fbpx

Bagaimana Cara Mencari Jurnal ISSN?

Cara Mencari Jurnal ISSN

Jika sudah lama berkutat dengan jurnal dijamin tidak akan bingung mengetahui cara mencari jurnal ISSN. ISSN atau Nomor Seri Standar Internasional merupakan nomor seri yang diberikan ISDS (International Serial Data System) pada jurnal bereputasi. ISDS sendiri berbasis di Paris, Perancis. 

Di Indonesia, jurnal yang dipublikasikan oleh para peneliti yakni kalangan dosen diharapkan sudah memiliki ISSN. Hal ini kemudian dijadikan standar untuk memastikan jurnal tersebut punya kode seri yang unik dan dijamin berkualitas. Maka sangat tepat rasanya jika untuk kebutuhan referensi mencari jurnal ISSN. Lalu, bagaimana caranya? 

Tentang ISSN 

ISSN sesuai penjelasan di atas adalah nomor seri yang diberikan oleh ISDB di Perancis untuk terbitan jurnal internasional. ISSN mirip dengan ISBN pada terbitan buku, dimana fungsinya untuk membantu proses pendataan. Sehingga memudahkan administrasi jurnal internasional. 

Saat mencari sebuah jurnal, maka tinggal menyebutkan kode ISSN maka jurnal yang dimaksud otomatis akan keluar dari sistem pencarian. Sebaliknya, jika hanya menyebutkan judul jurnal maka hasil pencarian bisa sangat banyak. Dibutuhkan waktu ekstra untuk menemukan jurnal yang benar-benar sesuai. 

ISSN didapatkan dengan membayar biaya administrasi, kurang lebihnya sekitar Rp 200 ribuan. Pengajuannya sendiri dilakukan secara online dan dijamin mudah selama dosen yang hendak mempublikasikan jurnal sudah menyiapkan beberapa persyaratan administrasi. 

Mencoba berbagai cara mencari jurnal ISSN tentu penting bagi mahasiswa dan dosen di tanah air. Sebab ISSN pada jurnal memiliki jaminan bahwa jurnal tersebut berkualitas dan bisa masuk ke database bereputasi. Sehingga menjadi jurnal yang ideal untuk dijadikan referensi. Baik untuk melakukan penelitian, menyusun karya tulis ilmiah, maupun yang lainnya.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Melihat Nama Jurnal? Simak Penjelasannya Disini!

Mengenal Hijacked Journal, Ciri-Ciri dan Bedanya dengan Jurnal Predator

Kriteria Umum dari Jurnal Nasional Terakreditasi

Ciri-Ciri Dasar Jurnal Ilmiah yang Perlu Anda Tahu

7 Cara Mencari Jurnal ISSN 

Tidak semua jurnal yang diterbitkan oleh peneliti di Indonesia maupun dunia memiliki ISSN. Sebab ISSN bukan hal wajib, namun jika peneliti mendaftarkan ISSN maka bisa menjadi nilai tambah terhadap kualitas jurnal. Hal ini akan mendorong jurnal tersebut dijadikan banyak referensi dan mendapat banyak kredit. 

Berhubung tidak semua jurnal sudah memiliki ISSN, maka ada banyak orang yang bingung untuk mengetahui cara mencari jurnal ISSN. Apakah saat ini sedang berada di situasi tersebut? Maka cara-cara berikut adalah solusinya: 

1. Mencari Jurnal di Perpustakaan 

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jurnal ISSN adalah dengan mencari di perpustakaan. Mulailah dulu mencari di perpustakaan kampus, biasanya seluruh dosen yang melakukan publikasi sudah mengurus ISSN. Sehingga koleksi jurnal di perpustakaan kampus dipastikan sudah beri-ISSN juga. 

Bagaimana jika perpustakaan koleksinya tidak terlalu lengkap? Jurnal cetak memang tidak terlalu banyak, maka bisa mengakses jurnal online di perpustakaan online juga. Salah satunya di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpusnas. Laman resminya ada di http://e-resources.perpusnas.go.id/ 

2. Jurnal di IPI 

Jika jurnal ISSN yang dibutuhkan tidak ditemukan di situs Perpusnas maka bisa beralih ke IPI. Masih asing dengan istilah IPI? IPI merupakan portal resmi yang dimiliki oleh Portal Garuda. IPI bisa dijadikan tujuan untuk menemukan lebih banyak jurnal online dan dijamin banyak koleksinya sudah ber-ISSN.

Sifatnya yang online membuat Portal Garuda ini mudah diakses sesuai waktu luang. Sehingga bisa mencari referensi kapan saja sesuai kebutuhan dan koleksinya sendiri juga terbilang lengkap. Ditambah, jurnal di dalamnya sudah dijamin berkualitas dan mayoritas sudah terakreditasi dan masuk database bereputasi untuk jurnal internasional. 

Baca Juga:

10 Situs Jurnal Pendidikan Indonesia Gratis Bereputasi 

UNY Dorong Kualitas Jurnal Bereputasi Internasional

Pengertian ISSN dan Fungsinya Secara Umum , Yuk Kenali Lebih Lengkap!

Lelah Menyusun Jurnal Ilmiah? Ini 5 Manfaat Agar Bisa Menyelesaikannya

3. Mencari Jurnal ISSN di LIPI 

Cara mencari jurnal ISSN selanjutnya adalah dengan berkunjung ke laman resmi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Merupakan lembaga penelitian yang juga menyediakan portal atau situs khusus untuk membantu siapa saja mengakses jurnal bereputasi dan terakreditasi. 

Apabila mencari jurnal ISSN, baik yang ditulis oleh peneliti Indonesia maupun dari berbagai negara di dunia. Maka bisa mampir ke laman resmi milik LIPI, mayoritas gratis. Sebab LIPI sendiri sudah membeli akses untuk berlangganan jurnal bereputasi dan terakreditasi yang sifatnya berbayar. 

4. Mengakses Situs DOAJ 

Opsional berikutnya adalah mencari jurnal online di situs DOAJ (Directory of Open Access Journals). Situs satu ini menyediakan puluhan ribu jurnal open acces yang membuatnya bisa dibuka dan diunduh atau dibaca oleh siapa saja. Saat ini tercatat ada sekitar 20.000 jurnal open access tersedia disini. 

Sehingga membuka kesempatan menemukan jurnal yang diinginkan atau yang dibutuhkan sesuai topik penelitian dan karya tulis yang disusun. Menariknya, di DOAJ tidak hanya tersedia fasilitas mengakses puluhan ribu jurnal saja. 

Melainkan juga tersedia fasilitas untuk menemukan artikel-artikel ilmiah yang bisa jadi sesuai topik penelitian yang sedang dijalankan. Sehingga DOAJ bisa menjadi destinasi untuk menemukan lebih banyak referensi berkualitas, dan mayoritas jurnalnya sudah ber-ISSN. 

5.  Mengecek di Google Scholar 

Google Scholar juga menjadi bagian dari daftar cara mencari jurnal ISSN secara online. Situs portal jurnal milik Google ini sangat populer dan menjadi tujuan para dosen, mahasiswa, dan pelajar untuk mencari referensi ilmiah berkualitas. Jurnal disini bisa diunduh gratis dan biasanya dalam format PDF. 

Tentunya, mayoritas jurnal disini sudah punya ISSN sehingga sangat kredibel untuk dijadikan referensi penelitian dan penulisan karya ilmiah. Tak hanya jurnal, Google Scholar juga menyediakan referensi ilmiah jenis lainnya. Misalnya saja tesis, skripsi, paper, dan sebagainya yang bisa diunduh maupun sekedar dibaca secara gratis. 

6. Berkunjung ke Situs PubMed Central 

Butuh jurnal ber-ISSN yang berasal dari dunia medis atau membahas dunia medis? Maka bisa menuju ke PubMed Central yang memang secara khusus menyediakan akses ke berbagai jurnal medis berkualitas dari seluruh dunia. Jurnal disini terbilang lengkap dan dijamin berkualitas sekaligus kredibel. 

PubMed Central dikembangkan oleh U.S National Library of Medicine dan pengelolaannya sangat profesional. Desain website sederhana dan mudah dipahami, proses pencarian jurnal juga cepat karena websitenya ringan. Ditambah ada banyak jurnal kesehatan bisa ditemukan disini dan diakses tanpa biaya, kecuali modal kuota saja. 

7. Mencari di IOSR 

Sedangkan untuk menemukan jurnal pendidikan ber-ISSN maka salah satu cara mencari jurnal ISSN di bidang ini adalah ke IOSR. IOSR atau International Organization of Scientific Research merupakan destinasi yang bagus untuk mendapatkan jurnal berkualitas. 

Disini tersedia jurnal di bidang pendidikan yang berasal dari peneliti di seluruh dunia dan menggunakan bahasa yang disetujui oleh PBB. Jika selama ini bingung mencari jurnal pendidikan yang sudah memiliki ISSN dimana. Maka bisa menjadikan IOSR sebagai pilihan utama, selain itu koleksinya banyak dan bisa diakses secara gratis. 

Jurnal berkualitas tentunya menjadi referensi terbaik agar bisa menunjang kualitas penelitian maupun karya tulis yang disusun. Salah satu cara mendapatkan jurnal referensi berkualitas adalah dengan mengutamakan jurnal ber-ISSN. Jika bingung bagaimana menemukannya, maka berbagai cara mencari jurnal ISSN di atas bisa dipraktekan. 

Artikel Terkait:

Begini Perjalanan Elkomika Itenas Hingga Menjadi Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi 

Begini Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di SINTA 

Belajar Cara Submit Jurnal Ilmiah agar Publikasi Berjalan Lancar 

Cara Mengetahui Jurnal Predator , Waspada Ya!

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja