fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Format Surat Lamaran Dosen CPNS 2023

surat lamaran dosen cpns

Surat lamaran dosen CPNS diketahui menjadi dokumen penting dan wajib dilampirkan para pelamar di formasi dosen untuk CPNS tahun 2023. Surat lamaran ini kemudian menjadi syarat administrasi. 

Sehingga untuk bisa lolos di tahap administrasi, para pelamar di formasi dosen wajib melampirkan surat lamaran. Tentunya bukan hanya sekedar membuat dan dilampirkan, melainkan sudah dipastikan sesuai ketentuan. Berikut detail informasinya. 

Apakah Surat Lamaran CPNS Tulis Tangan?

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemdikbud Ristek secara resmi mengumumkan pembukaan formasi CPNS 2023. Pengumuman ini sendiri dirilis pada 27 September 2023 kemarin dan ada formasi untuk dosen. 

Bagi siapa saja yang merasa memenuhi syarat untuk ikut seleksi CPNS dosen tahun 2023, maka bisa menyiapkan dokumen pendaftaran. Salah satu dokumen yang wajib dilampirkan saat pendaftaran ke formasi ini adalah surat lamaran. 

Terkait surat lamaran dosen CPNS 2023, apakah harus ditulis manual menggunakan tangan? Sesuai dengan pengumuman resmi dari Kemdikbud Ristek, dijelaskan bahwa pelamar atau pendaftar CPNS dibebaskan untuk memilih menulisnya secara manual atau diketik. 

Sehingga untuk surat lamaran, pelamar bisa mengetik di perangkat elektronik mengikuti ketentuan. Opsional lain adalah ditulis manual dengan tangan dan wajib menggunakan pulpen dengan tinta warna hitam. 

Sebelum itu, pahami perbedaan dosen PNS dan PPPK.

Kapan Surat Lamaran Dikumpulkan?

Lalu, kapan surat lamaran dosen CPNS tersebut harus dikumpulkan? Seperti yang diketahui, surat lamaran dan dokumen pendaftaran CPNS di formasi dosen dilakukan secara elektronik di situs SSCASN. 

Mengenai kapan surat lamaran ini dikumpulkan adalah sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan instansi, lembaga, atau kementerian yang membuka formasi. Khusus untuk lamaran dosen, pengumpulan bisa dilakukan sejak pengumuman dirilis, sejak 27 September 2023 sampai 9 Oktober 2023 mendatang. Jadi, manfaatkan waktu yang tersisa untuk melengkapi berkas lamaran dan pastikan sudah lengkap serta sesuai. 

Adapun jadwal awal sampai tenggat waktu pendaftaran CPNS di formasi dosen tahun 2023 bisa berubah. Maka silakan rajin mengecek situs resmi Kemdikbud Ristek maupun aktif login ke laman SSCASN untuk update jika sewaktu-waktu adalah perubahan jadwal. 

Format Surat Lamaran

Bicara mengenai surat lamaran dosen CPNS untuk tahun 2023, tentu akan mempertanyakan mengenai format. Sejalan dengan pembukaan CPNS maupun PPPK di tahun-tahun sebelumnya, aturan terkait format masih belum berubah. Namun, sebelum akhirnya mendaftar, apakah Anda sudah tau jenjang karir dosen PNS? Pelajari dulu Jenjang Karir Dosen PNS yang Wajib Anda Ketahui dulu, baru daftar.

Jadi, para calon dosen yang ingin ikut seleksi CPNS formasi dosen tahun ini wajib mengikuti ketentuan format yang ditetapkan Kemdikbud Ristek. Format ini berlaku untuk surat lamaran yang diketik secara elektronik maupun manual. Berikut detail format surat lamaran dosen CPNS:

format surat lamaran dosen cpns

Tips Membuat Surat Lamaran Dosen CPNS

Menjadi dosen CPNS maupun PPPK tentu menjadi keinginan sebagian besar dosen di Indonesia. Sebab berkesempatan menjadi dosen yang diberikan naungan penuh oleh pemerintah dan mendapatkan jaminan dengan sejumlah fasilitas. Termasuk dana pensiun. 

Namun, untuk menjadi dosen PNS proses seleksi CPNS maupun PPPK harus dilalui dan diketahui tidak mudah. Sebab persaingannya ketat dan proses seleksinya bertahap-tahap. Sebagai upaya untuk lolos proses seleksi ini, maka perlu melengkapi berkas lamaran sesuai ketentuan. 

Terkait surat lamaran dosen CPNS tahun 2023, berikut beberapa tips yang perlu diterapkan untuk memperbesar peluang lolos seleksi setidaknya seleksi administrasi: 

1. Pastikan Sesuai dengan Format 

Tips pertama dalam menyusun surat lamaran untuk formasi dosen di CPNS 2023 adalah memastikan sudah sesuai format. Sesuai penjelasan sebelumnya, kesesuaian dengan format yang ditetapkan Kemdikbud Ristek adalah wajib. 

Jadi, silahkan mengunduh dokumen yang menjelaskan format surat lamaran tersebut. Pastikan untuk mengikuti format ini, baik ketika diketik secara elektronik maupun ditulis manual dengan tangan. 

Jangan sampai berpikiran bahwa format ini tidak menarik, tidak lengkap, dan sebagainya. Sebab format ini sifatnya wajib dan menjadi syarat agar dinyatakan lolos di tahap seleksi administrasi. Maka jangan menciptakan format surat lamaran sendiri. 

2. Perhatikan Aspek Kerapian Surat Lamaran 

Tips kedua dalam menyusun surat lamaran dosen CPNS tahun 2023 adalah memastikan sudah rapi. Kerapian ini sangat penting karena akan membuat berkas lamaran menjadi enak dilihat, bisa dibaca, dan lebih mudah dinyatakan lolos tahap administrasi. 

Aspek kerapian ini berlaku untuk surat lamaran yang diketik secara elektronik maupun ditulis manual dengan tangan. Jadi, atur spasi dan pengaturan rata kanan kiri sebelum mulai menulis isi surat lamaran. 

Pastikan mengikuti format dan sudah dirapikan sebelum dikirimkan. Jika diketik manual, maka pastikan sudah dibuat rapi dan bisa dibaca. Jika merasa hasil tulisan manual kurang rapi, bisa mempertimbangkan untuk beralih diketik secara elektronik.

3. Baca Ulang dan Pastikan Tidak Ada Kesalahan 

Tips ketiga adalah membaca ulang dari surat lamaran dosen CPNS yang sudah selesai disusun. Tujuannya adalah untuk mengecek atau memeriksa ada tidaknya kesalahan. 

Mulai dari kesalahan ketik alias typo, adanya data yang kurang, ada kesalahan dalam penulisan data seperti nama maupun tanggal lahir, dan lain sebagainya. Jadi, pastikan betul isi surat lamaran sudah benar dan aktual agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. 

4. Scan dan Pastikan Sesuai Ketentuan 

Berhubung pendaftaran CPNS tahun 2023 dilakukan murni secara online, maka seluruh berkas wajib di-scan. Silahkan scan surat lamaran dan berkas lain sesuai ketentuan dari formasi dosen di CPNS tahun 2023. 

Hasil scan ini kemudian membuat berkas yang tadinya berfisik menjadi elektronik. Pastikan sudah diatur mengikuti ketentuan. Mulai dari memastikan hasil scan bisa dibaca, ukuran file tidak melebihi batas maksimal sesuai ketentuan, format elektronik sudah sesuai apakah JPEG, PDF, atau yang lainnya, dll. 

5. Pastikan Sudah Dibubuhkan E-Materai 

Tips berikutnya adalah memastikan surat lamaran dosen CPNS sudah dibubuhi materi. Sejak tahun 2021, sudah dirilis E-Materai dan untuk CPNS tahun 2023 seluruh dokumen sudah diwajibkan menggunakan E-Materai atau materai elektronik tersebut. 

Lalu, bagaimana mendapatkan E-Materai? E-Materai bisa didapatkan di sejumlah penyedia resmi dan cara terpraktis adalah melakukan pembelian langsung melalui situs SSCASN. Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Buka browser di perangkat dan buka laman daftar-sscasn.bkn.go.id/login. Silahkan login menggunakan username dan password yang sudah disetting saat registrasi akun. 
  2. Pilih menu “Cek Akun E-Materai”, silahkan registrasi akun mengikuti ketentuan dengan klik pilihan “Registrasi E-Materai”. 
  3. Silahkan klik menu “Pembelian” untuk membeli E-Materai. Lalu, lanjutkan ke proses pembayaran. Silahkan ikuti instruksi yang ditampilkan sistem di layar perangkat Anda. 
  4. Untuk menambahkan E-Materai ke surat lamaran, silahkan pilih menu “Unggah” di akun E-Materai yang Anda miliki. 
  5. Unggah dokumen dan silahkan atur penempatan E-Materai di dokumen tersebut. 
  6. Jika sudah, klik “Unggah E-Materai”. 
  7. Kemudian, cek riwayat status pembubuhan E-Meterai yang berhasil dengan klik “cek riwayat pembubuhan”. Selanjutnya klik unggah pdf yang sudah ada E-Materai. 
  8. Pilih dokumen lalu klik “open”. 
  9. Pengunggahan dokumen E-Meterai sudah selesai.

Khusus untuk dokumen dengan E-Materi tidak harus ditimpa dengan tanda tangan. Sehingga tinggal diatur penempatannya sesuai ketentuan dalam dokumen dan bisa diunggah saat mendaftar CPNS dosen. 

Itulah beberapa tips dalam menyusun surat lamaran dosen CPNS tahun 2023. Semakin sesuai dengan ketentuan, semakin memperbesar peluang lolos tahap administrasi. Sehingga bisa berlanjut ke seleksi tahap berikutnya. Pastikan sudah mengirimkan berkas lamaran sebelum tenggat waktu yang ditetapkan Kemdikbud Ristek. 

Sebelum berkarir menjadi dosen, sebaiknya Anda mempelajari dahulu seputar jenjang karir dosen dari A sampai Z. Kumpulan artikel berikut akan membantu Anda:

Setelah membaca artikel ini, Anda dapat mengerjakan surat lamaran untuk pendaftaran CPNS sekaligus tips pembuatannya. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya ke rekan Anda. Semoga Anda lolos dan menjadi dosen PNS!

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132