fbpx

China-AUN Scholarship 2024/2025 Resmi Dibuka, Fully Funded!

china aun scholarship

Bagi Anda yang ingin kuliah pascasarjana secara gratis dan bahkan ke luar negeri, maka bisa berpartisipasi dalam program China-AUN Scholarship 2024/2025. Lewat program ini, mahasiswa dari negara ASEAN bisa kuliah pascasarjana gratis di China (Tiongkok). 

Beasiswa ini hanya ditujukan untuk jenjang pascasarjana, yakni Master (S2) dan Doktor (S3). Selain itu, beasiswa China-AUN Scholarship bersifat penuh (fully funded), meskipun kuota hanya 30 mahasiswa. Namun, Anda bisa mengecek apakah memenuhi kualifikasi atau tidak. Berikut penjelasan detailnya!

Mengenal China-AUN Scholarship

Program China-AUN Scholarship 2024/2025 merupakan program beasiswa penuh untuk jenjang pascasarjana yang ditujukan bagi mahasiswa di negara ASEAN untuk bisa kuliah secara gratis di salah satu perguruan tinggi di China. 

Program ini diselenggarakan oleh pemerintah China melalui Ministry of Education of the People’s Republic of China (Kementerian Pendidikan Republik Rakyat Tiongkok). Terselenggaranya program ini merupakan upaya peningkatan kerjasama akademik antara China dengan negara lain yang tergabung dalam ASEAN. 

Beasiswa ini juga diketahui diselenggarakan setiap tahun, termasuk untuk tahun ajaran 2024/2025. Setiap tahun kuota penerima program dibatasi, untuk tahun 2024 ini terbuka untuk 30 kuota saja dan ditujukan untuk mahasiswa di ASEAN. 

Meskipun dari segi kuota memang terbatas, beasiswa ini bersifat penuh dan tersedia pula uang bulanan. Ditambah lagi, kualitas pendidikan di negara China sudah terjamin bagus. Sehingga China-AUN Scholarship menjadi program beasiswa yang menarik untuk didapatkan. 

Institusi dan Bidang Studi

Dalam program China-AUN Scholarship 2024/2025, pendaftar bisa masuk ke berbagai perguruan tinggi di China, selama perguruan tinggi tersebut menerima mahasiswa dengan program beasiswa satu ini. 

Selain itu, bidang studi yang bisa dipilih pendaftar program mencakup bidang sains, teknik, pertanian, kedokteran, ekonomi, hukum, manajemen, pendidikan, sejarah, sastra, filsafat, dan seni rupa.

Jadi, silakan memilih perguruan tinggi yang membuka program studi tersebut dan menerima mahasiswa dari program beasiswa satu ini. Adapun daftar perguruan tinggi memang cukup banyak, detailnya bisa mengunjungi laman Campus China.

Kriteria

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, program China-AUN Scholarship 2024/2025 hanya untuk jenjang pascasarjana. Sehingga, syarat mutlak pendaftar adalah lulusan S1 dari negara asal. Adapun kriteria atau syarat umum lainnya antara lain: 

  1. Merupakan warga negara dari negara anggota ASEAN (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam), dan dalam keadaan sehat secara mental dan fisik;
  2. Memiliki prestasi akademis yang sangat baik dengan gelar Sarjana atau yang setara.  dan berusia di bawah 35 tahun saat mendaftar untuk program Master;
  3. Memiliki gelar Sarjana atau yang setara dan berusia di bawah 40 tahun saat mendaftar untuk program doktor;
  4. Telah lulus HSK (Level 4) ketika mendaftar untuk program pascasarjana yang diajarkan dalam bahasa Mandarin
  5. Telah memperoleh IELTS atau TOEFL ketika mendaftar untuk program pascasarjana yang diajarkan dalam bahasa Inggris
  6. Memenuhi persyaratan penerimaan universitas pilihan dalam hal kemahiran bahasa dan kemampuan akademis. Diantaranya adalah ketika mendaftar untuk program yang dibuka program studinya di perguruan tinggi tujuan dalam bahasa selain bahasa Mandarin.

Apakah Anda mau daftar beasiswa tapi terkenda bahasa Inggris? Pilih beasiswa berikut saja!

Cakupan Beasiswa

Salah satu kelebihan dari program China-AUN Scholarship 2024/2025 adalah sifatnya yang penuh, sehingga cakupan programnya cukup luas. Jika Anda ingin fokus kuliah dan lulus tepat waktu maka bisa memperjuangkan program beasiswa satu ini. 

Lalu, apa saja cakupan atau komponen pembiayaan dalam program beasiswa dari pemerintah China ini? Berikut penjelasannya: 

1. Biaya Pendidikan 

Cakupan yang pertama tentu saja biaya pendidikan. Sehingga selama masa studi, penerima program dibebaskan dari kewajiban membayar biaya pendidikan ke perguruan tinggi tujuan. Sebab sudah ditanggung pihak penyelenggara. 

2. Biaya Akomodasi 

Cakupan yang kedua adalah biaya akomodasi atau tempat tinggal. Akomodasi menjadi gratis jika menerima asrama di perguruan tinggi tujuan. Jika tidak disediakan asrama, maka tersedia dana subsidi untuk membayar biaya sewa tempat tinggal selama masa studi. 

3. Uang Saku Bulanan 

Selama masa studi, penerima program juga menerima uang saku yang akan cair setiap bulan. Besarannya adalah sebagai berikut: 

  • Mahasiswa Master (S2): CNY 3,000 setiap bulan. 
  • Mahasiswa Doktor (S3): CNY 3,500 setiap bulan. 

4. Asuransi Kesehatan Komprehensif 

Cakupan yang terakhir adalah asuransi kesehatan yang bersifat komprehensif. Oleh pihak penyelenggara akan diberikan uang asuransi rutin per tahun dan mencakup akses layanan kesehatan di berbagai rumah sakit dan untuk semua jenis pelayanan kesehatan. Adapun besarannya adalah: 

  • CNY 800 per orang per tahun;
  • CNY 400 per orang (untuk program yang berlangsung kurang dari enam bulan). 

Timeline Beasiswa

Jika merasa sudah memenuhi kualifikasi dalam program China-AUN Scholarship 2024/2025. Maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri mengikuti proses pendaftaran. Berikut adalah timeline untuk programnya di tahun ini: 

Kegiatan Jadwal
Pendaftaran Ditutup sampai maksimal 1 Maret 2024
Pengumuman hasil seleksi Agustus 2024 
Kegiatan perkuliahan Dimulai pada September 2024 

Cara Daftar

Lalu, bagaimana cara mendaftar dalam program China-AUN Scholarship 2024/2025? Berikut adalah tahapan yang perlu dilalui untuk proses pendaftaran: 

  1. Memilih perguruan tinggi tujuan terlebih dahulu dan menentukan program studi. Daftar perguruan tinggi bisa dilihat di laman Campus China.
  2. Memilih salah satu dari dua cara untuk pengajuan berkas pendaftaran, yaitu:
    • Mendaftar ke Sekretariat AUN untuk mendapatkan kesempatan Beasiswa Pemerintah China tanpa surat pra-penerimaan. Dalam hal ini, kandidat dapat memilih institusi yang diinginkan selama proses aplikasi online.
    • Mendaftar ke universitas target Anda untuk mendapatkan surat pra-penerimaan dan menyerahkan surat tersebut bersama dengan dokumen aplikasi ke Sekretariat AUN. Pelamar yang memiliki dokumen pendaftaran akan mendapatkan prioritas untuk mendapatkan beasiswa.
  1. Pelamar harus mengisi dan menyerahkan Formulir China-AUN Scholarship secara online melalui laman Chinese Government Scholarship Information System (Campus China dan pilih tombol “Scholarship Application for Students” untuk registrasi akun pendaftaran. 
  2. Mengisi seluruh data dalam formulir pendaftaran dan melampirkan seluruh dokumen sesuai ketentuan pihak penyelenggara program. 

Adapun daftar dokumen yang harus dilampirkan saat pendaftaran, baik online maupun offline ke Sekretariat AUN adalah sebagai berikut: 

  • Form pendaftaran China-AUN Scholarship. 
  • Fotokopi paspor. 
  • Ijazah pendidikan terakhir. 
  • Transkrip nilai. 
  • Esai berisi rencana studi (Master) atau proposal penelitian (Doktor). 
  • Surat rekomendasi dari dua Profesor. 
  • Formulir pemeriksaan kesehatan (surat keterangan sehat). 
  • Surat keterangan bebas dari tindakan kriminal (seperti SKCK untuk di Indonesia). 
  • Sertifikat IELTS atau TOEFL yang masih berlaku (untuk program magister atau doktoral yang diajarkan dalam bahasa Inggris)
  • Sertifikat HSK yang masih berlaku (untuk program magister atau doktoral yang diajarkan dalam bahasa Mandarin).

Itulah penjelasan mengenai program China-AUN Scholarship 2024/2025. Jika memiliki pertanyaan berkaitan dengan topik ini, jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke kolega Anda. Selamat mencoba!

Jangan lewatkan pembahasan LPDP lengkap berikut ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja