fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

[UPDATE] TKDA Serdos 2023 : Tempat, Jadwal, dan Biaya Tes

TKDA

Bagi dosen yang tahun ini akan mengikuti sertifikasi dosen atau serdos, maka wajib mengikuti TKDA serdos terlebih dahulu. Selain itu, juga wajib mengikuti TKBI dimana keduanya merupakan syarat mutlak untuk ikut serdos. 

TKDA tidak bisa diikuti dosen di sembarang universitas maupun organisasi profesi. Melainkan diikuti oleh lembaga penyelenggara yang diakui Kemendikbud Ristek sekaligus wajib memenuhi nilai ambang batas sebagai skor minimal. Berikut informasinya. 

Skor Ambang Batas (Passing Grade) Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA)

Membahas mengenai serdos memang akan membahas juga mengenai TKDA serdos maupun TKBI. Pasalnya, dua jenis tes kemampuan dasar ini memang menjadi syarat untuk bisa menjadi peserta serdos. 

Terkait TKDA (Tes Kemampuan Dasar Akademik), dosen yang menjadi calon peserta serdos wajib mengikuti tes tersebut. Catatan tambahan lainnya adalah diikuti di lembaga penyelenggara yang diakui Kemendikbud Ristek sekaligus memenuhi skor ambang batas. 

Skor ambang batas adalah skor minimal yang harus diraih. Artinya, ketika dosen mengikuti TKDA dan skor yang didapatkan di bawah ambang batas yang ditetapkan. Maka mau tidak mau dosen harus mengulang sampai memenuhi skor ambang batas tersebut. 

Lalu, berapa skor ambang batas untuk TKDA serdos? TKDA (Tes Kemampuan Dasar Akademik) untuk keperluan sertifikasi dosen memiliki skor ambang batas sebesar 530 poin. Skor ini sifatnya sama untuk seluruh lembaga penyelenggara yang mencakup universitas dan organisasi profesi tertentu. 

Sehingga, berbeda dengan TKBI dimana skor ambang batas antara satu lembaga penyelenggara dengan lembaga lainnya berbeda. Selain itu, jenis tes yang berbeda juga ditetapkan memiliki skor ambang batas yang berbeda pula. 

Baca Juga :

Jadwal Serdos 2023 Telah Dirilis, Ini Detail Jadwalnya

8 Poin Syarat Serdos 2023 yang Wajib Dipenuhi

Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara TKDA

Sebagaimana yang dijelaskan sekilas di awal, dosen tidak bisa mengikuti TKDA di sembarang tempat. Wajib diikuti di lembaga penyelenggara yang sudah diakui oleh Kemendikbud Ristek karena terbukti sudah memenuhi sejumlah standar. 

Penyelenggara TKDA serdos sendiri mencakup beberapa perguruan tinggi atau universitas di Indonesia sekaligus beberapa organisasi profesi. Berikut adalah daftar perguruan tinggi yang menjadi penyelenggara resmi: 

  • Universitas Airlangga
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Negeri Jakarta

Skor ambang batas TKDA di semua penyelanggara diatas sebesar 530 poin. Selain ada daftar perguruan tinggi, TKDA juga bisa diikuti dosen di organisasi profesi yang diakui Kemendikbud Ristek. Himpsi (Himpunan Psikolog Indonesia) menjadi satu-satunya lembaga penyelenggara resmi dari kategori organisasi profesi. 

Lalu, bagaimana jika lokasi tempat tinggal dosen dengan lembaga penyelenggara jauh? Tidak perlu cemas, karena kebanyakan lembaga penyelenggara menggelar TKDA maupun TKBI secara online. Sehingga bisa dijadikan pilihan agar menghemat waktu, biaya, dan tenaga. 

Jadwal TKDA Serdos 2023

Tahun ini ingin mengikuti TKDA serdos sebagai upaya menjadi eligible dalam serdos 2023? Jika iya, maka berikut beberapa daftar penyelenggara resmi yang membuka pendaftaran untuk TKDA: 

1. TKDA UGM (online)

Perguruan tinggi penyelenggara TKDA resmi yang pertama adalah UGM (Universitas Gadjah Mada). TKDA yang diselenggarakan secara daring atau online dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Biaya dan Jadwal Tes

Biaya TKDA di UGM adalah Rp 350.000 sebagaimana yang disebutkan sebelumnya. Sementara untuk jadwal tes, terdapat dua gelombang yakni pada tanggal 14 April 2023 dan 12 Mei 2023. Pendaftaran dibuka 20 Maret 2023 pukul 10.00 WIB hingga 4 Mei 2023 pada pukul 15.00 WIB (atau sampai kuota penuh). Lihat update jadwalnya di laman TKDA UGM.

Baca Juga :

14 Tips Mengerjakan TKDA dan TKBI untuk Serdos

Takut Hadapi Serdos 2023? Terapkan 8 Tips Lolos Serdos Berikut Ini

b. Persyaratan Peserta

  1. Dosen aktif di Perguruan Tinggi di Indonesia
  2. Hendak mengikuti TKDA untuk tujuan Sertifikasi Dosen atau pengurusan NIP/NIK
  3. Memiliki kemampuan untuk menjalankan komputer dengan terampil dan tidak memiliki hambatan penglihatan (calon peserta dengan disabilitas akan diberikan perlakuan tersendiri)
  4. Mampu menyediakan perangkat sesuai kriteria yang ditentukan.
  5. Dalam dua minggu terakhir maupun ke depan belum mengikuti TKDA UGM

c. Hal yang Wajib Disiapkan Peserta

  1. Menyediakan perangkat komputer (PC/laptop) dengan spesifikasi sebagai berikut:
    • ukuran layar monitor minimal 12″,
    • minimal processor dual core 1GHz dan RAM 4GB,
    • sistem operasi Windows (minimal OS Windows 8),
    • memiliki fasilitas audio dan video webcam yang dapat berfungsi dengan baik,
    • memiliki program browser internet (Firefox),
    • mematikan antivirus dan update otomatis sistem Windows pada saat pelaksanaan. 
  1. Peserta tidak diperkenankan menggunakan perangkat dengan sistem operasi selain Windows (termasuk Mac/iOS)
  2. Memiliki akses internet yang lancar dan stabil minimal 4G/10Mbps.
  3. Menyediakan kuota internet yang cukup (minimal 3GB) atau mengakses wifi dari penyedia layanan (provider) yang lancar dan stabil.
  4. Menyediakan telepon pintar yang sudah terinstal aplikasi Whatsapp (WA) sebagai media komunikasi dengan panitia.
  5. Menyediakan meja-kursi dengan latar belakang tembok dengan jarak tidak lebih dari 2 meter.
  6. Meja harus dibersihkan dari barang-barang selain laptop dan alat tulis (pena/pensil dan kertas)
  7. Ruangan tes harus memiliki atau mendapatkan sinar yang terang.
  8. Tersedia UPS (PC) atau pastikan baterai laptop dalam kondisi baik sebagai antisipasi apabila terjadi mati listrik.
  9. Pastikan laptop terhubung dengan daya selama pelaksanaan tes berlangsung.

d. Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran TKDA serdos di UGM dimulai dengan melakukan pembayaran sebesar Rp 350.000 melalui rekening BNI dengan menyebutkan kode transfer host to host: 4343 diikuti tanggal lahir calon peserta dengan format ddmmyyyy,

Selanjutnya, adalah melakukan pendaftaran online di laman TKDA UPAP Psikologi UGM. Apabila baru melakukan pembayaran dan belum mendaftar online maka belum tercatat sebagai peserta TKDA. 

e. FAQ TKDA UGM

Apakah skor PAPS bisa digunakan untuk sertifikasi dosen menggantikan TKDA?

Tidak bisa. Tes PAPS (Tes Potensi Akademik Pascasarjana) digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran pascasarjana di UGM. Sementara itu, TKDA digunakan untuk pengajuan sertifikasi dosen.

2. TKDA Unair (online)

Penyelenggara TKDA serdos berikutnya adalah Unair (Universitas Airlangga) yang menyelenggarakan tes secara daring atau online. Berikut informasi lengkapnya: 

a. Biaya dan Jadwal Tes

Sedangkan untuk biaya, Unair menetapkan Rp 350.000 per peserta yang pembayarannya akan diikuti kode bayar di nominal paling belakang. Sementara untuk jadwal tes, pihak Unair belum merilis jadwal. Akan tetapi, Anda bisa mendapatkan pemberitahuan melalui email apabila dibuka jadwal Tes dengan mendaftarkan email Anda. Anda dapat mendaftar di laman ACAT Psikologi Unair di bagian Jadwal Tes.

Hanya saja disarankan untuk segera melakukan pendaftaran, karena jadwal pelaksanaan TKDA serdos akan diumumkan melalui email para peserta tes. Info lebih bisa mengunjungi laman ACAT Psikologi Unair.

b. Persyaratan Peserta dan Kebutuhan Tes secara Daring

  1. Ruangan yang tenang dan nyaman untuk melakukan ujian, serta dengan pencahayaan yang cukup
  2. Komputer jinjing (laptop). Anda hanya diperkenankan untuk mengikuti ujian melalui laptop, bukan dari piranti lainnya
  3. Sistem operasi yang digunakan setidaknya Windows 10 (sistem operasi macintosh/linux tidak dapat digunakan dalam tes ini)
  4. Piranti keras lainnya yang harus dipastikan dapat berfungsi dengan baik
    • Web camera
    • Microphone
    • Audio speaker (bisa berupa headphones atau earphones)
  5. Jaringan internet yang stabil, dengan minimal kecepatan 2 (dua) Mbps (upload dan download)
  6. Aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dalam tes (lihat bagian persiapan)
  7. Anda dapat memastikan fungsionalitas Web camera, Microphone dan Audio speaker anda dengan melakukan pengecekan di WebRTC Samples.
  8. Untuk pengecekan koneksi ke server ACAT silakan klik : Speed Test Unair.

c. Prosedur Ketetapan Pelaksanaan TKDA

  1. Peserta harus masuk ke aplikasi ACAT dan zoom (online meeting conference) maksimal 15 menit sebelum jadwal ujian dimulai
  2. Peserta harus sudah melakukan instalasi perangkat dan aplikasi yang dipersyaratkan oleh panitia. Peserta yang belum menginstall akan dikeluarkan dari partisipasi pada hari/sesi itu dan dinyatakan diskualifikasi
  3. Selama mengerjakan tes. Peserta menghadap ke layar monitor dengan posisi sesuai dengan aturan (100 persen wajah dan bahu tampak terlihat di layar monitor)
  4. Selama pengerjaan tes, peserta harus tetap mengaktifkan video camera (webcam) dan microphone
  5. Jika terjadi putus koneksi internet yang terjadi pada server maka panitia akan mengulangi proses pelaksanaan ACAT setelah koneksi tersambung
  6. Jika terjadi putus koneksi dan mati webcam terjadi pada peserta maka tester akan memutuskan apakah peserta diperbolehkan melanjutkan tes yang sudah dilaksanakan atau tidak, berdasarkan informasi dan data dari Admin IT
  7. Peserta wajib terhubung dengan panitia melalui zoom (online meeting conference) mulai dari proses verifikasi data sampai dengan selesai pengerjaan tes
  8. Peserta yang tidak hadir dalam zoom (online meeting conference), dan tidak melalui proses verifikasi data dinyatakan didiskualifikasi
  9. Peserta yang mengalami kendala teknis saat pelaksanaan telah dimulai dan tidak dapat diselesaikan, maka dinyatakan didiskualifikasi
  10. Tes akan diawali bersama-sama, peserta diwajibkan mengikuti arahan dari tester, dalam setiap tahapan tes

d. Prosedur Pendaftaran

  1. Mendaftar online di laman Registrasi ACAT Psikologi Unair.
  2. Menyiapkan dokumen softcopy (file) berupa scan KTP dan pas photo berwarna ukuran 4 x 6 file format JPG dengan ukuran file maksimal 2 MB dengan ketentuan:
    • Laki-laki warna latar Biru 
    • Perempuan warna latar Merah
  3. Mengisi data pendaftaran serta mengupload file scan KTP
  4. Memilih jadwal yang tersedia
  5. Setelah mendaftar online, anda akan mendapatkan email yang berisi informasi:
    • Akun peserta ACAT
    • Link download petunjuk pelaksanaan tes
    • Prosedur pembayaran (no. rekening dan jumlah yang harus dibayarkan, pastikan anda membayar sesuai sampai pada tiga digit terakhir).
  6. Akun peserta ACAT digunakan untuk login (Peserta ACAT Psikologi Unair) ketika akan melakukan update data diri, meng-upload bukti pembayaran dan Surat Pernyataan yang telah Anda tanda tangani
  7. Download petunjuk pelaksanaan tes, pelajari dan ikuti petunjuknya
  8. Install aplikasi tes di komputer jinjing atau laptop (windows 10) anda dan pastikan aplikasi tersebut bisa beroperasi dengan baik
  9. Lakukan pembayaran (melalui Bank/ATM/Internet banking/Mobile banking/Dompet elektronik) dan upload bukti pembayaran. Anda diberikan batas waktu melakukan pembayaran selama 3 jam dari waktu mendaftar. Jika melebihi dari batas waktu tersebut Anda belum mengupload bukti pembayaran, maka pendaftaran Anda dibatalkan secara otomatis oleh sistem (akun dinonaktifkan) dan Anda diharuskan melakukan proses pendaftaran dari awal lagi
  10. Upload Surat Pernyataan yang telah Anda tanda tangani
  11. Jadwal tes yang telah Anda pilih tidak dapat diubah dengan alasan apapun
  12. Cetak kartu peserta ACAT Anda untuk memudahkan pada saat pelaksanaan tes
  13. Cek kembali jadwal pelaksanaan ACAT dan sesuaikan dengan zona waktu tempat Anda berada
  14. Mohon siap paling lambat 30 menit sebelum pelaksanaan tes dengan menyiapkan kartu peserta yang telah Anda cetak
  15. Setiap sesi tes akan diawasi melalui aplikasi online meeting. Satu orang pengawas akan mengawasi ± 20 orang peserta tes
  16. Peserta yang tidak mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan tidak dapat menarik kembali pembayaran yang telah dilakukan. 

3. TKDS Unpad (online)

Penyelenggara TKDA berikutnya adalah Unpad atau Universitas Padjadjaran. UNPAD menggunakan istilah TKDS (Tes Kemampan Dasar Skolastik). Meskipun nama berbeda akan tetapi isi atau jenis tesnya tetap sama dan bisa diikuti dosen untuk memenuhi syarat ikut serdos. 

a. Jadwal Tes 

Tes Kemampuan Dasar Skolastik atau yang biasa disingkat menjadi TKDS merupakan tes yang mengukur kemampuan kognitif (cognitive ability) yang diperlukan seseorang untuk dapat menyelesaikan tugas pada aktifitas di Pendidikan Tinggi.

TKDS yang diselenggarakan Unpad adalah sama dengan TKDA dan diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai bagian dari proses Sertifikasi Dosen.

TKDS dari Unpad digelar secara online dan dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Maret 2023 dengan jadwal sebagai berikut: 

Tanggal PendaftaranTanggal Tes
1 Maret 2023 (Pukul 13.00 WIB)
s.d.
21 Maret 2023 (Pukul 18.00 WIB)
Sabtu, 25 Maret 2023
(Pukul 09.00 WIB s.d Selesai)
1 Maret 2023 (Pukul 13.00 WIB)
s.d.
26 Maret 2023 (Pukul 18.00 WIB)
Kamis, 30 Maret 2023
(Pukul 09.00 WIB s.d Selesai)

b. Kewajiban Peserta 

Bagi para dosen yang hendak mengikuti serdos dan butuh sertifikasi TKDA, maka bisa mengikuti TKDS Unpad. Berikut beberapa ketentuan yang wajib dipahami dan dipenuhi para peserta tes: 

  1. Koneksi internet yang stabil selama melakukan pendaftaran maupun selama menjalani proses tes untuk menghindari adanya permasalahan teknis. Mengingat pendaftaran dan tes akan dilakukan di lokasi masing-masing peserta, maka hal-hal yang terkait dengan koneksi internet sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab peserta.
  2. Hanya menggunakan perangkat berupa laptop atau desktop dengan sistem operasi Windows (tidak bisa menggunakan sistem operasi IOS / Macbook) dengan layar berukuran minimal 13 inch dan memiliki fasilitas kamera, microphone dan speaker yang berfungsi dan aktif selama proses tes berlangsung. Kesesuaian perangkat yang digunakan untuk mengikuti TKDS sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab peserta.
  3. Memeriksa kesesuaian Laptop / Desktop yang akan Anda gunakan selama proses pengerjaan tes dengan cara mengunduh dan menginstal aplikasi Safe Exam Browser (SEB) dan melakukan Trial menggunakan konfigurasi maksimal 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan TKDS. Link instalasi akan diberikan 2 (dua) hari sebelum tes.
  4. Sebelum tes, peserta wajib untuk mengunduh, membaca, serta memahami Petunjuk Pelaksanaan Tes terbaru.

Mengenai file Petunjuk Teknis Tes bisa diunduh melalui Petunjuk Teknis Tes.

c. Prosedur Pendaftaran 

Sedangkan untuk prosedur pendaftaran TKDS Unpad adalah sebagai berikut: 

  1. Mengakses link Pendaftaran TKDS
  2. Silahkan mengisi setiap data yang kami minta. Untuk pengisian email harap diisi dengan email aktif Anda. Karena email ini akan digunakan dalam proses pelaksanaan TKDS.
  3. Isilah semua data yang kami minta dengan sebenar-benarnya, semua informasi yang diisi merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari peserta TKDS.
  4. Membaca dengan seksama Informed Consent yang telah kami lampirkan di bagian bawah.
  5. Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan menerima email dari kami yang berisi Tata Cara Pembayaran dan Konfirmasi Pembayaran.
  6. Silahkan lakukan Pembayaran dan Konfirmasi Pembayaran sebelum batas waktu serta mengikuti semua arahan yang telah kami sampaikan melalui email tersebut.
  7. Konfirmasi Pembayaran dilakukan dengan mengklik link yang telah kami berikan melalui email Pembayaran Tes Kemampuan Dasar Skolastik atau link di bagian bawah halaman ini.
  8. Setelah masuk ke dalam halaman konfirmasi pembayarannya, silahkan mengisi semua data yang dibutuhkan. Mulai dari data diri dan informasi mengenai pembayaran Anda.
  9. Dalam pengisian data harap diisi dengan data yang sebenar-benarnya. Anda memegang tanggung jawab yang sepenuhnya dari data yang Anda isi.
  10. Setelah berhasil melakukan konfirmasi pembayaran, silahkan menunggu email dari kami yang menunjukan hasil verifikasi pembayaran Anda.
  11. Jika terjadi permasalahan pada proses verifikasi, maka kami akan menyampaikannya melalui email.
  12. Jika tidak Anda tidak menerima pemberitahuan apapun terkait kendala verifikasi berarti Anda tinggal menunggu saja prosesnya.
  13. Untuk email berisi Petunjuk Teknis dan Link Tesnya akan kami kirimkan maksimal 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan TKDS Anda.
  14. Peserta hanya dapat mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang sudah dipilih pada saat pendaftaran dan tidak diperkenankan untuk melakukan perubahan jadwal (reschedule).
  15. Peserta yang sudah melakukan pembayaran, TIDAK DAPAT menarik biayanya dengan alasan apapun.
  16. Pendaftaran akan ditutup 3 (tiga) hari sebelum tanggal tes dilaksanakan.
  17. Sambil menunggu proses verifikasi, Anda dapat membaca terlebih dahulu Petunjuk Teknis Pelaksanaan TKDS yang dapat Anda unduh disini
  18. Sertifikat akan dikirimkan melalui email 3 (tiga) – 4 (empat) hari kerja setelah pelaksanaan TKDS.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, biaya, dan detail lain dari TKDS Unpad bisa mengunjungi laman berikut Tes TKDS PIP Unpad

d. FAQ TKDS Unpad

Apakah TKA dan TKDS di Unpad adalah tes yang sama ?

Tidak. TKA diperuntukan untuk seleksi masuk ke perguruan tinggi untuk jenjang Pendidikan Profesi, Spesialis, Magister (S2) dan Doktoral (S3). Sementara itu, TKDS diperuntukan untuk kegiatan Sertifikasi Dosen. Dikarenakan tujuan yang berbeda maka materi tesnya pun berbeda.

Kapan hasil TKDS akan didapatkan ?

Hasil TKDS akan dikirim melalui email setelah 3 (tiga) hari kerja dari tanggal pelaksanaan TKDS.

Berapa lama hasil TKDS berlaku ?

Hasil TKDS berlaku selama 2 (dua) tahun terhitung sejak tanggal pelaksanaan tes. Jika hasil TKDS telah lewat dari masa berlaku yang telah ditentukan, maka tidak dapat dipergunakan kembali untuk tujuan apapun.

Artikel Terkait :

[UPDATE MARET] Daftar Pelatihan Pekerti-AA 2023

Pelatihan Pekerti-AA: Apa Pentingnya untuk Dosen?

Di tag : ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132