fbpx

Cara Publikasi Jurnal Gratis, Memang Bisa?

cara publikasi jurnal gratis

Mencari cara publikasi jurnal gratis tentu sering dilakukan oleh dosen, sebab memang biaya publikasi jurnal cukup mahal. Terutama untuk jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. 

Meskipun bisa mengajukan insentif publikasi ilmiah dari institusi, kadangkala nominal insentif tidak begitu besar. Maka untuk bisa tetap produktif melakukan publikasi ilmiah, dosen perlu mencari alternatif publikasi secara gratis. Apakah ada? Berikut penjelasannya. 

Publikasi Jurnal Ilmiah 

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara publikasi jurnal gratis, maka penting untuk memahami apa itu publikasi jurnal. Publikasi adalah tindakan atau proses mengungkapkan informasi, data, ide, atau karya kepada khalayak luas.

Definisi ini mengacu pada konteks komunikasi, sebab istilah publikasi sendiri bisa mengacu pada konsep lain. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), publikasi memiliki definisi sebagai pengumuman dan penerbitan. 

Secara sederhana, publikasi adalah suatu kegiatan dimana dilakukan penyebarluasan suatu informasi, data, ide, dan karya kepada khalayak luas. Jenis publikasi ini bisa untuk berbagai jenis karya dan temuan. 

Pada karya tulis, contoh publikasi berupa mempublikasikan artikel ilmiah ke pengelola jurnal, menerbitkan buku melalui jasa penerbitan. Dengan publikasi, karya diharapkan bisa dibaca dan dimanfaatkan oleh publik yang membacanya. 

Publikasi jurnal ilmiah mengacu pada publikasi artikel ilmiah yang isinya hasil penelitian atau hasil literatur review alias kajian pustaka. Jurnal adalah media publikasi yang dikelola perusahaan maupun organisasi profesional. Sehingga, artikel yang ditulis dosen bisa terbit yang kemudian diakses oleh masyarakat ilmiah. 

Tata Cara Publikasi Jurnal Secara Umum

Proses publikasi ilmiah ke jurnal juga memiliki beberapa tahapan, sama seperti ketika hendak menerbitkan naskah buku ke penerbit. Tahapan dalam proses penerbitan jurnal secara umum sebagai berikut: 

1. Menentukan Jurnal Ilmiah 

Tahap pertama yang bisa dilakukan para dosen maupun mahasiswa dan peneliti dalam mempublikasikan artikel ilmiah ke jurnal adalah memilih jurnal. Jurnal sendiri sangat banyak dan perlu memilih dengan teliti. 

Tujuannya agar tidak hanya sesuai dengan scope keilmuan, akan tetapi juga sesuai dalam aspek lainnya. Mulai dari kredibilitas jurnal, biaya publikasi dipandang masih wajar, bukan jurnal predator.

Untuk memahami cara menentukan jurnal yang benar, cek 5 Cara Memilih Jurnal untuk Publikasi Ilmiah Dosen di Indonesia

2. Menyusun Artikel Ilmiah Berkualitas 

Tahap kedua publikasi jurnal adalah menyusun artikel ilmiah yang berkualitas. Pada dasarnya, tahap ini bisa bertukar tempat dengan poin pertama. Anda bebas memilih, hendak menulis artikel ilmiah dulu baru memilih jurnal atau sebaliknya. 

Namun, dianjurkan menulis artikel ilmiah di tahap kedua karena mayoritas jurnal menetapkan format artikel ilmiah secara khusus. Sehingga, Anda wajib mengikuti ketentuan tersebut agar artikel bisa diterima oleh pengelola jurnal. 

Pastikan, artikel ilmiah yang Anda susun memiliki kualitas yang baik dilihat dari berbagai aspek. Semakin berkualitas dan bebas dari plagiarisme, maka semakin besar kemungkinan artikel diterima pihak jurnal. 

Saat menyusun artikel ilmiah, pastikan naskah Anda sesuai format, ternyata ada format yang biasanya digunakan di jurnal bereputasi, yaitu Format IMRaD. Meskipun demikian, format naskah tetap disesuaikan dengan aturan pengelola jurnal.

3. Submit Artikel ke Pengelola Jurnal 

Jika artikel sudah selesai disusun, maka bisa submit ke pengelola jurnal. Silakan membaca ketentuan proses submit di website jurnal yang sudah dipilih dan tinggal diikuti prosedurnya bagaimana. 

Tahukah Anda? Status submission jurnal ternyata tidak hanya “ditolak” atau “diterima” saja. Lalu, apa saja? Inilah 7 Status Submission Jurnal yang perlu Anda pahami saat hendak publikasi.

4. Mengikuti Proses Review dan Revisi 

Tahap berikutnya adalah mengikuti proses review dan revisi jika memang ada. Kadangkala memang ada proses review yang memakan waktu berbulan-bulan. Disusul dengan revisi, yang kadang bisa sampai beberapa kali. Silakan diikuti agar artikel Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

 5. Membayar Biaya Publikasi 

Tahap berikutnya adalah membayar biaya publikasi jika memang ada biaya publikasi. Biasanya proses pembayaran dilakukan setelah ada keputusan artikel diterima. Ketika submit artikel sudah diminta membayar, maka rawan menjadi jurnal predator. 

Sehingga harus teliti dan jangan asal membayar, pastikan prosedur umumnya memang demikian agar aman dari praktek jurnal predator. Selain itu, cek juga kisaran biaya umum untuk publikasi jurnal di sekitaran berapa untuk mengantisipasi. 

Baca Juga: Cara Mendapatkan LoA Jurnal Nasional & Internasional

Cara Publikasi Jurnal Gratis 

Seperti penjelasan sebelumnya, proses publikasi artikel ilmiah ke jurnal sifatnya tidak gratis alias berbayar. Namun, tidak semua pengelola jurnal membebankan biaya kepada para penulis yang hendak mempublikasikan artikel ilmiah mereka. 

Baik pengelola jurnal nasional maupun jurnal internasional, masih banyak yang memberikan fasilitas publikasi secara gratis. Pertanyaannya, bagaimana menemukan mereka? Dikutip melalui berbagai sumber, berikut beberapa pilihan cara publikasi jurnal gratis: 

1. Masuk ke Website Jurnal dan Konsultasi 

Pilihan cara yang pertama adalah dengan mencari jurnal gratis secara manual, yakni dengan masuk ke website jurnal tersebut dan mencari informasi mengenai biayanya. Apakah biaya publikasinya gratis atau berbayar? Jika berbayar, ada di nominal berapa? 

Mencari website jurnal bisa masuk ke laman SINTA, Scopus, World of Science, dan database jurnal ilmiah lainnya. Dimana akan terhubung langsung ke website jurnal yang terindeks di database tersebut. 

2. Ikut Program Hibah 

Cara publikasi jurnal gratis yang kedua adalah dengan mengikuti program hibah, baik hibah penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Sebab publikasi ilmiah termasuk luaran yang wajib diraih oleh penerima hibah. 

Dana dalam program hibah tersebut akan mencakup biaya publikasi ilmiah. Baik publikasi ke jurnal, prosiding, maupun buku. Maka dijamin gratis dan bisa fokus mengurus publikasi sesuai dengan ketentuan. 

Mau dapat hibah? Ikuti 10 Cara Mendapatkan Dana Hibah Penelitian untuk Dosen.

3. Mencari Rekomendasi Jurnal Gratis  

Cara publikasi jurnal gratis berikutnya adalah mencari rekomendasi secara langsung. Anda bisa meminta rekomendasi submit jurnal gratis ke rekan sesama dosen atau bahkan ke mahasiswa. 

Bisa jadi, mahasiswa Anda sudah menemukan jurnal yang membebaskan biaya submit artikel ilmiah. Langkah lain bisa bertanya di media sosial seperti ResearchGate, Quora yang membantu Anda terhubung dengan dosen dan peneliti lain di Indonesia maupun di dunia. 

Kebanyakan jurnal yang membebaskan biaya publikasi, bersifat sementara. Misalnya merupakan jurnal baru, jurnal yang sedang menggelar program promo, dan lain sebagainya. Jadi, daftar jurnal gratis bisa berubah sewaktu-waktu. 

Sehingga lebih tepat jika masuk ke website jurnalnya langsung dan kemudian membaca kisaran biaya publikasinya. Jika memang gratis, maka biasanya akan disebutkan tidak ada biaya. 

Opsional lain adalah dengan menghubungi pihak pengelola jurnal melalui kontak yang dicantumkan ke website. Selama rajin mencari, maka dijamin akan menemukan jurnal gratis sehingga tidak perlu keluar biaya untuk mengurus publikasi. 

Selengkapnya:

Jenis Publikasi Ilmiah Lain untuk Dosen 

Selain publikasi ilmiah ke jurnal, dosen juga bisa mendapatkan tambahan angka kredit dengan melakukan publikasi lain. Baik itu ke prosiding maupun menerbitkan buku. Angka kredit untuk menerbitkan buku juga tidak kalah tinggi dengan publikasi jurnal ilmiah, yakni antara 20 sampai 40 poin, tergantung jenis buku yang diterbitkan dosen.  

Selain itu, hasil penelitian Anda dan karya tulis yang sudah dibuat akan sama-sama dibaca dan dimanfaatkan oleh publik luas. Sehingga bisa meningkatkan produktivitas publikasi dengan menerbitkan karya ilmiah ke berbagai bentuk sesuai ketentuan Dikti. 

Jika memiliki pertanyaan berkaitan dengan topik cara publikasi jurnal gratis, maka bisa menuliskannya di kolom komentar dan membuka diskusi. Klik tombol share untuk membagikan artikel ini ke rekan Anda yang mau publikasi. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

DOWNLOAD EBOOK GRATIS
⚠️Hanya Bisa Didownload Selama Ramadan

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja