fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Turkiye Burslari Scholarship 2024 Dibuka, Ada Batas Usia

beasiswa turkiye burslari

Jika ingin studi lanjut di jenjang pendidikan tinggi secara gratis dan ditempuh di luar negeri, ada kabar baik untuk Anda. Pasalnya program Turkiye Burslari Scholarship 2024 resmi dibuka pendaftarannya pada 10 Januari 2024 mendatang. 

Dalam hitungan hari, Anda bisa mendaftar dalam program beasiswa bergengsi satu ini. Jika berhasil lulus seleksi maka ada kesempatan studi lanjut ke jenjang pendidikan tinggi di universitas bergengsi negara Turki. Berikut informasi lengkapnya. 

Apa Itu Turkiye Burslari Scholarship? 

Program Turkiye Burslari Scholarship 2024 merupakan program pembiayaan pendidikan tinggi dari pemerintah Turki untuk mahasiswa internasional. Salah satu keunggulan dari program ini adalah mencakup seluruh jenjang pendidikan tinggi dari S1, S2, sampai S3. 

Pemerintah Turki bahkan menyediakan beasiswa untuk pendidikan non gelar, hanya saja ditawarkan dengan skema dan jadwal pendaftaran yang berbeda. Selain itu, beasiswa ini tidak ada kewajiban memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL maupun IELTS). 

Kenapa? Sebab penerima program nantinya akan menempuh kuliah di universitas negara Turki yang bahasa pengantarnya adalah bahasa Turki itu sendiri. Meskipun begitu, beberapa universitas tujuan mungkin mewajibkan mahasiswa baru memiliki TOEFL atau IELTS. Jadi, silakan dicek dulu persyaratan mahasiswa baru di universitas tujuan. 

Jangan lewatkan Beasiswa Fulbright 2024 karena beasiswa ke Amerika ini juga sedang dibuka!

Persyaratan Program Beasiswa 

Sebagaimana program beasiswa pada umumnya, peminat dari program Turkiye Burslari Scholarship 2024 tentu tinggi. Apalagi terbuka untuk seluruh mahasiswa dari berbagai negara di dunia, bukan hanya mahasiswa dari Indonesia. 

Tak hanya itu, beasiswa Turkiye Burslari ini bersifat penuh (fully funded), sehingga peminat program ini cukup tinggi. Tentunya pihak penyelenggara menerapkan sistem seleksi, salah satunya berkaitan dengan persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar. 

Program ini diketahui ada ketentuan memiliki prestasi akademik dengan passing grade atau nilai ambang batas. Jadi, ada batas minimal untuk prestasi akademik yang harus dipenuhi. Hal serupa juga berlaku untuk usia. Berikut detail persyaratan Turkiye Burslari Scholarship tahun ini:

1. Persyaratan Prestasi Akademik 

Program Turkiye Burslari Scholarship 2024 sama seperti penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya yang memang membuka kesempatan untuk mahasiswa internasional berprestasi. 

Pendaftar diwajibkan untuk memenuhi ketentuan punya prestasi atau nilai akademik sebagai berikut: 

  1. Untuk kandidat sarjana: 70%
  2. Untuk kandidat pascasarjana: 75%
  3. Untuk kandidat Ilmu Kesehatan (Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi): 90%. 

2. Persyaratan Usia 

Syarat kedua dalam program Turkiye Burslari Scholarship 2024 adalah terkait usia. Batas maksimal usia disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang ditempuh oleh pendaftar. Berikut ketentuannya: 

  1. Untuk program sarjana: berusia di bawah 21 tahun
  2. Untuk program magister: berusia di bawah 30 tahun
  3. Untuk program PhD: berusia di bawah 35 tahun
  4. Untuk Beasiswa Penelitian: berusia di bawah 50 tahun

3. Persyaratan Umum 

Sementara untuk persyaratan umum dalam program beasiswa ini adalah sebagai berikut: 

  1. Warga negara dari semua negara
  2. Lulusan atau mereka yang akan lulus pada akhir tahun akademik saat ini (sebelum Agustus 2024)
  3. Peneliti dan akademisi. 

Jika Anda masuk ke dalam kategori di atas dan memenuhi syarat lain terkait prestasi atau nilai akademik dan usia. Maka bisa segera mencari informasi lebih untuk bisa segera mengikuti pendaftaran. 

Namun jika Anda masuk ke kelompok yang disebut tidak memenuhi kualifikasi, maka bisa mencari program beasiswa lainnya. Adapun kelompok yang disebut tidak memenuhi kualifikasi adalah sebagai berikut: 

  1. Warga negara Turki dan individu yang telah kehilangan kewarganegaraan Turki
  2. Individu yang saat ini terdaftar dalam program di universitas-universitas Turki pada tingkat pendidikan yang akan diterapkan.

Persyaratan Administrasi Pendaftaran 

Informasi penting berikutnya berkaitan dengan program beasiswa di negara Turki ini adalah mengenai persyaratan administrasi. Jadi, ada beberapa dokumen yang wajib dilampirkan pada saat melakukan pendaftaran. Berikut detail persyaratan dokumen Turkiye Burslari Scholarship:

  1. Dokumen identitas diri yang masih berlaku, KTP atau paspor
  2. Foto kandidat yang diambil dalam 1 tahun terakhir
  3. Hasil ujian nasional (jika ada)
  4. Ijazah atau sertifikat kelulusan sementara
  5. Transkrip nilai
  6. Hasil ujian internasional (GRE, GMAT, SAT, dll.) jika disyaratkan oleh universitas atau program yang dipilih
  7. Hasil tes bahasa internasional seperti TOEFL, DELF jika disyaratkan oleh universitas atau program yang dipilih
  8. Proposal untuk topik penelitian dan contoh tertulis dari penelitian yang telah Anda lakukan (hanya untuk aplikasi PhD)

Meskipun beasiswa dari pemerintah Turki ini tidak mewajibkan adanya TOEFL maupun IELTS. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada beberapa universitas yang memakai bahasa pengantar bahasa Inggris. 

Selain itu, beberapa universitas di Turki juga meminta sertifikat kemampuan bahasa Inggris untuk mahasiswa baru yang hendak melakukan pendaftaran. Ketetnuan ini bisa di cek di website resmi universitas masing-masing. 

Selain itu, khusus untuk universitas dan program studi tujuan yang memakai bahasa pengantar bahasa Turki. Pendaftar wajib memiliki sertifikat C1 Level Certificate for Turkish Proficiency Sertifikat Tingkat C1 untuk Kemahiran Bahasa Turki). 

Bagi pendaftar yang belum memiliki sertifikat C1 Bahasa Turki tersebut maka diwajibkan untuk mengikuti kursus bahasa Turki selama satu tahun. Kursus bisa diikuti selama masa studi berjalan agar gratis (ditanggung pemerintah Turki) atau sebelumnya dengan biaya mandiri dari pendaftar. 

Apakah Anda mau daftar beasiswa tapi terkenda bahasa Inggris? Pilih beasiswa berikut saja!

Cakupan Program Beasiswa 

Para penerima program atau awardee Turkiye Burslari Scholarship tidak hanya dibebaskan dari biaya pendidikan, melainkan ada komponen lainnya. Berikut detail cakupan beasiswa yang akan didapatkan:

1. Gratis Penempatan di Universitas Tujuan

Salah satu kelebihan program beasiswa ini adalah disediakan fasilitas gratis untuk penempatan di universitas dan program studi tujuan. Pihak penyelenggara menjelaskan bahwa fasilitas ini tidak akan ditemui di program beasiswa lainnya. 

2. Biaya Pendidikan 

Komponen kedua adalah biaya pendidikan. Jadi, selama menempuh masa studi para awardee tidak akan dibebankan biaya pendidikan apapun di universitas tujuan. 

3. Kursus Bahasa Turki 

Pendaftar juga akan menerima fasilitas kursus bahasa Turki gratis selama satu tahun. Kursus ini sendiri akan dilakukan di masa awal studi dan diharapkan bisa membantu penerima program untuk mengikuti perkuliahan. 

4. Akomodasi 

Bagi mahasiswa internasional, ketika sampai di negara Turki akan disediakan fasilitas akomodasi atau tempat tinggal gratis. 

5. Transportasi 

Awardee program Turkiye Burslari Scholarship 2024 juga berhak mendapatkan biaya transportasi. Yakni untuk pembelian tiket pesawat PP sebanyak satu kali, dari negara asal ke Turki di masa awal studi. Kemudian dari Turki ke negara asal di akhir studi. 

6. Asuransi Kesehatan 

Penerima program juga akan mendapatkan asuransi kesehatan. Sehingga ketika membutuhkan layanan kesehatan, maka penerima program tidak akan dikenakan biaya. 

7. Tunjangan Bulanan 

Awardee juga akan menerima tunjangan bulanan yang besarannya sesuai jenjang yang diambil. Yaitu 3.500 TL untuk tingkat sarjana, 5.000 TL untuk tingkat Master dan 6.500 TL untuk tingkat PhD per bulan.

Tata Cara Pendaftaran 

Tertarik untuk mendaftar dalam program beasiswa ini? Maka bisa segera melakukan pendaftaran. Pendaftaran dilakukan secara online di laman berikut https://www.turkiyeburslari.gov.tr/announcements/turkiye-scholarships-2024-applications-55

Anda cukup melakukan registrasi akun dan mulai melakukan pendaftaran dengan mengisi form yang telah disediakan. Pendaftaran Turkiye Burslari Scholarship dibuka pada 10 Januari sampai 20 Februari 2024 mendatang. Jadi, masih ada waktu untuk mengumpulkan seluruh berkas persyaratan administrasi. 

Apakah Anda berminat mendaftar? Apabila ada poin yang masih belum jelas, Anda bisa tanyakan kepada kami melalui kolom komentar, ya.

Bagikan informasi beasiswa ini ke rekan dosen yang sama-sama sedang mencari beasiswa S3 dengan klik tombol share. Semoga bermanfaat!

Beasiswa LPDP akan segera dibuka! Jangan lewatkan pembahasan LPDP lengkap berikut ini:

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132