fbpx

Update Daftar Jurnal Predator Terbaru 2022

Daftar Jurnal Predator Terbaru 2022

Bagi dosen yang ingin mempublikasikan artikel ke jurnal ilmiah, pastikan sudah update daftar jurnal predator terbaru 2022. Sebab, setiap penulis perlu waspada dengan keberadaan jurnal predator yang sampai sekarang masih merajalela. 

Jurnal predator bisa membuat penulis merugi karena harus keluar uang sejak awal tanpa ada kepastian artikelnya terpublikasi. Selain itu juga berhadapan dengan deadline untuk memenuhi tugas melakukan publikasi ilmiah. 

Lalu, bagaimana agar terhindar dari jurnal predator ini? Caranya tentu saja mengetahui jurnal-jurnal mana saja yang termasuk jurnal predator. Sekaligus mengetahui ciri-ciri dari jurnal predator tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Tentang Jurnal Predator 

Sebelum mengetahui apa saja daftar jurnal predator terbaru 2022 maka penting juga untuk mengetahui apa itu jurnal predator. Bagi dosen senior, istilah jurnal predator bukanlah istilah yang asing. Apalagi pemerintah terus melakukan sosialisasi mengenai topik ini. 

Jurnal predator secara sederhana bisa diartikan sebagai jurnal abal-abal. Jurnal diketahui sebagai suatu majalah yang isinya artikel ilmiah dari satu bidang keilmuan yang sama. Artinya jurnal disini sama seperti penerbit buku, yang membantu penerbitan artikel ke dalam bentuk jurnal. 

Jurnal umumnya memiliki tim yang terdiri dari editor, reviewer, dan lain sebagainya seperti penerbit buku pada umumnya. Sehingga artikel-artikel yang masuk ke jurnal tersebut dijamin berkualitas, bebas plagiarisme, pembahasannya uptodate, dan lain-lain. 

Sayangnya kebutuhan publikasi artikel ilmiah ke dalam jurnal yang sangat tinggi dan proses publikasi yang panjang dan melelahkan. Kemudian dimanfaatkan sejumlah pihak untuk membuka layanan penerbitan jurnal abal-abal. Inilah yang menjadi jurnal predator. 

Sama seperti jurnal kredibel, jurnal predator mempromosikan diri dan menerima publikasi artikel ilmiah. Namun kualitas artikel tidak dicek karena tidak memiliki tim handal dan asal dipublikasikan. Bahkan beberapa tidak melakukan publikasi sama sekali. Hanya sekedar menerima uang dan naskah dari penulis. 

Bahaya Jurnal Predator 

Terus mencari tahu daftar jurnal predator terbaru 2022 adalah hal penting, sehingga bisa menghindari praktek merugikan para jurnal predator tersebut. Jika terlanjur menggunakan jurnal predator maka perlu segera melakukan publikasi ulang ke jurnal terpercaya. 

Sebab dampak atau bahaya dari jurnal predator tidak main-main, beberapa diantaranya adalah: 

1. Kehilangan Anggaran 

Jurnal kredibel biasanya meminta penulis membayar jasanya setelah proses penerbitan mulai dilakukan, artinya sudah selesai proses editing dan review. Namun, jurnal predator meminta biaya di muka sehingga ditipu kehilangan uang tanpa terjadi publikasi.  

2. Artikel Tidak Dipublikasi 

Beberapa jurnal predator memang mempublikasikan naskah artikel ilmiah yang dikirimkan penulis, hanya saja tidak melalui proses pengecekan dan review. Sehingga kualitas rendah. Bahkan banyak yang tidak mempublikasikan naskah penulis sama sekali. 

3. Rawan Plagiarisme 

Berhubung jurnal predator bisa mempublikasikan artikel tanpa melalui proses penyuntingan dan review. Maka dijamin kualitasnya rendah dan bahkan ada kemungkinan terdeteksi tindakan plagiarisme. Sehingga nama penulis bisa tercoreng karena dianggap melakukan praktek tersebut. 

4. Publikasi Tidak Diakui 

Jika jurnal predator mempublikasikan artikel penulis maka publikasi ini tidak akan diakui oleh pemerintah. Dimana seharusnya publikasi jurnal bisa menambah angka kredit dosen. Oleh sebab itu harus hati-hati, agar kerja keras menulis dan mempublikasikannya bisa diakui oleh semua pihak. 

5. Mengancam Reputasi Penulis 

Reputasi penulis bisa tercoreng jika terjebak oleh praktek jurnal predator sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya. Misalnya penulis dikenal sebagai pelaku plagiarisme yang tentunya menjadi tindakan yang dihujat banyak orang. 

Baca Juga:

7 Situs Jurnal Internasional 

Cara Mengetahui Jurnal Predator

Metode Artikel Jurnal Imrad – Non Imrad

Cara Menerbitkan Jurnal Sinta

Daftar Jurnal Predator Terbaru 2022

Jika sudah mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh jurnal predator, maka Anda perlu meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya dengan mengecek daftar jurnal predator terbaru 2022 yang bisa diakses melalui situs Predatory Journals dan Beall’s List

Situs tersebut memberi update jurnal predator secara berkala, sehingga penulis bisa mengetahui jurnal mana saja yang sebaiknya dihindari. Dengan demikian, penulis bisa melakukan publikasi dengan aman dan angka kredit artikel dapat diakui.

Kiat Menghindari Jurnal Predator 

Jika masih khawatir bisa terjebak oleh jurnal predator, meskipun sudah mengetahui daftar jurnal predator terbaru 2022 di atas. Maka bisa mencoba beberapa kiat tambahan berikut ini: 

  • Pastikan untuk mengecek daftar jurnal yang berpotensi menjadi jurnal predator. 
  • Jangan buru-buru dalam memilih jurnal, apalagi jika sudah didesak deadline publikasi. Sebab proses publikasi artikel ilmiah ke jurnal tentu butuh waktu beberapa bulan, tidak ada yang hanya beberapa minggu apalagi beberapa hari saja. Kecuali jurnal predator. 
  • Kenali ciri-ciri jurnal predator seperti tampilan website yang amburadul, tidak ada nama jelas untuk editor dan reviewer, diminta membayar jasa di muka sebelum submit artikel. dan lain-lain. 
  • Cek biayanya, pastikan termasuk standar karena jurnal predator umumnya memasang harga jasa terlalu murah dan bahkan terlalu tinggi dari harga publikasi secara umum. 
  • Minta rekomendasi teman, khususnya sesama dosen agar mendapatkan jurnal-jurnal yang kredibel dan sudah terbukti. 

Publikasi artikel ilmiah ke dalam jurnal internasional memang menjadi kebutuhan bagi para dosen di Indonesia. Sebab ada keinginan dan kebutuhan untuk memasukkannya ke dalam database Scopus. 

Namun, jika sudah masuk ke jurnal predator maka akan sulit masuk ke Scopus. Apalagi sejak kasus di tahun 2017, dimana Scopus kecolongan ada beberapa jurnal predator. 

Maka sekarang Scopus punya tahapan yang lebih panjang untuk menghindari masuknya jurnal predator. Jadi, hindari jurnal abal-abal dengan mengecek rutin daftar jurnal predator terbaru 2022 seperti yang dijelaskan di atas.

Artikel Terkait:

Cara Mencari Jurnal ISSN 

Situs Pilihan untuk Download Jurnal Gratis

Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di Sinta

Cara Melihat Nama Jurnal 

8 Perbedaan Jurnal Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 

Cara Submit Jurnal Ilmiah 

Mengenal Hijacked Journal, Ciri-Ciri, dan Bedanya dengan Jurnal Predator

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja