fbpx

Mau menerbitkan buku lebih hemat? Yuk, ambil diskon cetak buku hingga 35%! Klik di sini.

Press Release: 3rd Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik (ON TLM) Politeknik Medica Farma Husada Mataram

Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik

Memajukan pendidikan tinggi di tanah air adalah pekerjaan bersama, sebab dibutuhkan dukungan semua pihak. Bicara mengenai upaya untuk memajukan pendidikan tinggi. Politeknik Medica Farma Husada Mataram atau Politek MFH Mataram menyelenggarakan ajang lomba bertaraf nasional. 

Lomba tersebut bertajuk 3rd Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik atau disingkat dengan istilah ON TLM. Tahun ini, ajang ON TLM Merupakan ajang tahun ke sekian setelah Politek MFH berhasil menggelar ajang serupa di tahun sebelumnya. 

Lewat ajang ini, Politek MFH ingin menyediakan fasilitas dan memberi dorongan kepada mahasiswa khususnya di program studi Teknologi Laboratorium Medik. Agar bisa mengembangkan softskill dan hardskill yang mampu menjawab kebutuhan zaman. 

Sekilas Tentang Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik (ON TLM)

Politek MFH Mataram merupakan salah satu politeknik yang menyediakan jurusan D3 sampai D4 untuk berbagai jurusan di bidang kesehatan. Salah satu jurusan atau program studi unggulan di politeknik ini adalah Teknologi Laboratorium Medik. 

Program studi ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga laboratorium yang memahami perkembangan teknologi dan bisa menggunakannya untuk rutinitas di laboratorium. Sehingga lewat keterampilan dan kepiawaian mereka menggunakan teknologi, bisa meningkatkan kualitas layanan kesehatan. 

Dewasa ini, masyarakat Indonesia dan bahkan dunia berharap dan juga meminta agar layanan kesehatan terus ditingkatkan kualitasnya. Sehingga tenaga medis berhadapan dengan kondisi harus paham teori ilmu dan bagaimana mempraktekkannya. 

Meskipun saling berhubungan, keduanya membutuhkan keterampilan atau skill yang berbeda. Sebab pemahaman secara teori kadang butuh teknik dan strategi khusus pada saat diterapkan di lapangan. 

Memahami bahwa alumni dari program studi Teknologi Laboratorium Medik atau TLM perlu menguasai hardskill maupun softskill. Maka pihak Politek MFH Mataram menggagas sebuah ajang kegiatan yang bertujuan mengasah keduanya. 

Kegiatan tersebut kemudian diberi tajuk 3rd Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik (ON TLM). Lewat ajang lomba ini, Politek MFH Mataram ingin menggandeng seluruh mahasiswa di Indonesia pada jurusan TLM untuk ikut serta. 

Sehingga bisa saling mengasah ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan saat menjalani praktek langsung di lapangan. ON TLM sendiri disajikan dalam lima jenis lomba, yaitu: 

  1. Lomba Video Promosi Kesehatan
  2. Lomba Fotografi Essay
  3. Lomba Poster Ilmiah
  4. Lomba Karya Tulis Ilmiah
  5. Lomba Cerdas Cermat

Masing-masing perwakilan dari perguruan tinggi yang ikut serta bisa memilih lomba mana yang akan diikuti. Sehingga bisa disesuaikan dengan kompetensi yang dimiliki masing-masing mahasiswa. 

Sifat lomba ini sendiri berbayar, dimana satu jenis lomba memiliki biaya yang berbeda dengan jenis lomba lainnya. Selain itu, ajang lomba digelar secara daring baik dari pembukaan sampai penutupan berisi pengumuman pemenang. 

Ketentuan dalam Lomba

Ajang ON TLM Tahun 2022 ditujukan untuk seluruh mahasiswa dari program studi TLM dari berbagai perguruan tinggi di tanah air. Selain itu, bisa juga diikuti oleh siswa dan siswi SMA/SMK/MA, khususnya siswa di NTB (Nusa Tenggara Barat). 

Sesuai penjelasan sebelumnya, ajang ON TLM Tahun 2022 disajikan dalam 5 jenis lomba berbayar. Selain bisa diikuti seluruh mahasiswa jurusan TLM, para peserta juga diwajibkan memenuhi persyaratan berikut: 

  1. Seluruh Mahasiswa umum dan Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medik, se-Indonesia
  2. Peserta mendaftar melalui Google form link
  3. Membayar biaya kepesertaan 3rd On TLM, dengan ketentuan biaya sebagai berikut 
    • Fotografi Essay                                  : Rp. 50.000/Karya
    • Video Promosi Kesehatan               : Rp. 50.000/karya
    • Poster                                               : Rp. 50.000/karya
    • KTI                                                   : Rp. 200.000/Tim
    • Cerdas Cermat                                   : Rp. 150.000/tim

Adapun jadwal kegiatan lomba dilakukan bertahap, dan berikut detail jadwalnya: 

Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik

Tiga jenis lomba, yakni Lomba Fotografi Essay, Lomba Poster, dan Lomba Video Promosi dilakukan online. Setiap peserta dan tim peserta diwajibkan mengirimkan karyanya secara online lewat email panitia penyelenggara. 

Pengiriman karya dilakukan sesuai jadwal pada gambar di atas, dan kemudian dinilai dari 11 April 2022 sampai 17 April 2022. Sementara untuk dua jenis lomba lainnya, yakni Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Cerdas Cermat digelar live lewat aplikasi Zoom. 

Pembukaan Lomba 

Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik

Sesuai dengan jadwal yang dipaparkan di atas, pembukaan untuk ajang ON TLM Tahun 2022 dilakukan pada 15 April 2022. Pembukaan digelar secara daring melalui aplikasi Zoom dan diikuti oleh 136 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. 

Dalam acara ini, sambutan diberikan oleh dua sosok penting dalam penyelenggaraan ajang ON TLM. Yakni oleh Ketua Program Studi D3 TLM Ibu Ika Nurfajri Mentari, M.Kes dan juga Bapak Dr. Syamsuriansyah,M.M.,M.Kes. 

Peserta yang hadir dalam acara pembukaan ON TLM Tahun 2022 sendiri adalah dari dosen-dosen prodi TLM dari kampus penyelenggara juga dari kampus asal peserta, dosen-dosen pendamping, juri-juri mata lomba dan diikuti oleh seluruh peserta dan mahasiswa umum.

Kegiatan pembukaan yang dimulai pada pukul 10.00 WITA ini berjalan dengan lancar. Peserta secara keseluruhan mengikuti rangkaian acara dengan baik sampai di bagian akhir. 

Daftar Pemenang ON TLM Tahun 2022 

Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik

Ajang ON TLM Tahun 2022 sendiri terbilang sukses besar, karena jumlah peserta yang mendaftar melampaui dari target yang sudah ditentukan. Acara ini sendiri berhasil menggaet 19 tim di lomba Cerdas Cermat dan 9 tim di lomba Karya Tulis Ilmiah. 

Dalam lomba Cerdas Cermat peserta berasal dari sejumlah perguruan tinggi yang membuka program studi TLM. Yaitu: 

  • Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, 
  • STIKES Wira Medika Bali, 
  • Poltekkes Kemenkes Kaltim, 
  • Universitas Airlangga Surabaya, 
  • Akademi Analis Kesehatan Malang, 
  • STIKES Muhammadiyah Ciamis, 
  • Poltekkes Kemenkes Kupang, 
  • Universitas MH. Thamrin, 
  • Poltekkes Kemenkes Bandung, dan 
  • Politeknik Medica Farma Husada Mataram.

Sementara 9 tim di lomba Karya Tulis Ilmiah berasal dari beberapa perguruan tinggi berikut ini: 

  • STIKES Wira Medika Bali, 
  • Poltekkes Kemenkes Banten, 
  • Poltekkes Kemenkes Kaltim, 
  • Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, 
  • Poltekkes Muhammadiyah Makassar, dan 
  • Politeknik Medica Farma Husada Mataram. 

Adapun daftar pemenang dari ajang ON TLM Tahun 2022 adalah sebagai berikut: 

Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik
Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik

Setelah didapatkan pemenang dan kemudian diumumkan oleh pihak Politek MFH Mataram. Kemudian berlanjut ke acara penutupan ON TLM Tahun 2022 yang juga dilakukan secara daring, yakni pada tanggal 23 April 2022 dimulai pukul 10.30 WITA. 

Penutupan acara diberikan sambutan sekaligus peresmian penutupan oleh Bapak Direktur Politeknik Medica Farma Husada Mataram, Bapak Dr. Syamsuriansyah,M.M.,M.Kes. Selain itu diumumkan pula sejumlah hadiah yang diterima para pemenang. 

Masing-masing juara mendapatkan hadiah berupa e-sertifikat, uang tunai serta hadiah berupa voucher pembelian buku, merchandise dari sponsor kegiatan ini yaitu penerbit deepublish.

Pihak Poltek MFH Mataram dan seluruh panitia penyelenggara ON TLM Tahun 2022 mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta. Partisipasi tersebut ikut berkontribusi dalam menyokong kesuksesan ajang lomba satu ini. 

Selain itu, juga diharapkan di masa mendatang ada lebih banyak lomba serupa. Sehingga bisa semakin mengasah keterampilan mumpuni dari mahasiswa di jurusan TLM seluruh Indonesia. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132