fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

MOE Taiwan Scholarship 2024 Dibuka, Daftar Sekarang Juga!


Mencari program beasiswa ke luar negeri yang sifatnya penuh (fully funded) dia Asia? Silakan daftar program MoE Taiwan Scholarship saja. Beasiswa ini bersifat penuh dan untuk semua jenjang pendidikan tinggi dari S1, S2, sampai S3. Komplit ‘kan? Yuk, cek detail informasi beasiswa selengkapnya!

Apa Itu MoE Taiwan Scholarship? 

MoE Taiwan Scholarship 2024 merupakan program biaya pendidikan jenjang perguruan tinggi yang ditujukan kepada mahasiswa internasional dan diselenggarakan oleh Menteri Pendidikan Taiwan. 

Penerima program berkesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi di salah satu perguruan tinggi di negara Taiwan. Beasiswa ini sendiri ditujukan untuk mahasiswa internasional, sehingga bukan untuk mahasiswa dari Taiwan. 

Jadi, selama Anda berstatus warga negara asing dan tidak tinggal di Taiwan maupun menerima beasiswa lain. Maka tidak ada salahnya ikut berpartisipasi dalam pendaftarannya, apalagi beasiswa ini bersifat penuh. 

MoE Taiwan Scholarship sendiri termasuk program beasiswa yang rutin digelar oleh pemerintah Taiwan. Dikutip melalui buku panduan program, tahun ini tersedia kuota sebanyak 52 penerima untuk tahun ajaran 2023-2024 dan ditujukan untuk mahasiswa di Asia Selatan (India). 

Pendaftaran dibuka pada 1 Februari sampai 31 Maret 2024, sehingga masih ada jeda waktu yang bisa dipergunakan untuk mempelajari programnya dan melengkapi berkas pendaftaran sesuai ketentuan. 

Tak hanya Taiwan ICDF Scholarship, ada kesempatan beasiswa ke Taiwan lainnya, yaitu Taiwan ICDF Scholarship.

Kriteria Pendaftar Program 

Jika Anda tertarik untuk menempuh pendidikan tinggi secara gratis di Taiwan, maka Anda bisa mempersiapkan diri mengikuti pendaftaran dan seleksinya. Berikut beberapa syarat atau kriteria pendaftar MoE Taiwan Scholarship 2024: 

  1. Pelamar haruslah warga negara dari negara-negara Asia Selatan yang memiliki ijazah sekolah menengah atas ijazah kelulusan sekolah menengah atas atau gelar pasca sekolah menengah atas (sederajat), dan memiliki catatan akademis yang sangat baik, dan memiliki karakter moral yang baik.
  2. Pelamar dapat mendaftar untuk program yang tidak sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris hanya jika mereka telah lulus lulus ujian “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) Level 3.
  3. Pelamar yang belum lulus ujian “Tes Bahasa Mandarin sebagai Bahasa Asing” (TOCFL) Tes Level 3 hanya boleh mendaftar untuk program yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. 
  4. Pendaftar diminta untuk membaca daftar program yang diajarkan dalam bahasa Inggris untuk menemukan jurusan/program yang sesuai untuk program yang mereka minati.
  5. Pelamar harus mendaftar langsung ke universitas/perguruan tinggi untuk masuk dalam batas waktu pendaftaran. Setiap universitas/perguruan tinggi menetapkan tenggat waktu pendaftarannya sendiri. 

Detail kriteria lain yang mungkin perlu diketahui dan dipenuhi bisa membaca di buku panduan program yang bisa diunduh dokumennya melalui laman https://www.roc-taiwan.org/in_en/post/6116.html

Persyaratan Administrasi 

Selain harus memenuhi syarat-syarat yang dijelaskan di atas, pendaftar yang memenuhi syarat bisa fokus melengkapi berkas pendaftaran. Berikut berkas wajib untuk tahap administrasi MoE Taiwan Scholarship:

  1. Formulir Pendaftaran Beasiswa Taiwan.
  2. Salinan paspor atau surat keterangan kewarganegaraan lain yang berlaku.
  3. Salinan ijazah tertinggi dan transkrip akademik. Terdapat batas minimal IPK yang wajib dipenuhi pendaftar, detailnya bisa dibaca di buku panduan. 
  4. Salinan berkas pendaftaran masuk ke universitas/perguruan tinggi di Taiwan (bisa LoA, pengiriman uang pendaftaran, dan bisa juga formulir pendaftaran). 
  5. Salinan sertifikat kemampuan bahasa, dengan ketentuan sebagai berikut: 
    • Pendaftar yang masuk ke kelas dengan bahasa pengantar bahasa Inggris maka melampirkan salinan sertifikat TOEFL/IELTS. 
    • Pendaftar yang masuk ke kelas dengan bahasa pengantar bahasa Mandarin maka melampirkan salinan sertifikat TOCFL Level 3. 
  1. Dua surat rekomendasi atau referensi dengan ketentuan: ditandatangani secara pribadi. (yaitu dari guru bahasa Mandarin Taiwan, seorang Wakil Rektor, Presiden, Kepala Sekolah, Profesor, atau Supervisor dari universitas/perguruan tinggi).

Ikuti tips berikut sebelum mendaftar beasiswa, agar lolos!

Cakupan Program Beasiswa 

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, program beasiswa ini bersifat penuh seperti penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja untuk cakupan biaya tahun ini akan diberikan uang bulanan. 

Besaran uang bulanan disesuaikan dengan jenjang pendidikan tinggi yang ditempuh di perguruan tinggi di Taiwan. Selain itu, besaran biaya bulanan ini bisa dipergunakan penerima program untuk membiayai biaya pendidikan dan biaya lain (kebutuhan pribadi) selama studi. 

Adapun detail besaran biaya bulanan yang diterima penerima program MoE Taiwan Scholarship adalah: 

  1. Penerima beasiswa yang mengambil program sarjana akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar NTD 15.000. 
  2. Penerima beasiswa yang mengambil program pascasarjana akan mendapatkan tunjangan sebesar NTD 20.000 per bulan.

Prosedur Seleksi 

Bagi para pendaftar juga penting untuk mengetahui prosedur atau tahapan seleksi dalam program MoE Taiwan Scholarship 2024. Berikut detailnya: 

  1. Seleksi tahap pertama dilakukan oleh TECC India, dimana akan mempelajari seluruh berkas pendaftaran dari pendaftar. Pada tahap ini, TECC India akan menilai apakah pendaftar berkontribusi pada pembangunan nasional Taiwan, sebagai seorang profesional yang berkontribusi untuk negara mereka sendiri dan untuk Taiwan, dan membantu pertumbuhan bisnis dan industri, ekonomi, dan pendidikan. 
  2. Pendaftar akan dinilai dari aspek IPK yang memenuhi batas minimal, pada tahap ini penentuan atau seleksi masih dilakukan pihak TECC India. 
  3. Dilakukan seleksi wawancara, dimana direncanakan proses ini dilakukan secara online melalui aplikasi konferensi video. Sehingga akan ada proses tanya jawab antara penyeleksi dengan pendaftar berkaitan dengan beberapa berkas yang dilampirkan dalam pendaftaran. 
  4. Dilakukan penilaian terhadap sertifikat kemampuan bahasa, baik itu dengan sertifikat TOEFL maupun IELTS dan sertifikat TOCFL bagi pendaftar yang masuk ke kelas dengan bahasa pengantar bahasa Mandarin. 
  5. Dilakukan pemeriksaan kelengkapan berkas pendaftaran dan diharapkan seluruh aplikasi pendaftaran lengkap untuk masuk ke tahap seleksi berikutnya. 
  6. Diumumkan siapa saja pendaftar yang menjadi penerima program oleh TECC India. 

Apakah Anda mau daftar beasiswa tapi terkenda bahasa Inggris? Pilih beasiswa berikut saja!

Tata Cara Pendaftaran 

Bagi Anda yang memenuhi persyaratan program MoE Taiwan Scholarship 2024 ini, silakan penuhi seluruh persyaratan administrasi. Lalu, Anda bisa segera melakukan pendaftaran secara offline, yakni dengan mengirimkan seluruh berkas aplikasi pendaftaran melalui jasa pos ke alamat Education Division, Taipei Economic and Cultural Center in India ( 34, Paschimi Marg, Vasant Vihar, New Delhi-110057). 

Pengiriman berkas pendaftaran bisa dilakukan lewat pos atau dengan datang langsung ke alamat tersebut. Jika memilih datang langsung, aplikasi pendaftaran diterima di hari kerja antara Senin-Jumat pada jam kerja. Pengiriman aplikasi pendaftaran MoE Taiwan Scholarship bisa dilakukan dari 1 Februari sampai 31 Maret 2024. 

Informasi lebih mengenai proses pendaftaran dalam MoE Taiwan Scholarship bisa membaca buku panduan program. Selain itu, Anda juga bisa juga mengunjungi laman resmi TECC di India yakni di https://www.roc-taiwan.org/in_en/index.html.

Jika memiliki pertanyaan berkaitan dengan isi artikel ini, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke orang terdekat Ada. Semoga bermanfaat. 

Beasiswa LPDP akan segera dibuka! Jangan lewatkan pembahasan LPDP lengkap berikut ini:

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132