fbpx

Lowongan Dosen Telkom University 2023

Telkom University

Mewujudkan mimpi menjadi dosen terasa lebih mudah, sebab ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang baru saja mengumumkan pembukaan lowongan dosen. Salah satunya adalah dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkemuka, yakni Telkom University. 

Memasuki pertengahan tahun 2023, Telkom University resmi mengumumkan lowongan untuk posisi dosen dengan perjanjian kerja. Akan tetapi lowongan kali ini dibuka menjadi tiga skema, dan salah satunya untuk posisi dosen tetap. Berikut detail informasinya. 

Skema Lowongan Dosen yang Ditawarkan

Telkom University merupakan salah satu perguruan tinggi swasta atau PTS yang cukup dikenal luas oleh publik luas. Hal ini tidak terlepas dari kualitas pendidikan yang disediakan kepada masyarakat dan berbagai bukti prestasi, baik secara akademik maupun non akademik. 

Selain itu, PTS satu ini dikenal memiliki kerjasama dengan Telkom Group dan industri lain yang tentu mengukuhkan kredibilitasnya. Selain menjadi destinasi tepat untuk menempuh pendidikan tinggi, PTS satu ini juga sangat tepat dijadikan destinasi merintis karir akademik. 

Bulan Mei 2023, Telkom University resmi mengumumkan pembukaan lowongan dosen untuk posisi dosen dengan perjanjian kontrak. Meskipun begitu, pihak Telkom University membuka dalam tiga skema yang salah satunya ditujukan untuk mengisi posisi dosen tetap.

Para dosen tetap ini nantinya yang akan mengajar penuh waktu dan diharapkan siap untuk menerima beban kerja selayaknya dosen tetap pada umumnya. Adapun skema lowongan dosen yang dibuka total ada tiga, berikut penjelasannya: 

1. S3 Professional Full-Time 

Skema yang pertama adalah S3 Professional Full Time. Sesuai namanya, skema ini ditujukan untuk calon dosen dengan kualifikasi akademik minimal lulusan S3. Pelamar yang lolos seleksi akan menjadi dosen tetap. 

Sehingga, Telkom University nantinya akan menjadi satuan administrasi pangkal bagi dosen tersebut. Skema ini bisa dipilih oleh lulusan S3 dan tidak tercatat sebagai dosen di satuan administrasi pangkal lain. Selain itu harus siap dengan beban kerja 12-16 SKS per satu semester. 

2. On Going S3 

Skema kedua adalah On Going S3 yang ditujukan untuk para mahasiswa S3 yang masih mengikuti perkuliahan aktif. Sehingga bisa ikut melamar dan menjadi calon dosen paruh waktu dengan perjanjian kontrak. 

Lowongan dosen yang dibuka Telkom University dengan adanya skema ini tentu semakin terbuka untuk siapa saja. Termasuk para mahasiswa yang belum menyelesaikan studi S3. 

3. S2 / S3 Professional Praktisi 

Skema ketiga dan terakhir adalah S2 atau S3 Professional Praktisi. Skema ini ditujukan untuk kalangan praktisi, yakni siapa saja yang berkecimpung di dunia praktisi (dunia kerja) dan memiliki jabatan strategis serta keahlian khusus. 

Dalam skema ini, dosen yang masih aktif menjadi praktisi bisa ikut melamar dan nantinya akan menjadi dosen paruh waktu (part time). Setelah diterima dalam proses seleksi, akan dibantu mendapatkan NIDK sebagaimana ketentuan dari pemerintah. 

Baca Juga:

Formasi 

Dalam pembukaan lowongan dosen oleh pihak Telkom University di tahun 2023 ini diketahui ada 30 fakultas yang dibuka dan siap diisi oleh dosen-dosen baru. Bagi para calon dosen yang tertarik dengan salah satu skema di atas, maka berikut daftar pilihan formasi lowongannya: 

No. Fakultas Program Studi Latar Belakang Pendidikan 
1Fakultas Teknik ElektroS1 Teknik ElektroPendidikan minimal S2 Teknik Elektro atau satu rumpun
2Fakultas Teknik ElektroS1 Teknik KomputerPendidikan minimal S2:
Teknik Elektro
Teknik Telekomunikasi
3Fakultas Teknik ElektroS1 Teknologi Sistem EnergiPendidikan minimal S2:Teknik ElektroTeknik TelekomunikasiTeknik Komputer
Pendidikan terakhir S3:Teknik ElektroTeknik Sistem Tenaga (Energi)
4Fakultas InformatikaS1 InformatikaPendidikan terakhir S3 atau On Going S3 Computer Sciences
5Fakultas InformatikaS1 Rekayasa Perangkat LunakPendidikan terakhir S3 atau On Going S3 Software Engineering
6Fakultas InformatikaS1 Teknologi InformasiPendidikan terakhir S3 atau On Going S3 Teknologi Informasi
7Fakultas InformatikaS1 Sains DataPendidikan terakhir S3 atau On Going S3 Computer Sciences
8Fakultas InformatikaS1 PJJ InformatikaPendidikan terakhir S3 atau On Going S3 Computer Sciences
9Fakultas Rekayasa IndustriS1 Teknik IndustriPendidikan minimal S2 Teknik dan Manajemen Industri
10Fakultas Rekayasa IndustriS1 Sistem InformasiPendidikan minimal S2:
Sistem InformasIInformatika
11Fakultas Rekayasa IndustriS1 Teknik LogistikPendidikan minimal S2:- Teknik Industri- Teknik Logistik
12Fakultas Ekonomi dan BisnisS2 ManajemenPendidikan terakhir S3 Manajemen
13Fakultas Ekonomi dan BisnisS2 PJJ ManajemenPendidikan terakhir S3 Manajemen
14Fakultas Ekonomi dan BisnisS1 ManajemenPendidikan terakhir S3 atau On Going S3 Manajemen
15Fakultas Ekonomi dan BisnisS1 AkuntansiPendidikan terakhir S3 Akuntansi
16Fakultas Ekonomi dan BisnisS1 Bisnis DigitalPendidikan terakhir S3:- Manajemen- Administrasi Bisnis
17Fakultas Ekonomi dan BisnisS2 AkuntansiPendidikan terakhir S3 Akuntansi
18Fakultas Komunikasi dan BisnisS1 Ilmu KomunikasiPendidikan minimal S2:- Manajemen- Administrasi
19Fakultas Komunikasi dan BisnisS1 Administrasi Bisnis– Pendidikan minimal S2 (Praktisi)- Pendidikan terakhir S3 atau On Going S3
20Fakultas Komunikasi dan BisnisS1 Hubungan MasyarakatPendidikan terakhir S3 atau On Going S3 Hubungan Masyarakat Digital
21Fakultas Industri KreatifS2 DesainPendidikan terakhir S3 Desain
22Fakultas Industri KreatifS1 Desain Komunikasi VisualPendidikan minimal S2 Desain atau linier dengan Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
23Fakultas Industri KreatifS1 Kriya Pendidikan minimal S2 Kriya Tekstil
24Fakultas Industri KreatifS1 Desain ProdukPendidikan minimal S2 Desain
25Fakultas Industri KreatifS1 Desain InteriorPendidikan minimal S2 yang Linier dengan Program Studi S1 Desain Interior
26Fakultas Industri KreatifS1 Seni RupaPendidikan minimal S2
27Fakultas Ilmu TerapanD3 Manajemen PemasaranPendidikan minimal S2
28Fakultas Ilmu TerapanD3 Sistem Informasi AkuntansiPendidikan minimal S2
29Fakultas Ilmu TerapanD3 PerhotelanPendidikan minimal S2
30Fakultas Ilmu TerapanD3 Rekayasa Perangkat Lunak AplikasiPendidikan minimal S2

Persyaratan

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar di lowongan dosen Telkom University ini mencakup dua kategori. Yakni persyaratan umum dan persyaratan pemberkasan atau administrasi. Berikut detailnya: 

a. Persyaratan Umum 

Berikut adalah daftar persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh para pelamar lowongan yang dibuka Telkom University untuk posisi dosen dengan perjanjian kontrak: 

  1. Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing;
  2. Memiliki latar belakang Pendidikan S1-S2-S3 yang linier dengan Program Studi tujuan, dengan minimal IPK 3.5 dan akreditasi Program Studi minimal B;
  3. Memiliki nilai Kemampuan Bahasa Inggris minimal 500 (PBT / TOEFL/ EPrT), 173 (CBT), 59 (IBT), atau IELTS minimal 6, atau AcEPT minimal 268 yang dikeluarkan oleh lembaga bersertifikat ETS yang masih berlaku;
  4. Bersedia diregistrasikan dengan homebase di Telkom University;
  5. Bagi pelamar Dosen Praktisi wajib melampirkan Surat Izin dari Pimpinan Instansi asal (contoh format dapat diunduh pada https://bit.ly/Surat_Keterangan_Izin_Mengajar
  6. Hanya Pelamar yang memenuhi persyaratan yang akan dipanggil.

Baca Juga:

b. Persyaratan Berkas 

Pada saat melakukan pendaftaran, para pelamar juga diwajibkan untuk melampirkan sejumlah berkas sebagai kelengkapan administrasi. Berkas-berkas yang dimaksud antara lain: 

  1. Pas Photo Formal Berwarna Berlatar Abu-Abu.
  2. Salinan Berwarna KTP dan NPWP.
  3. Surat Lamaran dan Curriculum Vitae/Resume/Riwayat Hidup.
  4. Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris (EPrt/IELTS/TOEFL) yang masih berlaku.
  5. Salinan Berwarna Ijazah dan Transkrip dari Pendidikan S1-S2-S3, dan SK Penyetaraan bagi lulusan Luar Negeri (dapat mendaftarkan melalui link https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/). 
  6. SK Jabatan Akademik Dosen (JAD) – PAK (apabila ada).
  7. Bukti Registrasi Dosen (apabila ada).
  8. SK Inpassing (apabila ada).
  9. Sertifikat Pendidik (apabila ada).
  10. Sertifikat Kompetensi/Keahlian Khusus.
  11. Contoh karya ilmiah yang relevan dan telah dipublikasikan.

Benefit

Tak perlu ragu untuk ikut berpartisipasi dalam seleksi pembukaan lowongan dosen di Telkom University. Sebab sebagai salah PTS terkemuka di Indonesia tentu ada banyak keuntungan atau benefit bisa didapatkan para dosen yang bernaung di dalamnya. 

Berikut adalah daftar benefit yang bisa dirasakan oleh para dosen yang mengabdi di bawah naungan Telkom University: 

  1. Menjadi keluarga besar dari PTS terbaik di Indonesia yang mempunyai kolaborasi erat dengan TelkomGroup serta industri lainnya;
  2. Remunerasi Bersaing;
  3. Dukungan Penelitian dan Publikasi;
  4. Dukungan Pengembangan Karir dan Peningkatan Kapasitas & Kapabilitas.

Dengan berbagai benefit tersebut, para dosen dipastikan akan mendapat dukungan penuh dalam menjalankan seluruh kewajibannya. Sekaligus memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir akademiknya. 

Baca Juga:

Jadwal Pendaftaran

Kapan pendaftaran untuk lowongan dosen di Telkom University ini dibuka dan sampai kapan? Pendaftaran untuk lowongan posisi dosen tahun ini resmi dibuka dalam beberapa batch. 

Bulan April sampai Mei menjadi batch pertama untuk rekrutmen SDM di posisi dosen. Jadi, lowongan kali ini resmi dibuka pendaftarannya sejak 1 April 2023 dan akan ditutup pada 31 Mei 2023 mendatang. 

Sementara untuk proses seleksi, pada pelamar yang ikut pendaftaran batch 1 nantinya baru dilakukan pada bulan Juni 2023. Sehingga ada jeda waktu sekitar 1 bulan sebelum proses seleksi dilakukan oleh panitia rekrutmen dosen di Telkom University. 

Cara Daftar

Bagaimana cara mendaftar dalam lowongan dosen tersebut? Telkom University membuka pendaftaran untuk lowongan posisi dosen secara online. Para pelamar yang memang memenuhi persyaratan yang sudah dijelaskan bisa mengunjungi laman http://tel-u.ac.id/rekrut-dosen-2023

Selama masa pendaftaran, maka akan tersedia menu khusus untuk mengajukan aplikasi lamaran, yakni ada di tabel formasi dan nantinya di kolom paling akhir tersedia tombol “Daftar” silahkan di klik dan mengisi formulir sesuai ketentuan. 

Pastikan sudah menyiapkan seluruh berkas sesuai persyaratan pemberkasan yang sudah dijelaskan. Sehingga bisa memperbesar peluang untuk lolos seleksi penerimaan dosen. 

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, persyaratan, dan detail lainnya yang belum dijelaskan. Bisa berkunjung ke laman resmi milik Telkom University. Selain itu bisa juga menghubungi narahubung berikut: 

  1. HOTLINE: Angga 081223901706 (WA/SMS Only) 
  2. EMAIL: [email protected]

Berhubung masih ada waktu sekitar satu bulan, pastikan untuk menyiapkan seluruh berkas administrasi. Sehingga bisa langsung mendaftar ketika sudah lengkap dan disiapkan dalam format digital seperti ketentuan dalam pengumuman pembukaan lowongan dosen Telkom University. 

Baca Juga:

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja