fbpx

Lowongan Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023

Lowongan Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta

Bagi siapa saja yang ingin mewujudkan mimpi menjadi dosen yang sukses dan mengabdikan diri sepenuh hati. Kini bisa mendapat angin segar usai diumumkan pembukaan lowongan dosen UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta). 

Lowongan dosen kali ini ditujukan untuk penempatan dosen tetap, sehingga bisa menerima sejumlah fasilitas tambahan jika lolos rekrutmen. Salah satunya bisa mendapatkan gaji pokok dan tunjangan ditambah dengan NIDN. Lalu, apa saja syarat dan cara daftarnya? 

Persyaratan Umum

Pembukaan lowongan dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta) kali ini ditujukan untuk mengisi formasi dosen tetap di 35 fakultas. Kebutuhan di masing-masing fakultas berbeda, pada formasi lulusan S3 dibuka sebanyak 80 dosen baru, sementara untuk lulusan S2 dibutuhkan 63 dosen baru. 

Dalam lowongan dosen tersebut juga diketahui bahwa UMS membuka formasi yang menyeluruh. Mulai dari fakultas MIPA, humaniora,kedokteran dan farmasi, sampai kebutuhan dosen pendidikan untuk mengajar mahasiswa jurusan pendidikan.

Lalu, apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar di lowongan dosen UMS kali ini? Berikut adalah daftar persyaratan umum yang ditetapkan pihak UMS: 

  1.  Warga negara Indonesia dan beragama Islam. 
  2. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). 
  3. Berkualifikasi pendidikan Magister (S2)/Spesialis I (Khusus dokter) dari perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh universitas dengan ketentuan: 
    • IPK minimal 3,50 atau di atasnya dengan masa studi Magister maksimal 3 tahun yang linier dengan gelar Sarjana (S1). 
    • IPK Sarjana (S1) minimal 3,25 atau di atasnya dengan masa studi kurang atau maksimal 5 tahun. 
  4. Berkualifikasi pendidikan Doktor (S3) atau Spesialis II (Khusus dokter) dari perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh universitas dengan ketentuan:
    • IPK Magister (S2) minimal 3,5 atau di atasnya dengan masa studi maksimal 3 tahun. 
    • IPK Sarjana (S1) minimal 3,25 atau di atasnya dengan masa studi maksimal 5 tahun. 
    • Memiliki publikasi pada jurnal internasional bereputasi, dan
    • Bidang ilmu S2 dan S3 linier sesuai dengan Sarjana (sesuai dengan syarat pada formasi masing-masing).
  1. Mempunyai skor TOEFL ITP minimal 525 atau IELTS 5,5 atau TOEFL CBT 195 atau TOEFL IBT 61 atau TOAFL 500 (dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku).
  2. Usia calon dosen berijazah S2 maksimal 30 tahun, sedangkan untuk yang berijazah S3 maksimal 40 tahun.
  3. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan min. dari RSUD (RS milik pemerintah), wajib diserahkan saat pemberkasan setelah dinyatakan diterima).
  4. Tidak terikat perjanjian kerja dan tidak berkedudukan sebagai calon pegawai/pegawai tetap/pegawai kontrak di instansi lain. 

Khusus untuk sertifikat TOEFL atau IELTS, para pelamar yang belum memilikinya bisa mengikuti TKBI yang diselenggarakan oleh pihak UMS. Waktu, tempat, dan detail lainnya mengikuti pengumuman dari UMS dan wajib datang tepat waktu. 

Baca Juga:

Insentif

Informasi tambahan yang cukup menarik dari pembukaan lowongan dosen UMS kali ini adalah penjelasan mengenai insentif, yakni insentif yang akan diterima para dosen yang dinyatakan lulus seleksi dan menempati formasi yang dilamar. Adapun insentif ini mencakup: 

1. Gaji Pokok 

Insentif yang pertama tentu saja gaji pokok yang nantinya secara otomatis akan diterima dosen baru yang dinyatakan lulus proses rekrutmen. Besaran gaji pokok disesuaikan dengan kebijakan pihak UMS dan disepakati para calon dosen. 

2. Tunjangan 

Insentif yang kedua adalah tunjangan. Bagi para dosen yang dinyatakan lolos rekrutmen nantinya berhak menerima tunjangan keluarga, pensiun, BPJS, tunjangan hari raya, dan tunjangan jenis lainnya. 

3. Insentif untuk Pelamar Berijazah S3

Khusus bagi pelamar formasi dosen yang memiliki ijazah S3 maka berhak menerima insentif tambahan hingga Rp 75 juta. 

4. Insentif Pelaksanaan Tugas Tertentu 

Insentif terakhir adalah insentif yang akan diterima dosen setiap kali menyelesaikan tugas tertentu. Misalnya tugas mengajar, penelitian, pembimbingan, penulisan buku, dan publikasi ilmiah (misalnya jurnal). 

Formasi

Seperti yang dijelaskan sekilas di awal, lowongan dosen UMS kali ini dibuka untuk 35 formasi di fakultas yang dibuka. Masing-masing formasi memiliki syarat yang berlainan, khususnya dari segi kualifikasi akademik. Berikut detailnya dalam tabel: 

No. Jurusan Kualifikasi Akademik
1.Pend. AkuntansiS1: Pendidikan Akuntansi/AkuntansiS2: AkuntansiS3: Pend.Akuntansi/Akuntansi
2.Pend. Pancasila dan KewarganegaraanS1: PPKn ; S2: PPKn ; S3: PPKn
atauS1; Hukum ; S2: PPKn ; S3: PPKn
3.Pend. Bahasa dan Sastra IndonesiaS1: Pend. Bahasa Indonesia ; S2:  Pend. Bahasa Indonesia ; S3: Pend. Bahasa Indonesia
atauS1: Sastra/Linguistik ; S2: Pend. Bahasa Indonesia ; S3: Pend. Bahasa Indonesia
atauS1: Sastra/Linguistik; S2: Sastra/Linguistik ; S3: Pend. Bahasa Indonesia  
4.Pend. Bhs. InggrisS1: Pend. Bahasa InggrisS2: Pend. Bahasa InggrisS3: Pend. Bahasa Inggris
 5.Pend. MatematikaS1: Pend. Matematika ; S2: Pend. Matematika ; S3: Pend. Matematika
atauS1: Pend. Matematika ; S2: Matematika/Komputer ; S3: Pend. Matematika
atauS1: Matematika/Komputer ; S2: Pend. Matematika ; S3: Pend. Matematika
6.Pend. BiologiS1: Pend. Biologi ; S2: Pend. Biologi ; S3: Pend. Biologi
atauS1: Biologi ; S2: Pend. Biologi ; S3: Pend. Biologi
atauS1: Biologi ; S2: Biologi ; S3: Pend. Biologi
7.Pend. Guru SDS1: PGSD ; S2: PGSD ; S3: PGSD
atauS1: PGSD ; S2: PGSD ; S3: non PGSD
atauS1: non PGSD ; S2: PGSD ; S3: non PGSD
8.Pend. Guru Pend. Anak Usia DiniS1: Pend.Guru PAUDS2: Pend.Guru PAUDS3: Pend.Guru PAUD
9.Pendidikan Geografi S1: Pend. Geografi ; S2: Pend. Geografi ; S3: Pend. Geografi
atauS1: Geografi ; S2: Pend. Geografi ; S3: Pend. Geografi
atauS1: Geografi; S2: Geografi ; S3: Pend. Geografi
10.Manajemen S1: Manajemen, Bidang Keahlian Manajemen SDM ; S2: Manajemen ; S3: Manajemen
atauS1: Manajemen, Bidang keahlian Manajemen Keuangan ; S2: Manajemen Keuangan ; S3: Manajemen Keuangan
11Akuntansi S1: AkuntansiS2: AkuntansiS3: Akuntansi
12.Ekonomi Pembangunan S1: IESP/ Ek. Pembangunan / Ilmu EkonomiS2: IESP/ Ek. Pembangunan / Ilmu EkonomiS3: IESP/ Ek. Pembangunan / Ilmu Ekonomi
13.hukum S1 : Hukum Perdata yang memiliki sertifikat Arbiter atau Hukum Internasional,S2 : Hukum Perdata yang memiliki sertifikat Arbiter atau Hukum Internasional (Linear dengan S1 nya),S3 : Hukum Pidana/Hukum Perdata/Hukum Internasional (publik)/Filsafat (pemikiran) Hukum
14.Teknik Sipil S1: Teknik SipilS2: Teknik Sipil Manajemen Konstruksi (diutamakan)S3: Teknik Sipil
15.Teknik Mesin S1: Teknik MesinS2: Teknik MesinS3: Teknik Mesin
16.Arsitektur S1: ArsitekturS2: ArsitekturS3: ArsitekturDiutamakan memiliki salah satu atau dua kemampuan spesifik di bidang:1. Struktur dan Utilitas2. Desain Grafis3. BIM (Archicad atau revit) + parametrik (grasshopper rhinoce)4. Ber-STRA (utk dosen profesi)5. Landskap (ahli bentang alam)
17.Teknik Elektro S1: Teknik Elektro S2: Teknik Elektro S3: Teknik Elektro
Keahlian khusus: Konsentrasi elektronika/komputerDiutamakan yang sudah S3
18.Teknik Kimia S1: Teknik KimiaS2: Teknik KimiaS3: Teknik Kimia
19.Teknik Industri S1: Teknik IndustriS2: Teknik IndustriS3: Topic Disertasi Bidang Ergonomics and Human Factors/Design and Manufacturing/Operations Research and Management/Quality and Reliability Engineering/Supply Chain and Logistics 
Memiliki kemampuan bidang ICT memiliki nilai lebih
20.Geografi S1: GeografiS2: GeografiS3: Geografi
21.Psikologi S1: PsikologiS2: Psikologi dan Psikolog (S1 + atau lulusan Magister Profesi Psikologi)S3: Psikolog
22.Pendidikan Agama Islam Kompetensi akademik :
S1: Pend. Agama Islam ; S2: Pend. Agama Islam ; S3: Pend. Agama IslamatauS1: Pend. Islam ; S2: Magister Pend. Islam ; S3: Studi Islam (konsentrasi Pend. Islam)
Kompetensi lain yang harus dimiliki kandidat :1. Menguasai Bahasa Arab, Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadis, Ushul Fiqh.2. Punya hafalan Al-Qur’an 5 Juz (1, 2, 3 dan 29, 30), kecuali Prodi IQT harus memiliki hafalan 30 Juz atau mendekati.3. Menguasai Bahasa Inggris.4. Pengembangan komitmen keislaman (mengamalkan Islam dengan baik sesuai manhaj Muhammadiyah).5. Pengembangan komitmen kemuhammadiyah (aktif dan peduli kepada pengembangan persyarikatan dan Amal Usaha Muhammadiyah, tidak berideologi lain).6. Kode etik pergaulan sebagai warga Muhammadiyah, seperti dalam berpenampilan, wajib tidak merokok dan sebagainya
23Ilmu Al-Quran dan TafsirKompetensi Akademik :
S1: Ilmu Qur’an dan Tafsir ; S2: Ilmu Qur’an dan Tafsir ; S3: Ilmu Qur’an dan Tafsir
Kompetensi lain yang harus dimiliki kandidat :1. Menguasai Bahasa Arab, Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadis, Ushul Fiqh.2. Punya hafalan Al-Qur’an 5 Juz (1, 2, 3 dan 29, 30), kecuali Prodi IQT harus memiliki hafalan 30 Juz atau mendekati.3. Menguasai Bahasa Inggris.4. Pengembangan komitmen keislaman (mengamalkan Islam dengan baik sesuai manhaj Muhammadiyah).5. Pengembangan komitmen kemuhammadiyah (aktif dan peduli kepada pengembangan persyarikatan dan Amal Usaha Muhammadiyah, tidak berideologi lain).6. Kode etik pergaulan sebagai warga Muhammadiyah, seperti dalam berpenampilan, wajib tidak merokok dan sebagainya.
24.Hukum Ekonomi Syari’ahKompetensi akademik :
S1 : Ilmu Hukum ; S2 : Ilmu Hukum/Hukum Perdata/Hukum Bisnis ; S3 : Ilmu Hukum/Hukum Perdata/Hukum BisnisatauS1 : Ilmu Hukum ; S2 : Ilmu Hukum/Hukum Perdata/Hukum Bisnis ; S3 : Ilmu Hukum/Hukum Perdata/Hukum Bisnis/Hukum Ekonomi Syari’ah
Kompetensi lain yang harus dimiliki kandidat (diutamakan):1. Menguasai Bahasa Arab, Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadis, Ushul Fiqh.2. Punya hafalan Al-Qur’an 5 Juz (1, 2, 3 dan 29, 30), kecuali Prodi IQT harus memiliki hafalan 30 Juz atau mendekati.3. Menguasai Bahasa Inggris.4. Pengembangan komitmen keislaman (mengamalkan Islam dengan baik sesuai manhaj Muhammadiyah).5. Pengembangan komitmen kemuhammadiyah (aktif dan peduli kepada pengembangan persyarikatan dan Amal Usaha Muhammadiyah, tidak berideologi lain).6. Kode etik pergaulan sebagai warga Muhammadiyah, seperti dalam berpenampilan, wajib tidak merokok dan sebagainya.
25.Fisioterapi S1 D4/S1: FisioterapiS2: FisioterapiS3: Fisioterapi
26.Ilmu Keperawatan (S1) Formasi S2:
S1: Ilmu KeperawatanS2: Spesialis Keperawatan Anak/Keperawatan Jiwa/Keperawatan Komunitas/Keperawatan MaternitasFormasi S3:
S1: Ilmu KeperawatanS2: Spesialis Keperawatan Anak/Keperawatan Jiwa/Keperawatan Komunitas/Keperawatan MaternitasS3: Kesehatan Bidang Keperawatan Maternitas/Keperawatan Medikal Surgical/Keperawatan Komunitas/Keperawatan Anak
27.Ilmu Gizi (S1) S1: Ilmu GiziS2: Ilmu GiziS3: Ilmu Gizi
Diutamakan S2/S3 Gizi Klinik
28.Kesehatan Masyarakat (S1) S1: Kesehatan Masyarakat (Peminatan: K3 dan Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK))S2: Kesehatan MasyarakatS3: Kesehatan
29. Pendidikan Dokter S1: Pendidikan DokterS2: Ilmu Kedokteran/Ilmu Pendidikan Kedokteran/Ilmu KesehatanS3: Ilmu Kedokteran/Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan/Ilmu Kesehatan
30. Pendidikan Dokter Gigi S1: Pendidikan Dokter GigiS2: Spesialis dan memiliki STRS3: Spesialis
31. Farmasi Formasi S2: – Berlatar belakang S1 Farmasi dan bergelar Apoteker, S2 Bioteknologi Farmasi
Formasi S3: – Berlatar belakang S1-S3 Farmasi bergelar apoteker, S3 Sintesis Obat
32. Ilmu Komunikasi S1: Ilmu KomunikasiS2: Ilmu KomunikasiS3: Ilmu Komunikasi
Diutamakan yang memiliki konsentrasi bidang Public Relation
33. Teknik Perangkat lunak (Informatika) S1: Informatika/Informatics/Informatique/Ilmu Komputer/Computer Sciences (Bidang keahlian: Jaringan Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Perangkat Mobile, Internet of Things)
S2: Informatika/Informatics/Informatique/Ilmu Komputer/Computer Sciences (Bidang keahlian: Jaringan Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Perangkat Mobile, Internet of Things)
S3: Informatika/Informatics/Informatique/Ilmu Komputer/Computer Sciences (Bidang keahlian: Jaringan Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Perangkat Mobile, Internet of Things)
34. Pendidikan Teknik Informatika S1: Pendidikan Teknik Informatika/InformatikaS2: Pendidikan Teknik Informatika/InformatikaS3: Pendidikan Teknik Informatika/Informatika
35. Pendidikan Olahraga S1: Pendidikan OlahragaS2: Pendidikan OlahragaS3: Pendidikan Olahraga/Pendidikan

Baca Juga:

Alur Pendaftaran

Bagi para pelamar yang merasa sudah memenuhi syarat, baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus sesuai formasi yang diinginkan. Maka bisa mempelajari alur pendaftaran lowongan dosen UMS, berikut garis besarnya: 

1. Registrasi Akun

Tahapan yang pertama adalah registrasi akun terlebih dahulu di laman Rekrutmen UMS. Registrasi dilakukan dengan menggunakan email aktif, jika sudah selesai silahkan buka email dan melakukan verifikasi. 

Login ulang menggunakan alamat email dan password yang sudah diatur saat proses registrasi sebelumnya. Jika sudah berhasil, maka akun di laman rekrutmen UMS sudah selesai dibuat dan bisa masuk tahap berikutnya. 

2. Mengisi Formulir Pendaftaran dan Melengkapi Berkas 

Tahap kedua adalah mengisi formulir pendaftaran di laman tempat melakukan registrasi. Sekaligus mengunggah seluruh berkas yang menjadi persyaratan administrasi. Pada tahap ni, pelamar juga akan memilih formasi yang dirasa sesuai. 

3. Mengecek Status Pendaftaran 

Para pelamar bisa rutin mengecek status pendaftaran dengan melakukan login ke akun yang sudah dibuat di laman UMS. Kemudian jika dinyatakan gagal, bisa mencoba melamar lagi 6 bulan kemudian. Jika berhasil, silahkan ke tahap berikutnya. 

4. Mengikuti Tes Bahasa Inggris dan TPA

Khusus untuk pelamar yang belum memiliki sertifikat TOEFL maupun IELTS maka pihak UMS memfasilitasi tes kemampuan bahasa Inggris tersebut. Silahkan diikuti jadwal dan ketentuan lokasinya untuk melengkapi berkas lamaran. 

5. Mengikuti Tahapan Seleksi 

Tahap berikutnya adalah mengikuti tahap seleksi, dimana dimulai dari tes kompetensi pedagogik. Kemudian ada tes kompetensi ilmiah dan tes wawancara pengembangan diri dan institusi. 

Tes tahap berikutnya adalah tes Al Islam dan Kemuhammadiyahan dengan tim BPH. Bagi para calon dosen baru yang lolos dalam semua tahapan tes ini, maka bisa masuk ke tahap akhir lowongan dosen UMS. 

6. Menunggu Pengumuman 

Tahap akhir dalam rekrutmen dosen UMS adalah menunggu pengumuman dari hasil seluruh tes yang sudah dilalui para pelamar. Dalam tahap final, dosen yang lolos rekrutmen akan menerima SK pengangkatan dan penetapan. 

Cara Daftar

Pendaftaran lowongan dosen UMS dilakukan secara online melalui laman Rekrutmen UMS sebagaimana penjelasan sebelumnya. Adapun pembukaan pendaftaran dimulai dari 15 Mei 2023 dan ditutup pada 27 Mei 2023 mendatang. 

Baca Juga:

Lowongan dosen universitas muhammadiyah surakarta

Baca Juga:

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja