fbpx

Terbitkan buku lebih cepat HANYA 1 BULAN? Dapatkan fasilitas VIP ini secara GRATIS! Klik di sini

Mengenal Roadmap Penelitian dalam Proposal Hibah, Jangan Terlewat!

roadmap penelitian dalam proposal

Memperbesar peluang lolos dalam seleksi program hibah, maka perlu menyusun roadmap penelitian dalam proposal hibah yang diusulkan. Roadmap penelitian disebut juga dengan istilah peta jalan yang akan memberi penjelasan mengenai seluruh rencana penelitian. 

Roadmap penelitian wajib dicantumkan di dalam proposal penelitian untuk menjelaskan kegiatan penelitian sudah terinci dengan baik. Hal ini kemudian sangat menentukan suatu proposal usulan akan diterima atau justru sebaliknya. 

Bentuk Roadmap Penelitian

Menurut Merriam-Webster (2009), roadmap adalah rencana detil untuk memandu pencapaian tujuan. Dalam penelitian, ada istilah roadmap penelitian yang artinya rencana detail untuk mencapai tujuan dari kegiatan penelitian. Hal ini wajib dijelaskan di dalam proposal usulan. 

Membantu para dosen untuk menyusun roadmap penelitian dalam proposal hibah. Maka penting untuk memahami bentuk penyajian roadmap penelitian tersebut. Dimana ternyata bisa disajikan atau dijelaskan dosen dalam beberapa bentuk sesuai kondisi dan kebutuhan. 

Dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Dosen Pemula bagi Dosen PTS (2) yang diunggah di kanal YouTube LLDIKTIK WILAYAH 4. Dijelaskan bahwa roadmap penelitian bisa dalam tiga bentuk, yaitu: 

a. Roadmap R&D 

Bentuk pertama dari roadmap penelitian adalah roadmap R&D (Research and Development). Sesuai namanya, roadmap R&D ini bertujuan untuk melakukan pengembangan terhadap suatu hal yang dijadikan bahan (topik) penelitian. 

Bentuk ini menjelaskan bahwa penelitian yang dilakukan dosen nantinya akan mengembangkan suatu teori, teknologi, maupun yang lainnya. Sehingga bisa didapatkan IPTEK yang lebih baik. Entah itu lebih efektif, lebih efisien, dan sebagainya. 

b. Roadmap Teknologi 

Bentuk kedua dari roadmap penelitian dalam proposal hibah adalah roadmap teknologi. Yaitu gambaran strategis yang mendetail tentang arah dan perkembangan sistem teknolog. 

Secara sederhana, roadmap teknologi penelitian adalah susunan rencana kegiatan penelitian berkelanjutan dengan fokus utama mengembangkan maupun menemukan teknologi baru yang lebih baik dan lebih canggih. 

c. Roadmap Produk 

Bentuk roadmap penelitian yang terakhir adalah roadmap produk, yaitu rencana kegiatan penelitian berkelanjutan dengan tujuan menghasilkan produk (baik produk baru maupun produk pengembangan dari produk yang sudah ada, tetapi lebih baik). 

Sehingga dalam roadmap satu ini, dosen nantinya akan menghasilkan atau menemukan suatu produk. Secara umum produk yang ditemukan bisa bermanfaat dan di masa mendatang bisa dikomersilkan. 

Bicara mengenai bentuk-bentuk roadmap penelitian dalam proposal hibah. Dosen bisa fokus di satu bentuk roadmap, akan tetapi bisa kombinasi dari ketiganya. Sehingga proposal hibah yang diajukan berisi roadmap R&D, teknologi, dan juga produk sekaligus. 

Sedang menyusun proposal hibah? Jangan lewatkan informasi ini:

Bagian yang Terdapat pada Roadmap Penelitian

Membahas mengenai roadmap penelitian dalam proposal hibah, maka akan membahas mengenai bagian dari roadmap tersebut. Bagian di dalam roadmap penelitian terdapat tiga poin, mencakup:

1. Penelitian Dasar 

Bagian pertama di dalam roadmap penelitian adalah penelitian dasar. Penelitian dasar ini disebut dengan penelitian R&D yang menjadi salah satu bentuk dari roadmap penelitian. 

Penelitian dasar disebut juga dengan penelitian murni dan penelitian fundamental. Penelitian dasar adalah penelitian yang ditujukan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan bertujuan untuk mengembangkan teori-teori yang ada atau menemukan yang baru.

Penelitian ini sesuai istilahnya, adalah penelitian yang paling pertama dilakukan seorang dosen atau peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bidang keilmuan dosen, masalah yang terjadi di masyarakat, dan solusi terbaik untuk mengatasinya. Sehingga bisa mendapatkan temuan sebagai solusi. 

2. Penelitian Pengembangan 

Bagian kedua dalam roadmap penelitian dalam proposal hibah adalah penelitian pengembangan. Dalam bentuk roadmap penelitian yang dijelaskan sebelumnya, penelitian pengembangan termasuk bentuk penelitian produk. 

Penelitian pengembangan adalah penelitian lanjutan dari penelitian dasar yang sudah dilakukan dosen. Sehingga penelitian dasar wajib diselesaikan dulu, baru kemudian melaksanakan penelitian pengembangan. 

Tujuannya agar hasil di penelitian dasar (baik teori, teknologi, dan produk) bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Suatu temuan tentu seiring berjalannya waktu akan memiliki kekurangan, maka pengembangan penting dilakukan. 

Contohnya, penelitian yang menemukan jaringan 3G. Dulunya jaringan internet ini dikenal yang tercepat sampai ada penelitian pengembangan dan menemukan jaringan LTE (4G) lalu disusun jaringan 5G.

Tanpa pengembangan kecepatan akses internet akan stagnan dan memicu permasalahan di masyarakat. Semua temuan dalam penelitian sifatnya wajib dikembangkan untuk kemajuan IPTEK dan peradaban manusia di seluruh dunia. 

3. Penelitian Terapan 

Bagian terakhir dari roadmap penelitian dalam proposal hibah adalah penelitian terapan. Penelitian terapan termasuk bentuk roadmap teknologi. Sebab temuan dalam bentuk teknologi ini perlu diterapkan (diimplementasikan) langsung. 

Secara umum penelitian terapan adalah  jenis penelitian yang bertujuan untuk mengatasi masalah praktis dan meningkatkan situasi dunia nyata. Artinya, ada proses menerapkan atau mengimplementasikan temuan di penelitian sebelumnya. 

Misalnya, di penelitian sebelumnya dosen menemukan teknologi AI. Maka teknologi ini perlu diterapkan untuk diketahui seberapa besar manfaatnya bagi manusia di berbagai bidang pekerjaan. 

Jika ditemukan kekurangan maka perlu dilakukan riset pengembangan, begitu seterusnya. Sehingga adanya penelitian terapan membantu mengukur efektivitas dan efisiensi dari temuan penelitian di masyarakat. 

Informasi berikut akan membantu Anda dalam menyusun Proposal Penelitian :

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menyusun Roadmap Penelitian

Ketika menyusun roadmap penelitian dalam proposal hibah ada beberapa hal penting perlu diperhatikan. Salah satunya adalah memenuhi prinsip dalam menyusun roadmap penelitian itu sendiri. Berikut prinsip roadmap penelitian yang harus diikuti:

1. Jelas 

Hal pertama yang harus diperhatikan dari susunan roadmap adalah jelas, sehingga perlu dijabarkan secara ringkas dan padat. Roadmap penelitian disarankan untuk disajikan dalam bentuk grafik dibanding teks di dalam proposal usulan agar tidak boros kata. 

2. Dapat Dilaksanakan 

Dosen wajib memastikan roadmap penelitian yang disusun bisa dilaksanakan. Sehingga perlu memperhatikan ada tidaknya aspek pendukung. Seperti ketersediaan peralatan, SDM, dan lain sebagainya. 

3. Terukur 

Hal penting berikutnya adalah roadmap yang disusun harus terukur. Artinya program, kegiatan, target, waktu, dan outcomes harus dapat diukur. Sehingga lebih mudah ditentukan bisa tidaknya dilaksanakan dan bagaimana penilaiannya. 

4. Adjustable (Dapat Menyesuaikan)

Roadmap penelitian juga harus adjustable atau dapat menyesuaikan. Artinya roadmap ini mengakomodasi umpan balik dan perbaikan ketika dibutuhkan. Sebab rencana penelitian 10 tahun mendatang sangat mungkin harus diubah di tahun pelaksanaan. 

5. Terinci 

Terinci disini artinya roadmap harus merupakan rincian dari pelaksanaan kegiatan dan hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut. Sehingga roadmap dengan jangka waktu 10 sampai 20 tahun bisa dijabarkan dengan rinci agar bisa dipahami. 

6. Disepakati 

Berikutnya, roadmap penelitian dalam proposal hibah harus disepakati. Artinya roadmap harus merupakan kesepakatan bersama yang memberikan gambaran kesadaran akan tanggung jawab yang harus diselesaikan kelompok pengusul.  

Baca Juga:

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132