fbpx

2 Pilihan Cara Mengecek Indeks Jurnal Scopus

cara mengecek indeks jurnal

Dosen yang sekaligus sebagai seorang peneliti di Indonesia dalam proses publikasi tentu perlu paham bagaimana cara mengecek indeks jurnal? Sebab dosen perlu memastikan jurnal yang telah dipublikasikan sudah berhasil terindeks atau belum. 

Pasalnya di Indonesia sendiri, publikasi jurnal internasional baru diakui Dikti Ristek jika sudah terindeks ke Scopus. Sehingga para dosen perlu memahami sistem Scopus dalam melakukan indeksasi jurnal, agar jurnal yang dimiliki bisa masuk ke databasenya. 

Setelah berusaha dan mengikuti berbagai tips dari berbagai sumber. Maka perlu dicek rutin apakah jurnal yang dipilih sudah terindeks ke Scopus atau belum. Supaya bisa mengecek indeksasi tersebut, maka bisa menyimak informasi di bawah ini. 

Keuntungan Jurnal Berhasil Terindeks 

Sebelum sampai ke pembahasan mengenai tata cara mengecek indeks jurnal di Scopus. Maka bisa memahami dulu keuntungan apa saja yang didapatkan jika jurnal berhasil masuk ke database Scopus tersebut. 

Masuk ke indeks Scopus sudah menjadi standar publikasi jurnal internasional di Indonesia. Hal ini tentu bukan tanpa maksud dan alasan yang jelas. Sebab Scopus sendiri memiliki kriteria yang kompleks dan hanya mengindeks jurnal berkualitas. 

Jika berhasil masuk ke database Scopus maka ada banyak keuntungan bisa didapatkan. Misalnya: 

1. Meningkatkan Manfaat Jurnal 

Jika berhasil masuk ke indeks jurnal Scopus maka sudah tentu bisa meningkatkan manfaat jurnal atau artikel ilmiah yang dipublikasikan. Sebab Scopus diakses oleh masyarakat ilmiah di seluruh dunia dalam mencari referensi berkualitas. 

Sehingga artikel ilmiah yang diterbitkan ke jurnal terindeks Scopus kemudian diketahui lebih banyak orang di dunia. Sehingga isinya bisa dimanfaatkan secara luas. Sekaligus bisa menambah jumlah sitasi. 

Semakin banyak orang yang melakukan kredit pada artikel ilmiah yang dipublikasikan. Maka reputasi artikel dan jurnal ilmiah ini semakin berkembang dan terus merangkak naik. Hal ini tentu berdampak baik bagi reputasi publikasi. 

2. Menambah Informasi di CV 

Bagi dosen yang meniti karir di dunia akademik, memiliki riwayat publikasi sampai ke database Scopus termasuk sebuah prestasi. Bahkan jika berhasil mempublikasikan setidaknya 3 jurnal sekaligus. 

Maka dosen tersebut berhak untuk mengajukan kenaikan jabatan fungsi dengan skema loncat jabatan. Misalnya dari Lektor langsung menjadi Guru Besar karena prestasinya di ranah publikasi jurnal internasional. 

Prestasi ini kemudian bisa dicantumkan ke CV dan sukses meningkatkan nilai atau bobot CV tersebut. Jika di masa mendatang hendak pindah homebase dijamin ada banyak kampus siap menerima, karena riwayat publikasi yang memuaskan. 

3. Menambah KUM

Keuntungan terindeks ke Scopus berikutnya adalah bisa menambah KUM atau angka kredit dosen. KUM yang dikumpulkan bisa sampai ke jumlah tertentu yang membantu mengajukan kenaikan jabatan fungsional. 

Semakin banyak publikasi yang masuk ke database Scopus, maka semakin mudah mendapatkan KUM yang tinggi. Hal ini bisa membuka peluang untuk menjadi Guru Besar di usia yang masih terbilang muda. Misalnya di bawah 50 tahun. 

4. Membubuhkan Nama Secara Internasional 

Jika sukses masuk ke indeks Scopus maka sudah berhasil membubuhkan nama secara internasional. Sebab Scopus sekali lagi diakses oleh masyarakat ilmiah di seluruh dunia. 

Sehingga nama yang dimiliki dikenal luas, berkat karya tulis ilmiah yang dijadikan referensi dan dilakukan kredit. Sehingga semakin dikenal dan kemudian bisa masuk ke database Google Scholar. Efeknya, karya yang dibuat semakin dikenal luas. 

Baca Juga:

7 Situs Jurnal Internasional 

Cara Mengetahui Jurnal Predator

Metode Artikel Jurnal Imrad – Non Imrad

Cara Menerbitkan Jurnal Sinta

Tips agar Jurnal Bisa Terindeks

Pada dasarnya, setiap pengindeks jurnal memiliki syarat atau kriteria tersendiri. Antara DOAJ dengan Scopus maupun pengindeks lain tentu berbeda. Namun yang pasti, semua pengindeks jurnal hanya memilih jurnal berkualitas. 

Supaya saat mempraktekan cara mengecek indeks jurnal ternyata berhasil masuk ke Scopus. Maka beberapa tips berikut bisa dilakukan: 

  • Memilih topik yang dikuasai dan memiliki unsur kebaruan, semakin menarik semakin mudah untuk mendapatkan perhatian pengelola jurnal berkualtas. Sehingga lebih mudah untuk masuk ke database Scopus. 
  • Memilih jurnal terpercaya dan sudah pernah terindeks Scopus, sehingga artikel yang dipublikasikan di dalamnya juga lebih mudah masuk Scopus. 
  • Memilih topik yang sesuai dengan kebutuhan dan minat target pembaca jurnal. Namun pastikan tetap tidak keluar dari bidang keilmuan yang ditekuni. Sehingga bisa memilih topik dari isu terkini. 
  • Menghindari tindakan plagiarisme, jika memang melakukan kutipan maka pastikan mencantumkan kredit atau sitasi. Pastikan cara melakukan kredit sudah benar sesuai dengan aturan, sehingga tidak terdeteksi melakukan plagiat. 
  • Baca ulang setelah selesai menulis artikel ilmiah untuk melakukan editing mandiri, sehingga lebih mudah diterima pengelola jurnal. Sekaligus bisa memastikan kualitasnya bagus sehingga bisa lebih mudah masuk ke database Scopus. 

Cara Mengecek Indeks Jurnal 

Secara umum terdapat dua cara mengecek indeks jurnal di Scopus, yakni lewat website Scimago Jr dan yang kedua adalah lewat website Scopus langsung. Jika bisa mengakses Scopus karena sifatnya berbayar, maka bisa mengecek langsung ke website resminya. 

Namun jika belum berlangganan, maka bisa mencoba mengecek ke website Scimago Jr yang databasenya bersumber dari Scopus. Berikut detail langkah-langkah pengecekannya: 

1. Cara Mengecek Indeks Jurnal Scopus Melalui Scopus 

Cara pertama adalah mengecek indeks jurnal ke Scopus langsung, dan berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka website resmi Scopus dan kunjungi di https://www.scopus.com/home.uri
  • Klik “Sumber” atau “Sources” di kanan atas.
  • Masukkan nama jurnal di kolom “Masukkan Judul” dan tekan Enter Atau klik “Cari Sumber (Source)”. 
  • Jika nama jurnal yang dimasukkan di kolom pencarian tidak ada, klik jurnal dan centang tahun liputannya.
  • Selain itu, centang juga “Cakupan konten Scopus” di bagian bawah, jika data tahun 2022 (tahun terkini) masuk, berarti jurnal tersebut masih terindeks Scopus. Begitu juga sebaliknya. 

2. Cara Mengecek Indeks Jurnal Scopus Melalui Scimago Jr 

Cara mengecek indeks jurnal yang kedua di Scopus adalah melalui website resmi Scimago Jr. Sebab sejauh ini Scimago Jr diketahui mengambil database dari Scopus. Meskipun update terbaru ada jarak sehingga kurang realtime

Namun, tetap bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan. Apalagi jika jurnal mulai diterbitkan beberapa bulan sebelumnya. Adapun langkah-langkah pengecekannya adalah: 

  • Buka dan kunjungi halaman Scimago JR di https://www.scimagojr.com/
  • Masukkan judul jurnal internasional dan klik enter pada kolom yang tersedia di halaman utama. 
  • Buka hasil pencarian yang sesuai dengan judul jurnal sebelumnya. Jika jurnal tersebut ada di hasil pencarian, berarti masih atau sudah terindeks di Scopus. Kalau belum berarti belum, dan juga jangan lupa perhatikan kuadran (Q) di hasil pencarian jurnal yang direkomendasikan Scimago Jr.
  • Jika tidak memiliki daftar judul jurnal yang ingin dicari, maka dapat menggunakan daftar Klasifikasi Jurnal.

Dari penjelasan di atas, maka bisa mengetahui bagaimana cara mengecek indeks jurnal di Scopus. Sehingga bisa memastikan apakah sudah masuk ke database Scopus atau tidak. Jika belum maka bisa mencari tahu penyebabnya, agar bisa segera terindeks. 

Artikel Terkait:

Cara Mencari Jurnal ISSN 

Situs Pilihan untuk Download Jurnal Gratis

Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di Sinta

Cara Melihat Nama Jurnal 

8 Perbedaan Jurnal Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 

Cara Submit Jurnal Ilmiah 

Mengenal Hijacked Journal, Ciri-Ciri, dan Bedanya dengan Jurnal Predator

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

DOWNLOAD EBOOK GRATIS
⚠️Hanya Bisa Didownload Selama Ramadan

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja