fbpx

Romanian Government Scholarship 2024, Daftar Sekarang!

romanian government scholarship

Bagi Anda yang berencana kuliah gratis di luar negeri untuk semua jenjang pendidikan, maka bisa berpartisipasi dalam program Romanian Government Scholarship. Sesuai dengan namanya, program ini merupakan beasiswa dari pemerintah Rumania. 

Beasiswa ini cukup populer dan masuk jajaran beasiswa bergengsi untuk mengantarkan mahasiswa Indonesia kuliah di negara Eropa. Beasiswa dari pemerintah Rumania ini mencakup seluruh jenjang pendidikan tinggi dari Sarjana, Master, sampai PhD (S3). 

Selain itu juga diketahui bersifat penuh dan bahkan tidak ada kewajiban melampirkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Sebab bahasa pengantar adalah bahasa Rumania. Lalu, seperti apa program dan syaratnya? Berikut informasinya. 

Mengenal Romanian Government Scholarship

Program Romanian Government Scholarship adalah program beasiswa pendidikan tinggi yang diselenggarakan pemerintah negara Rumania untuk mahasiswa non-UNI EROPA, termasuk dari Indonesia. 

Program beasiswa ini disediakan pemerintah Rumania melalui Ministry of Foreign Affairs (Kementerian Luar Negeri Rumania). Ditujukan untuk mahasiswa internasional, sehingga bukan untuk mahasiswa dari Rumania itu sendiri. Tersedia juga kuota untuk mahasiswa asal Indonesia. 

Tahun 2024, program beasiswa satu ini kembali dibuka pendaftarannya. Romanian Government Scholarship dibuka mulai 16 Januari hingga 16 Maret 2024 mendatang. Program ini bersifat penuh dan untuk semua jenjang pendidikan tinggi. 

Selain itu juga terbuka untuk nyaris semua program studi kecuali untuk prodi Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi. Jadi, jika Anda berencana studi ke Eropa dan tidak terbebani dengan biaya pendidikan. Bisa mencoba mendaftar ke program beasiswa satu ini. 

Bidang Studi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dalam program Romanian Government Scholarship terbuka untuk nyaris semua program studi di berbagai bidang keilmuan. Adapun pengecualian adalah untuk bidang Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi. 

Jadi, jika prodi yang Anda tuju di luar tiga prodi tersebut maka bisa berpartisipasi dalam program beasiswa satu ini. Apalagi memang dibuka untuk semua jenjang pendidikan tinggi dan berikut adalah penjelasannya: 

1. Sarjana 

Jenjang pendidikan yang pertama adalah Sarjana atau S1, dimana program ini ditujukan untuk lulusan sekolah menengah atas atau SMA dan yang setara. Program Sarjana akan berjalan antara 3 sampai maksimal 6 tahun. 

Durasi masa pendidikan disesuaikan dengan spesialisasi yang diambil selama menempuh studi. Selain itu juga disesuaikan dengan kebijakan perguruan tinggi tujuan dari penerima program beasiswa. 

2. Master 

Jenjang pendidikan yang kedua di dalam program Romanian Government Scholarship adalah Master atau S2. Program ini ditujukan untuk lulusan Sarjana atau S1, baik yang ditempuh di Rumania maupun negara asal penerima program. 

Durasi untuk pendidikan di jenjang Master adalah antara 1 tahun, 1,5 tahun, dan maksimal selama 2 tahun. Durasi dipengaruhi oleh spesialisasi yang diambil penerima program dan kebijakan perguruan tinggi tujuan. 

3. PhD (S3 – Doktor) 

Jenjang berikutnya adalah PhD atau jenjang Doktor (S3). Lulusan dari perguruan tinggi di Rumania untuk jenjang S3 akan mendapatkan gelar PhD. Beasiswa di jenjang ini ditujukan untuk lulusan Master (Magister atau S2). 

Adapun durasi pendidikan dan program pendanaan di jenjang ini adalah berkisar antara 3-5 tahun. Durasi ini dipengaruhi oleh  profil fakultas yang dipilih dan diakhiri dengan presentasi tesis PhD.

Apakah Anda mau daftar beasiswa tapi terkenda bahasa Inggris? Pilih beasiswa berikut saja!

Persyaratan 

Lalu, apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi penerima program Romanian Government Scholarship? Secara umum, program beasiswa ini terbuka untuk seluruh mahasiswa internasional. Sehingga bukan warga negara di Eropa. 

Hanya saja dalam laman resminya dijelaskan ada beberapa pengecualian untuk warga negara asal Rumania yang diizinkan untuk ikut mendaftar, yaitu: 

  1. Warga negara asal Rumania atau yang merupakan bagian dari komunitas historis Rumania yang berada di sekitar Rumania (berhak atas program beasiswa yang berbeda). 
  2. Warga negara yang telah meminta atau memperoleh bentuk perlindungan di Rumania;
  3. Orang tanpa kewarganegaraan yang tinggal di wilayah Rumania yang secara resmi diakui menurut hukum;
  4. Anggota keluarga dari korps diplomatik dan konsuler yang terakreditasi di Rumania;
  5. Anggota staf administrasi dan teknis misi diplomatik dan kantor konsuler yang terakreditasi di Rumania;
  6. Anggota staf organisasi internasional yang berbasis di Rumania atau anggota keluarga staf organisasi internasional yang berbasis di Rumania;

Selain itu, agar memenuhi syarat menjadi penerima beasiswa para pelamar juga harus memenuhi ketentuan umum berikut ini: 

  1. Menyerahkan atau mengunggah berkas pendaftaran secara lengkap;
  2. Menunjukkan dokumen studi (ijazah dan juga transkrip nilai) yang dikeluarkan oleh institusi pendidikan yang terakreditasi/diakui di negara tempat dokumen tersebut dikeluarkan;
  3. Mematuhi tenggat waktu pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang dibuat pihak penyelenggara;
  4. Memiliki nilai akademik yang baik dalam pendidikan, masing-masing rata-rata dari tahun-tahun masa studi, untuk sekolah terakhir yang lulus minimal 7 (tujuh) sesuai dengan sistem penilaian di Rumania atau nilai “Baik”, sesuai dengan kebijakan pemerintah Rumania. 
  5. Mematuhi dan mengikuti seluruh prosedur pengajuan aplikasi pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pihak penyelenggara.

Ikuti tips berikut sebelum mendaftar beasiswa, agar lolos!

Fasilitas atau Cakupan Beasiswa

Seperti yang dijelaskan di awal, program Romanian Government Scholarship adalah program beasiswa yang bersifat penuh. Sehingga penerima program nantinya tinggal fokus untuk menyelesaikan masa studi sesuai dengan durasi yang ditetapkan perguruan tinggi tujuan. 

Lebih detailnya, berikut adalah seluruh cakupan beasiswa yang disediakan pemerintah Rumania tersebut: 

1. Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru 

Cakupan beasiswa yang pertama adalah biaya pendaftaran mahasiswa baru. Jadi, jika Anda mendaftar sebagai mahasiswa baru untuk mendapatkan LoA. Maka biaya pendaftaran dan biaya lain yang menyertainya akan tercakup dalam program. 

Tidak dijelaskan secara pasti, apakah biaya diberikan di muka atau dengan sistem reimburse. Detailnya bisa dikonsultasikan ke narahubung yang disediakan oleh pihak penyelenggara. 

2. Biaya Kursus Bahasa Rumania 

Khusus untuk pendidikan tinggi di Rumania, mayoritas menggunakan bahasa Rumania sebagai bahasa pengantar. Kecuali untuk jenjang PhD, disebutkan ada beberapa prodi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. 

Bagi Anda yang belum menguasai bahasa Rumania, tentu tidak perlu cemas. Sebab pihak penyelenggara program menyelenggarakan kegiatan kursus bahasa Rumania paling tidak selama satu tahun. 

Biaya kursus bahasa Rumania dan biaya lain yang menyertainya akan ditanggung oleh pihak penyelenggara program beasiswa. Adapun kursus bahasa ini sendiri dilakukan sebelum masa studi dimulai. 

3. Biaya Pendidikan 

Cakupan ketiga dari program Romanian Government Scholarship adalah biaya pendidikan. Sesuai dengan namanya, yakni scholarship atau beasiswa. Maka salah satu fasilitas utama dari program ini adalah biaya pendidikan gratis. 

Biaya pendidikan besarnya disesuaikan dengan kebijakan perguruan tinggi tujuan dari penerima program. Selain itu, biaya pendidikan akan terus cair selama masa durasi sesuai kebijakan perguruan tinggi dan pihak penyelenggara program. 

4. Uang Bulanan 

Cakupan selanjutnya adalah uang bulanan yang bisa digunakan penerima program untuk memenuhi kebutuhan harian dan bulanan selama masa studi. Namun mengenai besaran uang bulanan tidak disebutkan, sehingga disesuaikan kebijakan penyelenggara program beasiswa. 

5. Biaya Akomodasi 

Penerima program beasiswa dari pemerintah Rumania juga berhak atas fasilitas biaya akomodasi. Pihak penyelenggara menyediakan asrama gratis yang bisa ditempati mahasiswa selama masa studi. 

Jika terpaksa harus menyewa tempat tinggal di luar asrama, karena penuh atau perguruan tinggi tujuan tidak menyediakan fasilitas ini. Maka disediakan biaya akomodasi dengan bentuk subsidi (bantuan tidak penuh). 

6. Asuransi (Akses Layanan Kesehatan) 

Selanjutnya adalah biaya asuransi, lebih tepatnya biaya gratis bagi penerima program untuk mengakses layanan kesehatan. Terdapat beberapa jenis penyakit yang ditanggung penuh pengobatannya sampai sehat kembali. 

7. Biaya Transportasi 

Terakhir adalah fasilitas biaya transportasi yang diberikan di luar biaya bulanan. Lewat biaya ini, para penerima program bisa mengakses seluruh moda transportasi dalam kota yang disediakan pemerintah. Sehingga memudahkan mobilitas dalam menjalani perkuliahan dan kegiatan lain yang diperlukan. 

Sebagai catatan tambahan, seluruh cakupan beasiswa tersebut akan didapatkan penerima selama masa studi. Tentunya sesuai dengan durasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sehingga jika terlambat lulus, maka biaya selebihnya ditanggung penerima program. 

Selain itu, seluruh fasilitas pembiayaan tersebut akan diterima penerima program di masa studi aktif. Rumania menerapkan kebijakan libur kuliah di musim panas, sehingga selama musim panas seluruh tunjangan tidak bisa dicairkan. 

Cara Daftar

Jika merasa sudah memenuhi syarat dan tertarik untuk mendaftar ke dalam program Romanian Government Scholarship. Maka bisa segera melakukan pendaftaran, pendaftaran dilakukan secara online di dua laman berikut: 

  1. https://studyinromania.gov.ro/
  2. https://scholarships.studyinromania.gov.ro/scholarship-home

Jadi, Anda bisa memilih salah satu dari dua laman tersebut untuk melakukan pendaftaran. Nanti Anda tinggal klik tombol “Apply” yang dijadikan menu utama di halaman utama. Selanjutnya bisa melengkapi seluruh berkas pendaftaran, diantaranya adalah: 

  1. Salinan ijazah yang diperoleh (ijazah sarjana muda atau yang setara, ditambah gelar sarjana, magister, doktor, jika ada) dan terjemahan resminya ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol atau Rumania, jika ada.
  2. Salinan transkrip nilai dari studi yang telah diselesaikan dan terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol atau Rumania, jika ada.
  3. Salinan akta kelahiran (atau dokumen yang setara) dan terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania, jika ada.
  4. Salinan tiga halaman pertama paspor atau dokumen identitas nasional dan terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania, jika ada.
  5. Daftar Riwayat Hidup dalam bahasa Inggris atau Prancis.
  6. Khusus untuk jenjang PhD (S3), kandidat harus menyerahkan surat pernyataan niat yang berisi daftar karya ilmiah, publikasi khusus, penjelasan rinci tentang proyek penelitian yang diusulkan, serta persetujuan dari seorang pembimbing, yang harus menjadi anggota sekolah doktoral yang dipilih. Kedua dokumen tersebut harus ditulis dalam bahasa Inggris, Prancis atau Rumania.

Seluruh dokumen yang menjadi syarat administrasi pendaftaran program disiapkan dalam format PDF. Sehingga pastikan sudah mengubah format file yang sesuai dengan ketentuan sebelum mulai melakukan unggah dokumen satu per satu. 

Itulah detail penjelasan mengenai program Romanian Government Scholarship, yang tentu sangat tepat untuk diikuti. Apalagi kualitas pendidikan dan kualitas hidup di negara Rumania dikenal bagus dan ramah untuk warga negara asing. Lakukan pendaftaran sebelum 16 Maret 2024 yang menjadi batas akhir masa pendaftarannya. 

Jika memiliki pertanyaan atau ingin sharing pengalaman berkaitan dengan topik dalam artikel ini. Jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke orang terdekat Anda. Semoga bermanfaat!

Jika Anda mengincar beasiswa LPDP, jangan lewatkan pembahasan lengkap berikut ini:

Di tag : ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja