fbpx

Terbitkan buku lebih cepat HANYA 1 BULAN? Dapatkan fasilitas VIP ini secara GRATIS! Klik di sini

6 Hal Menarik yang Dilakukan Dosen Dalam Kehidupannya, yang Jarang Mahasiswa Ketahui

seorang dosen

Berbicara soal pendidikan, siapa yang tidak kenal dengan sosok seorang dosen yang berada di lingkungan kampus dengan sekelumit misterinya. Ya, tepat sekali siapa lagi kalau bukan dosen, mungkin kebanyakan dari mahasiswa memiliki pengalaman masing-masing dengan sosok tersebut, entah itu menyenangkan maupun sebaliknya, dan biasanya pasti berkaitan dengan aktvitas perkuliahan di kampus.

Mungkin kebanyakan dari mahasiswa, jika ditanya tentang seputar dosen pastinya akan memberikan penjelasan yang panjang lebar, yang tidak jauh dari persoalan tugas kuliah yang banyak, dosen yang killer, pelit nilai, dan lainnya. Namun perlu mahasiswa tau juga bahwa sebenarnya semua dosen itu adalah sosok yang sangat hangat layaknya orang tua.

Ada banyak hal dari kehidupan seorang dosen yang mahasiswa tidak pernah tahu, sehingga terkadang membuatmu memiliki perspektif yang salah. So, daripada terus-menerus menyalahkan dosen, yuk simak hal-hal apa saja yang seorang dosen sering lakukan dan alami dalam kehidupannya.

 

1. Semua Dosen Pasti Selalu Mendoakan Mahasiswanya untuk Bisa Menjadi Orang yang Sukses bahkan kalau Bisa Melebihi Dirinya

Nah, mahasiswa mungkin tidak tahu kalau seorang dosen saking pedulinya kepada mahasiswa, hampir dalam setiap doanya selalu meminta agar anak didiknya bisa meraih cita-cita yang diinginkan, bahkan kalau bisa melebihi dari dirinya sendiri.

Namun, mendoakan seperti itu bukan berarti harus mengatakan kepada mahasiswanya bukan? Itulah alasannya mengapa seoarang dosen tidak patut  dijauhi, atau enggan memperhatikan. Karena dibalik sikapnya yang terkesan sulit dipahami, mahasiswa tidak tahu jika ternyata dosen mahasiswa jauh lebih peduli terhadap masa depanmu.

 

2. Seorang Dosen juga Pasti Pernah Mengalami Perjuangan yang Cukup Sulit dalam Kehidupannya

Siapa bilang jika hidup dosen selalu sejahtera, satu hal yang perlu diketahui bahwa dosen itu juga pernah mengalami masa-masa perjuangan yang sulit bahkan lebih dari kesulitan yang dialami kebanyakan mahasiswa sekarang ini, yang terkadang hanya persoalan kecil sudah membuat malas kuliah.

Bayangkan dengan perjuangan mereka, yang mungkin ketika studi dahulu harus mencari pekerjaan sambilan guna memenuhi kebutuhan selama belajar, karena kondisi ekonomi orang tua yang kurang memungkinkan untuk membiayai, pastinya bukanlah hal yang mudah bukan?
Saat ini, beliau mungkin ketika ke kampus menggunakan mobil yang mewah. Tapi percayalah, mereka tidak serta merta mendapatkannya karena dari awal memiliki uang yang berlebih, akan tetapi dengan jerih payah dan menabung bertahun-tahun.

So, bagi mahasiswa yang sekarang masih memandang dosen dengan cara yang salah, singkirkanlah segera, ada baiknya mahasiswa mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap apa yang ada, sebab menghindari dosen yang tidak mahasiswa sukai bukanlah solusi akan tetapi merupakan sebuah masalah yang mahasiswa buat dan pastinya akan merugikan diri sendiri.

 

3. Seorang Dosen Selalu Ingin Tahu, Mengenai Perkembangan mahasiswa Setelah Lulus

Hal penting lainnya yang harus mahasiswa tahu, jika hubungan seorang dosen dan mahasiswanya itu tidak berakhir setelah wisuda saja, namun akan berlangsung selamanya, ibaratnya seperti memiliki ikatan batin.

Jangan heran kalau misalnya ada saja dosen yang menanyakan kabar terkait perkembanganmu setelah lulus kuliah entah itu ke temanmu, kerabat, atau bahkan lewat social media.

Bagi seorang dosen keberhasilan seorang mahasiswa didikannya adalah salah satu keberhasilannya pula dalam mendidik. Ibaratnya dosen itu adalah pahlawan tanpa tanda jasa.

 

4. Senang Mendengar Kabar Baik dari mahasiswa

Catatan penting untuk mahasiswa, meskipun senakal-nakalnya menjadi mahasiswa tetap saja setelah lulus kuliah, sang dosen tetap merindukanmu apalagi jika bertahun-tahun tidak ada kabar dan tiba-tiba tidak sengaja bertemu pastinya akan menanyakanmu, baik itu tentang kabar, aktivitasmu dan lainnya sekedar pembuka obrolan setelah sekian lama tidak bertemu.

Satu hal yang perlu diingat jika saat bertemu, dosenmu tidak menegur, berharap maklumlah. Karena jumlah mahasiswa yang pernah diampunya pasti berjumlah ratusan bahkan bisa ribuan.

Jika mahasiswa ingin menjalin hubungan yang baik dengan dosen, maka mahasiswa lah yang terlebih dahulu mengakrabkan dan mendekatkan diri, sebab dari situlah dosen akan menilai kepribadian serta kesungguhannya.

Dosen itu bukanlah mahluk yang harus ditakuti, apalagi sampai harus dihindari namun justru ini menjadi tantangan tersendiri untuk mahasiswa agar bisa dekat dengan dosen, karena tidak sedikit seorang dosen mampu mengantarkan mahasiswanya menjadi seseorang yang sukses dan berhasil di dunia kerja. Mahasiswa tentunya mau bukan?

 

5. Seorang Dosen juga Adalah Mahluk Biasa, Bukanlah Mahluk yang Serba Tahu Segalanya

Ini merupakan kesalahan persepsi mahasiswa yang selalu menganggap kalau dosen itu serba tahu segalanya, ibaratnya sudah seperti dewa. Jadi jika ditanya apa saja pasti mengetahui jawabannya, padahal dosen itu juga manusia biasa yang mempunyai banyak kekurangan dan keterbatasan.

Sekelas profesor pun, bukan berarti benar-benar tidak punya salah ketika mengajar. Jadi berhentilah untuk menyakan hal-hal yang sekiranya di luar dari keilmuwan dosennya, apalagi menanyakan hal yang jelas-jelas mereka tidak ketahui.

Jadi, kalau mahasiswa pernah merasa kecewa dosen tidak bisa menjawab pertanyaanmu mungkin ini adalah kode buat mahasiswa , untuk lebih giat lagi belajar dan membaca, bukan justru sebaliknya menyalahkan dosen dengan beranggapan tidak profesional atau bahkan tidak pintar, sebaiknya buanglah jauh-jauh pemikiran seperti itu.

 

6. Dosen itu Bukan Cuek dengan Mahasiswanya, namun Terkadang Lupa Saking Banyaknya Mahasiswa yang Diajar

Hal penting lainnya yang harus mahasiswa ketahui, bahwa dosen itu memiliki mahasiswa yang jumlahnya mungkin sudah tidak terhitung lagi, jadi jangan beranggapan dicuekin jika saat berpapasan tidak ditegur, mungkin itu murni karena dosennya benar-benar lupa. Tidak mungkin bukan jika harus menghafal satu persatu seluruh mahasiswanya.

Jadi jangan terlalu cepat negative thinking dulu dan menganggap kalau dosennya sombong, atau tidak perhatian. Karena mahasiswa pun juga terkadang jika bertemu dosen akan menunduk atau tidak menyapanya duluan.

Well, sejatinya seorang dosen itu dibalik seluruh sikapnya yang terkadang kurang dimengerti mahasiswa, sebenarnya terselip rasa peduli yang tinggi namun jarang diketahui. Mulai sekarang mahasiswa harus lebih menghargai dan menghormati dosenmu ya!

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132