fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Takut Hadapi Serdos 2023? Terapkan 8 Tips Lolos Serdos Ini

TIps lolos Serdos terbaru

Dosen muda yang baru merintis karir dan belum bersertifikasi dijamin akan berburu informasi mengenai tips lolos serdos atau sertifikasi dosen. Kenapa? Sebab untuk bisa dinyatakan lolos dalam sertifikasi dosen bukan perkara mudah. 

Apalagi untuk persiapan menjelang serdos tersebut digelar, dimana ada daftar panjang persyaratan yang harus diurus dan disiapkan dengan baik. Dosen pun membutuhkan persiapan ekstra agar serdos memberikan hasil yang maksimal. Bagaimana caranya? 

Sekilas Tentang Serdos Terbaru 

Sebelum membahas secara mendalam mengenai daftar tips lolos serdos di tahun 2023 mendatang. Akan lebih baik lagi jika membahas dulu mengenai serdos terbaru. Serdos sendiri mengalami perubahan skema dan tahapan di tahun 2021. 

Pada dasarnya perubahan di dalam proses dan ketentuan serdos sudah terjadi beberapa kali. Terbaru tentu saja di tahun 2021 tersebut dimana Ditjen Dikti memiliki tagline baru bertajuk Serdos Smart 2021. 

Serdos Smart ini diklaim oleh pihak Ditjen Dikti menghadirkan tahapan lebih ringkas dan persyaratan yang lebih mudah. Selain itu sistem penilaian juga dibuat lebih transparan karena bisa diikuti progresnya oleh peserta secara online. 

Selain tahapan yang dibuat ringkas hanya berisi 3 tahap, di dalam serdos versi terbaru ini juga diketahui terdapat sejumlah istilah baru. Salah satunya dokumen PDD UKTPT yang memiliki kepanjangan Pernyataan Diri Dosen pada Unjuk Kerja Tridharma Perguruan Tinggi.

Rupanya istilah PDD UKTPT ini digunakan untuk menggantikan istilah deskripsi diri di serdos tahun-tahun sebelumnya. Sebab isi konten deskripsi diri dosen dibuat lebih kompleks. Tidak hanya berbentuk teks narasi akan tetapi juga video yang dipublikasikan. 

Tips Lolos Serdos 2023 

Meskipun tahapan di dalam serdos terbaru dibuat lebih ringkas atau lebih pendek, aktualnya banyak dosen yang mengeluh justru syarat dan ketentuannya semakin berat. Hal ini tentu diamini oleh kalangan dosen lainnya. 

Lalu, bagaimana bisa lolos jika prosesnya sendiri lebih sulit dibanding tahun-tahun sebelumnya? Tak perlu gusar, terapkan saja beberapa tips lolos serdos (sertifikasi dosen) terbaru berikut ini: 

1. Pelajari Tentang Serdos Smart dan Penuhi Persyaratannya 

Tips yang pertama untuk memperbesar peluang lolos serdos di tahun 2023 mendatang adalah mempelajari mekanisme serdos terbaru. Salah satunya juga adalah mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan. 

Sebab persyaratan ini akan di cek oleh asesor di awal untuk memastikan dosen sudah eligible dan berhak untuk mengikuti serdos. Adapun dosen eligible serdos adalah sebagai berikut: 

  • Memiliki NIDN untuk dosen tetap NIDK untuk Dokter Pendidik Klinis (Dokdiknis) atau memiliki NIDK untuk dosen paruh waktu.
  • Memiliki jabatan fungsional sekurang-kurangnya asisten ahli.
  • Memiliki pangkat/golongan ruang atau inpassing bagi dosen non-ASN.
  • Memiliki masa kerja sebagai dosen sekurang-kurangnya 2 tahun secara berturut-turut terhitung mulai tanggal pengangkatan pertama dalam jabatan fungsional dosen sampai dengan 1 Januari tahun pelaksanaan serdos.
  • Memenuhi Beban Kinerja Dosen (BKD) 2 tahun secara berturut-turut.
  • Memenuhi nilai ambang batas (passing grade) Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) yaitu 530 dari lembaga yang diakui Kemendikbud Ristek.
  • Memenuhi nilai ambang batas (passing grade) Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) yaitu 455 dari lembaga yang diakui Kemendikbud Ristek.
  • Memiliki Sertifikat Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) atau Applied Approach dari Perguruan Tinggi Pelaksana program Pekerti/AA yang diakui Kemendikbud Ristek.

Jika masih ada persyaratan yang belum terpenuhi, silahkan mulai dikejar dari sekarang. Sebab gelombang serdos pertama di tahun 2023 belum dibuka. Sehingga masih ada waktu beberapa bulan lagi. 

2. Menyiapkan Akun SISTER

Tips berikutnya adalah menyiapkan akun SISTER, dimana para dosen perlu mengupdate informasi dan data di dalamnya. Sebab sertifikasi dosen sendiri memang sudah sejak tahun 2019 berbasis SISTER. 

Pasalnya di akun SISTER masing-masing dosen berbentuk portofolio online yang menampilkan aktivitas Tri Dharma yang dilakukan. Sehingga dilakukan penilaian eligible dosen melalui akun masing-masing. 

Oleh sebab itu, sebagai tips lolos Serdos untuk tahun 2023 mendatang silahkan mulai memperbarui informasi di akun SISTER. Sehingga kesempatan untuk menjadi peserta terbuka lebar dan bisa masuk ke tahap serdos selanjutnya. 

3. Membuat Rekaman Video Pelaksanaan Tri Dharma 

Sebagaimana yang disampaikan di awal, serdos smart yang dilaksanakan sejak tahun 2021 mengubah dokumen deskripsi diri dengan PDD UKTPT. Pada pelaksanaan Tri Dharma pendidikan dan pengajaran. 

Dosen tak lagi diminta menyusun teks narasi, melainkan membuat rekaman berbentuk video. Dosen diminta menjelaskan sambil direkam mengenai aktivitas pendidikan dan pengajaran yang dilakukan secara kreatif dan inovatif. 

Selanjutnya, hasil rekaman ini diunggah di situs berbagi video misalnya Youtube. Link unggahan video ini yang nantinya menjadi bagian dari PDD UKTPT. Berhubung proses merekam dan unggah ke Youtube bisa memakan waktu. 

Maka ada baiknya dipersiapkan sejak dini, mulailah menyusun narasi mengenai apa saja yang akan disampaikan di dalam video tersebut. Sehingga bisa memenuhi syarat dalam dokumen PDD UKTPT. 

4. Menyusun Teks Narasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Tips lolos serdos 2023 tentu mencakup persiapan menyusun teks narasi untuk pelaksanaan tugas pokok penelitian dan pengabdian masyarakat. Ada baiknya sudah disusun jauh-jauh hari agar bisa dipastikan isinya memuaskan. 

5. Menyiapkan Unggahan Online RPS 

Dalam serdos smart dosen yang menjadi peserta diwajibkan untuk mengunggah RPS (Rencana Pembelajaran Semester). RPS sendiri tentu rutin disusun oleh dosen untuk merencanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester. 

RPS ini dalam serdos kemudian diwajibkan untuk diunggah, salah satunya ke Google Drive. Kemudian wajib diatur agar link yang dibagikan open acces untuk memudahkan asesor melihat dan melakukan penilaian. 

Banyak dosen yang terlupa untuk menjadikan aksesnya terbuka bagi siapa saja yang memiliki link URL. Jadi, pastikan tidak hanya mengunggah dan sekedar membagikan link. Melainkan sudah diatur bebas diakses pemilik link RPS tersebut. 

6. Berkoordinasi dengan Operator Kampus 

Memperbesar peluang untuk lolos serdos 2023, ada baiknya rutin berkoordinasi dengan operator kampus. MIsalnya untuk memastikan akun SISTER sudah terupdate dengan baik sesuai pencapaian Tri Dharma. Sehingga meminimalkan error ketika dilakukan penilaian eligible dosen dan penilaian serdos. 

7. Berkonsultasi dengan Dosen Senior 

Tidak kalah penting adalah berkonsultasi dengan dosen senior, khususnya yang sudah melewati serdos smart. Sehingga bisa mendapatkan tips dan trik untuk lolos dan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. 

8. Bergabung dalam Grup Sertifikasi Dosen 

Terakhir, adalah bergabung dalam grup sertifikasi dosen yang salah satunya di Telegram. Grup ini berisi para dosen yang sudah, sedang, dan akan mengikuti serdos smart. Sehingga banyak yang berbagi tips dan trik yang tentu bisa dijadikan acuan untuk menyiapkan diri agar lolos serdos dengan lebih mudah. 

Dengan menerapkan sejumlah tips lolos serdos versi smart di atas, maka peluang untuk dinyatakan lolos semakin besar. Akan tetapi, pastikan sebelumnya juga sudah melakukan persiapan untuk memenuhi syarat bisa menjadi peserta serdos. 

Artikel Terkait:

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132