fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

JISPA Scholarship 2023, Beasiswa S2 dan S3 ke Jepang

JISPA Scholarship

Kuliah pascasarjana di luar negeri terasa semakin mudah diwujudkan dengan berbagai tawaran program beasiswa. Bicara mengenai beasiswa pascasarjana, maka JISPA Scholarship sangat tepat untuk dipertimbangkan. 

Program beasiswa satu ini ditujukan untuk mahasiswa internasional agar bisa menempuh pendidikan pascasarjana di Jepang. Terdapat banyak pilihan universitas terkemuka di Negeri Sakura tersebut bisa dijadikan pilihan. Detail program bisa menyimak penjelasan berikut. 

Apa Itu JISPA Scholarship?

JISPA Scholarship atau The Japan-IMF Scholarship Program for Asia Scholarship merupakan program beasiswa dari pemerintah negara Jepang untuk mahasiswa internasional di kawasan Asia. 

Program beasiswa ini sendiri dikelola secara administratif oleh International Monetary Fund (IMF) yang dinaungi pemerintah negara Jepang. Program satu ini bukan beasiswa baru sebab sudah diperkenalkan ke seluruh negara di Asia sejak tahun 1993. 

Termasuk juga diperkenalkan atau ditawarkan ke calon mahasiswa pascasarjana di Indonesia. Melalui program ini, para penerima nantinya bisa kuliah di salah satu universitas bergengsi di Jepang yang dikenal sebagai negara maju dengan kualitas pendidikan mumpuni. 

Program beasiswa ini sendiri cukup banyak diminati dan dinantikan setiap tahunnya, sebab penerima bebas memilih universitas tujuan selama memenuhi syarat menjadi penerima program. Selain itu, sifatnya penuh sehingga mencakup biaya pendidikan dan biaya hidup. 

Kabar baiknya, JISPA Scholarship dibuka setiap tahun dan tahun ini sudah resmi diumumkan pembukaan pendaftarannya. Periode pendaftaran diumumkan di buka dari awal April 2023 dan rencananya baru akan ditutup pada akhir Juni 2023 mendatang. 

Tahun ini, program diselenggarakan dalam bentuk dua jalur, yakni pendidikan Master atau S2 dan Doktor atau S3. Penerima program di jalur S2 diberi waktu tempuh selama 2 tahun, sementara di jalur S3 maksimal ditempuh selama 3 tahun. 

Baca Juga:

Pilihan Universitas

Adakah ketentuan terkait universitas tujuan? Jawabannya ada. Jadi, dari pihak penyelenggara disampaikan bahwa tahun 2023 akan ada empat perguruan tinggi bergengsi di Jepang bisa dijadikan pilihan, diantaranya adalah: 

1. National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS)

Daftar pertama adalah National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS). Para pelamar program bisa menjadikannya sebagai pilihan jika tertarik mengambil jurusan di bidang ekonomi. 

GRIPSI disebutkan membuka dua prodi untuk jenjang Master bagi penerima program JISPA Scholarship. Berikut adalah daftar prodi yang bisa dipilih di GRIPSI: 

  1. Macroeconomic Policy Programs (Master of Public Policy or Master of Public Economics – one-year program; dan juga 
  2. Master of Arts in Public Economics – two-year program). 

2. Hitotsubashi University (HIT)

Pengisi daftar universitas tujuan yang kedua adalah Hitotsubashi University (HIT). HIT juga masuk jajaran universitas bergengsi di negara Jepang dan menjadi destinasi banyak mahasiswa internasional. 

Hanya saja di HIT hanya dibuka satu program studi, yakni Asian Public Policy Program [Master of Public Policy (Public Economics) – two-year program]. Jika memang tertarik di prodi ini silahkan menjadikannya sebagai pilihan. 

3. International University of Japan (IUJ)

Selanjutnya ada International University of Japan (IUJ). IUJ juga dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di negara Jepang. Prodi disini yang bisa dipilih adalah Macroeconomic Policy Program (Master of Arts in Economics – two-year program). 

4. The University of Tokyo (UTokyo)

Terakhir adalah The University of Tokyo (UTokyo), sesuai namanya universitas ini berbasis di Tokyo dan menjadi salah satu kampus impian. Penerima program bisa masuk ke prodi Master of Public Policy, International Program (Master of Public Policy – two-year program). 

Baca Juga:

Persyaratan Beasiswa

Adapun persyaratan di dalam program JISPA Scholarship ini cukup strategis, yakni terbilang mudah untuk dipenuhi sebab sifatnya mendasar. Berikut daftar persyaratan yang dimaksudkan: 

  1. Warga negara dari salah satu negara berikut: Bangladesh, Bhutan, Kamboja, India, india, Kazakhstan, Republik Kyrgyzstan, Lao P.D.R., Malaysia, Maladewa, Mongolia, Nepal, Negara Kepulauan Pasifik, Papua Nugini, Filipina, Sri Lanka, Tajikistan, Thailand, Timor-Leste, Turkmenistan, Uzbekistan, dan Vietnam.
  2. Bekerja di lembaga ekonomi utama seperti bank sentral, kementerian ekonomi, kementerian keuangan, atau badan pengatur keuangan. 
  3. Lulus dari jenjang S1 (Sarjana). 
  4. Menguasai bahasa Inggri dengan baik. 

Meskipun persyaratan hanya ada empat poin, akan tetapi dari pihak penyelenggara ditetapkan beberapa poin tambahan. Yaitu: 

  1. Program ini memprioritaskan para pelamar yang usianya di bawah 40 tahun. 
  2. Ditujukan untuk siapa saja yang belum memiliki gelar Master (S2) di negara asalnya. 
  3. Memiliki pengalaman di sektor publik antara 3-4 tahun. 
  4. Program juga akan memprioritaskan pelamar yang memiliki jabatan di bidang pemerintahan, sehingga ilmu yang didapatkan bisa berdampak langsung pada kebijakan ekonomi negara asal penerima. 
  5. Pelamar program wajib melampirkan sertifikat hasil tes kemampuan bahasa Inggris, baik TOEFL maupun IELTS. Pelamar yang belum memiliki sertifikat bisa menggunakan kode khusus berikut saat mengikuti tes: 
    • TOEFL: “C626 – Japan-IMF Scholarship Program for Asia”
    • IELTS: “JISPA: Japan-IMF Scholarship Program for Asia” 

Cakupan Beasiswa

Sebagaimana yang disinggung sekilas di awal, JISPA Scholarship merupakan beasiswa penuh untuk kuliah pascasarjana di Jepang. Adapun cakupan beasiswa ini antara lain: 

  1. Biaya pendaftaran di universitas tujuan. 
  2. Biaya pendidikan selama kuliah S2 maupun S3 di universitas tujuan. 
  3. Asuransi kesehatan. 
  4. Tiket pesawat PP, pada awal menjadi mahasiswa dan pulang ke negara asal setelah berhasil lulus. 
  5. Biaya kuliah Program Orientasi (jalur kemitraan saja)
  6. Biaya kunjungan lapangan tahunan (khusus jalur kemitraan)
  7. Tunjangan komputer/perangkat lunak (khusus program master)
  8. Biaya terkait penelitian, termasuk penelitian lapangan dan biaya kehadiran konferensi (khusus program PhD jalur terbuka)

Meskipun termasuk beasiswa penuh, akan tetapi diberi catatan tambahan jika pihak penyelenggara hanya menanggung biaya hidup penerima program. Jika penerima mengajak keluarga ke Jepang selama masa studi, maka biaya hidup ditanggung mandiri. 

Selain itu, selama tercatat sebagai penerima JISPA Scholarship, penerima tidak dapat menerima dan mengikuti seleksi program beasiswa lain di negara Jepang. Oleh sebab itu, pahami betul-betul cakupannya dan sesuaikan dengan kondisi agar tidak melanggar ketentuan. 

Jadwal Pendaftaran

Jika merasa sudah memenuhi persyaratan yang dijelaskan sebelumnya dan cocok dengan ketentuan program beasiswa satu ini. Maka bisa segera melakukan pendaftaran dimana untuk tahun ajaran 2023/2024 pendaftaran dimulai sejak 15 April 2023 dan ditutup 1 Juni 2023. 

Baru kemudian memasuki pertengahan bulan Juni 2023 akan dilakukan tahap seleksi yang pertama, yakni seleksi kelengkapan berkas aplikasi pendaftaran dan disusul dengan tes wawancara. Detailnya bisa disimak di buku panduan program. 

Cara Daftar

Sementara untuk cara pendaftaran, para pelamar mengirimkan aplikasi pendaftaran secara online sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Silahkan mengisi formulir dan melengkapi berkas pendaftaran di laman International Monetary Fund.

DOWNLOAD : JISPA Brochure

Baca Juga:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132