fbpx

Inilah 8 Ciri Dosen yang Pasti Ada di Dunia Kuliah

ciri dosen itu
Dosen itu.. via vk.com

Dosen identik dengan penentu segalanya termasuk sukses tidaknya kamu di dunia perkuliahan. Segala tugas, kuis ujian mata kuliah telah mereka lakukan agar kamu bisa memahami dengan baik semua matkul yang mereka ajarkan. Berikut beberapa ciri dosen yang ada di semua kampus.

Tapi, tahukah kamu hey mahasiswa, meski mereka terlihat sempurna dan selalu benar, mereka memiliki ciri-ciri dosen tertentu yang kadang bikin geregetan? Well.. Yuk disimak!

1. Si Tukang Datang Telat dan Pulang Paling Cepat

Biasanya dosen dengan ciri ini adalah perempuan, memiliki anak dan sangat keibuan. Dosen yang satu ini adalah dosen terrrr favorit dimana waktu kuliah terasa sebentar dan cenderung slidenya sangat sedikit.

Ntah disengaja atau tidak, biasanya dosen ini memiliki beribu alasan mengapa beliau datangnya telat. Ntah karena macet, jemput anak hingga sampai kelupaan. Nah, saat mengajar beliau biasanya hanya duduk dan terfokus kepada slide yang beliau bawakan nih.

Slide yang biasa mereka buat cenderung flat atau bahkan banyak banget kata – katanya tapi beliau lebih cenderung improf sendiri agar kamu lebih mudah mengerti.

Trus ketika ujian, dosen ini lebih suka soal yang esai dimana kamu harus mengarang bebas terkait soal yang beliau berikan. Soalnya gak jauh – jauh dari slide yang beliau kasih kok. Asik!

Ps: untuk nilai sendiri, si dosen ini ternyata gak pelit lho!

 

2. Si Hobi Tjurhat

Tidak hanya hanya mahasiswa galau yang suka curhat, si dosen type ini juga suka lho curhat. Secara tidak langsung beliau bisa menceritakan banyak hal termasuk masalah yang beliau hadapi.

Saat curhat tiba, biasanya beliau curhat ketika di tengah – tengah slide atau saat sebelum perkuliahan dimulai. Dan topik curhatannya pn beragam, dari yang masalah keluarga, masalah penelitian beliau hingga gosip beredar yang kekinian.

Nah, beliau juga suka tuh secara tidak langsung menanyakan respon mahasiswa terhadap curhatan beliau terutama jika topik curhat waktu itu berhubungan dengan mata kuliah yang kamu ampu.

Meski demikian, maksud jenis dosen ini baik kok yaitu mereka ingin berbagi pengalaman dan sharing tentang keras kehidupan walau kadang curhatnya suka kelupaan waktu.

3. Si Moody

Dosen jenis ini adalah dosen yang paling susah ditebak maunya apa. Dan untuk menjadi mahasiswa yang baik dimatanya, kamu harus pintar memprediksi bagaimana mood beliau setiap mengajar.

Ntah memang dari sananya alias keturunan atau pengaruh hormon, si dosen bisa saja terlihat excited saat mengajar atau bahkan sebaliknya terlihat sangat sensitif dan mudah marah. Saat lagi happy, dosen ini terlihat sangat menyenangkan apalagi saat beliau mengajar, pelajaran dengan sangat mudah masuk kedalam otak.

Tapi ketika beliau lagi sensitive, mahasiswa yang telat, mahasiswa yang tidak memperhatikan beliau hingga mahasiswa yang tidak salah apa – apa ikut kena dampretannya. Belum lagi, biasanya dosen jenis ini ketika ujian, soal yang beliau berikan juga diluar dugaan.

Well.. good luck deh klo nemu dosen jenis ini!

 

4. Si Sibuk yang Jarang Masuk

Disetiap kampus hingga fakultas pasti adanya aja dosen jenis ini. Dosen ini biasanya memiliki banyak prestasi dan tidak sedikit dari mereka yang menjabat di fakultas bahkan kampus.

Nah, dosen ini jarang masuk kampus secara umum karena adanya dinas keluar kota, acara besar kampus hingga agenda yang harus diselesaikan.

