fbpx

Pentingnya Kuliah Lapangan Bagi Mahasiswa

karya ilmiah

Proses perkuliahan yang biasanya dilakukan di dalam kelas menjadi salah satu hal biasa yang dilakukan oleh dosen. Hal tersebut pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari metode pembelajaran yang mensyaratkan bahwa proses perkuliahan memang sudah seharusnya dilaksanakan di dalam sebuah kelas yang kondusif.

Penyampaian materi berupa teori-teori mata kuliah tertentu memang biasa disampaikan di dalam kelas. Meskipun demikian, mahasiswa juga setidaknya memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas.

Dengan kata lain, mahasiswa bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan yang tidak sekedar teoritis semata, tetapi juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan secara praktis.

Kondisi tersebut menjadi penting untuk mengombinasikan teori yang didapatkan di kelas dengan praktik kehidupan sehari-hari di luar kelas. Hal tersebut dilakukan mengingat tidak semua mahasiswa memiliki keinginan untuk menjadi akademisi, tetapi juga praktisi.

Kuliah lapangan adalah salah satu alternatif metode yang bisa digunakan dosen untuk mengombinasikan ilmu pengetahuan yang didapatkan oleh mahasiswa. Adapun yang dimaksud dengan kuliah lapangan yaitu proses perkuliahan yang biasanya dilakukan di dalam kelas kemudian dilaksanakan di luar kelas.

Aktivitas tersebut bisa dilaksanakan dengan mengunjungi masyarakat, perusahaan, lembaga pemerintahan, dan lain sebagainya yang berhubungan langsung dengan ilmu pengetahuan yang diajarkan di dalam kelas.

Kuliah lapangan tersebut pada dasarnya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mensinkronkan antara teori yang selama ini didapatkan di dalam kelas dengan praktik keilmuan yang dilakukan di lapangan. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengambil refleksi atas apa yang telah mereka lihat di lapangan secara langsung.

Baca juga: Data Dosen dan Informasi Akademik Lainnya Terpusat di PDDIKTI

Selanjutnya, metode kuliah lapangan yang biasanya dilakukan oleh dosen erat kaitannya dengan karya ilmiah. Dengan kata lain, mahasiswa nantinya akan diberikan tugas atau kewajiban untuk membuat karya ilmiah berdasarkan hasil kuliah lapangan yang dilakukannya.

Melalui kuliah lapangan tersebut, banyak pelajaran berharga yang seharusnya bisa didapatkan oleh mahasiswa yang selanjutnya dapat dijadikan inspirasi untuk membuat karya ilmiah.

Selain itu, mahasiswa juga dapat berinteraksi langsung dengan lembaga atau masyarakat yang dikunjungi di dalam kuliah lapangan tersebut. Kuliah lapangan tersebut tentu diharapkan dapat menjadi selingan dari perkuliahan yang biasanya dilakukan di dalam kelas.

Metode ini pada dasarnya juga dapat menghilangkan kepenatan atau kebosanan yang melanda mahasiswa ketika perkuliahan harus selalu dilaksanakan di dalam kelas. Dengan adanya kuliah lapangan tersebut, mahasiswa dapat belajar secara langsung kepada para praktisi yang menggunakan ilmu pengetahuan sebagai dasar untuk bekerja.

Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari metode kuliah lapangan yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa.

Pertama, mahasiswa tidak hanya paham terhadap materi-materi perkuliahan yang berupa teori semata, tetapi juga memahami materi-materi tersebut secara praktis. Hal tersebut menjadi penting supaya mahasiswa nantinya tidak mengalami keguncangan batin ketika harus berhadapan dengan dunia luar, khususnya dunia kerja.

Bagi mereka yang belajar di dalam bidang teknik, kesehatan, dan ilmu praktis lainnya, kuliah lapangan menjadi hal yang biasa. Di sisi lain, bagi mereka yang belajar di bidang ilmu sosial, kuliah lapangan tentu menjadi tambahan materi yang cukup berharga dimana mereka bisa memahami masyarakat secara langsung.

Kedua, kuliah lapangan dapat mendorong dosen dan mahasiswa untuk memiliki banyak jaringan baru. Hal tersebut nantinya cukup berharga untuk karir mahasiswa ataupun dosen yang bersangkutan. Jaringan tersebut tidak hanya bermanfaat untuk bertukar pengetahuan, tetapi juga bermanfaat bagi mahasiswa ketika harus berhadapan dengan dunia kerja.

Ketiga, kuliah lapangan bermanfaat untuk mendekatkan mahasiswa dengan lembaga-lembaga praktisi yang menggunakan ilmu pengetahuan sebagai basis untuk bekerja atau bertindak. Tidak hanya berguna bagi pendekatan secara personal, kuliah lapangan tersebut juga menjadi sarana untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa secara nyata.

Karya Ilmiah

Oleh karena itu, mahasiswa bisa secara langsung mempraktikan teori-teori yang selama proses perkuliahan disampaikan di dalam kelas. Keempat, kuliah lapangan bisa dijadikan dosen dan mahasiswa sebagai bahan inspirasi dalam membuat karya ilmiah.

Banyak hal-hal baru yang seharusnya bisa didapatkan dosen dan mahasiswa ketika melaksanakan kuliah lapangan. Oleh karena itu, fenomena-fenomena baru yang ditemui dapat dijadikan inspirasi baru dalam rangka memberikan kontribusi nyata kepada dunia pendidikan melalui pembuatan karya ilmiah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja