fbpx

Hong Kong PhD Fellowship Scheme Dibuka, Daftar Segera!

Hong-Kong-Island

Kuliah pascasarjana jenjang S3 memang dikenal mahal, apalagi jika menyasar salah satu perguruan tinggi di luar negeri. Namun, Anda tak perlu cemas karena bisa mencari program beasiswa yang sesuai. Salah satunya Hong Kong PhD Fellowship. 

Program ini adalah program beasiswa bersifat penuh alias fully funded yang membantu mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa Indonesia untuk studi PhD (S3) di negara Hong Kong. Adapun detail program, syarat, dan cara daftarnya bisa menyimak penjelasan berikut. 

Apa Itu Hong Kong PhD Fellowship Scheme?

Jadi, apa itu program Hong Kong PhD Fellowship? Program Hong Kong PhD Fellowship Scheme merupakan program beasiswa penuh yang diselenggarakan oleh Research Grants Council (RGC) Hong Kong untuk memfasilitasi pendidikan PhD di salah satu perguruan tinggi di Hong Kong. 

Program beasiswa ini mencari kandidat dengan prestasi akademik mumpuni dan telah memenuhi syarat untuk diterima sebagai mahasiswa di salah satu dari 8 perguruan tinggi terbaik di Hong Kong. 

Penyelenggaraan program di tahun ini dibuka untuk 8 perguruan tinggi, yaitu: 

  1. City University of Hong Kong
  2. Hong Kong Baptist University
  3. Lingnan University
  4. The Chinese University of Hong Kong
  5. The Education University of Hong Kong
  6. The Hong Kong Polytechnic University
  7. The Hong Kong University of Science and Technology
  8. The University of Hong Kong

Para pendaftar program bisa memilih salah satu dari daftar perguruan tinggi tersebut. Kemudian memilih program studi yang dianggap sesuai untuk mendapatkan Hong Kong PhD Fellowship selama masa studi maksimal 3 tahun. 

Kuota

Program beasiswa Hong Kong PhD Fellowship Scheme (HKPFS) digelar nyaris setiap tahun, dan mahasiswa dari Indonesia berkesempatan untuk ikut serta di dalamnya. Tahun ini, yakni untuk tahun ajaran 2024/2025 program ini menyediakan kuota 300 peserta

Total 300 peserta ini tentu saja bukan hanya diisi oleh mahasiswa Indonesia, melainkan juga mahasiswa pilihan dari beberapa negara di dunia. Kuota ini terbilang besar dan setiap penerima berhak mendapatkan biaya pendidikan sampai biaya perjalanan menghadiri konferensi ilmiah. 

Persyaratan

Lalu, apa saja persyaratan di dalam program Hong Kong PhD Fellowship Scheme (HKPFS)? Secara umum, program beasiswa ini akan diraih mahasiswa internasional yang sudah dinyatakan diterima di salah satu dari 8 perguruan tinggi yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Jadi, para pendaftar wajib mendaftar dulu sebagai mahasiswa baru di jenjang PhD pada salah satu perguruan tinggi tersebut. Jika hasil penilaian pihak perguruan tinggi diterima maka akan menjadi penerima program beasiswa HKPFS. 

Apabila tertarik untuk mendapatkan beasiswa ini, silakan kunjungi situs resmi masing-masing perguruan tinggi. Tentukan perguruan tinggi mana yang paling sesuai dan menyelenggarakan program studi yang juga sesuai. 

Lalu penuhi syarat untuk mendaftar sebagai mahasiswa PhD baru di perguruan tinggi tersebut. Meskipun setiap perguruan tinggi memiliki kriteria dan prosedur pendaftaran yang berbeda-beda. 

Namun setiap pendaftar program beasiswa diharapkan bisa menunjukan prestasi akademik, kemampuan atau potensi penelitian, kemampuan komunikasi dan interpersonal, serta kemampuan kepemimpinan.

Sebenarnya, seorang dosen wajib tidak sekolah S3?

Cakupan Beasiswa

Program Hong Kong PhD Fellowship masuk ke dalam kategori beasiswa penuh dan mencakup dua tunjangan berikut:

1. Tunjangan Tahunan 

Cakupan yang pertama adalah disediakan tunjangan tahunan sebesar HK$331.200 (sekitar US$42.460). Sesuai namanya, tunjangan ini akan diberikan sekali dalam setahun yang bisa dipergunakan penerima program untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Sehingga dana ini bisa dimanfaatkan untuk membiayai kebutuhan akomodasi, transportasi, maupun konsumsi bulanan. Tunjangan tahunan akan diberikan maksimal 3 tahun sesuai dengan masa program pendanaan pihak penyelenggara. 

2. Tunjangan Penelitian 

Tunjangan yang kedua adalah tunjangan penelitian, mencakup tunjangan untuk melaksanakan penelitian sebagai syarat kelulusan dan mendapat gelar PhD. Sekaligus tunjangan untuk membiayai perjalanan menghadiri konferensi ilmiah. 

Besaran tunjangan ini adalah HK$13.800 (sekitar US$1.760) yang diberikan per tahun. Berhubung beasiswa ini memiliki masa pendanaan maksimal 3 tahun maka tunjangan ini akan diberikan sebanyak tiga kali. 

Lalu, bagaimana jika penerima program Hong Kong PhD Fellowship butuh waktu lebih dari 3 tahun untuk menyelesaikan masa studi PhD? Penyelenggara program menetapkan hanya memberi pendanaan maksimal selama 3 tahun. 

Jika masa studi melebihi batas maksimal tersebut, maka kebutuhan biaya selanjutnya bisa memanfaatkan dukungan tambahan dari perguruan tinggi yang dipilih penerima program. Terkait apa saja dan berapa besar dukungan tambahan dari kampus, penerima program bisa berkonsultasi dengan pihak kampus tersebut. 

Kriteria dan Proses Seleksi

Bagi pendaftar di program Hong Kong PhD Fellowship yang dinyatakan diterima oleh salah satu dari 8 perguruan tinggi yang sudah disebutkan di atas. Maka nanti aplikasi pendaftaran program beasiswa akan diseleksi oleh tim panel. 

Tim panel ini terbagi menjadi dua tim untuk melakukan seleksi pendaftar dari dua bidang keilmuan berbeda, yaitu: 

  1. Sciences, Medicine, Engineering and Technology (Sains, Kedokteran, Teknik dan Teknologi). 
  2. Humanities, Social Sciences and Business Studies (Humaniora, Ilmu Sosial dan Studi Bisnis). 

Proses seleksi akan menjadikan prestasi atau kemampuan akademik sebagai fokus utama. Meskipun begitu, tim panel yang melakukan seleksi sesuai bidang keilmuan yang dipilih para peserta memiliki kriteria tersendiri. Dijelaskan ada empat kriteria, yaitu: 

  1. Keunggulan akademik;
  2. Kemampuan dan potensi penelitian;
  3. Keterampilan komunikasi dan interpersonal; dan
  4. Kemampuan kepemimpinan.

Jadi, bagi siapa saja yang tertarik untuk kuliah S3 di Hong Kong secara gratis bisa mencoba ikut pendaftaran program HKPFS ini. Sebagai persiapan, selain mempersiapkan aplikasi pendaftaran dan mempelajari tata caranya. 

Silakan mempersiapkan diri untuk memenuhi kriteria penilaian tim panel dalam proses seleksi yang sudah dijelaskan. Semakin dini mempersiapkan diri maka persiapannya akan semakin matang. Hal ini akan memperbesar peluang lolos seleksi dan menjadi penerima program. 

Baca Juga: Beasiswa MEXT University Recommendation Ritsumeikan APU 2023

Timeline Beasiswa

Adapun timeline untuk beasiswa Hong Kong PhD Fellowship untuk tahun ajaran 2024/2025 adalah sebagai berikut: 

Tanggal Kegiatan 
1 September 2023 Penawaran program
1 Desember 2023 Batas waktu (deadline) pendaftaran program melalui RGC’s Online Application System (OAS) dan batas waktu penyerahan aplikasi lengkap ke pihak perguruan tinggi yang dituju pendaftar. 
April/Mei 2024Pengumuman hasil seleksi. 

Cara Daftar

Apabila berminat untuk menjadi penerima program Hong Kong PhD Fellowship ini, maka silakan mendaftar sesuai ketentuan. Batas waktu pendaftaran sampai 1 Desember 2023 mendatang. 

Meskipun harus diterima dulu di salah satu perguruan tinggi yang ada di Hong Kong. Namun, para pendaftar wajib melakukan pendaftaran dulu ke program untuk mendapatkan Nomor Referensi HKPFS. 

Pendaftaran dilakukan secara online melalui https://cerg1.ugc.edu.hk/hkpfs/apply.html. Adapun tahapan pendaftarannya adalah sebagai berikut: 

  1. Mengirimkan aplikasi pendaftaran program beasiswa Research Grants Council melalui laman yang sudah disebutkan sebelumnya. Pada laman akan ada buku panduan dalam format PDF. 
  2. Mengirimkan aplikasi pendaftaran lengkap ke perguruan tinggi yang dituju sesuai ketentuan penyelenggara program. 

Lakukan pendaftaran lebih dini, usahakan jauh sebelum deadline tanggal 1 Desember 2023 pukul 12 siang waktu Hong Kong. Sebab para pendaftar nantinya perlu mendaftar di perguruan tinggi yang dipilih dan ikut seleksi. Semakin dini mendaftar semakin cepat mendapat Nomor Referensi HKPFS. 

Link Info: https://cerg1.ugc.edu.hk/hkpfs/index.html

Baca Juga:

Di tag : ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

DOWNLOAD EBOOK GRATIS
⚠️Hanya Bisa Didownload Selama Ramadan

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja