Inspirasi

Inilah Kebiasaan Menulisku (1)

Salam…

Apa kabar Sahabat Dosen semua? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Saya ingin sedikit berbagi pengalaman menulis yang saya jalani, alami, dan rasakan selama ini. Semoga yang sedikit ini bermanfaat, khususnya untuk saya pribadi, dan umumnya untuk kita semua.

Baik. Pada tulisan perdana ini, saya ingin berbagi pengalaman bagaimana kebiasaan saya menangkap ide untuk kemudian saya jadikan sebagai bahan tulisan atau bahkan menjadikannya sebuah buku.

Perlu kita pahami bersama, bahwa ide itu bisa datang dari mana saja, kapan saja, dan di mana saja. Saat kita tengah menikmati perjalanan, saat di tempat kerja, saat berbincang santai dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, atau dengan siapa saja. Ide bisa datang saat kita tengah asyik membaca buku, menonton televisi, mendengarkan ceramah keagamaan, menghadiri seminar, bedah buku, atau bahkan ketika sedang menikmati alunan lagu.

Nah, saya biasa mencatat ide yang tiba-tiba datang tersebut di media apa saja yang ada saat itu. Bisa di kertas, HP, laptop atau bahkan di tisu. Selanjutnya saya simpan di folder “Bank Ide” di laptop.

Di saat senggang, saya buka folder tersebut kemudian saya baca satu persatu ide yang ada di situ. Selanjutnya, saya memilih satu ide yang ingin saya tulis menjadi sebuah buku.

Langkah pertama, saya menentukan tema utama dari ide yang sudah ditulis, untuk menentukan arah pembahasan dari calon naskah buku tersebut.

Langkah kedua, saya menyusun kerangka tulisan (outline). Selanjutnya, mulai menulis. Usahakan untuk berkomitmen pada diri sendiri dengan berjanji untuk disiplin menulis setiap hari. Dengan cara seperti ini, maka keinginan kita untuk merampungkan sebuah naskah buku akan dapat diwujudkan.

Inilah beberapa langkah yang biasa saya lakukan ketika menulis sebuah naskah buku, mulai dari ide hingga menjadi sebuah naskah utuh.

Semoga sedikit pengalaman ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Insya Allah akan saya lanjutkan tulisan-tulisan berikutnya tentang pengalaman menulis buku untuk memotivasi dan menginspirasi kita semua.

 

Baca juga: 5 Ide Usaha Menjelang Pensiun Dosen

 

Didi Junaedi

Dosen di IAIN Syekh Nurjati, Cirebon.

Recent Posts

Jenis Jurnal dalam Kewajiban Publikasi Dosen dan Angka Kreditnya

Dalam dunia akademik, dosen juga memiliki kewajiban melakukan publikasi ilmiah secara berkala. Salah satunya publikasi…

2 weeks ago

Daftar Jurnal Terindeks Copernicus April 2024 [Update]

Mengecek apa saja daftar jurnal terindeks Copernicus tentu sangatlah penting, khususnya bagi dosen yang ingin…

2 weeks ago

10 Tantangan Kuliah di Luar Negeri dan Tips Menghadapi

Sebagai dosen, banyak yang memiliki impian bisa studi lanjut sampai ke luar negeri karena bisa…

2 weeks ago

Definisi dan Prosedur Pengajuan Insentif Publikasi Artikel Jurnal

Ada banyak upaya dilakukan berbagai pihak untuk mendorong peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah, terutama…

2 weeks ago

7 Program Beasiswa S3 Australia dan Cakupan Beasiswanya

Mencari informasi beasiswa S3 Australia tentu akan menjadi agenda bagi siapa saja yang tertarik studi…

2 weeks ago

Beasiswa Pendidikan Indonesia Kapan Dibuka? Ini Timelinenya

Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) menjadi salah satu program beasiswa bergengsi dari pemerintah Indonesia melalui…

2 weeks ago