fbpx

Terbitkan buku lebih cepat HANYA 1 BULAN? Dapatkan fasilitas VIP ini secara GRATIS! Klik di sini

21 Peringkat Universitas di Indonesia 2022 Menurut SIR

peringkat universitas di indonesia

Melihat hasil peringkat universitas di Indonesia 2022 tentu penting bagi siapa saja yang saat ini sedang memilih kampus untuk kuliah. Pemilihan kampus atau perguruan tinggi memang harus teliti dan memperhatikan berbagai aspek. 

Salah satunya peringkat dari perguruan tinggi tersebut. Sebab akan jauh lebih menguntungkan jika bisa masuk ke perguruan tinggi yang masuk peringkat atas. Atau mungkin merupakan pengisi peringkat pertama. 

Hal ini menunjukan kualitas perguruan tinggi tersebut. Jika memungkinkan untuk masuk ke dalamnya, kenapa tidak dicoba? Memasuki tahun 2022, sudah banyak lembaga pemeringkatan pendidikan tinggi menunjukan hasil penilaiannya. Salah satunya adalah dari SIR. 

Sekilas Tentang SIR dan Metodologi Pemeringkatannya 

Peringkat universitas di Indonesia 2022 tentunya menjadi informasi yang banyak dicari khususnya oleh masyarakat yang hendak masuk ke perguruan tinggi. Baik untuk anak maupun untuk kerabat dan diri sendiri. 

Ada banyak lembaga pemeringkat yang setiap tahunnya mengumumkan hasil penilaiannya terdapat puluhan sampai ribuan perguruan tinggi. Lembaga pemeringkat tingkat internasional cenderung lebih dianggap kredibel. 

Sebab unsur penilaiannya lebih kompleks, sesuai standar internasional, dan tentunya melibatkan seluruh perguruan tinggi di dunia. Bisa masuk ke pemeringkatan lembaga internasional tersebut tentu sebuah prestasi. 

Bicara mengenai lembaga pemeringkatan maka salah satunya adalah SIR atau Scimago Institutions Rankings. SIR setiap tahunnya melakukan pemeringkatan untuk sejumlah perguruan tinggi di dunia. 

Menariknya, terdapat beberapa universitas atau perguruan tinggi tanah air masuk ke dalam daftar pemeringkatan yang dikeluarkan pihak SIR. Begitu juga di tahun ini, dimana peringkat universitas di Indonesia 2022 oleh SIR ada sekitar 20 universitas. 

SIR sendiri diketahui dalam melakukan penilaian menggunakan tiga indikator penilaian utama. Yaitu kinerja penelitian, hasil inovasi, dan dampak sosial yang diukur dari visibilitas website perguruan tinggi yang bersangkutan.

SIR menjelaskan melalui website resminya, bahwa proses penilaian dilakukan setiap lima tahun sekali. Hasil pemeringkatan akan mulai dilakukan dua tahun sebelum edisi pemeringkatan dipublikasikan. 

Sehingga, meskipun SIR setiap tahunnya mengumumkan hasil pemeringkatan. Namun proses penilaian sudah dilakukan 5 tahun sebelumnya. Setiap perguruan tinggi yang masuk ke pemeringkatan tersebut sudah tentu punya prestasi panjang. 

Baca Juga:

Mengenal Apa Itu SAPTO dan Alur Akreditasi Online Didalamnya

Begini Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di SINTA 

Begini Cara Mengecek Akreditasi Perguruan Tinggi agar Tidak Salah Pilih 

Apa Saja Pengaruh Akreditasi Jurusan Terhadap Dunia Kerja? 

Peringkat Universitas di Indonesia 2022 Menurut SIR 

Dengan metodologi penilaian pemeringkatan yang sudah sesuai standar dan diakui dunia. Maka SIR secara rutin merilis daftar baru untuk pengisi pemeringkatan yang telah dilakukan dan berasal dari berbagai perguruan tinggi di dunia. 

Sejumlah perguruan tinggi juga masuk dalam daftar pemeringkatan tersebut. Berikut adalah peringkat universitas di Indonesia 2022 menurut SIR yang sudah resmi diumumkan: 

  1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia: 534

Kuartil: Q1

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat dunia: 586

Kuartil: Q1

  1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Peringkat dunia: 607

Kuartil: Q1

  1. Universitas Diponegoro (Undip)

Peringkat dunia: 611

Kuartil: QI

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Peringkat dunia: 612

Kuartil: Q1

  1. Universitas Sumatera Utara (USU)

Peringkat dunia: 620

Kuartil: Q1

  1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Peringkat dunia: 629

Kuartil: Q1

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Peringkat dunia: 630

Kuartil: Q1

  1. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Peringkat dunia: 631

Kuartil: Q1

  1. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

Peringkat dunia: 638

Kuartil: Q1

  1. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Peringkat dunia: = 642

Kuartil: Q1

  1. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)

Peringkat dunia: = 642

Kuartil: Q1

  1. Universitas Brawijaya (UB)

Peringkat dunia: 644

Kuartil: Q1

  1. Universitas Jember (Unej)

Peringkat dunia: 646

Kuartil: Q1

  1. Universitas Negeri Padang (UNP)

Peringkat dunia: 647

Kuartil: Q1

  1. Universitas Lampung (Unila)

Peringkat dunia: 651

Kuartil: Q2

  1. Universitas Sriwijaya (Unsri)

Peringkat dunia: 655

Kuartil: Q2

  1. Universitas Negeri Medan (UNM)

Peringkat dunia: 657

Kuartil: Q2

  1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Peringkat dunia: 658

Kuartil: Q1

  1. Universitas Airlangga (Unair)

Peringkat dunia: 659

Kuartil: Q1

  1. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Peringkat dunia: 660

Kuartil: Q1

Dari 21 peringkat universitas di Indonesia 2022 versi SIR di atas, adakah kampus tujuan kamu? Jika ada, maka bisa berlega hati karena kampus atau perguruan tinggi tersebut masuk ke pemeringkatan tingkat dunia. 

Meskipun UI sebagai peringkat pertama di Indonesia dan masuk ke peringkat 500-an dari SIR untuk pemeringkatan tingkat internasional. Namun, hal ini sudah menunjukan kualitasnya mumpuni karena bisa bersaing dengan perguruan tinggi lain di dunia. 

Daftar di atas juga diisi oleh seluruh perguruan tinggi favorit di Indonesia. Setiap tahunnya peminat yang mendaftar selalu tinggi, apalagi untuk jurusan tertentu yang masuk kategori favorit. 

Alasan Memilih Kampus Terbaik 

Kampus terbaik atau kampus berkualitas memang selalu menjadi primadona dan kemudian menjadi prioritas masyarakat luas. Setiap tahunnya, kampus atau perguruan tinggi yang masuk kategori terbaik selalu kebanjiran peminat. 

Inilah alasan kenapa persaingan untuk masuk ke perguruan tinggi favorit semakin berat karena persaingan yang semakin ketat. Meskipun susah dan ada faktor keberuntungan yang tidak terduga. Berjuang sampai akhir adalah langkah yang tepat, alasannya adalah: 

1. Fasilitas Pendidikan Terjamin 

Perguruan tinggi terbaik tentunya bisa mendapat predikat ini ketika mampu mencetak berbagai prestasi. Prestasi SDM di dalamnya baik dosen maupun mahasiswa bisa tercapai berkat dukungan fasilitas dari perguruan tinggi tersebut. 

Sehingga kuliah di dalamnya mendapat jaminan fasilitas pendidikan lengkap dan mumpuni. 

2. Kemudahan Mendapat Beasiswa 

Universitas yang masuk daftar peringkat universitas di Indonesia 2022 tentunya memiliki segudang pencapaian atau prestasi. Prestasi yang ditorehkan kemudian mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari sejumlah pihak. 

Termasuk pemerintah, sehingga disediakan banyak program beasiswa di dalamnya. Baik dana beasiswa yang bersumber dari pemerintah maupun dana internal perguruan tinggi tersebut. 

3. Kemudahan Mengembangkan Diri 

Universitas terbaik umumnya memiliki banyak fakultas dan jurusan, dan kemudian menggaet banyak mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia. Sehingga di dalamnya ada banyak aktivitas mumpuni dan pergaulannya juga luas. 

Mahasiswa di dalamnya tentu tidak akan kesulitan untuk mengembangkan diri. Lewat keikutsertaan dalam berbagai kegiatan dan bisa bersosialisasi dengan banyak orang dari berbagai daerah. 

4. Kesempatan Punya Masa Depan Cerah 

Harus diakui, lulusan dari perguruan tinggi favorit biasanya akan mendapatkan kemudahan untuk bekerja di banyak tempat. Mulai dari perusahaan besar sampai instansi maupun lembaga pemerintahan. 

Kualitas pendidikan berkualitas yang didapatkan membuat alumninya diakui punya mutu unggulan. Sehingga tidak sedikit perusahaan maupun instansi dan lembaga yang bersedia menerima mereka untuk kemajuan perusahaan. 

Jadi, jika ingin masuk ke perusahaan besar atau mungkin ingin menjadi PNS yang sukses. Tidak ada salahnya berjuang masuk ke perguruan tinggi favorit. Meskipun tidak menjamin bisa sukses seketika di dunia kerja, setidaknya kesempatan sukses terbuka lebih lebar. 

Dengan segala jaminan dan keunggulan yang diberikan, masuk ke salah satu perguruan tinggi terbaik menjadi impian semua orang. Jika masih bingung menentukan pilihan maka bisa melihat daftar peringkat universitas di Indonesia 2022 versi SIR di atas. 

Artikel Terkait:

5 Cara untuk Meningkatkan Penilaian Akreditasi Kampus

Seberapa Penting Peran Dosen dalam Akreditasi Kampus?

Jabatan Akademik Dosen Berpengaruh Pada Nilai Akreditasi 

Instrumen Akreditasi Progam Studi , Apa Saja Elemennya?

Di tag :

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132