Meski begitu, biasanya beliau sudah memberitahu para mahasiswanya dari jauh-jauh hari bahwa beliau tidak bisa mengajar walaupun tidak sedikit juga yang dadakan tidak bisa memberikan kuliah pada hari itu.

Nah, ternyata untuk soalnya ujiannya sendiri sudah terbilang gampang lho. Hal ini karena sang dosen juga sadar bahwa beliau jarang masuk sehingga dou gak mau deh merepotkan para mahasiswanya.

 

5. Si Sering Kasih Tugas Seenaknya

Dosen yang satu ini adalah salah satu dosen yang kelewat rajin dan kelewat perhatian dengan para mahasiswanya. Tidak cukup dengan hanya memberikan materi, beliau juga dengan konsisten memberikan soal dan tugas baik individu maupun kelompok secara berkala.

Ntah harus dikerjakan saat itu juga atau harus dikumpul saat pertemuan selanjutnya, hal ini kadang membuat kamu gemez karena salah satu cara penilaian si dosen adalah dengan tugas itu sendiri.

Tapi jangan khawatir, soalnya kebanyakan soal yang masuk ujian tidak jauh – jauh kok dari tugas yang beliau berikan namun di modifikasi dikit dengan level agak susah, haha!

 

6. Si galak

Dosen jenis ini, meski kamu belum diajar oleh beliau pun, kamu pasti udah tau bahwa sang dosen adalah dosen yang galak. Ntah gosip dari kakak tingkat atau mahasiswa yang pernah diajar olehnya, sang dosen juga memancarkan aura yang membuay kita secara gak langsung menganggap bahwa sang dosen termasuk dosen galak.

Biasanya, tampilan sang dosen juga cukup mendukung untuk menjadi galak, belum lagi saat mengajar, beliau pasti memberikan aturan main tertentu terhadap para muridnya terutama pada mahasiswa yang perlu perhatian khusus.

Belum lagi klo ujian, sang dosen memberikan soal yang tidak terduga sama sekali dan beliau juga tidak segan – segan untuk menjaga para mahasiswanya saat ujian berlangsung.

 

7. Si Tukang Absen Dadakan

Yang ini adalah dosen yang termasuk insecure dan curiga kepada mahasiswa yang hobi titip absen alias hobi bolos dengan mata kuliah yang beliau ampu. Biasanya dosen ini dulu mahasiswa yang disiplin dan tidak suka dengan orang yang titip absen karena menurut beliau itu tidak sesuai dengan peraturan (ya emang harusnya gitu sih).

Tergantung mood, si dosen sebenarnya tidak selalu mengabsen saat di kelas, ia akan menghitung jumlah ttd dengan jumlah murid didalam kelas apakah sesuai apa tidak, jika tidak maka bersiaplah kalian yang suka titip absen sama teman kalian, hmm.

Nah, untuk sanksi sendiri yang paling enteng itu paling ttd kamu dicoret tapi klo beliau marah banget, kamu langsung disuru berhadapan dan bertatap muka dengan beliau.

 

8. Si yang Suka Nunjuk Mahasiswa Jawab Pertanyaan

Dosen yang satu ini sangat jeli dengan perilaku para mahasiswanya. Terutama bagi yang sama sekali tidak menyimak. Seperti yang kamu tau, bahwa mahasiswa pada deretan depan adalah mahasiswa paling rajin, yang deretan tengah rada rajin dan yang paling belakang adalah yang paling Malas.

Baca juga: Tugas Akhir Di Depan Mata, Berikut 7 Tips Cara Memilih Dosen Pembimbing yang Tepat Buat Kamu

Nah, beliau ini hobi banget nunjuk salah satu mahasiswa yang paling belakang, pojok dan hobi main hape atau engga ngobrol sama temannya. Biasanya sih dia lagi, dia lagi. Nah, pertanyaannya seputar yang beliau ajarkan dan kalo kamu gak bisa jawab..

Siap-siap deh disuruh keluar. Huhu serem banget! Jadi, gimana nih jenis dosen yang sudah disebutin diatas? Pasti kampus kamu punya dong!

Nah, pokoknya klo kamu mau sukses kuliah pastikan kamu sudah tau karakter dari masing-masing dosen beserta kelebihan dan kekurangannya. So, good luck ya kamu!

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

DOWNLOAD EBOOK GRATIS
⚠️Hanya Bisa Didownload Selama Ramadan

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja