fbpx

Guru Besar dengan Penelitian Terbanyak di Indonesia Memberikan Pelatihan Riset di IAI BBC

pelatihan riset
Prof. Dr. Sugiyono mengisi materi dalam pelatihan bertajuk Pembelajaran Berbasis Riset di IAI BBC (Foto: dok. Instagram @iaibbc)

Cirebon – Prof. Dr. Sugiyono, guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), memberikan pelatihan terkait riset kepada dosen-dosen Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BCC), Senin (29/4). Dalam pelatihan riset bertajuk Pembelajaran Berbasis Riset yang digelar di auditorium lantai 2 IAI BBC tersebut, Sugiyono menjelaskan beberapa poin yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis riset.

Dilansir dari radarcirebon.com, Sugiyono menyebutkan tentang pengembangan pembelajaran di kampus yang berbasis riset, kriteria di era revolusi industri 4.0, hingga penguatan kualitas dan profesionalitas penelitian. Sugiyono terpilih sebagai pemberi pelatihan riset karena pengalamannya selama ini sebagai dosen dan guru besar Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNY. Ia dinobatkan sebagai penulis buku terbanyak di Indonesia dalam bidang Metode Penelitian oleh Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI). Selain itu, namanya pun tercatat dalam Museum Rekor Indonesia.

Dikutip dari uny.ac.id, terdapat 16 buku bidang penelitian karya Sugiyono yang kerap dijadikan rujukan oleh banyak mahasiswa baik jenjang S1, S2 dan S3 di seluruh Indonesia. Selain tentang penelitian, Sugiyono juga aktif menghasilkan buku bidang fabrikasi, manajemen diklat dan tema-tema kependidikan lainnya. Buku-buku metode penelitian hasil karyanya sering menjadi literatur dalam mengerjakan karya ilmiah oleh dosen dan mahasiswa karena mudah dipahami.

Beberapa karya Sugiyono yaitu “Metode Penelitian Kualitatif”, “Statistik Non-Parametris untuk Penelitian”, “Metode Penelitian Pendidikan”, “Metode Penelitian Tindakan Komprehensif”, “Cara Mudah Belajar SPSS & LISREL”, “Metode Penelitian Kebijakan”, “Statistika untuk Penelitian”, “Metode Penelitian dan Pengembangan”, “Metode Penelitian Kualitatif”, “Metode Penelitian Administrasi”, “Metode Penelitian Kombinasi” dan lain-lain.

pelatihan riset
Prof. Dr. Sugiyono, selain dikenal sebagai dosen dan guru besar UNY, juga dinobatkan sebagai penulis penelitian terbanyak di Indonesia (Foto: dok. uny.ac.id)

“Metodologi pendekatan riset atau penelitian yang baik harus bisa menggunakan beberapa variable. Juga tidak hanya kuantitatif melainkan juga dipadukan dengan kualitatif,” ujar Sugiyono dalam pelatihan riset tersebut.

Rektor IAI BBC, Dr. Oman Faturrohman, M.A. mengungkapkan pelatihan tersebut adalah upaya yang dilakukan untuk membina dosen agar mendapatkan kualitas lulusan IAI BBC yang lebih baik. Di sisi lain, ia mengharapkan dapat memberikan arahan civitas akademika IAI BBC untuk memenuhi standar revolusi industri 4.0. Menurutnya, dosen dituntut untuk menghasilkan produk riset. Tidak hanya meningkatkan kognisi. Untuk itu, dosen IAI BBC didorong untuk melahirkan satu karya riset yang bermanfaat untuk mahasiswa.

“Semoga dengan kegiatan ini, IAI BBC makin maju,” pungkas Oman dalam pembukaan pelatihan riset tersebut.

 

Redaksi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja