fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Pengumuman Pendaftaran Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Tahun 2022 dari Dikti Ristek

Pengumuman Pendaftaran Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Tahun 2022 dari Dikti Ristek

Peningkatan kualitas maupun kuantitas publikasi ilmiah di tanah air terus diupayakan untuk ditingkatkan. Sampai saat ini kuantitas publikasi ilmiah para dosen dan peneliti Indonesia masih terbilang rendah dibanding negara lainnya. 

Tak hanya sampai disitu saja, kualitas publikasi juga belum sampai di tahap maksimal karena jumlah publikasi jurnal internasional bereputasi juga masih terbilang rendah. Pemerintah, melalui Kemendikbud Ristek tentu tidak tinggal diam dengan kondisi ini. 

Berbagai program dan kebijakan kemudian dirilis untuk mendorong peningkatan mutu dan jumlah publikasi ilmiah. Baik publikasi jurnal nasional maupun jurnal internasional. Melalui hal tersebut, Ditjen Dikti Ristek kemudian membuka Pendaftaran Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Tahun 2022. 

Pendaftaran Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Tahun 2022 dari Dikti Ristek 

Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah kembali digelar oleh Ditjen Dikti Ristek, dan tentunya bisa dimanfaatkan oleh seluruh dosen di Indonesia. Sehingga bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah secara nasional maupun internasional. 

Pendaftaran untuk Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Tahun 2022 kemudian juga sudah resmi dibuka. Pengumuman ini disampaikan melalui surat edaran dari Dikti Ristek dengan nomor 0310/E5.3/KI.02.01/2022 tertanggal 17 Mei 2022. 

Program ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menjaga dan meningkatkan mutu jurnal ilmiah. Sekaligus mendorong publikasinya ke dalam jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. 

Tahun ini, Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah disediakan dalam dua jenis kegiatan. Yaitu Bantuan Peningkatan Mutu Tata Kelola Jurnal Terakreditasi dan juga Bantuan Tata Kelola Jurnal Menuju Terindeks Internasional Bereputasi. 

Sehingga di dalam satu program disediakan 2 jenis kegiatan, sebab antara peningkatan mutu dan jumlah publikasi jurnal nasional dengan jurnal internasional membutuhkan tata kelola yang berbeda. Sehingga di dalam program ini sengaja dipecah menjadi dua kegiatan. 

Baca Juga:

7 Situs Jurnal Internasional 

Cara Mengetahui Jurnal Predator

Metode Artikel Jurnal Imrad – Non Imrad

Cara Menerbitkan Jurnal Sinta

Siapa Saja yang Berhak Mengikuti Program? 

Dalam surat edaran yang sama, Dikti Ristek juga menjelaskan detail mengenai kriteria pengusul. Jadi, bagi dosen manapun yang memenuhi kriteria kemudian bisa mengusulkan diri untuk mengikuti program. Adapun kriteria yang dimaksudkan adalah: 

1. Program Bantuan Peningkatan Mutu Tata Kelola Jurnal Terakreditasi

Bagi para dosen yang ingin mengikuti program Bantuan Peningkatan Mutu Tata Kelola Jurnal Terakreditasi. Maka wajib memenuhi beberapa kriteria berikut ini: 

  • Surat pengusulan ditandatangani oleh Ketua Penyunting (Editor in Chief) dan diketahui oleh Pimpinan perguruan tinggi/instansi penerbit/lembaga penerbit tempat jurnal diterbitkan.
  • Jurnal yang diusulkan harus sudah terakreditasi Peringkat 6 hingga Peringkat 3.
  • Artikel-artikel dari jurnal yang diusulkan telah melalui proses penelaahan naskah (review) yang baik. 
  • Program-program kegiatan yang diusulkan harus memperhatikan kondisi jurnal saat ini dan
  • memperhatikan target-target indikator capaian yang ingin dicapai oleh program bantuan ini (meliputi aspek manajemen jurnal dan aspek kualitas substansi).
  • Sudah menerbitkan minimal 3 nomor dari terbitan terakhir yang didaftarkan akreditasi.
  • Jurnal yang diusulkan belum pernah menerima bantuan dalam skema yang sama.

2. Program Bantuan Tata Kelola Jurnal Menuju Terindeks Internasional Bereputasi

Sedangkan kriteria yang harus dipenuhi untuk mengikuti program Bantuan Tata Kelola Jurnal Menuju Terindeks Internasional Bereputasi adalah: 

  • Surat pengusulan ditandatangani oleh Ketua Penyunting (Editor in Chief) dan diketahui oleh Pimpinan perguruan tinggi/instansi penerbit/lembaga penerbit tempat jurnal diterbitkan.
  • Jurnal yang diusulkan harus sudah terakreditasi minimal Peringkat 2. 
  • Artikel-artikel dari jurnal yang diusulkan telah melalui proses penelaahan naskah (review) yang baik.
  • Program-program kegiatan yang diusulkan harus memperhatikan kondisi jurnal saat ini dan
  • memperhatikan target-target indikator capaian yang ingin dicapai oleh program bantuan ini(meliputi aspek manajemen jurnal internasional dan aspek kualitas substansi).
  • Dewan Penyunting (Editorial Board) dan Mitra Bestari (Peer-Reviewers) pada jurnal yang diusulkan harus menunjukkan keberagaman (diversifikasi) minimal berasal dari 4 (empat) negara.
  • Jurnal yang diusulkan belum pernah menerima bantuan dalam skema yang sama.

Cara Mengikuti Pendaftaran Program 

Bagi para dosen yang tertarik untuk mengikuti Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Tahun 2022 tersebut dan sudah memenuhi kriteria yang ditentukan. Maka bisa melakukan pendaftaran. 

Namun terlebih dahulu bisa mengunduh seluruh dokumen persyaratan yang formatnya sudah disediakan oleh Dikti Ristek. Seluruh dokumen persyaratan bisa diunduh melalui laman http://ringkas.kemdikbud.go.id/panduanBPJI2022.

Silahkan diunduh, diisi atau dilengkapi, dan kemudian dikirimkan bersamaan dengan proposal usulan sebagai syarat administrasi mendaftar dalam program. Pendaftarannya sendiri juga sudah dilakukan secara daring, sehingga tidak perlu lewat pos dan ekspedisi. 

Seluruh persyaratan yang ditetapkan dalam program kemudian dikirimkan secara online melalui laman http://ringkas.kemdikbud.go.id/panduanBPJI2022. Pendaftaran program dibuka dari 17 Mei 2022 dan ditutup pada 31 Mei 2022 mendatang. 

Sehingga para peserta bisa segera melengkapi persyaratan administrasi yang sudah ditentukan dan segera dikirimkan sebelum tanggal penutupan tersebut. Pengumuman pengusul yang proposal usulannya diterima dilakukan daring. 

Yakni melalui http://arjuna.kemdikbud.go.id dan http://simlitabmas.kemdikbud.go.id/. Silahkan update informasi terbaru di dua laman tersebut setelah penutupan pendaftaran program dilakukan pada 31 Mei 2022 mendatang. 

Besaran Dana Bantuan 

Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Tahun 2022 tentu perlu dimanfaatkan dengan baik. Sebab setiap dosen yang mengusulkan proposal ada kemungkinan akan lolos seleksi dan berhak mengikuti program. 

Selain mendapatkan pendampingan dan pembinaan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi jurnal nasional maupun internasional. Para peserta yang dinyatakan lolos seleksi juga berhak mendapatkan dana bantuan sesuai nama programnya. 

Berapa dana bantuan yang bisa didapatkan para peserta? Dalam Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Tahun 2022, jumlah dana yang diberikan kepada peserta adalah Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) per proposal untuk Program Bantuan Peningkatan Mutu Tata Kelola Jurnal Terakreditasi. 

Selain itu, diberikan dana maksimal sebesar Rp 62.500.000,- (enam puluh dua juta lima ratus ribu rupiah) per proposal untuk Program Bantuan Tata Kelola Jurnal Menuju Terindeks Internasional Bereputasi. 

Dana yang didapatkan bisa digunakan untuk mengoptimalkan upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi. Sesuai dengan jenis kegiatan yang diikuti dalam Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah tersebut. 

Disampaikan di dalam buku panduan program, jika dana bantuan ini cair sebanyak 2 tahap. Dengan ketentuan, pencairan di tahap pertama maksimal 70% dan di tahap kedua sebesar 30%. Terdapat syarat khusus untuk bisa mencairkan dana bantuan tersebut. 

Sedangkan untuk jadwal pelaksanaan Program Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Tahun 2022 adalah sebagai berikut: 

Pengumuman peserta yang lolos seleksi tahap administratif dan substantif dijadwalkan pada bulan Juni 2022 mendatang. Program ini kemudian diperkirakan akan berlangsung sampai bulan November 2022. 

Lewat program ini, para dosen berkesempatan untuk mendapatkan pencerahan dan pemahaman bagaimana mempublikasikan karya ilmiahnya ke jurnal terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. Maka wajib diikuti, karena publikasi adalah bagian dari akademik branding dosen sekaligus media meningkatkan jenjang karir akademik.

Artikel Terkait:

Cara Mencari Jurnal ISSN 

Situs Pilihan untuk Download Jurnal Gratis

Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di Sinta

Cara Melihat Nama Jurnal 

8 Perbedaan Jurnal Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 

Cara Submit Jurnal Ilmiah 

Mengenal Hijacked Journal, Ciri-Ciri, dan Bedanya dengan Jurnal Predator

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132