fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Ini Passing Grade TKDA dan TKBI Serdos, Catat!

passing grade tkbi serdos, passing grade tkda serdos

Salah satu syarat mutlak untuk menjadi peserta sertifikasi dosen atau serdos adalah memenuhi passing grade TKDA dan TKBI serdos. Keduanya merupakan sebuah uji kemampuan yang menjadi modal utama bagi dosen untuk menjalankan kewajibannya. 

Maka lumrah rasanya jika TKDA dan TKBI adalah tes wajib bagi para dosen sebelum mendapatkan sertifikasi profesi. Menariknya, dosen di TKDA maupun TKBI tak cukup hanya ikut tes saja. 

Melainkan harus mendapat skor minimal sesuai skor passing grade. Berapa skornya? Berikut informasinya. 

Passing Grade TKBI Serdos

TKBI memiliki kepanjangan Tes Kemampuan Bahasa Inggris. Artinya, TKBI adalah sebuah tes atau ujian untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seorang dosen. Dalam serdos, dosen bisa memilih hendak mengikuti IELTS maupun TOEFL. 

Keduanya sah selama tes yang diikuti diselenggarakan oleh lembaga yang resmi dan diakui oleh Kemendikbud. Terkait hal ini pihak Kemendikbud pun sudah merilis daftar lembaga penyelenggara yang diakui. Berikut daftarnya: 

No.Lembaga Penyelenggara TKBIJenis TKBI 
1Universitas Gadjah MadaTKBI (AcEPT)
2Universitas IndonesiaTKBI (EPT UI)
3Universitas Muhammadiyah MalangTKBI (TEAP)
4Universitas Sebelas MaretTKBI (TEAP)
5Institut Teknologi BandungTKBI (ELPT)
6Universitas Negeri YogyakartaTKBI (Pro-TEFL)
7Universitas Pendidikan IndonesiaTKBI (PTESOL)
8Universitas Negeri JakartaTKBI 
9TEFLINTKBI (TOEP)
10ETSTOEFL.ITP/ CBT/IBT
11IELTS IELTS

Membahas mengenai TKBI untuk kebutuhan serdos, maka akan membahas juga mengenai passing grade TKDA dan TKBI serdos. Jadi, untuk TKBI sendiri para dosen wajib mendapatkan skor minimal sesuai passing grade. 

Jika memungkinkan, dosen diharapkan bisa melebihi nilai passing grade tersebut. Sehingga bisa memenuhi syarat untuk mengikuti serdos dan bisa ditunjuk oleh PT tempatnya mengabdi untuk menjadi calon peserta serdos. 

Lalu, berapa skor atau nilai passing grade untuk TKBI serdos? Berhubung, ada beberapa jenis tes kemampuan bahasa Inggris dengan sistem penilaian yang berbeda. Maka Kemendikbud pun merilis passing grade berdasarkan jenis tes tersebut. Berikut detailnya: 

Membantu dosen memaksimalkan skor TKBI, maka bisa memahami betul passing grade TKDA dan TKBI serdos. Sehingga bisa tahu berapa skor yang minimal harus dicapai dan melakukan persiapan yang mendukung. 

Baca Juga:

Tips dan Trik Lolos Passing Grade TKBI

Mengikuti TKBI apapun jenisnya mungkin bukan menjadi masalah. Namun, ketika berhadapan dengan ketentuan passing grade maka hal ini sudah lain soal. Adanya ketentuan passing grade memberi tekanan tersendiri. 

Pasalnya, jika skor yang diperoleh ternyata masih di bawah PG tersebut. Alhasil dosen mau tidak mau harus mengulang, belajar lagi, dan keluar biaya lagi. Sebab TKBI maupun TKDA memang berbayar. 

Mengantisipasi kemungkinan mendapat skor yang terlalu minimal, simak dan terapkan tips dan trik lolos PG TKBI berikut ini: 

1. Melatih Kemampuan Mendengar, Menulis, dan Berbicara dalam Bahasa Inggris 

Pada dasarnya, untuk bisa meraih skor passing grade TKBI serdos atau bahkan melampauinya adalah punya kemampuan bahasa Inggris yang baik. Maka penting untuk terus mengasah kemampuan bahasa internasional tersebut. 

Khususnya dengan mengikuti tipe tes seperti belajar mendengar, menulis, dan berbicara dalam bahasa Inggris. Adapun yang bisa dilakukan seperti: 

  1. Menonton film berbahasa Inggris untuk mengasah kemampuan mendengar dan mendapatkan tambahan kosakata. 
  2. Sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris. 
  3. Belajar menulis dalam bahasa Inggris, bisa menulis di kertas, blog pribadi, maupun caption di unggahan media sosial. 
  4. Membaca tulisan berbahasa Inggris, baik berbentuk artikel pendek maupun buku. 

2. Rutin Latihan Soal 

Tips dan trik kedua agar lolos passing grade TKDA dan TKBI serdos adalah latihan soal. Dalam TKBI akan ada beberapa tipe tes, misalnya di TOEFL yang mencakup reading, writing, dan listening. 

Mengukur kemampuan diri sendiri bisa rutin latihan soal. Misalnya membeli buku bank soal dan dikerjakan secara rutin setiap hari menjelang tes. 

3. Perbanyak Berdoa 

Jangan lupa untuk memperbanyak aktivitas berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Hal ini membantu menenangkan hati dan pikiran, sekaligus memudahkan urusan untuk ikut tes sampai meraih skor yang memuaskan. 

Passing Grade TKDA Serdos

Bicara mengenai TKBI untuk kebutuhan serdos, maka akan ikut membicarakan tentang TKDA. TKDA memiliki kepanjangan Tes Kemampuan Dasar Akademik. Sesuai namanya, tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar akademik seorang dosen. 

Tes kemampuan akademik ini diketahui memiliki tiga jenis tes atau terdiri dari tiga tahapan. Yaitu: 

a. Tes Kemampuan Verbal 

Tes kemampuan verbal adalah sebuah tes atau ujian berfungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam kata-kata dan bahasa. Tes ini memiliki beberapa bentuk soal. 

Seperti sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), padanan hubungan kata, dan pengelompokan kata. Kunci sukses menghadapi tes ini adalah memiliki penguasaan kosakata yang baik dan banyak. 

b. Tes Kemampuan Numerikal 

Tes kemampuan numerikal adalah sebuah tes digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang angka dan logis matematika. Secara umum tes ini berbentuk soal arithmetic, number series, dan word problem.

c. Tes Kemampuan Figural 

Tes kemampuan figural adalah tes untuk mengukur kemampuan memahami dan berpikir menggunakan gambar. Bentuk soalnya adalah figure analysis and synthesis dan spatial reasoning. Misalnya mencari gambar yang sesuai, mencari potongan gambar, dan sebagainya.

Khusus untuk keperluan serdos maka wajib memenuhi passing grade TKDA dan TKBI serdos. Passing grade untuk TKDA adalah 530 poin. Selain itu, TKDA hanya bisa diikuti dosen di lembaga penyelenggara yang diakui oleh Kemendikbud. 

Berikut adalah daftar penyelenggara resmi TKDA untuk kebutuhan serdos yang bisa dipilih dosen beserta skor passing grade TKDA serdos yang ditetapkan Kemendikbud: 

Baca Juga:

Tips dan Trik Lolos Passing Grade TKDA Serdos

Dibandingkan dengan TKBI, TKDA memang sering dipandang remeh. Namun, aktual di lapangan justru banyak yang mendapatkan skor jauh dari PG yang ditentukan. Mengantisipasi resiko tersebut, silahkan mencoba tips dan trik berikut ini: 

1. Banyak Berlatih Soal-Soal 

Perbanyak latihan soal adalah trik dan tips utama agar hasil TKDA serdos bisa maksimal. Sebab  tes kemampuan akademik tidak memungkinkan untuk dihafalkan. Namun akan lebih mudah dihadapi jika sudah terbiasa mengerjakan soal-soal dengan tipe yang sama. 

2. Selalu Berpikir Positif 

Tidak sedikit yang merasa angka-angka dan deretan kata yang tidak familiar sebagai momok menakutkan. Padahal, jika dihadapi dengan tenang maka hasilnya bisa maksimal. Apalagi masih ada efek dari faktor keberuntungan. Maka usahakan selalu berpikir positif. 

3. Banyak Berdoa 

Sama seperti tips dan trik untuk lolos passing grade TKBI, dalam menghadapi TKDA juga sebaiknya banyak-banyak berdoa. Supaya hati dan pikiran tenang, sekaligus merasa mendapatkan kemudahan untuk menghadapi tes tersebut. 

Melalui penjelasan tentang passing grade TKDA dan TKBI serdos di atas. Maka bisa dipahami jika kedua jenis tes ini tidak bisa diremehkan. Dibutuhkan persiapan khusus agar skor bagus dan memenuhi ketentuan passing grade. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132