fbpx

Format Surat Lamaran Seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022

Format Surat Lamaran Seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022

Jika hendak mengikuti seleksi PPPK Kemdikbud Ristek maka wajib mencari tahu beberapa ketentuan. Termasuk format surat lamaran seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022. Kenapa? Sebab biasanya untuk surat lamaran sudah ditetapkan formatnya seperti apa. 

Mencari tahu sejak jauh-jauh hari bisa membantu menyusunnya lebih dini untuk memastikan sudah benar. Jika terlalu mepet, maka rentan melakukan kesalahan dan dianggap tidak layak lolos administrasi. Lalu, seperti apa format surat lamarannya? 

Sekilas Tentang Surat Lamaran 

Sebelum mengetahui detail format surat lamaran seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022, maka pahami dulu apa itu surat lamaran. Secara umum surat lamaran adalah surat atau dokumen yang menyertai CV atau daftar riwayat hidup saat melamar pekerjaan. 

Isi surat lamaran mencakup penyampaian tujuan dokumen tersebut dibuat dan menjelaskan keseluruhan dokumen lain yang dilampirkan. Misalnya melampirkan pas foto terbaru dan fotokopi ijazah sebagai bahan pertimbangan perusahaan yang melakukan rekrutmen. 

Dokumen ini memiliki isi yang mencantumkan juga data diri dari pelamar. Menariknya, tidak semua perusahaan menerima surat lamaran dengan struktur umum. Melainkan ada kebijakan internal dimana formatnya sudah ditentukan. 

Hal ini juga berlaku untuk lamaran ke BUMN maupun instansi dan kementerian yang dinaungi oleh pemerintah pusat. Contohnya adalah pada berkas pendaftaran seleksi CPNS maupun PPPK. 

Dalam seleksi penerimaan pegawai di pemerintahan, ada format tegas dalam surat lamaran yang harus dipatuhi. Hal ini juga berlaku di seleksi PPPK, dimana salah satunya sudah ditetapkan format surat lamaran seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022. 

Baca Juga :

Apa itu PPPK? Ini Perbedaannya dengan Tahun Sebelumnya

Catat Syarat Tambahan PPPK Dosen yang Harus Diketahui!

Mengenal 7 Perbedaan CPNS dan PPPK

Surat Lamaran di Seleksi PPPK 

Bicara mengenai seleksi PPPK di lingkungan Kemdikbud Ristek, memang hasil rapat koordinasi diputuskan akan membuka sejumlah formasi. Salah satunya adalah formasi dosen yang mencapai ratusan formasi untuk seluruh PTN di Indonesia. 

Tak hanya dosen, pihak Kemdikbud juga resmi membuka formasi untuk tenaga kepegawaian seperti tenaga administrasi di sekolah dan perguruan tinggi. Pastikan memenuhi persyaratan yang ditetapkan sebelum mendaftar. 

Selain itu, pastikan sudah menyusun surat lamaran yang disesuaikan dengan format surat lamaran seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022 yang sudah ditetapkan. Dalam surat lamaran, ada beberapa poin penting perlu dipahami. Yaitu: 

1. Format Surat Lamarannya 

Poin pertama yang harus diperhatikan adalah format. Biasanya Kemdikbud Ristek akan menjelaskan format surat lamaran yang sudah ditetapkan seperti apa. Misalnya harus ditulis dengan tangan, memakai tinta hitam, dan lain-lain. 

Jadi, pada saat mendaftar dalam seleksi PPPK di tahun 2022 pastikan sudah membaca seluruh keterangan dengan baik dan memahaminya. Tujuannya agar tidak salah paham dan salah langkah, karena bisa mengakibatkan gagal lolos di tahap seleksi administrasi. 

2. Aturan Terkait Proses Penyusunan 

Poin penting kedua adalah aturan terkait proses penyusunan. Selain ada ketentuan ditulis tangan, ada juga kemungkinan sudah disediakan template. Sehingga pendaftar seleksi tinggal mengunduh dan mengisi data yang sengaja dikosongkan. 

Baru kemudian di scan dan dilampirkan. Kuncinya, pahami baik-baik instruksi yang disampaikan agar tidak keliru. Sehingga susunannya sudah tepat dan isinya juga memuat informasi yang diwajibkan untuk dicantumkan. 

3. Tata Cara Melampirkan 

Selanjutnya adalah perihal tata cara melampirkan. Artinya, baca kembali ketentuan dalam melampirkan hasil scan surat lamaran yang sudah mengikuti format surat lamaran seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022. 

Cara melampirkan berkas bisa dibuat satu per satu dengan dokumen lain. Akan tetapi bisa juga diminta dijadikan satu. Intinya usahakan teliti membaca instruksi untuk mencegah kesalahan. 

Pasalnya, tidak sedikit yang terkecoh karena instruksi yang jarang memakai kalimat efektif dan bertele-tele. Jadi, pastikan melakukan pendaftaran di momen terbaik yakni pada saat masih fokus dan konsentrasi masih penuh. 

4. Ukuran File 

Selanjutnya ukuran file. Misalnya terkait ukuran file, pastikan sudah sesuai karena biasanya di proses pendaftaran selalu banyak huru-hara. Tidak sedikit yang kesulitan memenuhi standar maksimal ukuran file yang dinilai terlalu rendah. 

Resiko jika ukuran file dibuat rendah adalah isi yang buram dan tidak bisa dibaca. Dampaknya, peserta yang mendaftar bisa dianggap gagal tahap administrasi karena dokumen tidak bisa dibaca.

Format Surat Lamaran Seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022 

Jika sudah paham betul berbagai ketentuan yang mengikat format surat lamaran seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022 yang sudah ditetapkan. Maka bisa mencari contoh format di seleksi tahun-tahun sebelumnya sehingga bisa dijadikan acuan. 

Jika butuh rekomendasi, berikut adalah salah satu contoh format surat lamaran yang umum digunakan di ranah kementerian. Salah satunya adalah Kemdikbud Ristek, berikut detail formatnya:

Format Surat Lamaran Seleksi PPPK Kemdikbud Ristek 2022 

Artikel Terkait :

Format Surat Keterangan Pengalaman Kerja Seleksi PPPK 2022

Format Surat Pernyataan Diri 10 Poin Seleksi PPPK 2022

Terkait contoh di atas, pada dasarnya adalah contoh saja bukan format yang benar-benar sudah ditetapkan. Pasalnya, hingga tulisan ini dibuat informasi mengenai jadwal pendaftaran maupun informasi lain terkait seleksi PPPK belum disampaikan ke publik. 

Meskipun begitu, menyusun surat lamaran sejak awal dengan menggunakan contoh format di atas bisa dilakukan. Sebagai bentuk persiapan dini agar tidak ada berkas yang terlupa untuk dibuat dan dilampirkan. 

Tak kalah penting adalah memastikan sudah update jadwal pendaftaran. Cara mudahnya adalah mengikuti akun media sosial baik itu Kemdikbud Ristek maupun BKN. Sehingga tidak akan ketinggalan info mengenai pembukaan pendaftaran seleksi PPPK.

Di tag :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132

Duniadosen.com © 2020 All rights reserved

Dibuat dengan ❤ di Jogja