fbpx

Dekat Dengan Dosen Ada Keuntungannya, Lho! Mau Tau? Ini Dia Macam-Macam Keuntungan Dekat Dengan Dosen

Dekat Dengan Dosen
Dekat Dengan Dosen

Setiap perjalanan hidup tentunya kamu akan menemui seorang guru. Entah guru tersebut dalam konteks apa, bisa saja orang tua mu atau bahkan teman mu. Nah! Berbeda dengan dunia perkuliahan, guru yang di maksud disini tentunya adalah dosen.

Dosen di dunia perkuliahan tentunya  berperan sebagai guru untuk kamu menimba ilmu. Dan tentunya peran dosen bisa di setarakan dengan mesin pencari ilmu yang biasa kamu panggil google, hihihi. Dan masih banyak lagi peran dosen untuk kamu si mahasiswanya.

Peran dosen bisa saja bertambah dari peran awal. Tentunya hal tersebut bisa kamu dapatkan jika kamu dekat dengan dosen. Nah buat kamu yang mempunyai niat untuk dekat dengan dosen ada baiknya mengetahui keuntungan berteman dengan dosen, cekidot!

 

1.  Keuntungan Dapat Lebih Banyak Informasi

Hal pertama yang bisa menguntungkan kamu jikalau kamu dekat dengan dosen adalah kamu akan lebih banyak mendapat informasi. Informasi yang di maksudkan disini bisa bermacam-macam bentuknya. Mulai dari informasi ujian, materi yang akan di ajarkan atau yang lainnya.

Namun  pada umumnya informasi yang di  dapat dari teman kamu a.k.a dosen kamu adalah informasi yang berkaitan denga beasiswa dan pelajaran dari fakultas ilmu yang kamu ambil. Biasanya dosen yang dekat dengan kamu nggak akan segan untuk menginformasikan tentang macam-macam beasiswa yang bisa kamu ambil jika ingin melanjutkan kuliah untuk gelar master. Dan tentunya informasi yang kamu dapat akan sangat terpercaya dan siapa tau sang dosen bisa membantu kamu untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Selain informasi tentang beasiswa ada jenis informasi yang bisa kamu dapat lagi, nih! Informasi tentang materi ujian salah satunya. Tentunya untuk mendapat informasi materi yang lebih detail ikatan pertemanan kamu dengan dosen harus lebih erat. Dengan berteman dengan dosen atau bahkan bersahabat dengan seorang dosen kamu bisa menempuh ujian dengan lebih mudah dan memiliki bahan belajar yang lebih banyak karena tau materinya secara detail dari sahabat kamu si dosen tersebut.

Untuk dosen yang lebih senior biasanya kamu nggak akan bisa mendapat keuntungan seperti bocoran materi secara detail. Namun informasi yang bisa kamu dapatkan dari seorang dosen senior apalagi yang gelarnya sudah lulusan S3 adalah kamu bisa dengan mudah mendapat wawasan informasi di luar bidang garap fakultas kamu menimba ilmu. Tentunya faktor wawasan dosen dan pengalamannya yang luas membuat informasi jenis tersebut bisa dengan mudah kamu dapatkan.

 

2.  Bisa Di Ikut Sertakan Dalam Proyek Si Dosen

Biasanya para dosen-dosen senior memiliki proyek penelitian untuk studinya. Nah! Keuntungan selanjutnya bila kamu dekat atau bahkan berteman baik dengan dosen tersebut nggak jarang kamu akan di ajak untuk ikut dalam proyeknya. Dan tentunya kamu akan di bayar untuk ikut dalam proyek tersebut.

Banyak dari para dosen di beberapa universitas ternyata masih dalam tahap studi atau penelitian untuk meraih gelar S3 atau gelar tertinggi. Dan biasanya dosen-dosen model seperti ini akan sangat jarang masuk kelas karena di desak oleh tugas penelitian beliau sendiri. Dan nggak jarang dari para dosen tentunya kerepotan karena harus membagi waktu antara mengajar dan menyelesaikan studinya.

Faktor repotnya sang dosen ternyata bisa kamu manfaatkan untuk mencari tambahan ilmu, kesibukan dan uang saku tentunya. Akan tetapi kebanyakan dosen yang mengikut sertakan para mahasiswanya juga meilhat dari beberapa subyektivitas. Antara lain adalah nilai dari mahasiswa tersebut, ke telitian, ke tangkasan, ke tepatan akan deadline, pengamatan dan ke akraban sang mahasiswa dengan dosen yang memberi proyek tersebut.

Nah! Oleh karena itu bagi kamu yang dekat dengan dosen atau se tidaknya dikenal oleh dosen. Ini adalah kesempatan kamu dan ke untungan buat kamu juga. Jika ke akraban kamu dengan dosen terhitung dekat nggak perlu repot-repot menawarkan diri nantinya pasti kamu akan di tawarkan langsung oleh orangnya kok, hihihi.

Akan tetapi di ke untungan yang satu ini ada baiknya kamu untuk sangat berhati-hati. Mengapa demikian? Karena untuk yang satu ini tanggung jawab yang besar agar nggak mengecewakan dosen kamu harus sangat kamu perhatikan. Alih-alih salah kaprah nanti kamu malah mengecewakan dosen kamu lagi, jangan  sampai ya!

 

3. Di Permudah Untuk Nilai

Ke untungan yang selanjutnya ini adalah ke untungan yang banyak dari kamu tentunya mengharapkan agar mendapat ke untungan tersebut, yap! Di permudah dalam nilai. Memang benar ada beberapa dosen yang dekat atau kenal baik dengan mahasiswa atau mahasiswinya akan mudah dalam melakukan atau memberi penilaian. Entah itu berbentuk nilai afektif atau nilai akademis.

Namun untuk masalah ke untungan yang satu ini jangan terlalu berharap deh bagi kamu yang dekat dengan dosenakan benar-benar mendapatkan ke untungan ini . Karena nggak semua dosen akan mempermudah nilai kamu. Dan untuk yang satu ini mempermudah dalam nilai ada baiknya kamu mengetahui pengertian sebenar-benarnya dalam ke mudahan nilai.

Ke mudahan dalam nilai bukan berarti karena kamu dekat dengan dosen, berteman atau bahkan bersahabat jangan anggap kamu akan mendapat nilai cuma-cuma. Maksud dari ke mudahan dalam nilai adalah biasanya dan bahkan nggak banyak dari dosen-dosen yang dekat dengan mahasiswanya. Hanya akan mempermudah kamu mendapat nilai dan nggak akan terlalu mempersulit.

Kamu biasanya akan di beri tugas dan paper yang mudah untuk di kerjakan. Dan jikalau itu adalah tugas yang sulit sekalipun dalam penilaian beliau si dosen akan memberi kamu nilai yang nggak jelek-jelek banget. Jadi menguntungkan bukan?

 

4. Sekedar Jadi Teman Ngopi Dan Berbincang

Yang nomor  empat ini adalah ke untungan umum dari berteman entah kamu berteman oleh siapapun tentunya kamu akan mendapatkan tempat berbicara, berbincang bahkan teman ngopi (bagi kamu pen-konsumsi kafein) . Namun bayangkan bagaimana teman berbincang dan bahkan teman ngopi kamu adalah dosen pengajar kamu sendiri? Istimewa bukan?

Ke untungan ke empat ini  sebenarnya adalah ke untungan pertama jika kamu dekat dengan dosen. Mengapa demikian? Karena dengan saling berkomunikasi dengan dosen tentunya akan membawa kamu ke dalam poin-poin di atas. Apalagi jika intensifitas antara kamu dan dosen ber interaksi terhitung sering.

Jika kamu termasuk mahasiswa yang cermat dan aktif di kelas tentunya sang dosen akan lebih senang mengajak kamu keluar untuk sekedar berbincang dan ngopi di kafetaria kampus. Dan tentunya dengan interaksi itu banyak dari informasi yang kamu dapat dari dosen kamu tersebut dan tentunya sangat menguntungkan

Nah! Di atas adalah beberapa ke untungan jika kamu dekat dengan dosen di kampus. Namun ingat jangan karena dekat dengan dosen sangat menguntungkan membuat kamu jadi memanfaatkan beliau.  Dan tentunya jangan seenaknya dengan dosen walaupun kamu berdua sudah dekat tetap lah hormati dosen kamu sebagaimana mestinya karena beliau juga temasuk salah satu orang yang berjasa dalam hidup kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja