fbpx

Bantuan Penelitian Bank Indonesia 2024 untuk S1-S3

bantuan penelitian bank indonesia

Bagi Anda mahasiswa semester akhir yang hendak melakukan penelitian dan penyusunan tugas akhir, bisa berpartisipasi dalam program Bantuan Penelitian (Banlit) Bank Indonesia. Sesuai dengan namanya, program ini adalah program pendanaan untuk mahasiswa tingkat akhir. 

Sehingga oleh pihak Bank Indonesia (BI) selaku pihak penyelenggara disediakan dana bantuan untuk mendukung penelitian sampai mencapai luaran sesuai ketentuan. Besaran Banlit berkisar antara Rp10 juta sampai maksimal Rp20 juta tergantung jenjang pendidikan tinggi peserta. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Mengenal Bantuan Penelitian Bank Indonesia

Program Bantuan Penelitian Bank Indonesia adalah program bantuan keuangan dari Bank Indonesia Institute bagi para mahasiswa jenjang S1, S2, maupun S3 yang sedang menyusun tugas akhir dengan topik berkaitan dengan ruang lingkup kebanksentralan. 

Melalui program ini, BI Institute memberikan dukungan kepada para mahasiswa jenjang sarjana, pascasarjana, maupun yang setara untuk menyusun tugas akhir. Mulai dari kegiatan penelitian sampai proses menyusun skripsi, tesis, maupun disertasi. 

Lalu, apakah program ini terbuka untuk seluruh mahasiswa di Indonesia? Sampai tahun ini, program Banlit ditujukan untuk mahasiswa di perguruan tinggi yang sudah memiliki Nota Kesepahaman (NK) dan juga Perjanjian Kerjasama (PKS) Program Banlit dengan Bank Indonesia Institute. 

Jadi, bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di seluruh perguruan tinggi yang NK dan PKS masih berlaku. Maka bisa berpartisipasi dalam program Bantuan Penelitian Bank Indonesia satu ini. 

Sesuai dengan penjelasan di awal, dalam program Banlit ini disediakan dana insentif untuk mendukung penelitian, penyusunan tugas akhir, sampai mencapai luaran dalam bentuk publikasi dan bentuk lain sesuai kebijakan pihak penyelenggara. 

Besaran dana insentif disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang sedang ditempuh oleh peserta. Berikut detailnya: 

  1. Mahasiswa S1 dan/atau setara sebesar Rp10.000.000,-  
  2. Mahasiswa S2 sebesar Rp15.000.000,-  
  3. Mahasiswa S3 sebesar Rp20.000.000,- 

Sistem pemberian dana insentif atau pencairan tidak secara langsung dalam sekali waktu. Melainkan dibagi menjadi dua tahap, berikut detailnya: 

1. Pembayaran Termin I

BI Institute akan memberikan Banlit Termin I (40% dari total insentif), kepada mahasiswa setelah proposal dinyatakan diterima/accepted oleh BI Institute.

2. Pembayaran Termin II 

BI Institute akan memberikan Banlit Termin II (60% dari total insentif), kepada mahasiswa setelah menyampaikan KTA (skripsi/ tesis/ disertasi) yang dinyatakan selesai dan disetujui oleh Pembimbing/Promotor.

Kriteria

Selain ditujukan kepada mahasiswa di 96 perguruan tinggi yang sudah bekerjasama dengan pihak BI Institute. Program Bantuan Penelitian Bank Indonesia juga menetapkan sejumlah kriteria atau persyaratan yang harus dipenuhi para peserta. Yaitu: 

  1. Mahasiswa atau mahasiswi program S1 dan atau setara, S2, maupun S3 dari universitas (perguruan tinggi) yang sudah memiliki Nota Kesepahaman (NK) dan juga Perjanjian Kerjasama (PKS) Program Banlit dengan Bank Indonesia Institute yang masih berlaku.  
  2. Mahasiswa atau mahasiswi yang sedang menyusun skripsi/ tesis/ disertasi di bidang ekonomi dan kebanksentralan, dan belum melakukan seminar hasil penelitian maupun sidang tugas akhir. 
  3. IPK minimal 3,25 dari skala 4.00. 
  4. Direkomendasikan oleh dosen pengampu kebanksentralan atau Ka. Prodi. 
  5. Proposal Banlit dinyatakan layak menerima Banlit oleh panitia seleksi Bank Indonesia Institute. 

Sebagai catatan tambahan, saat ini tercatat ada 96 universitas atau perguruan tinggi yang sudah memiliki PKS dengan pihak BI Institute. Hanya saja beberapa diantaranya tercatat masa berlaku PKS sudah berakhir. Detail daftar PT yang memiliki PKS masih berlaku bisa di cek di laman https://spektro-bi.org/pages/banlit

Persyaratan Berkas

Program Bantuan Penelitian Bank Indonesia diawali dengan mengajukan proposal usulan oleh pendaftar. Pengajuan dilakukan secara online melalui laman http://www.spektro-bi.org/. Selain itu, perlu melampirkan beberapa berkas atau dokumen sesuai ketentuan. Yaitu: 

  1. Surat permohonan program bantuan penelitian dari Universitas/Perguruan Tinggi yang ditandatangani oleh Kepala Program Studi 
  2. Lembar persetujuan mengikuti program bantuan penelitian yang ditandatangani oleh Dosen Pengampu Kebanksentralan dan Pembimbing/Promotor (file terpisah dengan proposal) *) 
  3. Lembar pengesahan proposal (Pengesahan oleh Pembimbing atau Promotor, file terpisah dengan proposal) 
  4. Legalisir transkrip Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 
  5. Curriculum Vitae (CV)
  6. Scan/photo copy Kartu Tanda Penduduk(KTP) 
  7. Scan/photocopy halaman muka buku rekening yang memuat nomor rekening 
  8. Scan/photocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (jika ada) 
  9. Proposal Tugas Akhir 

Adapun format umum dari proposal usulan untuk program Banlit ini sendiri adalah sebagai berikut: 

Jumlah halamanBerjumlah 10 – 20 (sepuluh sampai dua puluh) halaman (tidak termasuk halaman sampul dan lampiran)
Jenis huruf Times New Roman 
Ukuran huruf12
Jarak baris 1,5 spasi; untuk ringkasan 1 (satu) spasi
Ukuran kertasA4
Margin Atas-kiri-bawah-kanan yaitu 4-4-3-3

Sementara untuk sistematika penulisan proposal usulan dalam program ini adalah sebagai berikut: 

  • Halaman Sampul (Format halaman sampul dapat dilihat pada Lampiran yang bisa diunduh melalui laman https://spektro-bi.org/pages/banlit).  
  • Daftar Isi 
  • Ringkasan 
  • Bab 1 Pendahuluan (Latar Belakang, Permasalahan, Pertanyaan Penelitian, Tujuan Penelitian) 
  • Bab 2 Tinjauan Pustaka 
  • Bab 3 Metodologi Penelitian
  • Referensi 
  • Lampiran (jika ada). 

Tahapan Seleksi atau Evaluasi 

Seluruh proposal usulan yang masuk sesuai dengan ketentuan di masa pembukaan pendaftaran, nantinya akan diseleksi oleh pihak BI Institute. Adapun tahap seleksi dan evaluasi ini direncanakan ada dua tahapan, berikut penjelasannya: 

1. Seleksi Administrasi 

Tahap seleksi dan evaluasi yang pertama adalah seleksi administrasi. Tahapan ini nantinya akan dilakukan oleh Tim Pengelolaan Bantuan Dan Kerjasama Riset, Kelompok Perencanaan Riset dan Jurnal (KPRJ) BI Institute. 

Sesuai dengan namanya, tahapan ini nantinya akan menilai kelengkapan berkas dan kesesuaian format proposal maupun dokumen lain. Sehingga semakin lengkap dan semakin sesuai, maka peluang lolos di tahapan ini semakin tinggi. 

Oleh sebab itu, para pendaftar bisa fokus dulu membaca buku panduan program. Sekaligus mencari informasi penting berkaitan dengan program Banlit yang diselenggarakan BI INstitute di tahun-tahun sebelumnya. Sehingga bisa menyusun persiapan lebih matang. 

2. Review Proposal 

Tahap seleksi dan evaluasi proposal usulan program yang kedua adalah proses review proposal. Sesuai dengan namanya, pada tahap ini isi proposal usulan akan ditinjau dan dinilai layak tidaknya menerima Banlit dari BI Institute. 

Adapun proses review proposal sendiri nantinya akan dilakukan oleh tim reviewer Bank Indonesia (dan dapat melibatkan external reviewer). Sedangkan untuk poin-poin penting yang akan dinilai dari substansi isi proposal usulan adalah sebagai berikut: 

  1. Kekuatan landasan akademik, integritas, keaslian, dan kreativitas dari proposal riset. 
  2. Penggunaan metodologi yang sesuai dan relevan. 
  3. Relevansi topik penelitian atau tugas akhir dengan ruang lingkup penelitian Bank Indonesia.

Luaran Program Banlit 

Sebagai program bantuan pendanaan untuk mendukung penyusunan tugas akhir mahasiswa di perguruan tinggi yang bekerjasama dengan BI Institute. Para peserta yang menjadi penerima program juga diwajibkan menghasilkan luaran wajib. 

Bentuk luaran ditetapkan ada tiga. Yakni tugas akhir (skripsi, tesis, maupun disertasi), presentasi (jika diperlukan), dan publikasi. Adapun ketentuan yang menyertai luaran dalam program Bantuan Penelitian Bank Indonesia ini adalah sebagai berikut: 

  1. Penerima Program Banlit Bank Indonesia diwajibkan untuk menyampaikan Karya Tugas Akhir (skripsi/tesis/disertasi) yang telah dinyatakan selesai dan disetujui oleh pembimbing/promotor paling lambat 6 (enam) bulan (untuk skripsi) dan 24 bulan (untuk tesis dan disertasi) setelah proposal dinyatakan diterima/accepted.  
  2. Apabila diminta, penerima Program Banlit bersedia memberikan presentasi dalam seminar hasil penelitian bagi stakeholders Bank Indonesia, maupun forum akademis lainnya.  
  3. Dalam hal hasil penelitian dipublikasikan pada jurnal nasional atau internasional lain yang terakreditasi, penerima Program Banlit wajib mencantumkan kalimat acknowledgement berikut: “Bank Indonesia Institute (BI Institute) yang telah memberikan dana bantuan penelitian melalui Program Bantuan Penelitian (Banlit)” di bagian kata pengantar tugas akhir atau acknowledgement.

Sebagai informasi tambahan, pada saat menyampaikan karya tugas akhir, maka ada beberapa hal perlu diperhatikan. Serta ada beberapa dokumen yang perlu dilampirkan dalam tahap tersebut. Berikut rinciannya: 

  1. Surat permohonan pembayaran Dana Termin II program bantuan penelitian dari Universitas /Perguruan Tinggi yang ditandatangani oleh Kepala Program Studi.
  2. Lembar pengesahan Karya Tugas Akhir/KTA (skripsi/tesis/disertasi).
  3. Karya Tugas Akhir (skripsi/tesis/disertasi) yang telah dinyatakan selesai dan disetujui oleh Pembimbing/Promotor pada lembar pengesahan.
  4. Pada tugas akhir,agar mencantumkan kalimat acknowledgement sebagai berikut:  

“Bank Indonesia Institute (BI Institute) yang telah memberikan dana bantuan penelitian melalui Program Bantuan Penelitian (Banlit)”padabagia kata pengantar tugas akhir atau acknowledgement.

  1. Format dan sistematika penulisan Karya Tugas Akhir/KTA (skripsi/tesis/disertasi) menyesuaikan ketentuan dari Universitas/ Perguruan Tinggi masing-masing.

Timeline Pendaftaran

Pendaftaran untuk program Banlit dari BI Institute sendiri rencananya akan mulai dibuka pada 1 Februari 2024 mendatang. Meskipun belum ada jadwal pasti, akan tetapi para peminat program ini sudah bisa mempersiapkan diri. 

Apalagi ada banyak berkas yang perlu dilampirkan saat melakukan pendaftaran, dan tahapan dalam penetapan penerima program juga lumayan panjang. Berikut adalah daftar tahapan dalam program Bantuan Penelitian Bank Indonesia: 

  1. Pendaftaran melalui laman www.spektro-bi.org (log in menggunakan user account Dosen Pengampu Kebanksentralan).
  2. Verifikasi data dan dokumen 
  3. Review proposal 
  4. Pembayaran Termin I (40% dari total bantuan) 
  5. Submit karya tugas akhir (skripsi/tesis/disertasi). 
  6. Verifikasi dokumen 
  7. Pembayaran Termin II (60% dari total bantuan)

Cara Daftar

Seperti yang disampaikan sebelumnya, pendaftaran dalam program Bantuan Penelitian Bank Indonesia dilakukan secara online. Yakni melalui laman https://spektro-bi.org/pages/banlit

Berhubung program Banlit untuk tahun 2024 belum resmi dibuka pendaftarannya. Maka para peminat program bisa rutin mengecek laman resmi tersebut secara berkala. Khususnya ketika sudah memasuki bulan Februari 2024 mendatang. 

Informasi dalam artikel ini bisa berubah sewaktu-waktu, mengingat program Banlit BI Institute tahun 2024 belum resmi dibuka pendaftarannya. Oleh sebab itu lakukan pengecekan berkala, di laman pengumuman Banlit dan akun media sosial BI Institute. 

Sebagai catatan tambahan, peminat program bisa membaca buku panduan untuk penyelenggaraan Banlit di tahun sebelumnya. Sehingga bisa mempelajari prosedur pendaftaran sampai ketentuan dalam tahap seleksi. 

Jika memiliki pertanyaan atau ingin sharing pengalaman berkaitan dengan topik Bantuan Penelitian Bank Indonesia dalam artikel ini. Jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke orang terdekat Anda. Semoga bermanfaat!

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja