fbpx

Beasiswa IASP 2023 Dibuka, Ini Syaratnya

Beasiswa Austria

Bagi para dosen di Indonesia yang belum sempat atau masih merencanakan studi doktoral, maka bisa berpartisipasi dalam program beasiswa IASP (Indonesia – Austria Scholarship Programme) 2024. 

Program ini merupakan program beasiswa jenjang doktoral atau S3 yang ditujukan untuk dosen tetap di Indonesia di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Informasi lebih lanjut bisa menyimak penjelasan di bawah ini. 

Beasiswa IASP 2024

Program beasiswa IASP 2024 adalah beasiswa pendidikan jenjang doktor di perguruan tinggi Austria dan diperuntukkan bagi dosen tetap pada perguruan tinggi di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.  

Program ini terselenggara atas kerja sama antara Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi dengan Pemerintah Austria melalui Österreichische Austauschdienst-Gesselschaft mit beschränkter Haftung (OeADGmbH). 

Beasiswa S3 di Austria ini sendiri bersifat penuh atau fully funded, sehingga penerimanya dibebaskan dari segala biaya selama menempuh pendidikan. Selain tersedia biaya pendidikan, juga tersedia biaya bulanan sampai asuransi yang nanti dijelaskan di bawah. 

Tahun 2024, program beasiswa IASP kembali digelar dan menjadi program beasiswa tahunan. Tahun ini cakupan bidang keilmuannya adalah: 

  • Natural Sciences 
  • Technical Sciences 
  • Human Medicine, Health Sciences 
  • Agricultural Sciences 
  • Social Sciences 
  • Humanities, dan juga 
  • Arts

Seperti yang dijelaskan di awal, program ini hanya ditujukan untuk dosen tetap yang bernaung di bawah Kemdikbud Ristek. Sehingga bukan untuk dosen tidak tetap dan dosen di bawah naungan Kemenag. 

Komponen Beasiswa 

Lalu, apa saja komponen pembiayaan di program beasiswa IASP 2024 ini? Seperti yang sudah dijelaskan, program ini bersifat penuh sehingga cakupan biayanya kompleks. Berikut beberapa diantaranya: 

  1. Biaya pendidikan yang meliputi biaya SPP per bulan selama menempuh studi doktoral di Austria dengan durasi maksimal 3 tahun masa studi. 
  2. Biaya pendukung, dimana penerima program beasiswa berhak menerima beberapa jenis biaya untuk menunjang kegiatan studi doktoral di Austria. Biaya pendukung beasiswa IASP adalah: 
    • Dana transportasi internasional; 
    • Dana mobilitas; 
    • Dana asuransi kesehatan; 
    • Dana hidup bulanan; dan 
    • Dana tunjangan keluarga (mulai semester ke-3).

Persyaratan Beasiswa 

Dikutip melalui laman dikti.kemdikbud.go.id berikut adalah seluruh persyaratan umum yang wajib dipenuhi para pelamar program: 

  1. Berstatus dosen tetap pada perguruan tinggi di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; 
  2. Memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN); 
  3. Memiliki surat izin dari pemimpin perguruan tinggi asal (untuk dosen PTN) dan/atau dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah masing-masing (untuk dosen PTS); 
  4. Memiliki gelar magister, dengan tahun kelulusan maksimal 5 tahun pada tahun pendaftaran;
  5. Belum memiliki gelar doktor dan tidak sedang menempuh pendidikan jenjang doktor (ongoing); 
  6. Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris dengan ketentuan skor minimal, yaitu: TOEFL iBT® 90; atau TOEFL ITP® 550; atau IELTS™ 6,5, yang masih berlaku (maksimal dua tahun terakhir); 
  7. Mempunyai usulan penelitian (research proposal) 2-4 halaman (title, content, methodology, dan timetable), yang telah disetujui calon pembimbing/supervisor di perguruan tinggi Austria; 
  8. Usia maksimal 35 tahun (pada 31 Desember tahun pendaftaran); 
  9. Memiliki CV dalam bahasa Inggris; 
  10. Memiliki dua (2) buah surat rekomendasi akademik berbahasa Inggris (contoh: dari pembimbing magister atau atasan langsung); 
  11. Memiliki paspor yang masih berlaku (minimal 1 tahun); 
  12. Memiliki Letter of Acceptance (LoA) yang masih berlaku dan tidak bersyarat (unconditional) dari perguruan tinggi tujuan atau dari calon pembimbing/supervisor di perguruan tinggi tujuan; 
  13. Memiliki ijazah dan transkrip nilai pendidikan program magister (dalam bahasa Inggris) sesuai aslinya; 
  14. Sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan surat keterangan dokter rumah sakit pemerintah; dan 
  15. Pelamar yang berstatus suami/istri dan memiliki bidang keilmuan yang sama, tidak diperkenankan melamar pada perguruan tinggi yang sama dan/atau dibimbing oleh supervisor yang sama. 

Persyaratan Administrasi 

Bagi para dosen yang merasa memenuhi persyaratan program beasiswa IASP 2024 yang sudah dijelaskan di atas. Maka bisa mengumpulkan sejumlah berkas atau dokumen yang menjadi syarat administrasi. 

Beberapa dokumen disebutkan menjadi berkas kelengkapan formulir pendaftaran, sehingga wajib dilampirkan saat pendaftaran dilakukan. Berikut detail persyaratan berkasnya: 

  1. Formulir beasiswa, bisa diunduh secara online melalui laman grants.at atau di Beasiswa Dosen Kemdikbud. 
  2. Letter of acknowledgement (tanda penerimaan atau LoA – Surat yang menyatakan kandidat sudah diterima di universitas tujuan) dari supervisor universitas Austria
  3. Deskripsi singkat study project (2 – 4 halaman, judul, isi, metodologi, jadwal waktu) yang telah disetujui supervisor Austria
  4. Dua surat rekomendasi dari dosen universitas asal
  5. Scan paspor (memuat halaman nama dan foto)
  6. Scan ijazah dan transkrip dari studi sebelumnya
  7. CV lengkap
  8. Sertifikat IELTS 6.0 atau TOEFL 550

Jadwal Pendaftaran Beasiswa 

Melalui surat edaran nomor 6125/E4/DT.04.02/2023 tanggal 6 November 2023. Dijelaskan bahwa pembukaan pendaftaran untuk program beasiswa IASP 2024 resmi dibuka dan akan ditutup pada 1 Maret 2024 mendatang. 

Sehingga masih ada waktu beberapa bulan ke depan untuk membantu para dosen melengkapi berkas persyaratan. Sehingga bisa segera melakukan pendaftaran dengan didukung kelengkapan administrasi yang lengkap. 

Program beasiswa ini juga diketahui dalam menentukan penerima akan dilakukan seleksi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah seleksi administrasi, disusul dengan seleksi wawancara. 

Belum dirilis jadwal detail mengenai seluruh tahapan seleksinya, akan tetapi secara umum tidak terpaut jauh dari tanggal penutupan pendaftaran. Jadi, silahkan mempersiapkan berkas pendaftaran dengan baik dan mempersiapkan diri menghadapi seleksi wawancara. 

Mekanisme Pendaftaran 

Lalu, bagaimana cara daftar ke program beasiswa IASP 2024 ini? Pendaftaran dilakukan murni secara online. Bagi para dosen tetap yang berminat dan memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan bisa mendaftar di laman http://beasiswadosen.kemdikbud.go.id/

Setelah mengakses laman tersebut, silahkan memilih menu beasiswa Indonesia — Austria Scholarship Programme (IASP) untuk mengisi formulir pendaftaran yang disediakan. Segera saja lakukan pendaftaran sebelum 1 Maret 2024. 

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja