fbpx

Terbitkan buku lebih cepat HANYA 1 BULAN? Dapatkan fasilitas VIP ini secara GRATIS! Klik di sini

5 Daftar Program Beasiswa S3 Malaysia

beasiswa s3 malaysia

Jika ingin kuliah di luar negeri karena merasa memiliki kualitas pendidikan lebih baik dan memberi wawasan lebih luas karena lebih multikultural. Mka bisa mempertimbangkan untuk kuliah di salah satu negara tetangga Indonesia, salah satunya di Malaysia. 

Kabar baiknya, untuk bisa kuliah di Malaysia tidak harus menggunakan biaya sendiri. Sebab ada banyak sekali pilihan program beasiswa S3 Malaysia yang bisa diperjuangkan. Terutama untuk para calon dosen dan para dosen yang ingin studi Doktoral. 

Pilihan Beasiswa S3 Malaysia 

Malaysia adalah salah satu negara tetangga Indonesia, beberapa negara bagiannya bahkan bersebelahan dengan wilayah darat Indonesia. Yakni di kawasan Pulau Kalimantan. Menariknya, Malaysia dikenal memiliki kualitas dan sistem pendidikan tinggi yang baik. 

Tidak heran, Malaysia sering dilirik mahasiswa internasional untuk mengenyam pendidikan tinggi, termasuk mahasiswa dari Indonesia. Jika ingin kuliah gratis di Malaysia dan khususnya di jenjang S3 (Doktor). Maka berikut pilihan beasiswa S3 Malaysia yang bisa dipertimbangkan: 

1. Beasiswa Internasional Malaysia (Malaysia International Scholarship-MIS)

Selain bisa mengandalkan beasiswa S3 Malaysia dari pemerintah Indonesia, Anda juga bisa mempertimbangkan beasiswa dari pemerintah Malaysia. Salah satu pilihannya adalah Malaysia International Scholarship (MIS). 

Beasiswa MIS disediakan oleh pemerintah Malaysia melalui Kementerian Pendidikan Malaysia dan ditujukan untuk mahasiswa internasional. Lewat program ini, mahasiswa internasional berkesempatan studi S3 gratis di beberapa kampus terkemuka di Malaysia. 

Beasiswa MIS bersifat penuh (fully funded) dengan cakupan biaya kuliah, asuransi kesehatan, sampai tunjangan bulanan. Umumnya beasiswa ini dibuka pendaftarannya rutin setiap tahun, informasi lengkapnya bisa mengunjungi https://biasiswa.mohe.gov.my/INTER/index.php

Jangan lewatkan Program ASEAN and Non-ASEAN Scholarship Chulalongkorn University 2024

2. Malaysian Technical Cooperation Programme (MTCP) Scholarship

Pemerintah Malaysia tak hanya menyediakan MIS untuk mendukung mahasiswa internasional kuliah gratis tetapi juga menyediakan program bertajuk Malaysian Technical Cooperation Programme (MTCP). 

Lewat program ini, pemerintah Malaysia membangun mempromosikan kerjasama teknis dan pengembangan sumber daya manusia di antara negara-negara berkembang, termasuk mahasiswa Indonesia. 

Beasiswa MTCP Malaysia bersifat penuh (fully funded) dengan cakupan biaya pendidikan, biaya hidup, dan tiket pesawat pulang pergi ke Malaysia. Informasi lebih lanjut mengenai MTCP bisa mengunjungi https://biasiswa.mohe.gov.my/INTER/index.php

3. ASEAN Scholarship – Universiti Putra Malaysia (UPM) 

Pilihan beasiswa S3 Malaysia yang keenam adalah ASEAN Scholarship. Sesuai namanya, program beasiswa ini diselenggarakan oleh negara anggota ASEAN unuk bisa studi gratis di negara anggota ASEAN lainnya. 

Misalnya mahasiswa dari Indonesia bisa kuliah gratis di Thailand, Malaysia, dan negara anggota ASEAN lainnya. Program ini dibuka setiap tahun dan untuk mahasiswa Indonesia akan diberi penawaran kuliah di beberapa negara ASEAN, termasuk Malaysia. 

Jika memilih kuliah di Malaysia maka nantinya akan masuk ke Universiti Putra Malaysia (UPM). Beasiswa ini dibuka setiap tahun dan ditujukan untuk negara ASEAN yang berbeda-beda, update informasinya dengan mengunjungi https://aseanop.com/

Baca Juga: 4 Rekomendasi Beasiswa S3 dengan Tunjangan Keluarga

4. Universiti Malaya High Impact Research (UM-HIR)

Berikutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah program beasiswa S3 Malaysia dari Universiti Malaya High Impact Research (UM-HIR). UM-HIR merupakan program beasiswa dari Universitas Malaya di Malaysia. 

Lewat program ini, Universitas Malaya membuka peluang bagi mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia untuk menempuh studi di dalamnya. Tersedia banyak pilihan prodi untuk mahasiswa internasional. 

Selain itu, beasiswa ini tidak mewajibkan pendaftar memiliki sertifikat bahasa Inggris. Hanya saja sifatnya tidak penuh atau parsial, sehingga mencakup biaya pendidikan saja. Infromasi lebih lanjut bisa mengunjungi https://www.um.edu.my/

5. MEXT Scholarship untuk S3 di Malaysia 

Rekomendasi dan pilihan beasiswa S3 di Malaysia selanjutnya adalah MEXT Scholarship. MEXT Scholarship merupakan beasiswa dari Jepang yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). 

Meskipun diselenggarakan oleh pemerintah Jepang dan mayoritas masuk studi ke Jepang. Namun, beberapa tersedia pilihan untuk bisa kuliah di Malaysia dan masuk ke beberapa perguruan tinggi tertentu di Negeri Jiran. 

Beasiswa ini untuk jenjang pascasarjana dan bersifat penuh yang cakupannya dari biaya pendidikan sampai biaya hidup. Informasi lebih lanjut mengenai MEXT Scholarship bisa mengunjungi https://www.id.emb-japan.go.jp/itpr_id/sch.html

Apakah Anda mau daftar beasiswa tapi terkenda bahasa Inggris? Pilih beasiswa berikut saja

Kenapa Memilih Kuliah di Malaysia? 

Selain Malaysia, mahasiswa dari Indonesia tentunya bisa memilih negara lain untuk menempuh pendidikan pascasarjana. Namun, dilihat dari berbagai aspek ternyata ada banyak alasan kenapa memilih kuliah di Malaysia. Berikut beberapa alasan kenapa Malaysia cocok dijadikan tujuan studi: 

1. Dekat dengan Indonesia 

Alasan yang pertama adalah dari segi lokasi yang memang tidak begitu jauh dari Indonesia. Bahkan biaya tiket pesawat dari Jakarta menuju Kuala Lumpur lebih murah dibanding penerbangan ke Indonesia wilayah Timur. 

Artinya, ketika memang perlu mudik selama masa studi maka akan lebih mudah karena dekat dan biaya ekonomis. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri, apalagi jika baru pertama kali jauh dari keluarga. 

2. Pilihan Beasiswa Banyak 

Seperti penjelasan sebelumnya, kuliah S3 di Malaysia sangat mungkin gratis karena ada banyak beasiswa sehingga berpeluang meraih salah satunya dan bisa kuliah tanpa pusing masalah biaya, padahal di negara orang. 

Jangan lewatkan 12 Program Beasiswa yang Jarang Orang Tahu untuk Jenjang S3

3. Kualitas Pendidikan Dikenal Baik 

Alasan ketiga kenapa memilih kuliah S3 di Malaysia adalah karena kualitas pendidikannya. Ada puluhan perguruan tinggi di Malaysia masuk daftar 600 perguruan tinggi terbaik di dunia. Sehingga kuliah di salah satunya berpeluang mengenyam pendidikan tinggi berkualitas baik. 

4. Iklim Sampai Budaya Hampir Mirip di Indonesia 

Alasan yang keempat adalah soal iklim dan budaya yang hampir mirip dengan Indonesia. Persoalan iklim, dijamin mirip karena sama-sama negara tropis. Sehingga tidak akan kaget dengan kondisi iklimnya. 

Sementara dari budaya, banyak budaya masyarakatnya tidak berbeda jauh di Indonesia. Apalagi sama-sama negara dengan mayoritas pemeluk agama Islam. Sehingga menjadi nilai tambah agar merasa kuliah di negara sendiri. 

5. Banyak Mahasiswa dari Indonesia 

Malaysia dengan puluhan perguruan tinggi dengan kualitas diakui dunia, membuatnya dituju banyak mahasiswa internasional untuk menempuh pendidikan. Termasuk mahasiswa dari Indonesia sehingga bisa saling bertemu saudara se-Tanah Air. 

Tak hanya itu, ada banyak masyarakat di Indonesia mencari rejeki di Malaysia. Sehingga besar sekali kesempatan bertemu dengan saudara satu bangsa. Hal ini akan memberi kemudahan untuk beradaptasi dan sukses menyelesaikan studi. 

6. Biaya Pendidikan dan Hidup Terjangkau 

Alasan berikutnya adalah karena biaya pendidikan maupun biaya hidup di Malaysia masih bisa dikatakan terjangkau. Meskipun meraih beasiswa S3 Malaysia, ada kemungkinan tidak bersifat penuh. 

Sehingga bisa bekerja paruh waktu dan tetap bisa hidup baik karena biaya hidupnya tidak tinggi. Alasan inilah yang menjadikan Malaysia masih menjadi pilihan banyak orang Indonesia untuk studi lanjut. 

7. Aman dan Tenang 

Malaysia juga termasuk ke dalam daftar negara dengan keamanan yang baik, sebab memiliki angka kriminalitas yang rendah. Hal ini diperkuat dengan dirilisnya laporan 2020 Global Security Index (GPI) yang membuat Malaysia masuk 20 besar negara teraman di dunia. 

Kondisi ini membuat Malaysia menjadi destinasi terbaik untuk menempuh studi tanpa was-was menjadi korban kejahatan. Sebab angka kriminalitasnya rendah seperti yang dijelaskan sebelumnya. 

8. Penggunaan Bahasa Inggris 

Alasan lain kenapa perlu memilih Malaysia sebagai destinasi studi S3 adalah karena masyarakatnya bisa berbahasa Inggris. Sebagai negara yang diberi kedaulatan oleh Inggris, bahasa Inggris menjadi bahasa kedua setelah Melayu. 

Mayoritas masyarakatnya bisa berbahasa Inggris, sehingga untuk Anda yang bisa bahasa Inggris tidak perlu repot belajar bahasa Melayu. Setelah studi berjalan baru belajar bahasa Melayu dan selama masa tersebut tidak khawatir kesulitan berkomunikasi dengan masyarakat setempat. 

Dengan beberapa alasan tersebut, apakah Anda semakin yakin untuk memperjuangkan salah satu dari program beasiswa S3 Malaysia yang sudah direkomendasikan? Berhubung pilihannya banyak, silahkan memilih yang persyaratan paling mudah dan persaingannya tidak ketat. Namun, bisa juga mempertimbangkan aspek lainnya. 

Mau daftar beasiswa? Perhatikan penyusunan berkas beasiswa berikut:

Jika memiliki pertanyaan atau ingin sharing pengalaman berkaitan dengan topik dalam artikel ini. Jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke rekan Anda yang sedang mencari beasiswa. Semoga bermanfaat!

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132