fbpx

Terbitkan buku lebih cepat HANYA 1 BULAN? Dapatkan fasilitas VIP ini secara GRATIS! Klik di sini

Dosen UIGM Terpilih Ikuti Research Training Program for Junior Faculty Members di Prancis

Research Training Program Funded
Budi Setiawan, S.E., M.M. Dosen Ekonomi Universitas Indo Global (UIGM) Palembang saat mengikuti Research Training for Junior Faculty Members Program yang didanai oleh OPTBANK project co-funded by the Erasmus+ Programme of the European Union, di University of Limoges, Prancis. (Sumber Foto: dok. Budi Setiawan)

Palembang, Sumsel – Research Training Program for Junior Faculty Members merupakan program pelatihan penelitian pada bidang perbankan dan keuangan yang dilakukan di Eropa dan didanai oleh OPTBANK project co-funded by the Erasmus+ Programme of the European Union.

Dan salah satu dosen Ekonomi Universitas Indo Global (UIGM) Palembang kembali terpilih menjadi peserta dalam program penelitian tersebut. Dia adalah Budi Setiawan, S.E., M.M.

Research Training Program Funded
(Sumber Foto: dok. Budi Setiawan)

Budi menjelaskan kepada duniadosen.com adapun maksud dan tujuan terselenggaranya Research Training Program for Junior Faculty Members tersebut adalah mampu untuk meningkatkan dan menambah pengetahun penelitian dosen-dosen muda di Indonesia, khususnya bidang perbankan dan keuangan.

Awalnya saya mendapat informasi program dari teman, Bapak Muhammad Hidayat. Ia merupakan dosen fakultas ekonomi di Universitas Sriwijaya. Selanjutnya saya cari informasi lebih detail dengan mengunjungi website OPTBank. Seleksi program ini dilakukan melalui online. Peserta hanya diminta untuk melengkapi dokumen yang dipersyaratkan oleh panitia penyelenggara,” ujar Budi.

Research Training Program
Budi Setiawan (kanan) bersama Muhammad Hidayat Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya saat di Prancis yang merupakan rekan yang memberikan informasi terkait Researching Training Program for Junior Faculty Members. (Sumber Foto: dok. Budi Setiawan)

Research Training Program for Junior Faculty Members yang berlangsung 4 November hingga 20 Desember 2019 ini melibatkan banyak pihak dikalangan akademik. Antara lain, University of Limoges (Prancis), University of Rome III (Itali), Technical University of Crete (Yunani), dan Bangor University (UK), OPTBANK project co-funded by the Erasmus+ Programme of the European Union sebagai sponsor, dan beberapa universitas mitra di Indonesia.

Meskipun program ini diprioritaskan untuk peserta dari universitas mitra, tapi tidak menutup kemungkinan peserta dari kampus yang belum bermitra dalam project OPTBank pun bisa ikut melamar. Contohnya, Budi sendiri menjadi peserta yang bukan dari kampus mitra OPTBANK.

Research Training Program Funded
Budi Setiawan, S.E., M.M., (paling kanan) bersama ke 7 peserta lainnya yang mengikuti Research Training Program for Junior Faculty Members di Prancis. (Sumber Foto: dok. Budi Setiawan)

“Dua pekan  pertama, semua peserta terpilih (berjumah 8 orang) mengikuti pelatihan penelitian seputar perbankan dan keuangan di University of Limoges. Setelah itu, ada 6 peserta yang pindah ke 3 kampus lain yaitu, University of Rome III (Itali), Technical University of Crete (Yunani), dan Bangor University (UK). Sedangkan saya, tetap melanjutkan program di kampus yang sama, University of Limoges, Prancis,” ungkapnya.

Program yang dikhususkan hanya untuk dosen junior ini diikuti oleh sedikitnya 8 orang terpilih yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia. Materi yang diberikan dalam program yang diselenggarakan selama lebih dari 1 bulan itu terkait seputar penelitian dunia perbankan dan keuangan. Misalnya, machine learning, introduction to stata, how to handle bank scope and orbis bank focus, regression using stata, bloomberg, dan writing a research paper.

Budi memaparkan, keuntungan dari mengikutin Research Training Program for Junior Faculty Members diantaranya adalah menghasilkan output berupa peningkatan softskill khususnya terkait kemampuan dalam melakukan penelitian di bidang perbankan dan keuangan. Selain itu peserta juga diminta untuk membuat karya tulis ilmiah dengan menggunakan metode yang dipelajari selama program.

“Hasil karya tulis tersebut rencananya akan dipresentasikan di akhir tahun 2020 saat evaluasi program dilakukan,” kata pria kelahiran Palembang 8 April 1987 ini.

Menurut Budi, program pelatihan penelitian pada bidang perbankan dan keuangan ini sangat bermanfaat, terutama untuk menambah pengetahuan baru seputar penelitian di bidang perbankan dan keuangan. Training ini juga memperkenalkan peserta dengan beberapa metodologi baru.

Research Training Program Funded
(Sumber Foto: dok. Budi Setiawan)

“Jika rekan dosen tertarik untuk mengikuti program ini, bisa mencari informasi dengan mengunjungi website OPT BANK dan mulai mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan. Dokumen bisa diisi langsung melalui wesbite OPTBank https://optbank.org/application/research-training-for-junior-faculty-members/ ,” pungkas Budi. (duniadosen.com/ta)

RELATED POST

about

Get Started

Hubungi kami

Jl. Rajawali, Gg. Elang 6, No.2 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I.Yogyakarta 55581

Email : [email protected]

Telpon : 081362311132