fbpx

Tips Mendapatkan Situs Jurnal Ilmiah Kredibel

Tips Mendapatkan Situs Jurnal Ilmiah Kredibel

Tips mendapatkan situs jurnal ilmiah kredibel – Bagi dosen maupun mahasiswa tingkat akhir yang sibuk mengurus skripsi, kunjungan ke berbagai situs jurnal tentu menjadi sebuah rutinitas. Jurnal ilmiah diperlukan untuk referensi atau daftar pustaka dari penyusunan karya tulis ilmiah. 

Baik itu skripsi dan tesis bagi para mahasiswa maupun untuk sumber dari penulisan laporan penelitian bagi kalangan dosen. Semakin kesini proses mencari jurnal semakin mudah. Tidak hanya ada satu situs untuk mengakses jurnal namun semakin banyak. 

Namun, bagaimana mengetahui situs jurnal tersebut menyajikan referensi yang kredibel? Tentu perlu dicek dan dilacak kredibilitas dari situs tersebut seperti apa. Supaya jurnal yang diambil dari hasil referensinya juga sama berkualitasnya. 

Baca juga : Persyaratan Umum Dan Administrasi Untuk Mengurus NIDN

Tips Mendapatkan Situs Jurnal yang Kredibel 

Berikut adalah sejumlah tips yang bisa membantu kamu untuk menemukan dan menentukan situs mana yang memang kredibel untuk mencari jurnal ilmiah: 

1. Memeriksa Kualitas Jurnal yang Direferensikan 

Langkah mudah pertama untuk mengetahui kredibilitas dari sebuah situs pencari jurnal ilmiah, adalah dengan memeriksa kualitas jurnal yang direferensikan situs tersebut. 

Kamu bisa mengecek kualitas jurnal ini dengan cara membuka situs Scientific Journal Ranking. Situs ini akan membantu mengetahui apakah jurnal referensi situs sebelumnya sudah masuk ke dalam Scopus Q1-Q4. 

Semakin tinggi nilai Quartile atau Q, dan paling tinggi adalah Q1 maka makin berkualitas jurnal tersebut. Jika jurnal hasil referensi situs ini punya kualitas baik, maka situs tersebut bisa diandalkan dan dipercaya. 

2. Mengecek Domain Situs 

Mengecek domain situs jurnal juga sangat penting untuk memastikan situs tersebut memang kredibel. Secara umum situs yang bersangkutan merupakan situs dengan domain khusus untuk penelitian dan akses pendidikan. 

Misalnya saja menggunakan domain .gov, .edu, .ec, .org, atau mungkin menggunakan .net. Hasil penelitian dan jurnal pendidikan akan dipublikasikan di situs dengan domain-domain umum tersebut. 

3. Mempertimbangkan Situs Jurnal Populer 

Tips berikutnya adalah yang paling praktis, yakni langsung menuju ke situs jurnal yang populer dan banyak diakses para mahasiswa, dosen, dan peneliti. Ada banyak situs populer untuk tujuan mengakses berbagai jurnal ilmiah internasional maupun nasional. 

Silahkan mencoba mengunjungi salah satunya untuk mencari referensi yang sesuai dengan karya ilmiah atau penelitian yang dilakukan. Mencari jurnal terbaik juga bisa mengunjungi beberapa situs sekaligus, agar ada banyak perbandingan. 

4. Minta Saran dari Sumber yang Tepat 

Tips berikutnya adalah meminta saran dari orang yang sudah berpengalaman dan paham betul bagaimana mencari jurnal ilmiah. Sehingga selain dibantu mencari situs jurnal terbaik dan dijamin kredibel. 

Kamu juga akan dibantu untuk mengecek jurnal mana saja yang relevan dengan karya tulis maupun penelitian yang tengah dilakukan. Sekaligus membantu memilihkan jurnal terbaik untuk digunakan atau malah memberikan jurnal berkualitas secara langsung. 

5. Rekomendasi Situs Jurnal Kredibel 

Setelah mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk mengecek kredibilitas sebuah situs jurnal ilmiah. Maka kamu bisa mencoba mencari rekomendasi terbaik dan populer, beberapa diantaranya adalah: 

  • DOAJ (Directory of Open Access Journals). 
  • Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia). 
  • LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). 
  • JERN (Journal of Education and Research). 
  • Google Scholar. 
  • Citeseer. 
  • Biomed Central. 
  • PubMed Central. 
  • dan lain sebagainya. 

Beberapa perguruan tinggi juga sudah menjalin kerjasama dengan pengelola situs jurnal dan pihak lainnya. Sehingga memberikan referensi situs terbaik untuk mahasiswa yang sedang mencari jurnal ilmiah. 

Kamu bisa mencoba menanyakan ada tidaknya rekomendasi situs jurnal tersebut di pihak kampus, misalnya di bagian akademik maupun ke kakak tingkat. 

Penulis : duniadosen.com/Pujiati
Editor : Wahyudha Wibisono

Sumber :
https://www.kalderanews.com/
https://andykamt.com/
https://yoursay.suara.com/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

DOWNLOAD EBOOK GRATIS
⚠️Hanya Bisa Didownload Selama Ramadan

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja