fbpx

Daftar Kompetisi Riset Transisi Energi 2023, Dana Mencapai 500 Juta!

Kompetisi Pendanaan Riset Transisi Energi 2023

Usaha untuk melakukan transisi energi menuju ke penggunaan energi terbarukan terus dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya melalui program Nett Zero Emission yang kemudian menjadi dasar diselenggarakannya Kompetisi Riset Transisi Energi 2023. 

Program kompetisi pendanaan ini merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI). Dana bantuan disediakan untuk mendukung perguruan tinggi menemukan hasil penelitian yang mendukung transisi energi tersebut. 

Kompetisi Riset Transisi Energi 2023

Penggunaan energi tak terbarukan untuk berbagai aktivitas industri dan masyarakat luas menyisakan emisi yang berpotensi merusak lingkungan. Selain itu, sumber energi tak terbarukan ini sifatnya terbatas dan butuh waktu ratusan tahun untuk bisa dimanfaatkan kembali. 

Diperlukan usaha untuk melakukan transisi dari penggunaan energi tak terbarukan ke energi terbarukan. Dimana energi terbarukan sifatnya lebih aman untuk lingkungan, lebih ekonomis, dan juga berkelanjutan. 

Pemerintah kemudian mencanangkan program Nett Zero Emission dan kemudian mendapat dukungan dari berbagai pihak. Program ini yang kemudian mendasari diselenggarakannya Kompetisi Riset Transisi Energi 2023. 

Kompetisi pendanaan riset ini sendiri diselenggarakan oleh kerjasama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bersama PT. Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI). Kompetisi ini ditujukan bagi sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. 

Seluruh perguruan tinggi terpilih kemudian ditantang untuk melakukan riset dan menemukan produk terapan yang membantu proses transisi energi. Proposal perguruan tinggi terpilih akan mendapat dana bantuan Rp 500 juta per proposal. 

Baca Juga : [UPDATE] Daftar Pelatihan Pekerti-AA 2023

Daftar Kampus Kompetisi Pendanaan Riset Transisi Energi LPDP

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, Kompetisi Riset Transisi Energi 2023 tidak dibuka untuk umum dan tidak dibuka untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia, melainkan hanya untuk beberapa perguruan tinggi terpilih. 

Dalam kompetisi yang diselenggarakan pada periode tahun 2023, diumumkan ada 15 perguruan tinggi yang ditantang untuk melakukan riset lewat kompetisi ini. Berikut daftarnya: 

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Indonesia
  4. Universitas Brawijaya
  5. Institut Teknologi Sepuluh November
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Airlangga
  8. Universitas Padjadjaran
  9. Institut Pertanian Bogor
  10. Universitas Hasanuddin
  11. Universitas Andalas
  12. Universitas Sebelas Maret
  13. Universitas Telkom
  14. Universitas Andalas
  15. Universitas Pattimura

Dari daftar tersebut, ada 15 perguruan tinggi yang terpilih untuk berpartisipasi dalam Kompetisi Riset Transisi Energi tahun ini. Terdapat satu universitas merupakan universitas swasta, dan sisanya merupakan universitas negeri di berbagai wilayah di Indonesia. 

Setiap perguruan tinggi yang terpilih mengikuti kompetisi ini diwajibkan menjalin kemitraan dengan startup di lingkungan masing-masing. Perguruan tinggi yang belum memiliki startup bisa mengusulkan proposal tanpa bermitra dengan startup. 

Namun dengan pertimbangan hasil riset menghasilkan produk siap diterapkan ke startup atau di akhir riset dirintis startup. Kenapa harus bermitra dengan startup? Sebab startup ini yang menjadi hilir dari produk hasil riset agar bisa segera dimanfaatkan secara langsung. 

Ketentuan Kompetisi

Kompetisi Riset Transisi Energi 2023 menetapkan sejumlah ketentuan yang harus dipahami dan dipatuhi seluruh perguruan tinggi terpilih, yaitu: 

  • Tema dan topik: Energi baru terbarukan atau transisi energi 
  • Jumlah usulan: Satu proposal terbaik dari tiap universitas
  • Kriteria ketua: Diutamakan yang sudah berjenjang doktor/S3
  • Bentuk luaran: Implementasi produk teknologi skala terbatas
  • Nilai pendanaan: Dua proposal terpilih masing-masing mendapat Rp 500 juta
  • Jangka waktu: 1 tahun
  • TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) pendaftaran: Minimal TKT tiga

Tiap perguruan tinggi hanya dapat mengusulkan satu (1) proposal terbaik sesuai dengan topik kompetisi. Ketua riset kompetisi ini diutamakan adalah lulusan S3 dengan luaran utama implementasi produk teknologi. 

Selanjutnya, Kompetisi Riset Transisi Energi akan mengambil dua (2) pemenang yang berhak mendapat dukungan pendanaan masing-masing Rp500 juta dalam jangka waktu pendanaan satu (1) tahun. Sehingga diharapkan bisa disiapkan proposal usulan yang mumpuni. 

Baca Juga : Matching Fund 2023 Periode 2 Dibuka! Ditutup Setelah Mencapai 1.500 Proposal

Alur dan Jadwal Kompetisi

Perguruan tinggi terpilih yang mengikuti kompetisi ini diharapkan mengajukan satu proposal. Proposal akan diseleksi dalam dua tahap. Berikut detail alur program Kompetisi Riset Transisi Energi 2023: 

KeteranganJadwal
Sosialisasi Februari 2023 
Pendaftaran 28 Februari – 28 April 2023 
Self Assessment 28 Maret – 28 April 2023
Seleksi Administrasi 3 – 5 Mei 2023
Seleksi Substansi 17 – 26 Mei 2023
Penetapan Penerima 
RISRPO Grantees

Bagi perguruan tinggi yang sudah menyiapkan proposal usulan dalam Kompetisi Pendanaan Riset Transisi Energi 2023. Maka bisa segera mengajukan pendaftaran dengan mengirimkan proposal melalui link berikut

30 Judul Proposal dari Rispro

Riset Inovatif Produktif (Rispro) merupakan program pendanaan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui komersialisasi produk/teknologi atau implementasi kebijakan/tata kelola atau publikasi. eRISPRO adalah laman miliki Kementerian Keuangan di bawah pengelolaan PUSINTEK (Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan). Berikut adalah sejumlah contoh judul proposal dari laman Rispro dari program pendanaan lain di bawah LPDP Kemenkeu.

Judul ProposalPrincipal InvestigatorUniversitasInformais Proposal
Pemanfaatan Air Susu Ibu Sebagai Sumber Sel Punca Hematopoietik Dan Sel Imun Bawaan Dengan Kemampuan Antimikrobadr. Dewi Sukmawati, M.Kes., Ph.D.Universitas Indonesia Output: Product/Technology1/3 (on going year)
Strategi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Diversifikasi Produk Batik Berbasis Local Wisdom Dengan Pendekatan EcopreneurshipProf.Dr.Ir Kesi Widjajanti SE,MMUniversitas Semarang Output: Policy/Model1/3 (on going year)
Pengembangan Perangkat Wearable Telemedicine Untuk Perawatan Pasien Penderita Gangguan JantungDr. Ir. Pratondo Busono M.Eng, Ph.D, IPUBadan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Pengembangan Seed Vaksin Subunit Melawan Klebsiella Pneumoniae Platform Protein Rekombinan Asli IndonesiaDr rer nat TRI YUDANI MARDINING RARAS MAppScUniversitas BrawijayaOutput: Product/Technology1/2 (on going year)
Pengembangan Metode Otentikasi Indikasi Geografis Kopi Indonesia Berbasis Komputer Visi dan Kecerdasan BuatanProf. Yusuf Hendrawan Ph.DUniversitas BrawijayaOutput: Product/Technology1/2 (on going year)
Biomaterial Aktif dari Mikroalga dan Mekanisme Fungsi Fisiologis serta Aplikasinya untuk Pangan FungsionalProf. Dr. Ir. Iriani Setyaningsih MSInstitut Pertanian BogorOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Pengaruh Lama Pemberian Ekstrak Daun Moringa Oleifera Terhadap Perbaikan Fibrosis Hati Hewan Model Ditinjau Dari Gambaran Histologi Jaringan Hati, Biokimia Darah, Kadar Microrna-29b Dan Microrna-122SUPRIONOUniversitas BrawijayaOutput: Product/Technology1/2 (on going year)
Potensi Lactococcus Lactis Rekombinan Sebagai Karier Vaksin Covid-19 Mukosal Dengan Kombinasi Adjuvant Cholera Toxin Subunit B Dan Retinoic AcidDr. Apt. VALENTINA YURINA S. Si. M. Si.Universitas Brawijaya Output:Product/Technology1/3 (on going year)
Kaji Terap Ekstraksi Caulerpa lentillifera Sebagai Food Aditif Untuk Peningkatan Produksi Udang Vaname Tahan Penyakit Dengan Media Air Laut BuatanDr Asus Hertika SPi., MPUniversitas BrawijayaOutput: Product/Technology1/2 (on going year)
Pengembangan Cokelat Oles Fungsional Diperkaya Tokoferol Dan Asam Lemak Dari Minyak Biji Kelor (Moringa Oleifera) Untuk Menurunkan Stres Oksidatif Dan Kadar InflamasiYusuf Andriana S.TP, M.Si, Ph.DBadan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Pengembangan Dan Inovasi Model Porous Part Pada Turbine Blade (Bilah Turbin) Dengan Manufaktur Aditif Fdm Bahan Inconel 625 Untuk Penguatan Energi TerbarukanProf. Dr. Ir. GANDJAR KISWANTO M.Eng.Universitas IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Kajian Genetik Dalam Upaya Pemuliaan Koro Benguk sebagai Bahan Pangan Fungsional: Profil Genom Sitogenetik Struktur Genetik Populasi dan Pewarisan Sifat Kualitatif dan KuantitatifDr. RIZKY DWI SATRIO S.Si., M.Si.Universitas PertahananOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Circapproved: Aplikasi Sirkumsisi IndonesiaDr. dr. Irfan Wahyudi, Sp.U(K)Universitas IndonesiaOutput: Product/Technology1/2 (on going year)
Characteristic of model printed via Laser Powder Bed Fusion (LPBF) Additive Manufacturing reinforced with Green Composites (Karakteristik material yang dimanufaktur dengan metal 3D Printer dengan diperkuat Komposit Ramah Lingkungan)DR. IR. ARIF KUSUMAWANTO MT, IAI, IPUUniversitas Gadjah MadaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Pengembangan Nanokomposit Fe3o4/C Dengan Memanfaatkan Limbah Sabut Kelapa Sebagai Sumber Karbon Untuk Aplikasi Anoda Baterai Lithium-IonDr. Witha Berlian Kesuma Putri M.SiBadan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/2 (on going year)
Peningkatan Biomasa Mikroalga dengan Teknologi Pemanenan Elektrokoagulasi Spiral dan Pemanfaatannya Produksi gas HHO sebagai sumber energyProf.Dr. H. HADIYANTO ST., MScUniversitas DiponegoroOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Pengembangan Material 2 Dimensi Berpori (Porous 2d Materials) Sebagai Platform Sensor Untuk Aplikasi Pendeteksian Dini Penyakit Berbasis BiomarkerAngga Hermawan Ph.D.Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Teknologi Molecular Doping Tipe-N pada Lapisan Semikonduktor Organik untuk Aplikasi Wearable Organic Electronic Devices Berperforma TinggiMohamad Insan Nugraha Ph.D.Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Pengembangan Cat Antifouling Kapal Laut Berbasis Aditif Biosida Ramah Lingkungan Nano Logam Tanah Jarang Cerium OksidaDr.Eng Gadang PriyotomoBadan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Pembuatan Membran Elektrolit Padat Baterai Ion Litium Berperforma Tinggi Dari Selulosa Biomassa Lokal Indonesia Dengan Variasi Pemplastis Konvensional Hingga Cairan IonDr. SUN THEO CONSTAN LOTEBULO NDRURU S.Pd., M.Si.Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Produk Inovasi Minuman Fungsional Teh Hijau Serbuk Berkarbonasi untuk Pembantu Pencegah Obesitas: Reformulasi dan Uji AktivitasDr. Eng. NINO RINALDI .Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/1 (on going year)
Perakitan Teknologi Pengendalian Penyakit Ringspot Virus Yang Disebabkan Oleh Papaya Ring Spot Virus (Prsv) Pada Tanaman Pepaya Melalui Rekayasa Genetika Strain Lemah Untuk Proteksi SilangRiska S.Si M.Sc.Agr. Ph.DBadan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/1 (on going year)
Pemanfaatan Limbah Kepala Udang Terautolisis Sebagai Sumber Pakan Suplemen Untuk Meningkatkan Produktivitas Ayam PetelurDr. Ir. UJANG SURYADI MP., IPM.Politeknik Negeri JemberOutput: Product/Technology1/2 (on going year)
E-Asesmen Mandiri Berbasis Android Dan Ios: Penguatan Sosial Emosional Peserta Didik Dalam Mendukung Pembentukan Profil Pelajar PancasilaProf. Dr. Endry Boeriswati M.Pd.Universitas Negeri JakartaOutput: Policy/Model1/1 (on going year)
Optimasi Kristalisasi Gula Xilosa Hasil Hidrolisis Enzimatis Limbah Kulit Kopi Menuju Swasembada Gula NasionalDr Silvia Oktavia Nur Yudiastuti STP., MTPPoliteknik Negeri JemberOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Potensi Limbah Pengolahan Kitosan Dari Kepala Udang Sebagai Premix Untuk Meningkatkan Performa Produksi Ayam PetelurDr. Ir Rosa Tri Hertamawati M.Si, IPMPoliteknik Negeri JemberOutput: Product/Technology1/2 (on going year)
Perakitan Tanaman Cabai Besar (Capsicum annuum L.) Tahan Penyakit Daun Keriting Kuning (Pepper Yellow Leaf Curl Indonesia Virus, PepYLCIV) Melalui Pengeditan GenomDr. Kusumawaty Kusumanegara S.P., M.Agr.Sc.Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Pengembangan Pengering Surya Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan IndonesiaProf. Dr. Ing. Suherman ST, MTUniversitas DiponegoroOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Pengembangan Metode Harmonisasi Citra Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi dan Sangat Tinggi Menggunakan Artificial Intelligence untuk Mendukung Monitoring dan Pemetaan Lahan Baku SawahDanang Surya Candra S.Si., M.Sc., Ph.D.Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Integrasi Sensor Murah berbasis Visi dan Internet of Things dengan Platform Drone untuk Meningkatkan Resiliensi Infrastruktur Kritikal di Wilayah Kepulauan Rawan Gempa dan TsunamiLuna NgeljaratanBadan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Kemandirian Ekonomi Masyarakat Berbasis Tempat Ibadah Untuk Mewujudkan Ekonomi Sirkular Yang BerkelanjutanDr. Luluk Latifah SE, MEUniversitas Muhammadiyah SurabayaOutput: Policy/Model1/2 (on going year)
Pengembangan Smart Sensor Mesin Bubut Cnc 5.5 Kw Berbasis Industri 4.0 Untuk Mendukung Indusri Manufaktur NasionalDr. Ir. Danny Mokhammad Gandana MSc.Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Tata Ruang Berbasis Mitigasi Bencana Berdasarkan Analisis Kondisi TaJamrud Aminuddin S.Si.,M.Si.,Ph.DUniversitas Jenderal SoedirmanOutput: Policy/Model1/2 (on going year)
Inovasi Teknologi Tepat Guna Peralatan Pengolah Lahan Berupa Traktor Elektrik Untuk Mendukung Penerapan Otomatisasi Dan Instrumentasi Teknologi PraPanen (Precision Agriculture) Berbasis 4.0Dr. Eng Cuk Supriyadi Ali Nandar ST, M.EngBadan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Simulasi Dinamika Benda Kecil Tata Surya dan Pembuatan Perangkat Lunak Lintasan Satelit Bumi Artifisial Untuk Mendukung Kerja Teleskop-Teleskop Baru di IndonesiaDr. Ibnu Nurul Huda M.Si.Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik IndonesiaOutput: Product/Technology1/3 (on going year)
Sistem Rekomendasi Untuk Pemilihan Lahan Pertanian Berdasarkan Jenis Komoditi Tani berbasis Teknologi AI dan IoTDr BAYU RIMA ADITYA S.T., M.TUniversitas TelkomOutput: Product/Technology1/2 (on going year)

Selamat mencoba!

Sedang mencari informasi program bantuan dari Kemdikbud? Jangan lewatkan ini!

Program BKII (Bantuan Konferensi Ilmiah Internasional) 2023 Dibuka!

Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif 2023, Sampai Puluhan Juta!

Program Bantuan Pengembangan dan Penyelenggaraan Pembelajaran Digital 2023 Dibuka!

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja