fbpx

Program World Class Professor 2023 Dibuka! Lihat Jadwalnya


Pemerintah kembali menyelenggarakan Program World Class Professor (WCP) untuk tahun anggaran 2023. Melalui program ini, pemerintah ingin mendorong peningkatan kualitas SDM di perguruan tinggi tanah air. 

Program ini akan menghadirkan pendamping dari profesor terbaik yang berasal dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri. Sehingga, program WCP diharapkan bisa membantu dosen-dosen di kampus penyelenggara program untuk meningkatkan kompetensi dan membangun jaringan. Berikut detail programnya. 

Apa Itu Program World Class Professor?

Program World Class Professor adalah program yang bertujuan mengundang profesor kelas dunia dari berbagai perguruan tinggi (PT) ternama dalam negeri/luar negeri sebagai visiting professor untuk ditempatkan di berbagai PT di Indonesia dan mengirim peneliti Indonesia ke institusi asal visiting professor

Program ini dimaksudkan untuk memberi dampingan kepada dosen-dosen di seluruh perguruan tinggi pilihan untuk berinteraksi dengan Profesor ternama dan unggul. Interaksi ini diharapkan mendorong terjadinya pertukaran informasi, keterampilan, kompetensi, dan jaringan akademik yang luas sekaligus kuat. 

Melalui program ini, pemerintah menyediakan anggaran khusus untuk membantu PT yang sudah memenuhi syarat mendatangkan profesor kelas dunia. Sehingga, dosen di bawah naungannya bisa belajar dari Profesor tersebut dalam melaksanakan aktivitas tri dharma. 

Dalam Program World Class Professor atau WCP sendiri diutamakan untuk fokus melaksanakan kegiatan penelitian, khususnya penelitian kolaborasi. Sehingga, luaran di dalam program ini diharapkan dalam bentuk kerjasama penelitian. 

Adapun bidang yang menjadi fokus utama di WCP tahun 2023 ada lima bidang, yaitu blue energy, green economy, digital economy, pariwisata, dan kemandirian kesehatan dan alat kesehatan. 

Baca Juga:

[Terbaru] Sertifikasi Kompetensi Dosen dan Tendik 2023

Pembukaan Program Visiting Researcher 2023 Batch 1

Diharapkan dalam program ini bisa dihasilkan inovasi-inovasi di bidang prioritas tersebut. Sehingga bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah dari perguruan tinggi di tanah air. 

Selain itu, pelaksanaan Program WCP tahun 2023 rencananya akan dilakukan secara luring atau offline. Hanya saja, jika memang kondisi tidak memungkinkan seperti tahun sebelumnya. Maka penyelenggaraan bisa secara hybrid maupun daring. 

Rencana pemerintah dalam penyelenggaraan Program World Class Professor di tahun ini berjalan antara bulan Juni sampai akhir Oktober 2023 mendatang. Pendaftaran program dibuka sejak pertengahan April 2023 dan akan ditutup pada 22 Mei 2023

Jadi, bagi para dosen di perguruan tinggi Indonesia yang tertarik untuk mengikuti program ini bisa membaca buku panduan. Sehingga bisa segera menyusun proposal usulan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 

Kegiatan dalam Program WCP 2023

Program World Class Professor yang nantinya akan menghadirkan atau mendatangkan visiting professor diharapkan bisa melaksanakan sejumlah kegiatan. Dimana kegiatan-kegiatan ini berfokus pada tujuan dari penyelenggaraan program. 

Dalam buku panduan dijelaskan ada setidaknya 10 bentuk kegiatan yang bisa dilakukan visiting professor dalam program WCP tahun 2023, yaitu: 

  1. Fine tuning (perbaikan kualitas) artikel joint publication untuk di-submit ke jurnal internasional bereputasi Q1 Scimago. 
  2. Membantu menyiapkan SDM program studi untuk mendapatkan akreditasi internasional. 
  3. Membantu PT pengusul membuat proposal untuk memperoleh dana pengembangan proyek pendidikan yang akan diajukan ke pemerintah masing-masing atau ke penyandang dana internasional. 
  4. Menjadi dosen tamu (guest lecturer) atau konsultan di perguruan tinggi pengusul. 
  5. Menjadi peer review untuk jurnal internasional yang diterbitkan di Indonesia. 
  6. Melaksanakan joint supervision bagi mahasiswa S2 dan S3 dan menjadi external examiner
  7. Membantu analisis data bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan S2 atau S3. 
  8. Sebagai pembicara/penyaji pada pertemuan-pertemuan ilmiah. 
  9. Pemantapan dan peningkatan jejaring kerjasama program studi pengusul dalam pengembangan program double degree yang meliputi pengembangan dan penguatan kurikulum, dan mekanisme transfer kredit. 
  10. Membantu penyusunan draft paten/karya monumental internasional.

Persyaratan Perguruan Tinggi, Dosen Pengusul, dan Visiting Professor

Sebagaimana program pendanaan lain yang diselenggarakan oleh pemerintah, dalam Program World Class Professor juga ditetapkan sejumlah persyaratan para peserta. Dalam program ini ada tiga pihak yang menjadi bagian dari program. 

Pihak tersebut adalah perguruan tinggi, dosen pengusul, dan juga WCP (visiting professor) baik dari PT dalam maupun luar negeri. Masing-masing pihak diwajibkan untuk memenuhi sejumlah syarat sesuai ketentuan pihak penyelenggara. Detailnya bisa membaca Buku Pedoman WCP tahun 2023. Dapatkan bukunya di akhir artikel ini!

Baca Juga: Program Matching Fund 2023 Batch 3 Dibuka, Lihat Jadwalnya!

Pendanaan Program

Program WCP tahun 2023 sama seperti penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya yang dana anggaran bersumber dari Anggaran LPDP. Kategori biaya dibedakan menjadi dua, yakni untuk biaya Profesor WCP dan biaya Penerima WCP. Detailnya sebagai berikut: 

1. Biaya untuk Profesor WCP

Jenis biaya pertama yang tercakup oleh Program WCP tahun 2023 adalah biaya untuk Profesor WCP. Jenis biaya ini kemudian terbagi lagi menjadi dua, yakni untuk Profesor WCP Dalam Negeri dan Luar Negeri. 

Profesor WCP Dalam Negeri mendapatkan tiga jenis pembiayaan. Mulai dari biaya honor jasa, biaya hidup, sampai biaya transportasi. Sementara untuk Profesor WCP Luar Negeri mendapat honor jasa, biaya hidup, biaya transportasi, biaya asuransi kesehatan, dan biaya visa. 

2. Biaya untuk Penerima WCP

Jenis biaya yang kedua di dalam Program World Class Professor adalah biaya penerima WCP. Mencakup biaya hidup di luar negeri, transportasi, asuransi kesehatan, visa, biaya bantuan penulisan manuskrip dan biaya bantuan untuk pelaksanaan Workshop/Seminar/Guest Lecture. 

Detail mengenai anggaran maksimal di masing-masing biaya yang tercakup dalam Program WCP tahun 2023 tersebut bisa membaca buku panduan. Besaran setiap jenis biaya akan berbeda-beda, selain itu biaya akan diberikan kepada penerima di akhir program. 

Baca Juga: Bantuan Program Pembelajaran Internasional untuk Perguruan Tinggi

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi

Pendaftaran Program World Class Professor (WCP) tahun anggaran 2023 resmi dibuka di bulan April 2023. Pendaftaran dijelaskan akan ditutup pada 22 Mei 2023 mendatang. Detail jadwal pendaftaran dan seleksi program adalah sebagai berikut: 

KegiatanJadwal
Pengumuman melalui website dikti ristekApril 2023
Sosialisasi Program April 2023
Batas waktu pendaftaran22 Mei 2023 
Pemeriksaan dokumen (desk evaluation) Mei 2023
Wawancara Mei 2023
Pengumuman calon yang diterima Juni 2023 
Verifikasi anggaran dan TOR kegiatanJuni 2023 
Pelaksanaan ProgramJuni – Oktober 2023
Akhir Kegiatan31 Oktober 2023 
Seminar Hasil November 2023
Penyerahan Laporan Hasil Kegiatan15 November 2023 

Jadwal tersebut adalah jadwal yang direncanakan pemerintah melalui Dikti Ristek dan sewaktu-waktu bisa berubah. Jadi, para dosen yang ingin mengikuti program WCP ini bisa terus update informasinya di laman BIMA. 

Tata Cara Pengusulan Kegiatan 

Lalu, bagaimana cara melakukan pendaftaran ke Program WCP tahun 2023? Pendaftaran program dengan mengirimkan proposal usulan secara online. Proposal wajib disesuaikan dengan ketentuan struktur yang telah ditetapkan pihak penyelenggara. 

Adapun pengiriman proposal usulan dilakukan melalui laman Sumberdaya Dikti Kemdikbud. Silakan melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan NIDN. Detail lebih lengkap mengenai tahapan pendaftaran bisa membaca Buku Pedoman Program WCP 2023. 

Baca Juga:

Manfaat Akreditasi Kampus bagi Perguruan Tinggi dan Mahasiswa

Pengertian Akreditasi Perguruan Tinggi dan Elemen Penilaiannya

Mengupas Instrumen Akreditasi Kampus

Jabatan Akademik Dosen Berpengaruh Pada Nilai Akreditasi Program Studi

Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi dan Prodi dengan Mudah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja