fbpx

Terbitkan buku lebih cepat HANYA 1 BULAN? Dapatkan fasilitas VIP ini secara GRATIS! Klik di sini

10 Cara Mengajar Dosen yang Disukai Mahasiswa

10 Cara Mengajar Dosen

Cara Mengajar Dosen yang Disukai Mahasiswa. Sebagai dosen tentunya ingin mengetahui bagaimana cara mengajar dosen yang disukai mahasiswa. Sebab dengan mengajar secara menyenangkan dan sesuai dengan harapan mahasiswa, kegiatan pembelajaran di kelas offline maupun online lebih maksimal. Dosen juga bisa lebih dekat dengan mahasiswa untuk bisa tahu kesulitan mereka memahami materi. 

Oleh sebab itu, dosen sebaiknya disiplin belajar tidak hanya materi perkuliahan yang akan diajarkan. Akan tetapi juga belajar metode pembelajaran yang efektif, yang sekiranya memang cocok untuk mahasiswa milenial. Lalu, seperti apa cara mengajar dosen yang mereka sukai? Simak informasinya di bawah ini. 

Cara Mengajar Dosen yang Disukai Mahasiswa 

Dosen memiliki tugas pokok melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup tugas melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam tugas pendidikan, dosen tentunya akan aktif mengajar mentransfer ilmu yang dimiliki kepada mahasiswa. 

Baik ketika berada di kelas, luar kelas, dan di area pembelajaran lainnya (misalnya turun langsung ke lapangan dengan melakukan kunjungan industri). Kegiatan mengajar memang menjadi tugas pokok dosen dan kemudian dilakukan nyaris setiap hari. Inilah alasan kenapa calon dosen perlu memastikan suka mengajar dan tahu bagaimana cara mengajar. 

Sebab mengajar berbeda dengan melakukan presentasi, harus lebih dari itu untuk bisa mendorong semangat mahasiswa dalam belajar. Kegiatan mengajar kemudian diimbangi juga dengan kegiatan mendidik. Oleh sebab itu, mengajar bagi dosen tidak bisa dilakukan asal-asalan. Ada sejumlah cara khusus untuk melakukannya. 

Berikut adalah sejumlah cara mengajar dosen yang disukai mahasiswa masa kini dan tentunya wajib untuk dipraktekkan: 

1.Menyampaikan Materi Secara Sistematis

Cara mengajar yang pertama adalah bisa menyampaikan materi secara sistematis. Hal ini terdengar mudah namun aktualnya tidak demikian karena banyak dosen yang mengajar dengan sistem loncat. Jika mahasiswa sudah belajar di awal sebelumnya mungkin tidak ada masalah. 

Bagaimana jika materi tersebut baru pertama kali didengar oleh mahasiswa? Maka dosen harus mengajar dari materi dasar dulu, memberikan contoh, dan memberikan bentuk sederhana agar materi mudah dipahami. Jika materi dasar sudah dikuasai mahasiswa baru beralih ke materi yang lebih sulit dan kompleks. 

2. Menyampaikan Materi dengan Jelas 

Bicara mengenai cara mengajar dosen yang disukai mahasiswa, maka intonasi ucapan juga perlu diperhatikan. Mahasiswa menyukai dosen yang suaranya jelas, lantang, dan disampaikan dengan penuh percaya diri. Hal ini menunjukan kemampuan dosen menguasai materi sehingga lebih menarik di mata mahasiswa. 

Jadi, minimal malam sebelum mengajar sudah membaca ulang materi yang akan disampaikan. Mencari referensi sebanyak mungkin agar paham luar dalam sehingga bisa menyampaikannya dengan penuh percaya diri. Semakin banyak tahu, semakin banyak ilmu, dan kemudian semakin mantap dalam mengajar mahasiswa. 

Baca Juga:

11 Cara Dosen Mengajar yang Baik , Jadi Favorit Mahasiswa

Memenuhi Kebutuhan Dosen dari Segi Kuantitas dan Kualitas

Pengen Jadi Dosen Favorit di Kampus? ini 6 Kriterianya

12 Hal Ini Bisa Membuat Kamu Menjadi Dosen Favorit Mahasiswa   

3. Menjelaskan dengan Bahasa Sederhana 

Mahasiswa masih belum bisa dikatakan sebagai masyarakat ilmiah seperti kalangan dosen. Dosen yang akrab dengan kegiatan ilmiah tentu punya tabungan kosakata ilmiah yang banyak. Namun, saat mengajar mahasiswa khususnya mahasiswa semester awal pastikan memilih bahasa yang sederhana. 

Mahasiswa masih awam dan tidak terlalu banyak tahu istilah asing apalagi yang umum digunakan di dunia ilmiah. Dosen meskipun menjelaskan dengan bahasa sederhana dijamin kesan intelektualnya tetap kuat dan ada. 

Jadi, jangan ragu menggunakan bahasa paling sederhana karena tujuan utama mengajar adalah memastikan mahasiswa paham apa yang disampaikan dosen. Sehingga menggunakan bahasa sederhana yang sering digunakan dalam keseharian menjadi pilihan yang utama. 

4. Menambahkan Humor 

Mahasiswa kurang menyukai dosen yang kaku, killer, dan tidak pernah bercanda sepanjang mata kuliah berlangsung. Sebaliknya, mahasiswa menyukai dosen yang punya selera humor bagus. Sebab belajar di kelas akan terasa menyiksa jika dosen terlalu kaku dan serius, paling parah jika sudah bertemu materi susah. 

Bisa jadi mahasiswa malah stres sendiri karena dosen sangat kaku dan tidak ada sedikitpun keinginan untuk mencairkan suasana. Maka dalam cara mengajar dosen yang disukai mahasiswa, sentuhan humor perlu dilibatkan. Ajak mahasiswa bercanda, sampaikan hal lucu, ceritakan pengalaman konyol, dan sebagainya sampai seluruh isi kelas tertawa keras. 

5. Melibatkan Teknologi Terkini 

Mahasiswa juga menyukai dosen yang melek terhadap teknologi, mengikuti tren masa kini, dan terbuka terhadap hal baru maupun perubahan. Bagaimana caranya? Bisa dengan memanfaatkan teknologi saat mempresentasikan materi perkuliahan. 

Bisa juga mengajak mahasiswa mengakses ilmu pengetahuan di luar kampus menggunakan internet. Misalnya merekomendasikan aplikasi tertentu, website dari perusahaan tertentu, dan sebagainya. Sehingga dosen memberi kesan sangat melek terhadap teknologi dan segala hal yang berbau digital. 

Baca Juga:

7 Tipikal Dosen Pembimbing Skripsi yang Biasa Dijumpai di Kampus 

Kritis dan Berprestasi Saat Mahasiswa, Mudahkan Doddy Menjadi Dosen

6 Tindakan Dosen yang Paling Dibenci Mahasiswa

8 Ciri Dosen yang Pasti Ada di Dunia Kuliah   

6. Berbagi Pengalaman di Kelas 

Saat mengajar, mahasiswa bisa mengakses materi perkuliahan selain dari apa yang disampaikan dosen. Maka dosen haus bisa memberi lebih, memberi sesuatu yang tidak akan ditemukan mahasiswa selain dari dosen itu sendiri. Salah satunya adalah berbagi pengalaman. 

Dosen yang sering berbagi pengalaman membuat suasana kelas lebih cair, seru, dan menyenangkan. DItambah, pengalaman tersebut bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk lebih serius kuliah dan menjadi pribadi yang positif. 

7. Memberikan Motivasi saat Mengajar 

Dosen sebaiknya rutin memberikan motivasi karena mahasiswa berada dalam masa peralihan dari masa remaja ke masa dimana dirinya siap terjun ke masyarakat. Mahasiswa kemudian rawan menghadapi masalah dan akan selalu membutuhkan dukungan dosen. Jadi, dosen harus punya banyak motivasi untuk mahasiswa dan disampaikan di kelas. 

8. Memperhatikan Mahasiswa Sepanjang Mengajar 

Mahasiswa mana yang menolak untuk diperhatikan dosen saat mengajar di kelas? Pasti tidak ada, sehingga mempelajari cara mengajar dosen yang disukai mahasiswa juga perlu tahu bagaimana memperhatikan mahasiswa dengan baik di kelas. 

Paling sederhana adalah menatap mata mahasiswa satu per satu saat melakukan presentasi. jadi, jangan menunduk, jangan melihat keluar jendela, dan jangan hanya melihat slide presentasi lalu membaca apa yang tertulis disana. Sebab bisa kehilangan minat dan perhatian mahasiswa di kelas.

9. Kreatif dalam Melakukan Presentasi 

Dosen harus kreatif dalam melakukan presentasi, slide presentasi bisa dibuat lebih atraktif dengan tambahan background yang menarik perhatian. Selain itu, sesekali sajikan film, video iklan, dan sebagainya yang sesuai materi perkuliahan. 

Sehingga mahasiswa mendapatkan sumber pembelajaran dari selain yang disampaikan dosen. Hal ini akan membuat mereka semangat mengikuti kelas dan merasa sudah rugi bandar jika sampai absen apapun alasannya. 

10. Mampu Menjadi Role Model 

Terakhir adalah selalu menjadi role model bagi mahasiswa, sehingga dosen harus membangun teladan yang baik dan mempraktekkannya setiap saat. Misalnya dosen harus disiplin, datang ke kelas tepat waktu. Dosen harus berpakaian rapi agar mahasiswa juga bisa ikut berpakaian yang layak saat mengikuti kelas. 

Selain itu, dosen juga harus menjadi pemimpin yang baik yang mampu memimpin isi kelas agar bisa fokus dan semangat belajar. Masih banyak lagi yang lainnya, dan tentu dosen harus menyadari bahwa dirinya adalah role model bagi mahasiswa supaya selalu cerdas dalam bertindak dan berucap. 

Melalui penjelasan mengenai cara mengajar dosen yang disukai mahasiswa di atas, maka dosen masa kini tidak perlu khawatir lagi. Sebab jika diterapkan akan lebih mudah mendapatkan perhatian mahasiswa. Sehingga punya semangat dan rasa percaya diri lebih untuk melanjutkan kegiatan mengajar. Jadi, silahkan menerapkannya dengan baik. 

Artikel Terkait:

Ingin Menjadi Dosen Favorit? Berikut 8 Hal yang Wajib Dilakukan Selama Mengajar!

7 Tips Memilih Dosen Pembimbing untuk Tugas Akhir 

10 Hal Positif Menjadi Dosen yang Bisa Kamu Teladani
Penilaian Mahasiswa Terhadap Sosok Dosen di dalam Kampus

Di tag :

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132