fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Pengumuman Universitas Negeri Surabaya Buka Lowongan Dosen Tetap Non PNS Tahun 2022

Pengumuman Universitas Negeri Surabaya Buka Lowongan Dosen Tetap Non PNS Tahun 2022

Lulus di jenjang Magister atau S2 membuka kesempatan untuk terjun di dunia akademik sebagai dosen. Kabar baiknya, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) buka lowongan dosen tetap non PNS yang bisa diikuti seleksinya. 

Meniti karir di perguruan tinggi negeri tentu menjadi pilihan lebih menarik, karena PTN memiliki kestabilan dari berbagai aspek. Mengingat PTN disokong kebutuhan operasionalnya oleh pemerintah. Lalu, seperti apa lowongan di UNESA? 

Lowongan Dosen di Universitas Negeri Surabaya 

Pimpinan Universitas Negeri Surabaya atau UNESA baru-baru ini merilis pengumuman mengenai dibukanya lowongan dosen. Pengumuman mengenal Universitas Negeri SUrabaya buka lowongan dosen tetap non PNS berdasarkan surat edaran. 

Melalui surat edaran nomor B/56195/UN38/KP.01/2022 tanggal 2 September 2022 tentang Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Non PNS di Lingkungan Universitas Negeri Surabaya Tahun 2022. 

Dalam surat pengumuman tersebut maka secara resmi pihak UNESA sudah membuka pendaftaran untuk lowongan dosen tetap non PNS. Sehingga bagi calon-calon dosen yang memenuhi kriteria atau persyaratan bisa berpartisipasi. 

Apalagi, untuk tahun 2022 UNESA diketahui membuka formasi lowongan dosen yang cukup banyak. Sesuai dengan surat edaran tersebut, UNESA membuka formasi dosen untuk 49 formasi yang nanti mengampu di 7 fakultas dan sekolah tinggi vokasi. 

Formasi Kebutuhan Dosen UNESA 

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, pengumuman Universitas Negeri Surabaya buka lowongan dosen tetap non PNS untuk tahun 2022 ada 49 formasi. Artinya, melalui proses rekrutmen ini akan dipilih 49 dosen baru yang melakukan pendaftaran. 

Dari 49 dosen baru ini rencananya akan diberi amanah untuk mengampu 7 fakultas dan sekolah vokasi yang berada di bawah naungan UNESA. Berikut adalah detail 49 formasi dosen yang dimaksudkan: 

  • Fakultas Ilmu Pendidikan: 7 dosen 
  • Fakultas Bahasa dan Seni: 3 dosen 
  • Fakultas Matematika dan IPA: 2 dosen 
  • Fakultas Sosial dan Hukum: 11 dosen 
  • Fakultas Teknik: 6 dosen 
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis: 6 dosen 
  • Fakultas Ilmu Olahraga: 9 dosen 
  • Vokasi: 5 dosen. 

Bagi calon dosen yang memang mengambil pendidikan formal jenjang S3 sesuai dengan kebutuhan 49 formasi tersebut. Maka bisa mengecek apa saja persyaratan yang ditentukan oleh pihak UNESA. 

Sebab dilansir dari detik.com, lowongan dosen UNESA tahun 2022 ini memang ditujukan kepada dosen yang memiliki ijazah S3. Sehingga untuk para calon dosen yang masih memiliki ijazah S2 belum bisa ikut berpartisipasi. 

Baca Juga:

Cara Mengetahui NIDN Dosen 

Tips Sertifikasi Dosen 

Cara Menghitung Beban Kerja Dosen 

Dosen Pengampu dan Kategori Dosen Lainnya

Persyaratan Menjadi Dosen UNESA 

Adapun persyaratan yang ditetapkan oleh pihak UNESA terkait dibukanya lowongan dosen tetap non PNS tahun 2022 adalah sebagai berikut: 

1. Persyaratan Umum 

Persyaratan yang wajib dipenuhi calon dosen terbagi menjadi dua kategori, pertama adalah persyaratan umum. Persyaratan umum ini sifatnya mendasar dan wajib dipenuhi oleh semua dosen yang melamar di 49 formasi yang dibuka. Berikut detailnya: 

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Tidak terafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.
  • Kriteria usia maksimal 40 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 September 2O22.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  • Tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  • Tidak terikat hubungan kerja dengan institusi/perguruan tinggi Lainnya pada waktu dinyatakan diterima.
  • Satu peserta hanya dapat mendaftar pada satu formasi.

2. Persyaratan Khusus

Persyaratan yang kedua adalah persyaratan khusus, yakni jenis persyaratan yang berada di luar persyaratan umum di atas. Persyaratan khusus ini sendiri adalah sesuai dengan kebijakan internal UNESA. Berikut daftarnya: 

  • MemilIki pendidikan paling rendah Doktor/Spesialis I atau yang setara dari perguruan tinggi dalam negeri terkemuka (terakreditasi A) atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK):
  1. Minimal 3.25 (skala nilai 0-4) untuk lulusan Program Studi yang terakreditasi A.
  2. Minimal 3.5 (skala nilai 0-4) untuk lulusan Program Studi yang terakreditasi B. 
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Memiliki Kualifikasi pendidikan yang linear dengan jenjang pendidikan sebelumnya. 

Tata Cara Melamar Dosen di UNESA 

Sementara untuk pendaftaran atas pengumuman Universitas Negeri SUrabaya buka lowongan dosen tetap non PNS tahun 2022. Pendaftaran dilakukan secara online, yakni melalui laman https://recruitment.unesa.ac.id

Dalam pendaftaran, calon dosen cukup mengisi formulir yang sudah disediakan sekaligus melampirkan sejumlah dokumen sesuai persyaratan yang sudah dijelaskan. Pendaftaran ini sendiri dibuka sampai 12 Oktober 2022. 

Sehingga bagi calon dosen yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan pihak UNESA dan juga ingin menjadi dosen tetap. Silahkan memanfaatkan kesempatan satu ini, apalagi tidak setiap tahun PTN di Indonesia termasuk UNESA membuka lowongan dosen tetap. 

Tips Lolos Seleksi Dosen di UNESA 

Rekrutmen dosen baru di UNESA tentu menjadi angin segar bagi siapa saja yang ingin menjadi dosen sejak lama. Berhubung UNESA adalah PTN dan juga memiliki kualitas yang sudah terbukti. Maka diperkirakan peminatnya cukup banyak. 

Memperbesar peluang untuk lolos dalam proses rekrutmen dosen tetap non PNS tersebut. Calon dosen bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini: 

1. Penuh Persyaratannya 

Tips yang pertama adalah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Sesuai penjelasan di atas maka calon dosen di UNESA diharapkan lulusan minimal S3 dan linier dengan jurusan pendidikan di S2. Selain itu ada beberapa persyaratan administrasi yang wajib dipenuhi. 

2. Pastikan Berkas Lamaran Lengkap 

Tips yang kedua adalah memastikan lamaran yang diajukan memenuhi seluruh berkas yang sudah disebutkan atau diminta. Jadi, baca baik-baik informasi lowongan dosen tetap non PNS tersebut. 

Catat dokumen apa saja yang diperlukan untuk melengkapi berkas lamaran yang dilampirkan ketika melakukan pendaftaran. Tujuannya agar bisa lolos seleksi di tahap administrasi, sehingga bisa maju ke tahap berikutnya yang lebih sulit. 

3. Punya Nilai Tambah 

Mengantisipasi adanya persaingan ketat di dalam informasi Universitas Negeri Surabaya buka lowongan dosen tetap non PNS tersebut. Maka calon dosen perlu memiliki nilai tambah yang bisa diperhitungkan pihak kampus. 

Nilai tambah ini bisa dari ijazah yang berasal dari perguruan tinggi bergengsi, baik di dalam maupun luar negeri. Memiliki banyak keterampilan, misalnya punya pengalaman sebagai asisten dosen maupun yang lainnya. 

Berhubung pendaftaran untuk informasi lowongan dosen di UNESA masih dibuka. Maka silahkan melakukan pendaftaran, sebab setelah diterima maka status yang dimiliki adalah dosen tetap. Sehingga bisa segera memiliki NIDN dan mengurus jabatan fungsional.

Artikel Terkait:

Tunjangan PNS di Luar Gaji Pokok, Ini Besarannya

Berapa Gaji dan Tunjangan Profesor? Berikut Detailnya

Mau Tau Gaji Dosen PNS? Simak ini

Dosen Luar Biasa

Dosen Kontrak

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132