fbpx

Cara Membuat Daftar Pustaka Vancouver di Zotero [Panduan]

cara membuat daftar pustaka vancouver di zotero

Bagi para dosen yang tahun ini berencana mengikuti program hibah penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Maka perlu mempelajari tata cara membuat daftar pustaka Vancouver di Zotero karena aturan sitasi menggunakan style Vancouver.

Zotero pada dasarnya menjadi tools atau alat bantu bagi dosen untuk menyusun daftar pustaka secara praktis. Selain aplikasi ini, dosen juga bisa menggunakan aplikasi pengelola referensi lain, misalnya Mendeley. 

Namun, jika merasa lebih nyaman atau punya alasan lain kenapa memilih Zotero. Maka sebaiknya mengenal aplikasi ini dengan baik agar penggunaannya terasa mudah dan memberi efisiensi tinggi. Berikut penjelasan detailnya. 

Tata Cara Membuat Daftar Pustaka Vancouver di Zotero 

Pada saat menyusun daftar pustaka di proposal usulan hibah Dikti 2024, Anda diwajibkan untuk menggunakan format Vancouver. Jika memakai format lain maka akan mendapat skor penilaian tidak maksimal dari asesor.

Hal ini tentunya akan memperbesar kemungkinan proposal Anda tidak disetujui dan gagal mendapatkan hibah. Mengantisipasi hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan format Vancouver dan akan lebih praktis jika memanfaatkan aplikasi Zotero. 

Jika masih asing dan belum terlalu familiar dengan Zotero, maka berikut detail penjelasan cara membuat daftar pustaka Vancouver di Zotero tersebut: 

1. Menginstal Zotero di Perangkat 

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah menginstal aplikasi Zotero di perangkat elektronik yang digunakan menyusun proposal usulan. Instalasi dimulai dengan mengunjungi laman unduh di Zotero

Pada halaman utama, Anda bisa langsung mengunduh master Zotero dan memulai proses instalasi setelah unduhan selesai. Caranya, silakan klik tombol “Download” di halaman utama tersebut. 

download software zotero di website resminya

Setelah proses download Zotero selesai, maka secara otomatis akan tertaut di Ms Word. Anda bisa membuka aplikasi Ms Word di perangkat dan akan muncul menu “Zotero” berjejeran dengan menu “Home” dan kawan-kawannya. 

klik menu Zotero pas microsoft word

2. Melakukan Setting Awal di Aplikasi Zotero 

Tahap kedua dalam cara membuat daftar pustaka Vancouver di Zotero adalah melakukan setting penyesuaian di Zotero. Tujuannya agar daftar pustaka yang dibuat sudah mengikuti format Vancouver. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Silakan buka aplikasi Zotero di perangkat ketika sudah terinstal. 
  • Masuk ke menu “Edit” kemudian pilih “Preferences”. 
klik "References" pada Zotero
  • Selanjutnya, cari keterangan “Vancouver” di kotak “Style” dan klik tombol “OK” pada bagian bawah. 
klik opsi Vancouver dan klik OK
  • Selesai, Anda bisa masuk ke tahap penyusunan daftar pustaka dengan Zotero. 

3. Membuat Daftar Pustaka Format Vancouver Melalui Zotero 

Tahap akhir dari cara membuat daftar pustaka Vancouver di Zotero adalah membuat daftar pustaka itu sendiri. Dimulai dengan mencari referensi dan memasukkannya ke sistem di Zotero. Berikut tahapannya: 

  • Tahap pertama adalah mencari referensi jurnal atau buku di database yang disukai. Misalnya mencari jurnal di Scopus, maka bisa dilakukan dengan membuka browser perangkat. 
  • Saat menemukan jurnal atau artikel ilmiah yang sesuai, kemudian di ekstensi browser, silakan klik dan cari “My Library” kemudian klik tombol Done”. Otomatis jurnal tersebut akan masuk ke Zotero. 
klik My Libraries dan klik Done
  • Silakan masuk ke lembar kerja dimana proposal disusun di Ms Word. Kemudian klik menu “Zotero” di Word dan pilih “Add/Edit Bibliography”. 
klik Zotero dan klik Add Edit Citation
  • Selesai, otomatis daftar pustaka akan masuk ke lembar kerja dan dalam format Vancouver. 
beri nama sitasi

Membuat Daftar Pustaka di Zotero

Cara memasukkan daftar pustaka dari Zotero juga cukup mudah, yaitu

  1. Silakan, pergi ke halaman daftar pustaka dan letakkan kursor di lembar kerja.
  2. Klik menu Zotero.
  3. Klik Add/Edit Bibliography. Langkah Anda berhasil apabila muncul daftar pustaka seperti gambar berikut.
cara membuat daftar pustaka di zotero

Melalui penjelasan tersebut, tentunya memudahkan pemahaman mengenai bagaimana cara membuat daftar pustaka Vancouver ini. Pada masa awal mungkin terasa sedikit membingungkan dan susah. 

Namun, seiring berjalannya waktu akan merasa paham dan terbiasa. Sehingga tidak kikuk lagi harus memilih tombol mana dan memakai fitur mana di Zotero. Dalam hitungan menit bahkan detik, daftar pustaka bisa selesai disusun. 

Saat Anda menyusun proposal, pastikan proposal Anda memiliki poin penting berikut:

Mau proposal Anda lolos pendanaan juga? Hindari hal berikut dan cek kriteria penilaiannya:

Jika memiliki pertanyaan atau ingin sharing pengalaman berkaitan dengan topik cara membuat daftar pustaka Vancouver di software ini. Jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke rekan dosen yang sedang menyusun proposal hibah. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

DOWNLOAD EBOOK GRATIS
⚠️Hanya Bisa Didownload Selama Ramadan

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja