fbpx

Penawaran Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) 2022

Penawaran Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) 2022

Semakin banyak pelaku wirausaha di sebuah negara maka semakin tinggi lapangan pekerjaan terbuka bagi masyarakat. Kemajuan perekonomian masyarakat juga lebih mudah tercapai. 

Kini mendirikan usaha tidak sesusah di masa sebelum internet dikenal luas dan dimanfaatkan secara kreatif seperti sekarang. Pelaku wirausaha kini bisa merintis usaha berbasis digital seperti startup yang memiliki potensi besar untuk sukses. 

Lewat fakta tersebut, pemerintah bersama Kemendikbud Ristek menggelar Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa atau IWDM untuk tahun 2022. Program ini merupakan pengembangan dari program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI). 

Penawaran Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa 2022 

Memperkenalkan kegiatan wirausaha di lingkungan pendidikan tinggi sudah mulai dilakukan sejak tahun 2019. Harapannya semakin banyak mahasiswa yang setelah menyelesaikan studinya bisa menjadi wirausaha dan membuka jutaan lapangan pekerjaan di masyarakat. 

Tahun 2019, Program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) dirilis oleh Kemendikbud. Lewat program tersebut, banyak perguruan tinggi di Indonesia berhasil merintis perusahaan startup yang memiliki potensi gemilang. 

Kesuksesan program tersebut kemudian disusul dengan menghadirkan program hasil pengembangannya. Yakni  Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IDWM) yang diselenggarakan pertama kali di tahun 2022. 

Program ini merupakan program baru yang memiliki visi dan misi memperkenalkan kegiatan wirausaha kepada mahasiswa. Sehingga ada banyak mahasiswa yang berminat menjadi wirausaha setelah mengikuti program atau setelah lulus kuliah. 

Program ini sudah mulai disosialisasikan ke sejumlah perguruan tinggi dan sudah disusun segala kebijakan dan ketentuan di dalamnya. Mulai dari persyaratan, ketentuan seleksi, ketentuan pendanaan, dan lain sebagainya. 

Program IWDM Tahun 2022 kemudian bisa diikuti oleh perguruan tinggi dan mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Perguruan tinggi di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi bisa mengikuti program. 

Pengajuan proposal program wirausaha berbasis digital atau IWDM sudah resmi dibuka sejak 27 Mei 2022 dan diumumkan melalui surat edaran dengan nomor 2491/E2/KM.12/2022. 

Pengajuan proposal program ditutup pada 27 Juni 2022 mendatang, sehingga ada kesempatan satu bulan untuk menyusun proposal dan mengajukannya sesuai ketentuan. Mengenai info tentang Program IWDM Tahun 2022 bisa diakses melalui laman https://kesejahteraan.kemdikbud.go.id/iwdm

Tentang Program IWDM 

Menjadi wirausaha adalah pilihan yang menarik, dan melalui program IWDM Tahun 2022 impian menjadi wirausaha bisa selangkah bisa diwujudkan. Sebab peserta yang lulus seleksi nantinya akan menerima pendanaan untuk proposal wirausaha yang diajukan. 

Adapun yang dimaksud dengan IWDM sendiri adalah program pendanaan yang memfasilitasi mahasiswa untuk menjadi pelaku wirausaha berbasis digital sekaligus memfasilitasi perguruan tinggi untuk mendukung mahasiswa menjadi wirausaha digital. 

Sebagaimana yang disampaikan di awal, Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa merupakan program pengembangan. Yakni dari program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) yang mulai digelar pada tahun 2019 lalu. 

Pengembangan tersebut bertujuan untuk lebih memperluas manfaat program dan juga memberikan fasilitas yang lebih kompleks lagi. Apalagi setelah dua tahun lamanya perekonomian di Indonesia sedang menurun progresnya. 

Tidak hanya membuat pelaku usaha digital yang masih skala kecil, pandemi bahkan telah melumpuhkan usaha skala besar. Tahun 2022 disebut-sebut sebagai momentum kebangkitan perekonomian di Indonesia pasca pandemi. 

Semakin banyak masyarakat yang kembali bergeliat menjalankan usahanya, dan sebagian besar merintis usaha berbasis digital. Sebab potensi usaha digital memang sangat bagus ditunjang dengan perkembangan teknologi dan internet. 

Sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong kegiatan wirausaha yang membantu memperbaiki perekonomian pasca pandemi. Maka Kemendikbud Ristek mencoba menggelar berbagai program dengan unsur kewirausahaan di dalamnya. 

Salah satunya adalah Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa  yang sudah mulai disosialisasikan. Sekaligus sudah dibuka pendaftaran proposal program wirausaha dari mahasiswa di seluruh perguruan tinggi yang sudah memenuhi persyaratan program. 

Perkembangan usaha digital memang sangat baik di Indonesia. Dilansir dari berbagai sumber ada banyak sektor usaha digital berkembang di tanah air. 

Seperti layanan pesan instan, permainan, Software as a Service, Artificial Intelligence, travel, transportasi, pendidikan, kesehatan, hingga keuangan atau teknologi finansial. Kedepannya diharapkan dengan IWDM mendorong lebih banyak sektor wirausaha tumbuh di Indonesia. 

Baca Juga:

Ditjen Dikti Ristek Siap Luncurkan Program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) Tahun 2022

Pendaftaran 3 Workshop Pengelola Jurnal Dirjen Dikti Ristek

Program Terobosan Kemendikbud Ristek untuk Tahun 2022

Undangan Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) LLDIKTI Wilayah III Tahun 2022

Persyaratan Mengikuti Program 

Bagi mahasiswa yang tertarik menjadi wirausaha maupun ingin mencoba mengenal dunia wirausaha. Maka ada baiknya memanfaatkan program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa. Sebab lewat program ini tersedia fasilitas untuk merintis usaha sendiri. 

Bahkan sejak masih berstatus sebagai mahasiswa dengan fasilitas berbentuk pendanaan dari pemerintah. Sekaligus fasilitas pendampingan dari dosen-dosen pilihan yang dipercaya Kemendikbud Ristek menjadi pendamping mahasiswa di program tersebut. 

Sebagaimana program lain yang diselenggarakan pemerintah, program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa juga memiliki sejumlah syarat untuk dipenuhi. Diantaranya adalah: 

1. Perguruan Tinggi

  • Perguruan Tinggi Akademik di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemdikbud Ristek.
  • Tidak sedang dikenakan sanksi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemdikbud Ristek. 
  • Perguruan Tinggi dan/atau program studi terakreditasi.
  • Melaksanakan proses seleksi internal proposal usaha digital dari kelompok mahasiswa berwirausaha di perguruan tinggi.
  • Mengajukan usulan proposal dan data pendukung sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pada panduan.
  • Membuat surat pernyataan kesediaan melaksanakan program yang ditandatangani oleh Pimpinan Perguruan Tinggi, dan juga 
  • Setiap kelompok wajib didampingi oleh satu pembimbing/mentor yang ditunjuk oleh perguruan tinggi.

2. Mahasiswa

  • Mahasiswa aktif jenjang Sarjana maksimal semester 7 pada saat kegiatan dilaksanakan, terdaftar di Pangkalan Data DIKTI (PDDIKTI) pada perguruan tinggi.
  • Setiap kelompok terdiri dari ketua dan anggota dengan jumlah 3-5 mahasiswa. 
  • Mahasiswa yang menjalankan kegiatan wirausaha digital dari tahap awal (prototype) dan tahap lanjut (scale up) dalam bentuk usaha digital. Usaha digital yang dimaksud adalah minimal calon perusahaan pemula yang memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan solusi dari permasalahan masyarakat Indonesia. Contoh: EduTech, HealthTech/MedTech, FinTech, AgriTech, Marketplace/e-Commerce, IoT, AR/VR, dll.

Proses Pengusulan Proposal dan Seleksi 

Proposal program IWDM Tahun 2022 sudah bisa diajukan, pastikan untuk mempersiapkan proposal tersebut sebaik mungkin. Sebab bisa mendapatkan dukungan penuh untuk merintis usaha digital milik sendiri sejak masih kuliah. 

Program ini sendiri sifatnya kompetitif, dan dijelaskan bahwa ada dua tahapan seleksi. Dimana detailnya adalah sebagai berikut: 

1. Seleksi Internal Perguruan Tinggi 

Tahap pertama adalah seleksi proposal dari pihak internal perguruan tinggi. Diharapkan satu PT bisa menyaring 5 proposal untuk maju ke tahap  berikutnya. Jadi, seluruh PT mengirimkan 5 proposal melalui kesejahteraan.kemdikbud.go.id/iwdm. 

2. Seleksi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan 

Tahap kedua adalah seleksi dari pihak Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Dimana terdiri dari seleksi administrasi dan seleksi isi proposal wirausaha digital yang diajukan mahasiswa. 

Lewat Program IWDM Tahun 2022 setiap mahasiswa berkesempatan untuk menjadi wirausaha digital yang sukses. Lewat dukungan berbagai pihak, sehingga usaha ini bisa terus berkembang dan mampu menggaet lebih banyak mitra dan tenaga kerja. Jadi, jangan lewatkan kesempatan emas untuk mengikuti program satu ini. 

Artikel Terkait:

Ditjen Dikti Ristek Integrasikan PD-Dikti dengan E-Bansos

Ditjen Dikti Berikan Akses WPS Office VIP Gratis ke 500 PT di Indonesia

Akselerasi Program Penggabungan atau Penyatuan PTS oleh Ditjen Diktiristek

Ditjen Dikti Beri Bantuan Dana Inovasi Teknologi Asistif

Ditjen Dikti Luncurkan Laman PAK dan Selancar PAK Mobile

Ditjen Dikti Ristek Luncurkan SISTER BKD

Sesditjen Dikti: Program Kampus Merdeka merupakan Peluang Emas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132