fbpx

Proposal Penelitian LPDP, Ini Penjelasan dan Contohnya

proposal penelitian lpdp

Bagi Anda yang berencana mendaftar dalam program beasiswa LPDP 2024 di jenjang Doktor atau S3, tentunya perlu menyiapkan proposal penelitian LPDP. Sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam buku panduan, proposal penelitian sifatnya wajib. 

Jadi, jika Anda mendaftar untuk jenjang S3 pada saat melakukan pendaftaran diwajibkan untuk mengisi form proposal penelitian. Sehingga penyusunannya dilakukan secara online di laman pendaftaran. Lalu, seperti apa format dan isi di dalam proposal tersebut? 

Proposal Penelitian LPDP

Dikutip melalui salah satu dokumen di laman coursehero.com, proposal penelitian didefinisikan sebagai usulan yang berisi rencana kegiatan penelitian yang disajikan secara tertulis untuk memperoleh persetujuan dari pihak yang berwenang.

Proposal penelitian umumnya disusun oleh akademisi, baik dosen maupun mahasiswa ketika hendak melakukan kegiatan penelitian. Kemudian, dalam pendaftaran beasiswa LPDP jika mengambil jenjang Doktor (S3) juga diwajibkan melampirkan proposal penelitian. 

Istilah lain untuk menyebut proposal penelitian di LPDP ini adalah proposal disertasi LPDP. Jadi, tidak usah bingung jika menjumpai pihak tertentu menggunakan salah satu dari dua jenis istilah ini karena mengacu pada satu dokumen yang sama. 

Proposal penelitian LPDP diperlukan untuk mengetahui apakah pendaftar di jenjang Doktor sudah memiliki rencana riset atau belum. Sehingga bisa dipastikan pendaftar tersebut sudah menyusun rencana studi dan riset dengan baik agar studi yang dijalankan berjalan lancar. 

Ikuti tips berikut sebelum mendaftar beasiswa, agar lolos!

Format Proposal Penelitian LPDP

Dikutip melalui Buku Panduan Pendaftaran Beasiswa Reguler Tahun 2024, dijelaskan bahwa untuk format proposal penelitian LPDP tidak berubah banyak dari tahun sebelumnya. Dimana disebutkan jumlah kata berkisar antara 1.500 – 2.000 kata. 

Selain itu, dijelaskan juga ada 9 bagian di dalam proposal disertasi LPDP tersebut perlu dicantumkan dan dijelaskan oleh pendaftar. Berikut penjelasannya: 

1. Judul Penelitian 

Bagian pertama dari proposal penelitian yang diajukan pendaftar beasiswa LPDP adalah judul penelitian. Jadi, pastikan mencantumkan judul penelitian yang rencananya akan Anda lakukan saat menjalani studi Doktor. 

2. Latar Belakang

Bagian yang kedua adalah latar belakang. Isi dari bagian ini adalah menguraikan secara singkat topik isu yang ingin Anda meneliti dan mengapa signifikan diteliti. Secara umum, menjelaskan alasan kenapa topik tersebut dipilih. 

3. Perumusan Permasalahan (Statement of Problem)

Bagian yang ketiga adalah perumusan masalah atau rumusan masalah. Isi dari bagian ini adalah menguraikan secara singkat apa yang telah Anda ketahui tentang topik isu tersebut dan diskusikan secara ringkas mengapa masih perlunya Anda meneliti. 

Selain itu, dianjurkan untuk menunjukkan bahwa solusi terhadap isu yang telah ada masih belum terselesaikan sepenuhnya sehingga Anda ingin melakukan penelitian lanjutan agar solusi yang didapatkan bisa lebih baik dan menjadi solusi terbaik. 

4. Pertanyaan atau Tujuan Penelitian 

Bagian yang keempat adalah pertanyaan atau tujuan dari penelitian yang ingin dilaksanakan ketika menempuh studi S3. Anda bisa menyusunnya dalam bentuk pertanyaan. Maupun disusun dalam bentuk daftar tujuan yang ingin dicapai. 

5. Kelogisan (Rationale)

Bagian selanjutnya atau bagian kelima dalam proposal penelitian LPDP adalah kelogisan atau rationable. Isinya adalah menjelaskan bagaimana pertanyaan penelitian mendukung topik isu besar yang diangkat dalam latar belakang penelitian. 

Selain itu, khusus penelitian, jelaskan hipotesis (jika ada) dan/atau model penelitian yang mendukung tujuan/pertanyaan penelitian. Jelaskan pula kontribusi teoritis dan praktis jika hipotesis tidak terbukti. 

6. Metode dan Desain

Berikutnya adalah metode dan desain. Isinya adalah menjelaskan metode pengumpulan data dan jadwal kegiatan rencana penelitian. Berikut rinciannya: 

  1. Jelaskan bagaimana Anda akan mengumpulkan data dan mengapa? Jelaskan mengapa metode ini adalah terbaik untuk mencapai tujuan Anda. Jelaskan analisis dan hasil yang mendukung maupun tidak mendukung hipotesis. 
  2. Cantumkan outline jadwal penelitian dari awal sampai selesai. 

7. Signifikansi/Manfaat

Bagian ketujuh dari proposal disertasi LPDP adalah signifikansi atau manfaat. Isinya adalah menjelaskan secara umum, bagaimana penelitian yang Anda usulkan berguna baik secara teoritis maupun praktis. 

8. Kesimpulan dan Saran

Bagian selanjutnya adalah kesimpulan dan saran. Isinya secara umum, bagaimana program penelitian yang Anda usulkan berguna baik secara teoritis maupun praktis. Kesimpulan akan berisi ringkasan dari hasil penelitian yang direncanakan. 

Misalnya berhasil tidaknya membuktikan suatu teori, teknologi, atau semacamnya ketika diteliti langsung dengan metode yang sudah ditentukan. Sementara pada bagian saran, isinya tentu saja mengenai masukan untuk penerapan hasil penelitian. 

Jadi, hasil penelitian yang sudah didapatkan perlu dijelaskan nantinya bisa dimanfaatkan oleh siapa dan seperti apa kemungkinan hasil yang didapatkan ketika diterapkan. Sebutkan juga pihak-pihak yang bisa menggunakan hasil penelitian tersebut. 

9. Daftar Pustaka 

Bagian terakhir dari proposal penelitian LPDP sesuai format yang ditetapkan adalah daftar pustaka. Sesuai namanya, bagian ini berisi daftar seluruh referensi yang digunakan untuk penelitian dan penyusunan laporan hasil penelitian. 

Ketika Anda menyusun proposal disertasi ini, tentunya juga akan menggunakan beberapa referensi. Silahkan mencantumkan referensi tersebut di daftar pustaka. Mengingat perlu menjelaskan latar belakang sampai kesimpulan dan saran. 

Apakah Anda mau daftar beasiswa tapi terkenda bahasa Inggris? Pilih beasiswa berikut saja!

Contoh Ringkasan Proposal Penelitian LPDP

Dari penjelasan di atas, maka bisa dipahami bahwa isi dari proposal penelitian LPDP perlu mengikuti format yang sudah ditentukan. Yakni dengan mencantumkan 9 bagian yang sudah dijelaskan. 

Jika bingung atau mengalami kesulitan, maka berikut salah satu contoh proposal disertasi LPDP yang bisa dijadikan referensi: 

Judul 

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KERJA, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DAN KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN KANTOR CAMAT KABUPATEN TUBAN. (STUDI DI EMPAT KANTOR KECAMATAN KAB. (STUDI DI EMPAT KANTOR KECAMATAN KAB. TUBAN)

Latar Belakang Masalah

Pembangunan suatu bangsa memerlukan modal utama yaitu sumber daya manusia. Sudah sejak lama dimaklumi bahwa sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor pertama dan terutama dalam memajukan kesejahteraan suatu bangsa. Pengalaman banyak negara sudah membuktikan kebenaran pendapat tersebut. Berbagai negara di dunia yang meskipun tidak memiliki sumber daya alam, akan tetapi jika mempunyai sumber daya manusia yang terdidik, terampil, berdisiplin, tekun, mau  bekerja  bekerja keras dan setia kepada cita-cita cita-cita perjuangan perjuangan bangsanya, bangsanya, ternyata ternyata  berhasil  berhasil meraih kemajuan kemajuan yang sangat besar bahkan kadang-kadang kadang-kadang membuat negara lain kagum terhadapnya.

Fenomena yang terjadi dalam pembangunan suatu bangsa mengisyaratkan adanya kesadaran akan pentingnya dimensi kemanusiaan dalam pelaksanaan pembangunan. Hal ini secara jelas dapat diamati dari terjadinya pergeseran-pergeseran orientasi yang berawal dari pandangan yang menganggap aspek sumber daya manusia sebagai objek  pembangunan, berubah kearah  pembangunan, berubah ke arah pandangan yang m pandangan yang menganggap sumber daya menganggap sumber daya manusia harus dilihat sebagai subyek yang secara aktif terlibat dalam  proses pembangunan. 

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah seperti yang telah diuraikan di atas, maka permasalahan dalam disertasi ini dirumuskan sebagai berikut ini:

  1. Apakah pengaruh budaya organisasi terhadap Kinerja pegawai Dinas Kecamatan Kabupaten Tuban ?
  2. Apakah pengaruh budaya organisasi terhadap Kepuasan Kerja  pegawai Dinas Kecamatan Kabupaten Tuban ?
  3. Apakah pengaruh Motivasi terhadap Kinerja pegawai Dinas Kecamatan Kabupaten Tuban ?

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Menguji, menganalisis dan membuktikan pengaruh budaya organisasi terhadap Kinerja pegawai Dinas Kecamatan Kabupaten Tuban.
  2. Menguji, menganalisis dan membuktikan pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Kecamatan Kabupaten Tuban.
  3. Menguji, menganalisis dan membuktikan pengaruh motivasi terhadap Kinerja pegawai Dinas Kecamatan Kabupaten Bantul. 
  4. Menguji, menganalisis dan membuktikan pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Kecamatan Kabupaten Tuban.

Metode Penelitian

  1. Jenis dan Sumber Data

Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data  primer  primer yaitu data penelitian penelitian yang diperoleh diperoleh dari sumber asli atau tanpa menggunakan media perantara. Data primer dalam penelitian ini berupa kuesioner. 

  1. Subyek / Obyek Penelitian Subyek dalam penelitian ini meliputi 4 Dinas Kantor Camat di Kabupaten Tuban yaitu sebagai berikut:
  1. Kantor Dinas Kecamatan Merakurak  
  2. Kantor Dinas Kecamatan Palang 
  3. Kantor Dinas Kecamatan Jenu 
  4. Kantor Dinas Kecamatan Tuban.
  1. Teknik Penentuan Sampel
    Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan dua metode yaitu sebagai berikut: Pertama menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria-kriteria yang dikehendaki oleh peneliti. Kriteria penentuan sampel oleh  peneliti sebagai berikut: 
  1. Pegawai yang bekerja pada Kantor Kecamatan Kabupaten Bantul.  
  2. Level pegawai senior dan yunior yang bekerja pada Kantor Kecamatan Kabupaten Bantul. Kedua menggunakan convenience sampling. Metode convenience sampling merupakan pemilihan sampel berdasarkan pada kemudahan. Metode ini memilih sampel dari elemen populasi yang datanya mudah diperoleh peneliti Indriantoro, (1999).

Signifikasi

Dalam melakukan penelitian, peneliti melakukan penggabungan antara teori-teori dengan data-data di lapangan, sehingga dari keduanya didapatkan pendekatan penyelesaian masalah. Adapun urutan pekerjaan  penelitian adalah :

  1. Pengajuan Proposal Penelitian dan melakukan studi pustaka. 
  2. Melakukan pengamatan terhadap kasus penelitian yang akan diteliti 
  3. Pengambilan data penelitian. 
  4. Pengelompokan data dan melakukan pengujian-pengujian data  penelitian. 
  5. Pengolahan data penelitian. 
  6. Analisa hasil penelitian. 
  7. Membuat kesimpulan tentang temuan-temuan penelitian.

Rencana Jadwal Kegiatan Penelitian (disusun dalam bentuk tabel). 

Kesimpulan dan Saran

  1. Kesimpulan 
    • Pembuktian secara empiris tentang pengaruh budaya organisasi, motivasi, dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai Dinas Kecamatan Kabupaten Tuban. 
    • Pembuktian secara empiris tentang pengaruh budaya organisasi, motivasi, dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Kecamatan Kabupaten Tuban.
  2. Saran
    • Memberikan sumbangan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang ilmu sumber daya manusia. 
    • Memberikan tambahan kontribusi informasi kepada peneliti di bidang sumber daya manusia khususnya mengenai peningkatan kinerja  pegawai. 
    • Memberikan tambahan kontribusi informasi kepada Dinas Kantor Camat Kabupaten Tuban tentang kajian Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Pegawai dan Kepuasan Kerja Pegawai.

Daftar Pustaka 

Abdulkadir, 2005, ”Pengaruh Keadilan Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Gaji, Komitmen Organisasi dan Kinerja”, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Surabaya. Anwar Prabu, 2005, “Pengaruh Motivasi

Bangun, W. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Sebagai catatan tambahan, contoh proposal disertasi  LPDP di atas belum lengkap. Sebab memang pada beberapa bagian perlu diberi penjelasan lebih mendalam agar lebih jelas. Selain itu, masing-masing pendaftar tentu memiliki rincian proposal yang berbeda, sehingga perlu disesuaikan. Perhatikan juga jumlah kata maksimal agar tidak melebihi ketentuan. 

Jika memiliki pertanyaan berkaitan dengan topik dalam artikel ini, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke orang terdekat Anda. Semoga bermanfaat. 

Beasiswa LPDP akan segera dibuka! Jangan lewatkan pembahasan LPDP lengkap berikut ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja