fbpx

Daftar Beasiswa S3 Brunei Darussalam

beasiswa s3 brunei darussalam

Kuliah pascasarjana di luar negeri tidak harus selalu melintasi benua, Anda bisa juga memilih kuliah di negara sesama Asia yang lebih dekat. Brunei Darussalam adalah salah satu pilihannya. Lanjutkan studi dengan program beasiswa S3 yang ada di Brunei Darussalam.

Beberapa program beasiswa ini diselenggarakan oleh pemerintah dan pihak swasta dari Brunei Darussalam. Apa saja pilihan beasiswa S3 Brunei Darussalam?

Alasan Kenapa Kuliah di Brunei Darussalam 

Sebelum mencari program beasiswa S3 Brunei Darussalam, Anda tentu akan mencari pertimbangan mengapa negara ini menarik untuk dituju saat studi lanjut. Brunei Darussalam diketahui merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang wilayahnya menjadi satu daratan dengan pulau Kalimantan.  

Brunei juga diketahui merupakan negara muslim yang dipimpin seorang sultan dan memiliki banyak hal menarik lain. Hal menarik ini juga berkaitan dengan sistem dan kualitas pendidikan tinggi di dalamnya. 

Dikutip dari berbagai sumber, ada banyak alasan yang membuat Brunei Darussalam menjadi destinasi terbaik untuk studi lanjut jenjang S3. Berikut adalah alasan kenapa Brunei cocok jadi tempat Anda studi lanjut:

1. Dekat dengan Indonesia 

Alasan kedua kenapa perlu mencari program beasiswa di Brunei Darussalam adalah lokasi yang dekat dengan Indonesia. Jika Anda tinggal di pulau Kalimantan, jaraknya akan lebih dekat lagi karena berbatasan dengan daratan. 

Kuliah di negara yang dekat membantu memudahkan proses mudik ketika diperlukan. Jadi, Anda tidak pusing soal waktu dan biaya untuk pulang ke Indonesia ketika merasa butuh pulang. Hal ini tentu menjadi nilai tambah. 

Jangan lewatkan juga daftar beasiswa dari negara lain:

2. Merupakan Negara Islam  

Brunei Darussalam sama seperti Indonesia yang masyarakatnya mayoritas adalah muslim (pemeluk Islam). Sebagai negara yang dipimpin seorang sultan, Brunei diketahui menerapkan syariat Islam. 

Fakta ini membantu mahasiswa dari Indonesia dengan mudah menemukan makanan halal dan tempat ibadah sehingga lebih mudah beradaptasi dan menjalankan kewajiban agama Islam jika Anda seorang muslim. 

3. Memiliki Kualitas Pendidikan yang Baik 

Brunei Darussalam juga menjadi salah satu negara tetangga Indonesia yang memiliki kualitas pendidikan yang baik. Negara ini diketahui menjadi negara yang sangat kaya berkat gas alam dan minyak bumi yang berlimpah. 

Kesultanan kemudian mengalokasikan dana jumlah besar untuk sektor pendidikan. Pendidikan wajib diberlakukan selama 7 tahun dan diberikan gratis kepada seluruh penduduk Brunei. Banyak perguruan tinggi Brunei Darussalam masuk pemeringkatan internasional sehingga memberi peluang mengenyam pendidikan S3 berkualitas. 

4. Perekonomian Stabil 

Sebagai negara yang kaya dan menerapkan hukum Islam sehingga tidak ada pungutan pajak. Kondisi perekonomian di Brunei terbilang sangat stabil dan kesejahteraan rakyat dijamin oleh pemerintah. 

Perekonomian yang stabil akan mendorong stabilitas di bidang lainnya, termasuk juga bidang pendidikan, sehingga kuliah S3 di Brunei Darussalam memberi kesempatan untuk mengenyam pendidikan berkualitas tinggi dan terus berkembang dari waktu ke waktu. 

5. Angka Kriminalitas Rendah 

Masih berkaitan juga dengan perekonomian, perekonomian yang stabil berdampak pada rendahnya angka kriminalitas. Jadi, Brunei menjadi negara yang cukup aman dan menyediakan lingkungan kondusif untuk studi S3. 

Keluarga bukan lagi hambatan melanjutkan studi, dapatkan 4 Rekomendasi Beasiswa S3 dengan Tunjangan Keluarga

6. Bebas Alkohol 

Seperti penjelasan sebelumnya, Brunei Darussalam menjalankan syariat Islam, salah satu aturan dari pemerintah adalah larangan mengkonsumsi maupun mengedarkan alkohol. 

Mulai dari lingkungan tempat tinggal sampai kampus dijamin bebas alkohol. Bagi Anda yang muslim dan mengharamkan alkohol, maka bisa tenang dan fokus studi tanpa harus khawatir menyesuaikan budaya meminum alkohol sebagaimana di negara lain. 

7. Bebas Rokok 

Tak hanya menjadi negara bebas alkohol, Brunei Darussalam juga bebas rokok. Sesuai dengan peraturan pemerintah, negara ini melarang masyarakatnya untuk merokok karena diterbitkan fatwa haram. 

Jadi, jika Anda membenci asap rokok dan tidak ingin menjadi perokok pasif. Maka Brunei bisa dijadikan destinasi untuk tinggal maupun untuk tujuan mengenyam pendidikan. Tak hanya itu, lingkungan yang bebas rokok menghindarkan Anda pada ancaman penyakit pada paru-paru. Ini akan sangat menguntungkan apabila Anda juga akan membawa keluarga ke negara ini.

Jangan lewatkan Program ASEAN and Non-ASEAN Scholarship Chulalongkorn University 2024

Pilihan Program Beasiswa S3 Brunei Darussalam 

Dengan segala nilai tambah yang dimiliki negara Brunei Darussalam, tentunya bisa menjadi pilihan terbaik untuk studi lanjut. Salah satunya melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 yang tersedia banyak pilihan program beasiswa. 

Jika tertarik studi lanjut di negara ini, berikut beberapa pilihan program beasiswa S3 Brunei Darussalam yang bisa dipertimbangkan:

1. UBD Graduate Research Scholarship

Pilihan beasiswa S3 Brunei Darussalam yang keempat adalah UBD Graduate Research Scholarship. Beasiswa ini diselenggarakan oleh pemerintah Brunei Darussalam dan awardee akan studi S3 di Universiti Brunei Darussalam (UBD). 

Universiti Brunei Darussalam sendiri termasuk ke dalam salah satu perguruan tinggi negeri di Brunei dan memiliki kualitas pendidikan yang bagus. UBD juga masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik di ASEAN dan masuk pemeringkatan internasional. 

Beasiswa UBD sendiri bersifat penuh (fully funded) yang mencakup biaya pendidikan dan biaya bulanan. Selain itu, tersedia tunjangan pembelian tiket pesawat PP dari dan ke Brunei, serta biaya tunjangan mengikuti konferensi ilmiah. 

Beasiswa UBD diketahui dibuka pendaftarannya setiap tahun dan umumnya pendaftaran mulai dibuka di sekitaran bulan Juni sampai Juli. Informasi lebih bisa mengunjungi laman resmi UBD di https://ubd.edu.bn/admission/graduate/graduate-fees-funding/ugrs/

2. Brunei Darussalam Government Scholarship

Pemerintah Brunei Darussalam juga membuka program beasiswa lain untuk mahasiswa internasional. Selain UBD juga ada Brunei Darussalam Government Scholarship. 

Lewat program ini, mahasiswa internasional seperti dari Indonesia berkesempatan untuk studi pascasarjana di beberapa perguruan tinggi terbaik Brunei, diantaranya: 

  • Universiti Brunei Darussalam;
  • Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan;
  • Universiti Islam Sultan Sharif Ali;
  • Universiti Teknologi Brunei; dan
  • Politeknik Brunei.

Program Brunei Darussalam Government Scholarship diketahui bersifat penuh dengan cakupan yang cukup luas, dari biaya pendidikan, tiket pesawat PP kelas ekonomi dari dan ke Brunei, biaya bulanan, biaya konsumsi (uang makan), akomodasi, hingga asuransi kesehatan.

Pendaftaran program biasanya dibuka setiap akhir tahun, yakni bulan Desember untuk memulai perkuliahan di Juli atau Agustus. Informasi lebih bisa mengunjungi laman https://www.mfa.gov.bn/Pages/scholarship.aspx, atau bisa juga mengunjungi laman resmi salah satu dari 5 perguruan tinggi yang dicantumkan di atas. 

Apakah Anda mau daftar beasiswa tapi terkenda bahasa Inggris? Pilih beasiswa berikut saja

3. Universiti Brunei Darussalam Bursary Award

Pilihan program beasiswa S3 Brunei Darussalam yang terakhir adalah Universiti Brunei Darussalam Bursary Award. Program ini juga diselenggarakan oleh Universiti Brunei Darussalam (UBD). 

UBD sendiri diketahui menyediakan beberapa program beasiswa untuk berbagai jenjang pendidikan yang diantaranya membuka peluang beasiswa S3 untuk mahasiswa internasional. Selain UBD Graduate Research Scholarship, terdapat beasiswa lain yaitu Universiti Brunei Darussalam Bursary Award atau UBD Bursary Award. 

Beasiswa ini bersifat penuh dengan cakupan dari biaya pendidikan sampai biaya akomodasi selama masa studi. Lewat program ini awardee berkesempatan kuliah S3 di salah satu fakultas di UBD. 

Beasiswa ini juga diketahui dibuka setiap tahun dan pendaftaran umumnya dibuka pada bulan Februari. Namun untuk informasi lebih pasti mengenai jadwal pembukaan pendaftaran bisa mengunjungi https://ubd.edu.bn/admission/graduate/graduate-fees-funding/ubd-bursary-award/

Dari beberapa program beasiswa S3 Brunei Darussalam tersebut, mana yang paling menarik perhatian Anda? Setiap program memiliki syarat dan ketentuan tersendiri, sehingga perlu dipelajari lebih lanjut untuk memilih yang terbaik. 

Jika memiliki pertanyaan atau ingin sharing pengalaman berkaitan dengan topik dalam artikel ini. Jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke rekan dosen yang mencari beasiswa untuk studi doktoral. Semoga bermanfaat!

1 thought on “Daftar Beasiswa S3 Brunei Darussalam”

  1. Ilmi Noor Rahmad

    Assalamu’alaikum.
    Mohon info kampus S3 Brunei dengan beasiswa fully funded untuk Bidang Pendidikan (terkhusus Pendidikan dasar). Terimakasih.
    Wassalamualaikum

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja