fbpx

10 Tips Lolos Beasiswa LPDP dari Sejumlah Awardee

tips lolos beasiswa lpdp

Beasiswa LPDP menjadi salah satu program beasiswa yang banyak dinantikan dan diperjuangkan mahasiswa Indonesia. Sebab termasuk beasiswa yang memiliki banyak keunggulan. 

Namun dengan fakta tersebut, tentunya peminatnya sangat tinggi dan membuat persaingannya super ketat. Tidak sedikit pendaftar yang gagal menjadi awardee alias penerima. Lalu, adakah tips lolos beasiswa LPDP 2024? 

Tips Lolos Beasiswa LPDP 2024 

Beasiswa LPDP memang dibuka setiap tahun, dan dalam satu tahun biasanya pendaftaran dibuka dalam beberapa tahap atau gelombang. Satu kali tahap pendaftaran bisa menjaring ribuan awardee baru. 

Meskipun begitu, tidak sedikit yang mengaku gagal. Bahkan beberapa awardee mengaku berhasil lulus setelah sekian kali ikut pendaftaran. Jadi, mendaftar dalam program beasiswa ini ternyata tidak bisa dianggap semudah membalikan telapak tangan. 

Namun, melihat masih banyak yang berhasil lolos seleksi maka menunjukan jika siapa saja berkesempatan mendapatkan hal serupa. Memperbesar peluang tersebut, berikut beberapa tips lolos beasiswa LPDP 2024 dikutip dari berbagai sumber: 

1. Memiliki Tekad yang Kuat 

Kurnia Sari Aisyiah yang merupakan salah satu awardee LPDP di Aix-Marseille Universite, France. Menjelaskan bahwa tips yang pertama dan utama untuk bisa meraih beasiswa LPDP adalah tekad yang kuat. 

Tekad yang kuat menjadi yang utama untuk dibangun karena menjadi modal terbaik untuk memulai perjuangan. Sebab untuk bisa dari memenuhi persyaratan sampai melewati seluruh tahapan seleksi bukan perkara mudah. 

Banyak pendaftar yang melakukan berbagai persiapan bahkan sejak masih duduk di bangku SMA. Selain itu ada proses panjang dan penuh pengorbanan perlu dilakukan. Tanpa tekad yang kuat, maka akan cenderung mudah menyerah. 

2. Memenuhi Persyaratan Umum dan Administratif 

Oleh Ahmad Choirul Anwar yang merupakan awardee Awardee LPDP di Ohio State University, menuturkan pentingnya memenuhi syarat administrasi. Sebab seleksi administrasi adalah tahap awal dan seharusnya menjadi yang termudah dibanding seleksi lainnya. 

Kuncinya adalah teliti dan mempersiapkan seluruh berkas pendaftaran jauh-jauh hari. Oleh Ahmad, mengungkap pada masa pendaftarannya dulu ada kebutuhan waktu 2-3 minggu untuk memenuhi seluruh persyaratan administrasi. 

Sebab tidak semua dokumen bisa didapatkan dalam semalam, misalnya surat keterangan sehat dari rumah sakit yang prosesnya bisa beberapa hari sampai seminggu. Jadi, disarankan membuat akun lebih awal dan unggah dokumen bertahap, serta tidak terlalu mepet deadline penutupan pendaftaran. 

Baca Juga:

3. Menentukan Jurusan dengan Alasan yang Baik 

Menurut Ahmad Ma’ruf yang merupakan awardee LPDP di ITB menjelaskan pentingnya memilih jurusan dengan jelas dan disarankan linier. Jika memilih jurusan yang linier dengan jenjang S1 maka akan mudah menjelaskan alasannya. 

Namun, dalam program beasiswa LPDP tidak ada kewajiban harus linier. Jika memang tidak linier, pastikan menjelaskan alasannya dengan baik dan benar. Utamakan alasan yang bersifat akademis dan logis. 

4. Tentukan Universitas Tujuan dengan Alasan yang Tepat 

Tips lolos beasiswa LPDP berikutnya adalah mengenai pemilihan universitas tujuan. LPDP memberi fasilitas untuk masuk universitas di dalam dan luar negeri, sehingga perlu memilih dengan benar agar sesuai visi misi dan ketentuan pihak penyelenggara. 

Menurut Ika Merdeka yang merupakan awardee LPDP di Lancaster University, UK. Pemilihan universitas tujuan adalah dengan melihat disiplin ilmu atau jurusan yang disediakan, apakah sesuai dengan keinginan dan rencana masa depan pendaftar. 

Selain itu, penting untuk memperhatikan mata kuliah di prodi tersebut. Apakah memang sesuai dengan rencana aplikasi ilmu di masa mendatang. Memperhatikan aspek ini akan menunjukan jika Anda serius memilih kampus bukan asal pilih dan ikut-ikutan. 

5. Meningkatkan TOEFL atau IELTS 

Memiliki sertifikat TOEFL maupun IELTS menjadi salah satu syarat dalam pendaftaran beasiswa LPDP. Selain memilikinya juga harus passing grade atau meraih nilai sesuai skor minimal yang ditetapkan penyelenggara program. 

Selain itu, masing-masing universitas menetapkan passing grade berbeda untuk hasil tes kemampuan bahasa Inggris tersebut. Maka penting sekali untuk memaksimalkan skor dengan ikut kursus dan latihan berbulan-bulan. 

Oleh Arsyan Hilman yang merupakan awardee LPDP di Aberdeen University, UK. Menjelaskan jika saat tes TOEFL kebanyakan skor jeblok di writing. Maka disarankan bagi pendaftar LPDP untuk latihan menulis dalam bahasa Inggris jauh-jauh hari. 

Baca Juga:

6. Miliki Sertifikat Bahasa dan LoA dari Universitas Tujuan

Tips lolos beasiswa LPDP berikutnya adalah memiliki LoA (Letter of Acceptance) yaitu surat yang menunjukan jika Anda sudah diterima sebagai mahasiswa di suatu universitas. Dalam LPDP, dokumen ini tidak wajib akan tetapi menjadi nilai tambah. 

Menurut Indrawan Cahyo Adilaksono  yang merupakan awardee LPDP di Kyoto University, Jepang. Melampirkan LoA bisa meningkatkan peluang lolos seleksi beasiswa LPDP. 

Disarankan juga untuk memiliki sertifikat bahasa dan surat rekomendasi. Sehingga saat menghubungi profesor pendamping di universitas tujuan dan melakukan pendaftaran mahasiswa baru sudah menunjukan kesiapan. LoA bisa lebih mudah didapatkan. Adapun sertifikat bahasa bisa didapatkan dengan kursus bahasa. 

7. Menentukan Kontribusi untuk Bangsa

Menurut Imam Arief Fadillah yang merupakan awardee LPDP di UGM, membagikan tips lolos beasiswa LPDP dengan menentukan kontribusi untuk bangsa. Biasanya akan dituangkan dalam esai kontribusi saat melakukan pendaftaran. 

Menurutnya, pendaftar perlu memahami bentuk kontribusinya di masa mendatang untuk bidang apa saja dan memberi manfaat kepada masyarakat. Kontribusi ini nantinya akan dijelaskan dan dipertanggung jawabkan di masa akhir studi. 

8. Menyiapkan Visi dan Misi 

Secara umum LPDP memiliki visi misi untuk mempersiapkan pemimpin masa depan serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan. Pendaftar tentu perlu menyiapkan visi dan misi yang sejalan dengan hal ini. 

“Kalau cari orang pintar itu banyak. Pada saat kita dihadapkan pada 1000 orang pintar, tidak cukup kemudian kita merebut satu orang yang berkarakter, berintegritas, serta jujur melayani bangsa Knowledge itu gampang, tapi attitude itu yang sulit dicari. Kejujuran, semangat kontribusi, semangat membantu masyarakat yang menjadi prioritas interviewer,” kata Eko Prasetyo, Direktur Utama LPDP tahun 2012-2017.  

Baca Juga:

9. Percaya Diri 

Menurut Harry Marareza yang merupakan awardee LPDP di UGM, menyebut bahwa saat mengikuti seleksi beasiswa LPDP sejatinya pendaftar bersaing dengan diri sendiri. Sebab kuota penerimaan beasiswa ini tidak terbatas. 

Sumber gagal lolos seleksi adalah dari diri sendiri, biasanya yang tidak siap dan tidak percaya diri. Maka penting untuk membangun rasa percaya diri dan yakin bisa meraih beasiswa tersebut. Jika tidak tahun ini maka bisa tahun depan, selama terus berusaha. 

10. Berdoa 

Tidak ada kekuatan melebihi doa kita kepada Tuhan. Maka penting sekali bagi pendaftar beasiswa LPDP untuk berdoa agar dimudahkan urusannya dalam mendaftar dan bisa meraih beasiswa LPDP tahun ini. 

Bahkan menurut Nalendra Pradono yang merupakan awardee LPDP di Monash University, Australia. Pernah menyebut jika keberhasilannya meraih beasiswa ini sangat dipengaruhi oleh doa yang dipanjatkan terus menerus. 

Perjuangan meraih IELTS dengan skor tinggi dan LoA yang berdarah-darah selama 2 tahun karena aktif bekerja memberinya pengalaman berharga. Menurutnya, kekuatan doa membuatnya sukses melewati masa sulit tersebut. 

“Saat apply LPDP modal IELTS dan Conditional LoA. Alhamdulillah keterima. Tapi kampus belum memenuhi. Jadi Saya memutuskan Resign dan fokus mengejar score writing. Dan Alhamdulillah saya lolos. Kalau gak, saya bakal hidup tanpa gaji, padahal saya sudah punya keluarga yang harus di nafkahi. Saat itu Kekuatan doalah yang bekerja,” kata Nalendra Pradono. 

Itulah beberapa tips lolos beasiswa LPDP 2024 dirangkum dari sejumlah tips dan tri yang dibagikan para awardee. Ada baiknya melakukan persiapan sebelum mendaftar, semakin dini persiapan dilakukan maka semakin memperbesar peluang bisa lolos seleksi. 

Jika memiliki pertanyaan atau ingin sharing berkaitan dengan topik dalam artikel ini, jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke orang terdekat Anda. Semoga bermanfaat. 

Beasiswa LPDP akan segera dibuka! Jangan lewatkan pembahasan LPDP lengkap berikut ini:

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja