fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Jangan Ngaku Mahasiswa Kalo Belum Ngerti Tipe Dosen Kayak Gini

Tipe Dosen
Tipe Dosen

Sebagai mahasiswa, kamu-kamu semuanya tentu udah pernah diajar dengan berbagai tipe dosen dari yang A smpe yang Z dong. Apalagi buat kamu mahasiwa tingkat akhir, tentunya kamu udah katam dan hafal betul gimana-gimana aja sih dosen-dosen yang ada di kampusmu itu.

Ada tipe dosen yang buat males banget buat ketemu lag di semester selanjutnya sama beliau. Ada pula dosen idaman yang jadi rebutan mahasiswanya setiap KRS an awal semester. Tapi , sebenernya dari semua tipe-tipe dosen yang ada itu pada dasarnya semuanya baik. Hanya mungkin berbeda aja kali ya kepribadian setiap orang sehingga beda pula mungkin cara ngajarnya atau pembawaannya di kelas.

Nah sebagai mahasiswa kamu pasti tau dong tipe-tipe dosen kayak gini.

 

1. Dosen Old School yang Sering Kalo Lagi Jelasin Suka Bikin Bingung Mahsiswanya

Tipe dosen yang pertama adalah dosen old school . Yaitu dosen senior yang biasanya sudah sangat menguasai materi dan berpengalaman. Dosen kayak gini bakal sering kamu jumpai di jurusan-jurusan eksakta.

Ilmu yang udah dosen ini kuasai jelas jauh di atas para mahasiswanya. Tapi karena tergolong dosen senior, kadang-kadang cara penyampaian materi di kelas kurang bisa dipahami oleh mahasiswanya. Seabrek teori dari A sampai Z dijelasin tapi kebanyakan mahasiswanya hanya terpaku diam dan susah buat paham.

Ada tipe dosen yang buat males banget buat ketemu lag di semester selanjutnya sama beliau. Jika kamu kuliah di jurusan eksakta seperti teknik kamu pasti udah pernah dong diajar sampe tipe dosen old school ini. Kelebihan dari dosen ini adalah penguasaan materinya yang sangat luar biasa. Sehingga kalo kamu di kelas dan mencoba bertanya sebuah pertanyaan pasti dosen ini mampu menjelaskan secara rinci jawaban dari pertanyaanmu itu.

 

2. Dosen Cantik atau Ganteng yang Bisa Bikin Meleleh Mahasiswanya

Tipe dosen yang kedua adalah dosen cantik atau ganteng. Ahhhh senang pasti rasanya kamu kalo bisa dapet dosen yang cantik atau ganteng ini. Biasanya dosen tipe ini adalah dosen junior yang masih baru mengajar di kampus kalian.

Kalo kalian diajar oleh dosen tipe ini dapat dipastikan bangku kuliah selalu terisi penuh setiap ada jam pelajaran kan ? Selain penguasaan materi saat mengajar sebenarnya dosen juga perlu untuk terlihat good looking . Supaya mahasiwanya bisa betah kuliah berjam-jam sama dosen ini.

Kelebihan dari dosen ini jelas dari segi penampilannya yang bisa membuat mahasiwanya jatuh hati. Karena udah jatuh hati ini kadang mahasiswa bisa semangat banget kuliah dan ngerjain tugas-tugas yang diberkan. Tapi yang harus diperhatikan sama kamu para mahasiswa adalah jangan sampe salah fokus yaa. Harus tetep fokus ke mata kuliahnya juga dong.

 

3. Dosen Super Galak yang Bisa Buat Mahasiswanya Diam Tak Berkutik.

Tipe dosen yang ketiga adalah dosen galak atau killer. Tipe dosen yang satu ini biasnya sering dihindari oleh mahasiwanya . Karena mahasiswa takut kalo bakal dimarahi tiap kali ada pertemuan kelas sama dosen ini.

Tipe dosen yang kayak gini biasanya adalah dosen yang sangat perfectsionis. Ingin segala sesuatu harus sempurna dan tertib. Keinginan dosen ini ni yang kadang nggak sejalan sama para mahasiswanya. Jadi mahasiwa sering kena tegur dan hal itu lah yang sering dianggap galak.

Tapi sebenernya maksud dari dosen yang satu ini baik kok. Supaya mahasiwanya bisa lebih baik lagi dan lebih tertib lagi kan. Karena kalo udah baik dan tertib yang akan dapet untungnya ya kembali ke mahasiswanya maisng-maisng juga kan.

 

4. Dosen Super Sibuk yang Suka Izin Nggak Masuk Kelas

Tipe dosen yang keempat adalah dosen super sibuk yang suka izin nggak masuk kelas. Kalo biasanya yang suka izin nggak masuk kelas karena alasan inilah itulah adalah mahasiwa tapi ternyata ada juga lho dosen yang suka kayak gitu. Dosen kayak gini biasnya karena dosen tersebut sangat sibuk untuk kegiatan lain kayak kunjungan atau mengisi seminar keluar kota atau keluar negeri.

Jika kamu diajar oleh dosen tipe ini pasti setiap mau masuk kuliah kamu sama temen-temen kelasmu pasti selalu melempar candaan “kosong lagi nggak ni kuliahnya?” . Karena saking seringnya dosen tersebut izin dan kuliah pun kosong.

Dosen dengan tipe ini akan sangat baik jika ngasih tau ke perwakilan kelas jika kelas kosong dari jauh hari atau berapa jam sebelum kelas di mulai. Tapi karena saking sibuknya dosen yang satu ini sering nggak masuk dan nggak ngasih tau ke mahasiswanya. Alhasil mahasiswa harus nunggu di depan kelas dan harus pulang lagi karena kuliah ternyata kosong.

Materi yang diajarkan pun sering kali tertinggal karena jam kuliah sering kosong tersebut. Tapi biasnya dosen super sibuk ini punya asisten dosen yang siap menggantikannya disaat dia lagi nggak bisa ngajar di kelas kalian. So materi tetap bisa aman kalian terima kan.

 

5. Dosen yang Suka Ngasih Tugas Nggak Kira-kira

Tipe dosen yang terakhir adalah dosen yang suka ngasih tugas nggak kira-kira buat mahasiwanya. Ada tipe dosen yang buat males banget buat ketemu lag di semester selanjutnya sama beliau. Dosen tipe ini bisa bikin mahasiswanya sibuk dan pusing tiap hari karena tugas yang dikasih bisanya nggak mudah dan nggak sedikit. Jadi kamu harus ke perpustakaan cari referensi atau minta tolong ke senior untuk bisa ngerjain tugas yang dikasih sama dosenmu ini.

Tujuannya dari dosen ini sebenernya baik lho. Karena dia ingin kamu terus belajar walaupun nggak sedang duduk di bangku kuliah . So dia ngasih kamu tugas take home supaya kamu tetep bisa belajar walaupun di rumah.

Walaupun dosen dengan tipe ini sering dihindari oleh sebagian mahasiswa. Tapi buat kamu mahasiswa yang rajin dan suka tantangan pasti kamu suka banget sama dosen kayak gini. Karena kamu bisa dapet tantangan tiap harinya untuk bisa ngerjain tugas yang dikasih oleh dosenmu itu.

Nah itu tadi kelima tipe dosen yang pasti sebagian atau semuanya udah pernah kalian temui di bangku perkuliahan. Dari tiap-tiap dosen yang berbeda itu pasti juga karena mereka memiliki karakteristik yang berbeda juga kan.

Pada dasarnya semua tipe dosen yang ada itu baik . Karena menginginkan kesuksesan dan keberhasilan dari mahasiwanya. Jadi buat kamu yang masih sering berpikir negatif kepada dosenmu karena inilah itulah cobalah lebih bijaksana lagi dalam memandang sesuatu. Mungkin itu semua dosenmu lakukan karena dia untuk kebaikan mahasiwanya sendiri.

Tujuan awal kalian kuliah pun juga harus selalu kalian pegang teguh yaa. Jangan sampai hanya karena kamu diajar oleh tipe dosen yang nggak sesuai keinginamu kamu jadi nggak semnagat kuliah dan lupa sama tujuan awalmu kuliah. So tetap harus semangat sampai akhir yaa.

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132