S3. Pendaftaran program biasanya dibuka di bulan Januari setiap tahunnya, informas lebih bisa mengunjungi https://m.kku.ac.th/

Jangan lewatkan Program ASEAN and Non-ASEAN Scholarship Chulalongkorn University 2024

4. Chiang Mai University

Berikutnya ada Chiang Mai University yang juga menggelar sejumlah program beasiswa. Salah satu programnya ditujukan untuk mahasiswa internasional dan masuk ke jenjang S3. Yakni Doctoral Degree Scholarship. 

Beasiswa ini penuh dengan cakupan biaya pendidikan, biaya bulanan, akomodasi, asuransi kesehatan, biaya buku, sampai biaya publikasi ilmiah sebagai tugas akhir. Informasi mengenai pembukaan pendaftaran bisa mengunjungi https://www.cmu.ac.th/en/content/425815A0-90AB-4F39-9DA9-8D5DEA9CDBED

5. Asian Institute of Technology (AIT) 

Penyedia program beasiswa S3 Thailand berikutnya adalah Asian Institute of Technology (AIT) yang juga merupakan universitas negeri. AIT sama seperti Chulalongkorn University yang menyediakan banyak program beasiswa. 

Mayoritas ditujukan untuk mahasiswa internasional. Misalnya program Royal Thai Government Scholarship, Asian Development Bank – Japan Scholarship Programs, Bangchak Scholarship, dan lain sebagainya. 

Masing-masing program beasiswa ditujukan untuk sejumlah jenjang sampai prodi di AIT. Sehingga bisa memilih yang dirasa paling sesuai kondisi dan kebutuhan. informasi lengkap bisa mengunjungi https://ait.ac.th/

Sebagai catatan tambahan, hal menarik dari Thailand adalah nyaris semua perguruan tinggi negeri maupun swasta menyediakan program beasiswa. Beberapa skema dihadirkan untuk mahasiswa internasional. 

Jadi, jika rekomendasi beasiswa S3 Thailand tersebut dirasa masih belum ada yang cocok. Anda bisa mengunjungi laman resmi perguruan tinggi di Thailand dan mengecek program beasiswa yang diselenggarakan. Biasanya tersedia dan pendaftarannya dibuka setiap tahun. 

Keluarga bukan lagi hambatan melanjutkan studi, dapatkan 4 Rekomendasi Beasiswa S3 dengan Tunjangan Keluarga

Kenapa Memilih Kuliah di Thailand? 

Selain Thailand, Anda tentu bisa studi S3 di negara lain. Akan tetapi menempuh studi di Thailand menjadi pilihan yang menarik. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa alasan kenapa Thailand bisa dijadikan tujuan: 

1. Program Beasiswa Banyak dan Persaingan Tidak Ketat 

Selain rekomendasi di atas, pilihan beasiswa jenjang S3 di Thailand masih banyak lagi. Sehingga dengan banyaknya pilihan bisa memilih yang syaratnya paling mudah dan cakupannya sesuai kebutuhan. 

Selain itu berdasarkan pengakuan awardee di salah satu unggahan Instagram Dunia Dosen. Dijelaskan bahwa beasiswa ke Thailand persaingannya tidak terlalu ketat. Hal ini akan memperbesar peluang lolos seleksi. 

2. Banyak Dibuka Kelas Internasional 

Nyaris semua perguruan tinggi negeri di Thailand menyediakan kelas internasional dan menyelenggarakan beasiswa. Disusul pula sejumlah universitas swasta sehingga bisa bertemu dengan mahasiswa dari negara lain dan ada banyak prodi menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. 

Apakah Anda mau daftar beasiswa tapi terkenda bahasa Inggris? Pilih beasiswa berikut saja

3. Kualitas Pendidikan yang Bagus 

Thailand masuk ke dalam jajaran negara dengan pendidikan tinggi berkualitas terbaik di kawasan Asia Tenggara. Hal ini membuatnya menjadi destinasi terbaik untuk studi, karena membuka pintu mendapatkan akses pendidikan terbaik. 

4. Biaya Hidup Terjangkau 

Negara Thailand juga dikenal sebagai salah satu negara dengan biaya hidup terjangkau. Negara yang dipimpin seorang raja ini dikenal menjadi negara yang cukup kaya, sehingga kehidupan masyarakatnya baik dan biaya hidupnya juga tidak mahal. Apalagi ada beasiswa yang menyediakan uang saku dan biaya akomodasi. 

5. Proses Kelulusan Dikenal Mudah 

Hal menarik lainnya yang membuat studi di Thailand menjadi langkah yang baik adalah karena proses kelulusannya mudah. Banyak universitas di Thailand tidak mewajibkan menyusun karya ilmiah dan publikasi. Namun lebih ke laporan studi, sehingga proses kelulusannya lebih sederhana tetapi ilmunya berhasil didapatkan. 

Melalui penjelasan tersebut, apakah Anda semakin tertarik meraih beasiswa S3 Thailand? Kabarnya, beasiswa yang tersedia tak hanya banyak, akan tetapi juga masih minim pesaing. Sehingga kemungkinan lolos seleksi lebih besar. Ditambah lokasinya dekat dengan Indonesia, sehingga bisa mudik kapan saja jika dibutuhkan. 

Jika memiliki pertanyaan atau ingin sharing pengalaman berkaitan dengan topik dalam artikel ini. Jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke rekan dosen yang sedang mencari beasiswa. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132