fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Lowongan Dosen Unpad 2023 Formasi High Quality Talent

Universitas Padjajaran

Bagi siapa saja yang ingin menjadi dosen dan sudah lulus S3, maka bisa berpartisipasi dalam pembukaan lowongan dosen di Universitas Padjadjaran (Unpad). Kali ini, Unpad membuka lowongan untuk calon dosen tetap non PNS pada formasi High Quality Talent. 

Sebelumnya, Unpad juga mengumumkan pembukaan lowongan untuk posisi dosen tetap non PNS. Akan tetapi bukan untuk formasi High Quality Talent sebagaimana lowongan terbaru kali ini. 

Selain itu hanya dibuka untuk 3 formasi dengan persyaratan khusus yang wajib diperhatikan. Berikut detail informasinya. 

Apa Itu Formasi High Quality Talent?

Dari penjelasan sebelumnya, tentu memunculkan pertanyaan mengenai apa itu formasi High Quality Talent pada lowongan dosen Unpad kali ini. Jadi, formasi High Quality Talent diketahui merupakan formasi yang ditujukan untuk calon dosen yang memiliki talenta dan kualifikasi unggul. 

Secara umum, posisi dosen di Indonesia bisa diisi oleh lulusan S2. Akan tetapi untuk formasi High Quality Talent dari Unpad ini hanya ditujukan untuk dosen dengan kualifikasi akademik minimal S3. 

Tak hanya itu, lowongan ini juga menyebutkan persyaratan khusus berkaitan dengan publikasi ilmiah. Dimana para pelamar wajib memiliki setidaknya 1-3 publikasi di jurnal internasional bereputasi. Adapun jumlah minimal publikasi disesuaikan dengan formasi. 

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, lowongan dosen Unpad untuk formasi High Quality Talent ini memang dibuka untuk tiga formasi saja. Masing-masing formasi memiliki persyaratan khusus tersendiri, salah satunya berkaitan dengan jumlah publikasi ilmiah. 

Jika pemerintah menetapkan syarat minimal untuk kualifikasi akademik calon dosen adalah S2, kenapa Unpad menetapkan minimal lulusan S3? Jadi, dijelaskan kenapa formasi ini dibuka hanya untuk lulusan S3, yakni untuk akselerasi pencapaian posisi pemeringkatan Unpad agar masuk 500 besar perguruan tinggi terbaik tingkat dunia. Harapannya dengan merekrut dosen-dosen dengan talenta dan kualifikasi unggul, maka tujuan tersebut bisa lebih cepat dicapai. 

Baca Juga:

Formasi 

Lalu, apa saja formasi yang dibuka untuk lowongan dosen Unpad pada formasi High Quality Talent? Tahun ini, untuk formasi High Quality Talent diumumkan ada tiga formasi yang dibuka. 

Setiap formasi terdiri dari beberapa fakultas, akan tetapi jumlah kebutuhan dosen tidak diumumkan. Adapun tiga formasi yang dimaksudkan adalah: 

No. Penempatan PendidikanKualifikasi Akademik 
1.Fakultas Farmasi Fakultas MIPA (Khusus Departemen Kimia dan Departemen Fisika). S3Memiliki minimal 3 (tiga) publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam 5 tahun terakhir, dan memiliki Scopus H-Index 5 ke atas. 
2.Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran Gigi. FMIPA (Selain Departemen Kimia dan Departemen Fisika). Fakultas Psikologi. Fakultas Pertanian. Fakultas Peternakan. Fakultas Keperawatan. Fakultas Teknologi Industri Pertanian. Fakultas Perikanan dan dan Ilmu Kelautan. Fakultas Teknik Geologi. Sekolah Pascasarjana. S3Memiliki minimal 3 (tiga) publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam 5 tahun terakhir, dan memiliki Scopus H-Index 5 ke atas
3.Fakultas Hukum. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Fakultas Ilmu Budaya. Fakultas Ilmu Komunikasi. S3Memiliki minimal 3 (tiga) publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam 5 tahun terakhir, atau Memiliki minimal 1 (satu) publikasi pada jurnal internasional bereputasi berfaktor dampak dari Web of Science. 

Selain harus memenuhi kualifikasi akademik yang dijelaskan dalam tabel di atas. Pihak Unpad ketika merilis pembukaan lowongan dosen untuk formasi High Quality Talent juga menyediakan kualifikasi khusus. 

Yakni dibebaskan dari syarat memiliki publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi selama menjadi lulusan dari salah satu pengisi daftar Top 50 QS World University Rankings by Subject. 

Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Dalam lowongan dosen Unpad kali ini, ditetapkan juga mengenai daftar persyaratan yang wajib dipenuhi para pelamar. Terkait persyaratan, terbagi menjadi dua kategori yakni persyaratan umum dan persyaratan khusus. Berikut detailnya: 

a. Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  2. Sehat jasmani dan rohani. 
  3. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang dan sejenisnya. 
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. 
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Anggota Polri/TNI atau instansi lainnya
  6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS atau anggota Polri atau TNI
  7. Tidak sedang menempuh pendidikan dan/atau pelatihan, dengan memperoleh beasiswa dengan perjanjian ikatan dinas/wajib kerja
  8. Tidak sedang menjalani ikatan dinas/wajib kerja dengan institusi/lembaga/perusahaan/perguruan tinggi
  9. Tidak berafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

b. Persyaratan Khusus

  1. Pendidikan minimal S3 dengan IPK minimal 3,75.
  2. Usia maksimal 45 tahun untuk pada tanggal 1 Agustus 2023. 
  3. Memiliki minimal 3 (tiga) publikasi pada jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama dalam 5 tahun terakhir. 
  4. Memiliki penguasaan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan yang baik. Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri wajib dibuktikan dengan sertifikat TOEFL resmi minimal 550 atau IELTS minimal 6,5 yang masih berlaku minimal 2 tahun sejak sertifikat dikeluarkan. 
  5. Memiliki nilai Tes Potensi Akademik (TPA) dengan nilai minimal 500 yang dibuktikan dengan sertifikat yang diselenggarakan oleh institusi resmi (PIP Unpad, PLTI Himpsi, UGM, UNAIR, UI, Bappenas) yang masih berlaku minimal 2 tahun sejak sertifikat dikeluarkan. 
  6. Bersedia menghasilkan minimal 1 (satu) publikasi internasional pada tahun pertama. 
  7. Bersedia memenuhi semua ketentuan administrasi dalam bidang SDM yang berlaku di Unpad. 
  8. Bersedia bekerja penuh waktu dan tidak sedang menjalani kontrak dengan instansi lain. 
  9. Bersedia mengikuti seluruh tes dalam rangka penerimaan dosen HQT. 

Baca Juga:

Persyaratan Dokumen

Pada saat mendaftar di lowongan dosen Unpad untuk formasi HQT ini, maka pendaftaran dilakukan secara online. Yakni melalui laman Recruitment Unpad dengan melengkapi persyaratan administrasi sebagai berikut: 

  1. Scan surat lamaran yang ditulis dengan tinta hitam dan ditandatangani yang ditujukan kepada Rektor Universitas Padjadjaran melalui Direktur Sumber Daya Manusia. 
  2. Essay dengan tema “Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Padjadjaran untuk mewujudkan academic excellence” minimal 400 kata. 
  3. Curriculum Vitae yang berisikan identitas pribadi, riwayat pendidikan, riwayat bekerja, riwayat pelatihan atau sertifikasi, riwayat berorganisasi, hobi, dan informasi pribadi lainnya yang menguatkan sebagai calon dosen High Quality Talent (HQT). 
  4. Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang perekomendasi akademik. 
  5. Scan pas foto dengan latar belakang warna merah ukuran 4×6. 
  6. Scan KTP yang masih berlaku. 
  7. Scan ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. 
  8. Scan transkrip nilai yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. 
  9. Scan sertifikat TOEFL atau sertifikat IELTS.
  10. Scan sertifikat TPA. 
  11. Softcopy jurnal dan link jurnal. 
  12. Surat pernyataan tidak sedang menempuh pendidikan dan atau pelatihan dengan memperoleh beasiswa dengan perjanjian ikatan dinas atau wajib kerja.  

Tahap dan Jadwal Seleksi 

Dalam pembukaan lowongan dosen di Unpad untuk formasi HQT kali ini, seleksi penerimaan akan dilakukan sebanyak 4 tahapan. Masing-masing tahapan akan menguji kompetensi dan kualifikasi para peserta dari berbagai aspek. Berikut penjelasannya: 

  1. Seleksi Administrasi
    • Pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi apabila memenuhi seluruh persyaratan dan ketentuan sebagaimana dimaksud pada Persyaratan Umum, Persyaratan Khusus, dan Persyaratan Administrasi. 
    • Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan di laman resmi milik Unpad. 
  1. Seleksi Pemeriksaan Psikologis. 
  2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Microteaching. 
  3. Seleksi Wawancara Akhir. 

Sementara untuk jadwal seluruh tahapan seleksi lowongan dosen Unpad pada formasi HQT ini adalah sebagai berikut: 

Tanggal Kegiatan 
5 mei 2023 Pengumuman pengadaan calon pegawai 
22 Mei – 4 Juni 2023 Pendaftaran dan pengiriman berkas online 
12 Juni 2023 Pengumuman hasil seleksi administrasi 
19 Juni – 23 Juni 2023 Pemeriksaan psikologi 
26 Juni – 30 Juni 2023 Seleksi kompetensi bidang dan microteaching 
10 Juli – 14 Juli 2023 Wawancara akhir 
24 Juli 2023 Pengumuman hasil akhir. 

Cara Daftar

Pendaftaran lowongan dosen Unpad untuk formasi High Quality Talent dibuka secara online melalui laman Recruitment Unpad. Pendaftaran dimulai dengan masuk ke laman tersebut dan kemudian mengunggah seluruh persyaratan administrasi. 

Informasi lebih lanjut mengenai lowongan tersebut bisa mengunjungi laman resmi milik Unpad atau menghubungi kontak 022-842888829. Bisa juga melalui email di [email protected]

Selain itu, dijelaskan pula beberapa ketentuan lain yang wajib dipahami dan dipatuhi para pelamar. Diantaranya adalah: 

  1. Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan atau persyaratan seleksi yang ditetapkan. 
  2. Apabila di kemudian hari pelamar terbukti memberikan data yang tidak benar atau sesuai dengan fakta atau melakukan manipulasi data maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan atau yang bersangkutan diberhentikan sebagai Calon Dosen Tetap Non PNS Unpad. 
  3. Pelamar yang dinyatakan lulus wajib menyertakan surat keterangan atau ijin keluar dari institusi sebelumnya. 
  4. Pelamar yang dinyatakan lulus wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya lima tahun sejak TMT Calon Dosen Tetap Non PNS Unpad. 
  5. Bagi pelamar yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi wajib membuat surat pernyataan mengundurkan diri yang ditandatangani di atas materai Rp 10.000. 
  6. Seluruh tahapan seleksi Tidak Dipungut Biaya Apapun. 
  7. Pelamar dimohon untuk mewaspadai tawaran atau janji dari oknum tertentu yang mengatasnamakan Unpad yang menjanjikan dapat membantu untuk diangkat sebagai calon dosen tetap Unpad. Peserta dimohon untuk melaporkan hal tersebut kepada Panitia Seleksi. 

Pembukaan lowongan dosen dari pihak Unpad ditegaskan tidak dipungut biaya sama sekali. Sehingga bagi calon dosen yang berminat untuk mendaftar pastikan mengikuti prosedur dan tidak mudah tergiur dengan tawaran dijamin lolos usai membayar dengan sejumlah uang. 

Memperbesar peluang lolos dalam seleksi kali ini, silahkan memastikan sudah memenuhi persyaratan. Baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus, sekaligus memastikan aplikasi lamaran sudah memenuhi seluruh berkas yang wajib dilampirkan. Adapun lowongan dosen Unpad formasi HQT ini dibuka pada 22 Mei 2023 dan ditutup pada 4 Juni 2023. 

Baca Juga:

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132