fbpx

Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris 2023 untuk Dosen

Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris

Dosen tentu paham betul pentingnya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, sehingga bisa ikut dalam Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris (PKBI). Program ini ditujukan kepada dosen yang hendak studi lanjut di luar negeri. 

Sehingga dibantu mempersiapkan diri dengan kursus bahasa Inggris secara intensif dan didanai oleh pemerintah. PKBI sendiri bukan program baru, dan tahun ini kembali dibuka pendaftarannya. Lalu, apa saja syaratnya? 

Apa Itu Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris (PKBI)?

Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris (PKBI) adalah program pelatihan bahasa Inggris intensif bagi dosen untuk meningkatkan skor IELTS agar memenuhi syarat masuk program doktor di perguruan tinggi luar negeri. 

Secara sederhana, program ini merupakan kursus yang diselenggarakan dan didanai oleh pemerintah melalui Kemendikbud Ristek Dikti. Tahun 2023, PKBI kembali digelar dan hal ini sesuai dengan isi dari surat edaran nomor 4506/E4/DT.04.02/2023 tanggal 7 September 2023. 

Tahun ini, penyelenggaraan PKBI dilakukan secara hybrid sehingga dalam beberapa sesi digelar secara luring dan beberapa lagi secara daring. Adapun jadwal pelaksanaan diperkirakan dimulai pada Oktober sampai bulan Desember 2023. 

Namun, jadwal ini tentu saja masih bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai program kursus bahasa Inggris dari pemerintah, program ini bersifat kompetitif. Sehingga ada beberapa syarat wajib dipenuhi dan mendaftar sesuai dengan ketentuan. 

Durasi Program

Sebagai program kursus bahasa Inggris, Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris ini tentunya memiliki batas waktu penyelenggaraan. Diperkirakan program akan berjalan antara 2 sampai 3 bulan. 

Dimana jadwal awal yang dirilis Kemdikbud Ristek Dikti sesuai surat edaran yang dijelaskan sebelumnya, dimulai bulan Oktober 2023. Paling cepat PKBI akan selesai 2 bulan kemudian atau maksimal di bulan Desember 2023. 

Namun jadwal ini belum pasti, akan tetapi durasi program dipastikan berlangsung antara 2-3 bulan saja. Jadi, para dosen yang tertarik dan memenuhi syarat yang ditetapkan bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk ikut PKBI.

Pembiayaan

Seperti penjelasan di awal, program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris (PKBI) didanai oleh pemerintah. Sumber dana diambil dari APBN yang kemudian dialokasikan ke dalam DIPA Direktorat Sumber Daya. 

Artinya seluruh peserta PKBI tidak dikenakan atau dibebankan biaya apapun. Meskipun begitu sudah ditetapkan komponen biaya apa saja yang dicover oleh program PKBI. Jika ada biaya di luar komponen ini, maka ditanggung peserta. Adapun komponen biaya yang ditanggung Program PKBI adalah: 

  1. Biaya kursus; 
  2. Biaya tes IELTS maksimal 2 (dua) kali; 
  3. Biaya hidup (ketika peserta mengikuti kursus secara luring); 
  4. Biaya perjalanan (ketika peserta mengikuti kursus secara luring atau mengikuti tes IELTS di lokasi tertentu); dan e
  5. Biaya paket data dan komunikasi (ketika peserta mengikuti kursus secara daring).

Materi Program

Sesuai dengan definisi dari program PKBI, maka para peserta program akan dipersiapkan untuk mengikuti IELTS dan memaksimalkan skor yang didapatkan. Maka disini, akan diberikan materi untuk para peserta bisa lebih siap mengerjakan bentuk-bentuk soal dalam IELTS. 

Seluruh materi akan disampaikan ke para peserta program dalam 3 jenis kegiatan. Dimulai dari pembelajaran (classroom activity), tugas mandiri (independent study) sampai pemberian tugas terbimbing (guided study). Adapun detail materi dalam program PKBI adalah: 

1. Listening Comprehension

Listening Comprehension adalah materi program PKBI yang mempersiapkan keterampilan listening atau mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Sehingga peserta program siap menghadapi bentuk soal listening di IELTS. 

Indikator dalam menentukan tingkat pemahaman peserta di materi ini adalah dengan: 

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan tentang wacana lisan pendek.
  2. Wacana lisan panjang.
  3. Mengenali tanda atau clue untuk menjawab soal dengan tepat. 
  4. Mengenal jenis jawaban di dalam soal baik yang berupa angka, kalimat, maupun ringkasan ide. 

2. Reading Comprehension

Reading comprehension adalah materi dalam program TKBI yang bertujuan membantu peserta memahami teks berbahasa Inggris yang akan banyak dijumpai dalam dunia akademik. Sehingga siap dengan bentuk soal reading di IELTS. 

3. Academic Writing

Academic writing adalah materi di dalam PKBI untuk melatih logika peserta dalam membaca data, memahami kecenderungan (trend) dalam suatu diagram atau grafik dan secara jelas menuliskannya dalam Writing tasks. 

4. Speaking for Academic Purposes

Speaking for academic purposes adalah materi untuk membekali peserta dengan kesempatan mengungkapkan makna dalam teks lisan. Dimana mencakup tindak tutur meminta dan memberi informasi, meminta dan memberi pendapat, dll.

5. English Grammar 

Materi terakhir dalam program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris (PKBI) adalah english grammar. Yaitu materi untuk  membekali peserta dengan kompetensi struktur bahasa melalui kegiatan pembahasan dan latihan pola-pola kalimat bahasa Inggris biasa dijumpai dalam konteks akademik.

Persyaratan Mengikuti Program

PKBI digelar pemerintah melalui Kemdikbud Ristek Dikti secara kompetitif. Para peserta wajib memenuhi syarat yang ditetapkan dan mendaftar sesuai dengan ketentuan. Adapun syarat yang wajib dipenuhi calon peserta antara lain: 

  1. Dosen tetap dan memiliki NIDN/NIDK pada perguruan tinggi penyelenggara pendidikan akademik di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (terdaftar dan aktif di https://pddikti.kemdikbud.go.id).
  2. Usia tidak lebih dari 40 (empat puluh) tahun per 31 Desember 2023; 
  3. Jenjang pendidikan terakhir magister, dibuktikan dengan salinan ijazah dan transkrip nilai; 
  4. Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris dengan skor minimal: TOEFL ITP 530/TOEFL iBT 70/PTE Academic 50/IELTS 6.0 yang masih berlaku (maksimal dua tahun sejak tanggal terbit sertifikat); 
  5. Memiliki surat izin dari pimpinan instansi asal untuk mengikuti pelatihan bahasa Inggris selama 2 s.d. 3 bulan secara penuh waktu (full time); 
  6. Tidak berstatus sedang izin belajar atau tugas belajar. 
  7. Bersedia mengikuti program PKBI secara intensif dari awal sampai selesai, dibuktikan dengan menandatangani surat pernyataan kesediaan sesuai format. 

Mekanisme Pelaksanaan

Adapun mekanisme pelaksanaan program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris (PKBI) yang disusun oleh Direktorat Sumber Daya adalah sebagai berikut: 

  1. Menjaring calon peserta yang memenuhi persyaratan melalui pendaftaran di laman http://beasiswadosen.kemdikbud.go.id.
  2. Menyeleksi dan menetapkan lembaga bahasa dan calon peserta yang memenuhi persyaratan.
  3. Menugaskan peserta terpilih untuk mengikuti kursus di lembaga bahasa yang ditentukan.
  4. Menyalurkan dana ke lembaga bahasa dan peserta program sesuai kontrak kerja yang ditandatangani kedua belah pihak.
  5. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program.
  6. Meminta laporan pelaksanaan kursus dari lembaga bahasa; dan 
  7. Menyusun laporan pelaksanaan program.

Cara Daftar

Lalu, bagaimana cara mendaftar ke program PKBI? Pendaftaran PKBI tahun 2023 dilakukan secara daring melalui laman https://beasiswadosen.kemdikbud.go.id/. Para dosen yang ingin ikut bisa mendaftarkan diri sebelum 23 September 2023 mendatang. 

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan, cara pendaftaran, dan detail lain berkaitan program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris. Maka bisa menghubungi contact person melalui email berikut: [email protected]

PANDUAN : Panduan PKBI 2023

Baca juga artikel seputar “bahasa Inggris” berikut:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

DOWNLOAD EBOOK GRATIS
⚠️Hanya Bisa Didownload Selama Ramadan

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja